Seminar internasional ;D

18.45 Muthi Haura 0 Comments



Semangat pagi teman ;D sabtu kemaren aku ikut seminar internasional yang temanya : “Sudut pandang hukum terhadap ekonomi sebuah negara, dilihat dari kacamata Internasional.”

Awalnya aku malas ikut-ikut seminar, tapi mengingat salah satu persyaratan skripsi yaitu memiliki banyak sertifikat, so mau nggak mau ya aku ikut. Aku nggak mau Cuma daftar trus  nggak ikut seminar, tapi tetep dapat sertifikat. Tapi kan sama aja ilmunya nggak dapat, ya kan?

So agar aku tetep dapat sertifikat plus ilmunya, aku nargetin tiap sebulan itu aku maksimal ikut seminar 2-3 kali. Oh yaa, balik ke tentang seminar itu deh. Disini aku pengen sedikit ngerangkum ilmu yang aku dapat aja, kali-kali aja berguna ;D

Sebenarnya rada ngantuk juga ikutin seminar ini. ;v habisnya nggak ada basic aku disitu. Hehe. Tapi ternyata keren juga pas bapak Dzulkarnain DPRD Provinsi Riau yang nyampein materi. Bapak itu ngebawain materinya enak didengar dan nggak ngebosenin.

Kata beliau jangan berfikir kalau politik itu kotor. Yang kotor bukan politiknya, tapi orang didalamnya yang kadang nggak bertanggung jawab. Kekuatan politik didaerah itu lemah lo sob.

Di Indonesia ini, ada 65 daerah otonomi yang baru yang dimasukkan dalam proyek NAS dan akan disahkan ditahun 2014 sebagai otonomi daerah baru. sayangnya dalam proyek itu tidak adanya daerah dari Riau. Miriskah?

Sistem didunia : sosialis, liberal, dan di Indonesia memakai sistem campuran (sosialis dan liberal), sayangnya di Indonesia pada faktanya sistem yang dipakai lebih mengarah kepada kepentingan kelompok tertentu.

Pernah pada pemerintahan khalifah Ali bin abi Thalib, ia ditanya : Mengapa pada masa pemerintahanmu wahai Ali, malah makin semberawut?
Dengan tersenyum Ali menjawab : Dulu dimasa pemerintahan Usman Bin Affwan para penduduknya masih memiliki akhlak seperti akhlakku, sedangkan pada masa pemerintahanku akhlak penduduknya sudah seperti akhlak kalian.

Haha! Bener juga yaaa. Ada nih pertanyaan bagus menurut aku yang ditanyakan salah seorang peserta seminar, katanya gini : kenapa di Indonesia tidak menggunakan hukum islam? Padahalkan penduduk Indonesia kebanyakan Islam.

Jawaban Bapak Zulkarnain : Pernah dulu diusulkan untuk menggunakan hukum Islam, tapi sayangnya banyak para penjabat yang tidak setuju terutama orang-orang Islam. Mereka takut kalau hukum Islam yang ditegakkan seperti misalnya potong tangan bagi yang mencuri atau pun koruptor. Kenapa mereka takut? Karna kebanyakan yang tidak setuju itu adalah orang-orang yang mana tau juga ikut andil dalam korupsi berjamaah.

Huuft, do’a dari aku sih semoga hukum dinegeri ini diperbaiki. Moga makmur gitu. Mungkin sekian dulu review dari aku.

Salam sukses, @muthiiihauraa
08.05 WIB. 12 November 2013
At my kamar ;D

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: