artikel

Jepang ;D

19.32


Haaay, Assalamua’laikum para bloggies. Waaah, nggak kerasa udah hampir memasuki pertengahan Desember nih dan sebentar lagi juga bakal ngerayain pergantian tahun masehi. Huhu. Sedih juga. 2013 bakal berlalu dan akan digantikan dengan 2014. Prestasi apa yang sudah kita dapatkan?


Heem, entah kenapa hari ini aku pengen banget ngebahas tentang Jepang gitu. Kenapa Jepang? Karna aku suka negara itu. Banyak alasan yang membuat aku jatuh cinta dengan Jepang dan Insya Allah suatu hari nanti aku bisa kesana. Amin ;D


Gais, di Jepang ini terdiri dari 4 musim lho. Mau tau nggak musim apa-apa aja? Okeh, langsung aja! Lets check this out :


Yang pertama ini Musim Semi dimulai sekitar bulan Maret, dan orang Jepang menyambutnya dengan gembira, karena hari-hari dingin dan tidak bersahabat telah berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum (, ume). Dan setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup-kuncup bunga paling terkenal di Jepang, bunga Sakura ().


Wah menarik yah? Lanjoot! Yang kedua ini Musim Panas diawali dengan musim hujan sekitar seminggu, yang disebut Tsuyu (梅雨). Musim Panas di Jepang bisa mencapai suhu maximum 35oC, dengan kelembapan lebih dari 90%. So, gag perlu olahraga angkat besi, dengan duduk diam saja, sudah sukses membuat kita mengeluarkan keringat. Musim Panas dimulai sekitar bulan Juni ditandai dengan pohon-pohon hijau dan nyanyian ribut serangga yang bernama ‘Semi’. Sekolah di Jepang memberi libur Musim Panas sekitar sebulan. Salah satu aktivitas yang disukai kaum muda Jepang di Musim Panas adalah bermain ke pantai dan ke laut. Meski di tiap musim juga diadakan festival, Musim Panas adalah musim dengan jumlah festival terbanyak dan tersemarak.


Trus yang ketiga ini Musim Gugur, ditandai dengan mulai rontoknya dedaunan di pohon-pohon, dan berakhirnya hari panas dan lembab. Berawal sekitar bulan September. Musim ini terkenal dengan daun yang berubah warna jadi kuning, merah, oranye, dan disebut Momiji (紅葉).


Dan yang terakhir itu Musim Dingin, ditandai dengan turunnya butir-butir salju pertama di awal Desember. Di jaman dulu, Musim Dingin ini adalah musim yang paling berat, dan mungkin paling banyak menelan korban jiwa karena ganasnya cobaan alam dengan hawa dingin dan badai salju. Di beberapa daerah seperti Hokkaido di utara, suhu udara bisa mencapai -20oC. Rata-rata aktivitas orang-orang Jepang di musim dingin ini, adalah bermain ski, snowboard, dan es skating. Serta Onsen / hot spring (Pemandian air panas).


jadi pengen tinggal di Jepang deh! Pengen nikmatin keempat musimnya. Pengen ngelihat bunga sakura. Pengen ke Harajuku. Eh, kalian tau Harajuku nggak? Harajuku itu tempat favoritnya remaja Jepang lho.


Harajuku itu sendiri adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Meiji Jingu, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dori), departement store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi.



Di Harajuku ini banyak banget ditemukan remaja yang sedang cosplay. Pokoknya unik-uniklah. Kapan yah aku ke Jepang? Huhu ;( pengen sangat! Gara-gara suka Jepang juga aku jadi suka ngambar manga. Oke, aku bakal nunjukin sedikit gambar karya-karya aku, kalau jelek jangan diejek yah. Hehe.



























Gimana? gimana? aku ngambarnya secara manual dibuku gambar. Sebenarnya aku punya aplikasi untuk gambar manga lewat laptop kaya aplikasi SAI dan photoshop tapi akunya emang nggak mudeng-mudeng -_- padahal udah ngikutin tips and trick dari blognya kak M.Nasihin.



Hehe, tapi aku pasti bisa! Tinggal lihat waktunya aja ;D kita lanjut tentang Jepang aja yuk?
Huruf abjad dalam bahasa Jepang itu terdiri dari 4, yakni :



Pertama itu Hiragana. Digunakan untuk menulis kata-kata asli bahasa Jepang. Juga digunakan untuk mengganti tulisan kata-kata yang ditulis dengan huruf kanji. Selain itu juga untuk menulis kata bantu/partikel, kata bantu kata kerja atau kata berkonjugasi dengan kata kerja dan sebagainya.


Yang kedua itu katakana. Digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing. Seperti nama orang asing, nama negara dan kota asing, benda-benda dari negara asing. Tetapi sekarang ini banyak pula kata-kata Jepang asli yang juga sering ditulis dengan huruf katakana, namun biasanya bersifat penegasan saja.


Ketiga itu Kanji. Digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang yang telah ditetapkan dengan tulisan kanji. Selain itu juga, Kanji digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari China.


Yang terakhir ini Romaji. Romaji ini digunakan untuk beberapa buku teks bahasa Jepang dasar untuk orang asing dan lain sebagainya. (aku kurang paham yang romaji. Hehe!)


Gimana? rumit yah? Mau lanjut nggak? Oke-oke, selanjutnya aku pengen ngasih tau bahasa Jepang yang aku ketahui, lest check this out :


1.      Kami à kertas
2.      Hon à buku
3.      Watashi à saya
4.      Gakusei à siswa
5.      Anata à kamu
6.      Enpitsu à pensil
7.      Kyaku à tamu
8.      Kaisha à perusahaan
9.      Okaasan à Ibu
10.  Obaasan à nenek
11.  Yasashii à mudah
12.  Chisai à kecil
13.  Ojiisan à kakek
14.  Kuuki à udara
15.  Senpuuki à kipas angin
16.  Juu à sepuluh
17.  Oneesan à kakak perempuan
18.  Tokei à jam
19.  Eiga à film
20.  Sensei à guru
21.  Kippu à karcis
22.  Ookii à besar
23.  Doori à jalan


Dan lain sebagainya. Masih banyak sob, capek aku ngetiknya. Hehe. ;P gimana? gimana? tertarikkah dengan negara Jepang? Artis-artis Jepan nggak kalah kok dengan artis-artis Korea ;p


ehm, mungkin sekian ini aja dulu kali ya? See you next post and babay! ;*

salam imut, @muthiiihauraa
12 Desember 2013. 17.59 WIB










You Might Also Like

11 komentar

  1. Iya nih pengen juga ke sini. Pengen ngerasain salju, pengen naik Tokyo Tower, dan pengen banget ketemu sama SNSD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwwwaaa, aku juga pengen ;D suatu hari nanti pasti bisa kesana deh. hehe. Insya Allah ;D

      Hapus
  2. wah, mau jalan2 ke jepang, dong :) gambar kamu bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaak, pengen banget ke Jepang ;D
      makasi kak, masih belajar. hehe

      Hapus
  3. jadi pengen ke Jepang jugaa cin... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuk ngumpulin uang!
      ke Jepang kita ;)

      Hapus