artikel

Generasi muda dan internet

18.06


Dizaman yang serba canggih plus modern ini kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia pasti deh kenal banget dengan yang namanya internet. Iya kan? Bahkan mungkin sebagian dari kita tak kan bisa lepas dari internet.

Mau pergi sekolah OL dulu. Mau tidur OL dulu. Lagi belajar OL juga. Pokoknya rata-rata kehidupan kita ini diiringi oleh internet dan rasanya nggak bisa lepas kan? Internet itu seperti candu yang akan membentuk pribadi seorang generasi muda.

Emang udah fitrah manusia sih untuk didengar, untuk bersosialisasi, dan untuk diperhatiin. Apalagi bagi seorang generasi muda yang memang butuh pengakuan dari lingkungannya. Semua itu bisa didapatkan lewat internet dari media-media sosial seperti facebook, twitter, youtube, yahoo, gmail +, blogspot, soundcloud, plurk, dan media sosial lainnya.



Nggak Cuma generasi muda yang aktif diinternet, bahkan yang udah berumur pun tetep pengen eksis didunia maya. Ditambah lagi zaman sekarang gadget-gadget semakin mendukung.

Banyak sekali dampak positif dari internet dan banyak juga dampak negatifnya. Bagi generasi muda yang bakal ngejawab tantangan masa depan, sebaiknya harus bisa memilah-milah apa yang akan dikonsumsinya lewat internet.

Guys, sebagai generasi muda udah selayaknya kan kita bisa mengoptimalkan potensi diri kita dan potensi internet untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Hidup itu Cuma sekali dan ditangan generasi mudalah negara ini nantinya. Ditangan generasi muda jugalah tantangan zaman yang semakin ngeri tiap tahunnya.



Kalau generasi mudanya sendiri tidak bisa memilah mana yang terbaik untuk dirinya, bagaimana nasib negara ini? Bagaimana nasib bangsa ini kedepannya? Korupsi, nepotisme, kejahatan, dan tindak kejahatan lainnya bakal merajalela. Mau jadi apa bangsa ini?

Soekarno pernah berkata dalam pidatonya : “Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncang dunia.” Berarti peran generasi muda itu sangat luar biasa dan dahsyat kan?

Tapi coba kita lihat generasi muda dizaman sekarang. Menonton film porno dari internet, pacaran, narkoba, aborsi, tawuran, prostitusi, dll. Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, diperkirakan jumlah kelahiran di Indonesia adalah sebesar 5 Juta jiwa per tahun dan angka keguguran sebesar 3,5 juta per tahun. Mengerikan bukan? Mau dibawa kemana negara ini? Mau dibawa kemana masa depan mereka?

Dan semua prilaku itu kebanyakan dampak dari internet yang tidak mereka gunakan dengan baik or positif. Iya kan? Bagaimana mungkin mereka bisa ngejawab tantangan zaman kalau memilah yang baik or buruk untuk dirinya saja tidak bisa?



Sob, kita ini generasi muda dan sebagai generasi muda kita harus semangat dalam berkarya. Jangan ngelakuin sesuatu yang bakal ngerusak masa depan kita. Penyesalan itu nggak bakal guna lagi lho. Jadi mending sebelum kita menyesal lakukanlah yang terbaik untuk diri kita. Untuk keluarga. Untuk lingkungan dan negara Indonesia tercinta ini.

Apakah kita rela negara ini semakin terpuruk dimata dunia oleh ulah generasi mudanya? Apakah kita rela negara ini dipermalukan oleh negara-negara lain karna generasi mudanya tidak pandai mengembangkan diri?

Mau berapa banyak lagi kebudayaan Indonesia yang akan dipatenkan oleh negara lain? Awalnya kita sama sekali nggak peduli dengan kebudayaan kita. Tidak peduli atas apa yang menjadi hak kita. Dan pada saat hal yang tidak kita pedulikan itu diambil oleh negara lain baru deh pada bersuara. Baru deh pada ngedemo. Udah telat kali guys!

Dari tahun ketahun akhlak generasi mudanya semakin bobrok. Tidakkah ada rasa malu dari diri kita? Tidakkah kita ingin menjawab tantangan zaman yang semakin sulit dikemudian hari? Dan karna kebobrokan semua itu haruskah kita menyalahkan internet?

Ya! Mungkin sedikit banyaknya bersumber dari internet dan media-media lainnya. Tapi tidak sepenuhnya itu salah media. Tidak sepenuhnya salah internet. Semua itu tergantung generasi-generasi muda itu sendiri. Peran orang tua dan lingkungannya pun tidak bisa disepelekan.

sob, kita sama-sama memiliki waktu dalam sehari itu 24 jam. Tapi ada type generasi muda yang dalam sehari itu mampu menghasilkan banyak karya dan ada juga dalam sehari itu tidak bisa memiliki karya apa-apa. Type yang manakah yang ingin kita sebagai generasi muda realisasikan? Tentu saja type yang pertama bukan?

Jikalau semua generasi muda di Indonesia ini bisa mengatasi rasa malasnya dan produktif dalam berkarya, pasti Indonesia akan berjaya. Apabila semua generasi mudanya mampu memfilter internet yang baik untuk dirinya, pastinya kejahatan di Indonesia semakin minim.

Seharusnya semakin adanya media pendukung seperti internet, semakin banyak karya yang dihasilkan. Bukan malah sebaliknya. Lihat deh generasi muda yang mampu mengoptimalkan potensi internet untuk berkarya, seperti : Raditya Dika, Mutia Hanifah al Hanan, Bena Kribo, Irvilioni, Arif Muhammad, dan masih banyak lagi.

Generasi muda diatas mampu memanfaatkan internet untuk menjawab tantangan zaman. Mereka mampu memompa diri mereka dalam berkarya hingga karya mereka itu bisa bermanfaat untuk khalayak. Nah, pertanyaannya sekarang, bisakah kita seperti mereka yang mampu mengoptimalkan potensi internet untuk menjawab tantangan zaman?

Guys, karya itu seperti candu. Dalam proses pembuatananya sangat melelahkan dan meletihkan. Tapi saat karya itu sudah jadi, diri kita jadi terpompa untuk membuatnya lagi dan lagi.  Indonesia butuh generasi muda yang optimis dalam karya, yang semangat dalam menghadapi hidup untuk menjawab semua tantangan zaman.

Oke, selamat berkarya para generasi muda. Mari harumkan nama Indonesia lewat karyamu. ;D Jadilah generasi muda yang karyanya selalu ditunggu-tunggu. Jadilah generasi muda yang mampu berbuat banyak untuk lingkungannya dengan karyamu. Jadilah generasi muda yang mampu menghadapi tantangan zaman.

Tunjukan pada dunia ‘ini lho kami, generasi mudanya Indonesia yang akan mampu membawa Indonesia seperti garuda yang akan terbang tinggi’. ;D

Salam optimis, @muthiiihauraa
31 Desember 2013. 14.17 WIB.

You Might Also Like

31 komentar

  1. wah, tulisannya inspiratif banget kak :D

    BalasHapus
  2. Gue salahsatu yang menggunakan internet untuk mengembangkan karya juga.. :3 Buat gue sih hidup tanpa internet tuh serasa hambar, karena dari sanalah gue bisa belajar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget! hidup hambar tanpa internet :)

      Hapus
  3. "Karya itu adalah candu." Bener banget, apalagi kalo udah diapresiasi sama orang lain :D Tapi kadang-kadang jadi gak produktif dengan nonton anime atau drama bisa jadi candu juga kekekek #jangandicontoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. gk papa, asal yg ditonton ada manfaatny ;)

      Hapus
  4. Ahahaha banyak anak muda sekarang yang bilang "tanpa internet aku tak bisa apa-apa", yang mengartikan bahwa internet itu penting buat mereka. Padahal mereka salah. Tanpa listrik internet juga tak bisa apa-apa.

    BalasHapus
  5. wah, iyah udah ngerasain keduanya. dapmapk negatif dan positif.
    parahny alagi kadang klo udah buka internet banyak waktu terbuang,hehe

    BalasHapus
  6. Setuju. Semoga makin berkembangnya teknologi makin banyak juga karya yang lahir ya >< Kita tunjukkan ke dunia kalau kita juga bisa kreatif! >:D

    BalasHapus
  7. Setuju, internet harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  8. Salam optimis juga, muthi. Ingat aku? Pemula apanya ini mah bagus kok blognya :3
    Selamat berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ada kak Puti ;D
      makasih kak. hehe.

      Hapus
  9. sudah menjadi kebutuhan sekarang ini, harus pintar2 menyairng ya min

    BalasHapus
  10. untuk negatif nya pasti semua udah ngerasain, yg nama nya kita pake internet, pasti mau sengaja atau engga sengaja pasti pernah yg nama nya ngeliat konten-konten macem pornografi dsb, jadi tergantung diri kita sendiri gimana menyikapi konten-konten tersebut, apa kuat atau engga masalah belakangan haha

    BalasHapus
  11. jadi inget ada yang share meme, gw emang cupu. tapi lu gatau karya gw di dunia internet.. :)) haha keep posting kak :D

    BalasHapus
  12. keren kata-katanya muthiiii.... cemerlang:D

    BalasHapus
  13. Wah tulisannya udah kyk bung karno nih, jadi tambah semangat jadi pemuda setelah baca post ini

    BalasHapus
  14. wah tulisan yang sangat menginspirasi... nice post kak :))

    BalasHapus