[review buku] Jangan Kuliah Kalau Ga sukses #1

06.57 Muthi Haura 33 Comments


Haay, guys. Assalamua’laikum. Gimana kabarnya hari ini? Semoga semakin semangat berkarya ya :D Kali ini aku pengen banget review buku yang udah kubaca. Judulnya : Jangan Kuliah Kalau Ga Sukses.

Wah, dari judul buku itu apa yang terpikir dibenak kalian? Buku ini karya Setia Furqon Khalid yang merupakan salah satu motivator muda Indonesia. Buku ‘Jangan Kuliah Kalau Ga Sukses’ ini nggak dijual secara bebas lho sob. Cuma dijual dalam lingkungan terbatas dan disaat Kang Furqon itu mengisi seminar.

Menurut aku buku ini amaze banget. Buku ini mampu mengubah maindset aku untuk semangat dan fokus dalam study, organisasi, dan semangat dalam menghasilkan karya. Didalam buku ini dikatakan bahwa manusia itu terdiri dari dua type.

Type pertama adalah orang yang begitu produktifnya, banyak aktifitas yang ia kerjakan dalam waktu yang relatif singkat. Dan tentu saja aktifitas yang mereka kerjakan ini adalah aktifitas yang bermanfaat untuk masa depannya. Orang type pertama ini memiliki arah, tujuan, dan visi-misi hidup yang jelas.

Sedangkan type kedua adalah type orang yang tidak produktif dalam menjalani hari-harinya. Suka membuang-buang waktu, melakukan pekerjaan yang sia-sia, menjalani hari-hari tanpa visi-misi hidup.

Kita harus bisa mentafakuri hukum Newton I yang berbunyi : ‘sebuah benda yang diam, cenderung untuk terus diam. Sedangkan, sebuah benda yang bergerak cenderung terus bergerak.’

Maksud mentafakuri disini adalah bahwa dalam teori hukum Newton I, saat kita berdiam diri, maka akan sulit rasanya memulai sebuah aktifitas yang bermanfaat. Setuju nggak sob? Kalau aku mah setuju banget. Aku malah ngerasai hal kaya gitu juga.

Ada kata-kata yang sangat aku sukai dari buku ini, yakni : Kesuksesan tidak ditentukan oleh cerdas dan hebatnya seseorang. Kesuksesan hadir untuk mereka yang memimpikannya, dan berjuang mati-matian merealisasikan mimpi-mimpinya. Dan kegagalan sejati adalah kegagalan saat kita tidak mau mencoba sesuatu.

Didalam buku ini juga diberikan tips-tips berprestasi dalam bidang akademis didunia perkuliahan. Aku bakal sedikit menjabarkannya dalam bentuk yang ringkas. Tips-tips sukses akademis :

Pertama, sebagai mahasiswa kita harus buat goal setting yang jelas. Tanyakan kediri kita sendiri ‘untuk apa kita kuliah?’ Tentukan tujuan dengan jelas alasan-alasan kita kuliah itu apa. Ini penting lho sob! Kenapa penting? Karna kalau kita sudah tau niat kita kuliah untuk apa, maka kita akan semangat dalam menjalaninya.

Yang kedua itu, kita harus memahami panduan akademik. Hal ini juga sangat penting! Dengan memahami panduan akademik kita jadi bisa membuat strategi perkuliahan yang tepat untuk diri kita sendiri.

Ketiga, kenali karakter belajar kita. Cara belajar didunia kampus jauh berbeda dengan sewaktu kita belajar di sekolah. Jadi wajib dan kudu banget mahasiswa itu mengetahui pola belajarnya. Temukan cara belajar seperti apa, dengan suasana seperti apa kita dapat dengan mudah menyerap dan berada didalam level konsentrasi terintinggi.

Yang keempat lagi ya? Buat rencana kesuksesan akademis. Misalnya kaya gini :
Tahun pertama kuliah à Fokus mendapatkan ilmu dan meraih IP yang sangat bagus minimal 4,0. Sambil mencoba-coba beberapa organisasi yang dapat menyalurkan bakat dan hobi.
Tahun kedua kuliah à Mulai lebih serius berorganisasi. Ikut banyak perlombaan untuk mengukur potensi diri. IP minimal 3,5 dan mengikuti club bisnis.
Tahun ketiga kuliah à Mulai fokus pada bidang yang disenangi atau yakin dapat ‘expert’ dibidang tersebut. Mulai melatih diri dengan proyek atau pekerjaan sesuai dengan kompetensi inti dan mulai membangun nama baik dan relasi. Merintis bisnis dan IP minimal 3,6
Tahun keempat kuliah à Membuka bisnis sambil menyusun skripsi. Lulus 3,5 tahun dengan IPK minimal 3,6 (camlaude), organisasi sukses, jaringan banyak, kuliah mantap.

Kelima, ambil semester pendek (kalau ada). Mengapa semester pendek ini sebaiknya diambil? Untuk mempercepat mata kuliah terselesaikan di semester-semester awal, akibatnya di semester-semester akhir mata kuliah sudah selesai semua dikontrak dan fokus dapat dilanjutkan untuk lulus 3,5 tahun atau persiapan mendapatkan S2.

Bagaimana sob? Keren-keren kan tips-tipsnya. Masih banyak nih, lanjut nggak? Oke, yang keenam itu ambil terlebih dahulu mata kuliah persyarat. Banyak mahasiswa yang tidak dapat mengambil mata kuliah-mata kuliah disemester atas karena belum mengontrak mata kuliah persyarat. Jadi ambil terlebih dahulu mata kuliah persyarat tersebut.

Ketujuh, banyak membaca dan berlatih. Membaca bermanfaat untuk memperluas ilmu wawasan. Berlatih membuat kita terampil dalam suatu bidang. Sering-seringlah berkunjung keperpustakaan atau toko buku. Sekedar membaca buku yang disuka pun tidak masalah untuk pembiasaan awal.

Selanjutnya, mulailah untuk membaca semua literatur yang menunjang pencapain mimpi-mimpi kita dimasa mendatang. Berinvestasilah untuk membeli buku-buku yang diperlukan, selanjutnya buku-buku yang sesuai dengan minat dan hobi.

Gimana guys? Keren-keren kan? pastinya dong! Itu baru sebagian dari tips yang diberikan oleh Setia Furqan Khalid, masih banyak tips lainnya. Nanti Insya Allah bakal ada part 2 lanjutan postingan ini biar nggak kepanjangan :D

Sumpah deh, buku ini keren banget. Sangat memotivasi aku tentunya. Yah, memang dalam hidup dalam mencapai tujuan dibutuhkan proses yang harus kita lalui. Proses itu haruslah kita nikmati dan kita kerjakan dengan baik.

Oke, mungkin sekian dulu postingan hari ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan kita mahasiswa yang baik. See you next post and babay!

Salam sukses, @muthiiihauraa
28 Januari 2014. 21.14 WIB


Baca Artikel Populer Lainnya

33 komentar:

  1. kalo aku pribadi sih nggak terlalu suka dimotivasiin sama 'kata-kata' orang lain tapi lebih suka termoviasi karena 'aksi' orang lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka lewat 'aksi' dan 'kata-kata' orang lain :D

      Hapus
  2. Lagi ga suka baca buku-buku self-help euy.

    BalasHapus
  3. Kalo gue pribadi sih punya prinsip "Sukses itu ga harus bergelar ataupun pintar". Asalkan ada kemauan yang tinggi, pasti bisa sukses kok. :D

    BalasHapus
  4. aku suka banget pengertian sukses yang ada di bukunya, sukses ya harus punya mimpi dan berusaha
    oiya, aku lagi bikin review tentang buku kroyokanku tentang koas gitu, dibaca ya, kalo suka silahkan dibeli dan direview lagi hehe....

    BalasHapus
  5. Wah keren nih. Jadi semangat buat masuk Farmasi UGM. Ihiiiiy :D

    BalasHapus
  6. Hai Muthi, aku juga punya bukunya dan emang bagus banget :D nice post ya, silakan mampir balik di blogku :)

    BalasHapus
  7. baguslah kalo emang isi bukunya bisa ngubah mindset kamu soal belajar jadi lbh baik. berarti buku ini emang cocok buat kamu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yop, sepertinya begitu. makasih :D

      Hapus
  8. Salam,
    Anak saya yang di Gontor pesan ke saya,..tapi saya lihat diweb gak tau belinya dimana. Bisa diinfokan tidak ya ke saya bagaimana membeli buku ini,..makasih salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga. bisa beli disini https://www.facebook.com/pages/Setia-Furqon-Kholid/148795011831849?ref=ts&fref=ts..
      makasii :D

      Hapus
  9. wah saya kayaknya engga perlu beli ini karena saya masih smp, waks. :v

    memang agak susah menghindari inersia :v

    BalasHapus
  10. Wah... Mantap nih... Dengan ini, gue jadi lebih tau gimana seharusnya kuliah. #CalonMaba

    Makasih banget ya mba postingannya. Sangat bermanfaat bagi Maba seperti gue ini :D

    BalasHapus
  11. Kalau baca judulnya jadi kayak sebuah larangan buat kuliah. Ternyata berisi sebaliknya. Menarik.

    Sedikit saran boleh, ya? Di HPku (aku baca pakai HP) agak nggak kelihatan kata yang diblok pakai warna ungu, pakai warna yang kontras aja sama warna huruf.

    Terima kasih, salam kenal :)

    BalasHapus
  12. Untuk bang Renggo yang ditulisan warna ungu itu "tidak produktif" :D

    maindset - ini mungkin maksudnya mindset ya :D

    emang sih, kalau kuliah cuma buat happy happy, buat ikutan temen aja emang nggak bakal bermanfaat.

    makin semangat kuliahhhhh aaaaaaaaakkk
    tapi bentar lagi liburan berakhir :(

    BalasHapus
  13. Ga salah tuh semester 1 minimal ipk 4.0? Itu mah maksimal. Minimalnya 3.5 dah cukup lah. Soalnya di smster awal kan perlu banyak adaptasi. Trus buat tips yg ikut organisasi tuh, klo buat gue kurang pas deh, soalnya, daripada ikut organisasi (yg kbnyakan g jelas), buat gue mending dirumah aja. Ngeblog kek, nyoba sistem operasi apa kek. Daripada ikut organisasi yg g jelas lho!

    BalasHapus
  14. keren tuh yang sambil berenterpreneur

    BalasHapus
  15. tips ini cocok banget aku kasih ke adekku yang tahun ini baru mau masuk kuliah.
    tapi...menurutku ketinggian standar IP nya tuh hehehe...
    kalo aku mendingan 3,3 lah standar awal :-D
    terus kalau bisa tercapai, baru standarnya ditingkatin dikit2.
    tips ikut organisasi dan loba, nah ini aku SETUJU banget.
    rugi kuliah kalo cuma kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang).
    cobain organisasi yang ada di kampus sbg pengembang bakat sekaligus biar banyak temen,
    ikuti lomba2 atau kalo ada keahlian lain ya part time/bisnis kecil2an,
    refreshing kalo penat,
    dan di kost baru deh belajar dan ngeblog.

    BalasHapus
  16. nice post.
    kayaknya aku butuh buku ini hahahaha
    soalnya aku lagi butuh sebuah motivasi -________-

    kalau bukuny anggak dijual secara bebas, terus aku nyarinya dimanaaaa -3-
    di gramed bakalan ada nggak yah

    BalasHapus
  17. Ah Mut, kamu mengingatkanku sama buku yang udah dibeli lama tapi belum aku baca. Tau nggak? Bukunya udah ada di tanganku sejak aku di semester 1 dan sampe sekarang belum dilanjut lagi. Parah nggak siihhh. Kayaknya aku lupa naro juga-_-

    Gara-gara kamu bikin review ini aku harus cepet cari lagi deh. Mumpung udah menginjek semester akhir, biar makin semangat juga kuliahnya :))

    BalasHapus