artikel

Kampung fiksi

18.57


Aku mencintai dunia menulis. Sangat! Kecintaan ini membuatku belajar dan terus belajar mengembangkan imajinasi yang terus berkeliaran dibenakku. Aku selalu suka menulis fiksi. Bermain dengan kata-kata dan mengarang tokoh idamanku sendiri.

Aku selalu bahagia saat tokoh yang kubuat tersiksa atau berakhir happy ending. Saat itu aku merasa sangat penting karna akulah sang penentu alur cerita tokoh rekaanku. Seakan ada sensasi saat menuliskan kisah mereka.

Kecintaan dalam dunia fiksi ini membuat aku ingin selalu belajar dan lewat seorang teman, aku kenal dengan komunitas yang dinamakan kampung fiksi. Komunitas yang diisi oleh para pecinta fiksi dan tempat belajar bersama mengenai dunia fiction.

Kampung fiksi didirikan pada tanggal 1 Februari 2011 dan hingga kini followers @KampungFiksi sudah mencapai 3000 orang. Banyak prestasi yang telah didapat oleh kampung fiksi ini, salah satunya meraih penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) pada tahun 2012. Keren bukan?


Nggak hanya itu guys, kampung fiksi juga pernah diliput oleh koran sindo lho. Lihat aja di koran sindo edisi 4 Februari 2014. Dan yang paling WAW-nya, kampung fiksi pernah muncul diliputan 6. Amaze nggak tuh?

Banyak banget deh untungnya gabung dengan komunitas yang oke banget ini. Tinggal stalkerin blognya, pasti kamu bakal dapat banyak ilmu yang bermanfaat. Oke deh, aku bakal kasih tau apa-apa aja kegiatan yang ada di kampung fiksi. check this out:

Pertama nih, Remake/Rewrite ini kita bisa mengirimkan halaman awal dari novel yang sedang kita garap untuk diceritakan ulang oleh teman-teman yang lainnya dengan sudut pandang yang berbeda. Wah, asik nggak tuh? Kaya buat cerita duet gitu deh.

Kedua ada kegiatan Book Travelling Campaign. Kalau kegiatan ini mah asik banget. Caranya yaitu dengan mengirimkan satu buku secara berantai kepada teman-teman kalian. Setiap orang yang telah membaca buku dalam program ini akan menuliskan catatannya kolom yang sudah disediakan di halaman terakhir buku. Kalau kalian berminat bisa bergabung di Group Travelling Campaign di facebook.

Ketiga nih, Grup J50K: 31 Hari, 50.000 Kata. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan pada bulan Januari yang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menulis fiksi, baik itu berbentuk NOVEL/Kumcer/Cerita, minimal sebanyak 50.000 kata yang ditulis selama 31 hari penuh.


Yang terakhir nih, KF juga sering mengadakan workshop dan lomba menulis untuk para anggotanya. Hal ini bertujuan untuk mengupas kreativitas anggota agar bisa mengekplorasi kemampuan yang mereka miliki.

Oke nggak? Selain kegiatan itu KF juga nyediain layanan berbayar bagi penulis fiksi. layanannya itu adalah : Copy Editing, Developmental Editing dan Substantive Editing, Kelas Online menulis fiksi, Mengurus ISBN. Kalau kalian berminat bisa kirim email ke kampungfiksi@gmail.com dengan subyek sesuai pelayanan yang diinginkan.

KF ini dipelopori oleh delapan orang yang memang ahli dalam bidangnya. Orang-orang hebat itu adalah : Ajen Angelina, Deasy Maria, Hadi Samsul, Meliana Indie, Miss G, Nastiti Denny, Ria Tumimomor, dan Winda Krisnadefa.

Gimana guys? Keren bukan! Tunggu apa lagi, mari sama-sama belajar dan berkarya bersama kampung fiksi. mari kita goncangkan fiksi Indonesia bersama KF. Nah, kalau kamu mau kenalan dgn KF, silahkan mampir disini, disini, disini, dan disini.


"Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, BentangPustaka, Stiletto Book dan Loveable."

http://www.kampungfiksi.com/

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah keren banged isi postingannya.. bermanfaat lagi. mampir di blog aku ya http://febriypondlif.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mampir disini menyapa hehe.. mantap postingannya..tetep berkarya yah.. hehe

    BalasHapus
  3. Kayaknya kalo ada forum ginian buat artworker seru nih :D

    BalasHapus