curcol :)

Penipuan berkedok undian

04.58


Haay guys, Assalamua’laikum. Piye kabare? Apik-apik ae kan? :D Kali ini aku mau share pengalaman yang benar-benar menimpa aku dan apa yang aku rasain. Oke langsung aja ya? Kemaren ditanggal 5 Februari 2014 aku dan Wulan pergi membayar SPP ke bank syariah mandiri, tapi sayangnya di bank ada masalah jaringan sehingga tidak bisa dilakukan transaksi pembayaran.

Aku sama Wulan memutuskan untuk pergi ke Giant Panam Pekanbaru. Pas mau masuk kami dicegat oleh seorang sales dengan memberikan sebuah hadiah kepada kami. Kami yang memang masih polos *tsah* and nggak ngerti apa-apa menerima hadiah itu.

Ya dong, nggak mungkin kan hadiah gratis ditolak. Terjadilah percakapan diantara kami.
Sales : Ke stand kami sebentar dek buat ngisi data, tenang ini untuk tugas kok.
Tanpa berfikir panjang, kami mengikuti sales itu ke standnya dan mengisi data-data kami tanpa sedikitpun kebohongan. Maklum kami memang sama sekali masih nggak ngerti apa-apa. Mulailah dua orang sales melakukan permainannya. It’s show time. Mungkin begitu pikir mereka.

Kedua sales cowok itu bertanya banyak hal kepada kami. ‘Mbak-mbak ini dari mana?’, ‘Udah punya pacar?’, ‘Kuliah dimana?’, ‘Tinggalnya dimana?’, ‘Kerjaan orang tua apa?’, ‘Kesini naik apa?’. Begitulah kurang lebih sedikit pertanyaan dari mereka. Tu dua sales cowok genit pula lagi. Megang-megang! Entah karna mereka mau ngipnotis kali ya.

Pokoknya mereka nguasai pembicaraan banget. Mereka sama sekali nggak ngasi kami kesempatan selain ngejawab pertanyaan mereka. Bahkan untuk berfikir pun rasanya susah sebab direcoki terus sama mereka.

Lalu sales itu nunjukin sebuah kompor listrik merek *tuuuuut*.
Sales 1: ini dek kompornya nggak perlu mahal-mahal buat beli gas. Aman lagi. Coba pegang kompornya nggak panas kan? pancinya juga nggak panas. Ini ada untuk tombol masak nasi, masak air, dan lain-lain. pokoknya lengkap deh. Kami ada promo gede-gedean, nggak nyesel deh belinya.
Sales 2 : Iya dek. Pokoknya bagus banget deh. Apalagi buat anak kuliah. Hemat. Adek berdua pandai masak kan? bla bla bla.
Kami diam aja coz nggak dikasi kesempatan buat ngomong.
Sales 1 : Oh ya kemaren ada orang yang beli kompor gas ini trus dapat baju pelangsing dek. Harga kompornya 6 jt, baju pelangsing 1,5 jt. Untung nggak tuh? Karna kami lagi baik dk Muthi mau apa? Mau kaca mata untuk ngurangi minus ini?
Aku ngangguk aja coz ingat Ayah aku minus.
Sales 2 : Kalau dek Wulan pasti mau baju pelangsing kan? (Wulan ngangguk)
Sales 1 : Nah, kalian bisa dapetin ini dengan GRATIS dengan cara Cuma nebak harga kompor listrik ini.

Halah ni sales main tebak-tebakan pula -_- Singkat cerita itu tebakan kami berdua nggak ada yang bener. Kami mau pergi, tapi ditahan sama sales pertama.
Sales 1 : Dek, kami ada 4 kupon undian. Kalian pilih salah satu. Kalau beruntung bakal dapat hadiah dari kupon ini.
Aku ngambil, ditulisannya tertulis ‘coba lagi’. Aku ambil lagi dan untuk yang kedua kalinya tetep ‘coba lagi’ dan yang ketiga ini aku dapat voucher diskon 20 %. Trus Wulan ngambil and dapat hadiah kompor listrik, alat pelangsing, dan kaca mata pengobat minus.
Sales 2 : Haa? Apa ini dek? Kok dapat ini? *dia nanya ke Wulan dengan tatapan kaget*
Sales 1 : Ya ampun dek. Adek mimpi apa semalam? Kok bisa beruntung gini? Bentar-bentar, kami telpon manajer kami dulu.
Sales 1 nelpon, trus manajernya mau ngomong sama Wulan.

Kami udah senang banget tuh. Barang-barang yang kata mereka totalnya itu SEPULUH JUTA bisa kami bawa pulang. Sales-salesnya pada exacted banget. kedua sales itu nyalami kami berdua.
Sales 2 : Pokoknya kalian harus traktir kami. Aduh deh hebat banget. adek tadi milih sendiri kan? adek tadi nggak dibantuin kawan saya itu kan? rezkimu dek.
Wulan geleng-geleng.

Sales 1 : Nah dek, adik bisa bawa pulang ketiga hadiah ini kalau melakukan pembelian di paket C. Minimun pembelian 2.900.000.

Preeet! Hampir tiga juta bray, uang dari mana? Kami Cuma bawa uang 1.200 itu pun buat bayar uang semster. Ngelihat gelagat kami yang nggak setuju, mereka mulai beraksi lagi.

Sales 2 : Tenang dek. Kami kasih khusus untuk adek diskon setahun tanpa bunga. Gimana murah nggak tuh?

Haduuuh pokoknya gitu deh. Singkat cerita si Wulan nggak ada uang, akhirnya kedua sales itu ngerecoki aku. mereka bilang sayang hadiahnya nggak diambil. Akhirnya karna direcoki terus tanpa bisa berfikir secara normal, aku mengiyakan dengan uang awal 400 ribu dengan hanya membawa kaca mata minus pulang.

Keluar dari tempat sales-sales itu kepala terasa sedikit pusing. Trus aku sama Wulan pergi makan ke CFC *niat awal emang mau pergi makan*, perasaan aku sama Wulan udah nggak enak.
Wulan : Ante, aku ngerasa kaya dihipnotis tadi.
Aku : Iya ya mbak. Aku juga sama.

Pas tiba dirumah aku cerita ke Ayah aku. Ayah aku Cuma ketawa, katanya hal kaya gitu udah ada sejak lama. Dan sedihnya Ayah aku nggak mau gantiin uang 400 itu, terpaksa ngeluarin tabungan -_-

Setelah ngeserch di google ternyata harga tu kaca mata minus 150 ribu, sedangkan harga kompor 1,5 jt. Kamfreeet! Huaaa. Melayang sudah uang semester aku 400 ribu -_- Ternyata penipuan kaya gini udah ada sejak tahun 2004. Tega banget sih -_-

Kalau kalian mau baca cerita dari orang-orang lain yang kena tipu bisa di serch di google atau lihat disini :



http://bloggerbekasi.com/2010/05/29/hat-hati-penipuan-kompor-aowa-di-cibubur-junction.html

http://hasyimmah.wordpress.com/2010/01/14/penipuan-itu-masih-dibiarkan-berlangsung/
http://momento.mataku.com/blog/2011/12/15/inextron-penipuan-berkedok-trik-marketing-2/
http://www.zikri.com/2010/05/28/awas-kena-tipu-kompor-aowa/
http://www.ayobukasaja.com/2012/10/hati-hati-penipuan-toko-link-7-azora.html
http://myzone.okezone.com/content/read/2013/05/13/10470/
http://www.zikri.com/2010/05/28/awas-kena-tipu-kompor-aowa/
http://darmandj89.wordpress.com/2012/01/21/komunitas-pengaduan-konsumen/
http://ilarizky.blogspot.com/2013/11/hati-hati-penipuan-berkedok-sales-kompor.html

Aku nulis ini bukan maksud apa-apa. Cuma ingin berbagi dengan kalian dan berharap kalian semua tidak terkena juga. Oh ya, nggak hanya teknik penipuan ini tidak hanya pada kompor, pada alat-alat kesehatan juga ada. jadi HATI-HATI oke? HATI-HATI.

Jangan lupa dikasih tau juga pada keluarga dan sahabat yang lain. sebenarnya nyesek banget hilang 400 ratus ribu, tapi mau diapain lagi? Udah kejadian kan? nasi udah jadi bubur dan cara kita bagaimana membuat bubur itu jadi enak dimakan, right?

Ternyata banyak hal didunia ini yang belum aku tau dan penipuan ini bisa buka mata aku secara lebar bahwa masih banyak hal yang belum aku ketahui. Aku anak komunikasi, harusnya up to date kan? Oke, aku belajar lebih lagi. Tidak hanya belajar tentang materi perkuliahan, tapi juga belajar mengetahui tentang kehidupan dunia yang sebenarnya.

Februari ini banyak banget pelajaran berharga, mulai dari kenal sama om-om genit ampe kena penipuan. Semoga kejadian-kejadian ini menjadikan aku semakin dewasa dalam hidup. Experience is the best teacher  :D


Oke, semoga bermanfaat. See you next post and babay!
With love, @muthiiihauraa
8 Februari 2014. 19.44 WIB

ps : gambar diminta dari mbah google

You Might Also Like

43 komentar

  1. dari dulu yang namanya sales2 yang manggil2 di mall atau pusat perbelanjaan emang kebanyakan adalah tukang tipu mut,biasanya kebanyakan di awal kayak ngasih gift kecil gitu, nanti diberikan cuma2 trus minta data dan akhirnya beraksi deh...

    BalasHapus
  2. dari dulu yang namanya sales2 yang manggil2 di mall atau pusat perbelanjaan emang kebanyakan adalah tukang tipu mut,biasanya kebanyakan di awal kayak ngasih gift kecil gitu, nanti diberikan cuma2 trus minta data dan akhirnya beraksi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa lek, aku kena. ahaha -_-
      kamfret lah -_-

      Hapus
  3. pembelajaran yang sangat berharga kak.

    BalasHapus
  4. Wah, kurang ajar sekali itu sales -__-
    Tapi diikhlasin saja mbak, mungkin ini cara Tuhan menegur mbak, mungkin ya.... aku juga gak tahu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.
      ini memang cara Tuhan negur. hehe

      Hapus
  5. Buat aja sebuah komunitas anti inextron, tujuannya memantau bos-bos inextron dan jika ada kesempatan culik, congkel mata dan potong lidahnya lalu lepas panggil ambulan. biar jadi contoh ke yang lain jgn dibiarkan penipu kerah putih begini hidup nyaman.

    BalasHapus
  6. Kakak saya juga pernah kena tipu 5jt oleh sales produk Inextron yang nama tokonya Oriental Group di Mall Panakukan Makassar, tapi uangnya dikembalikan setelah saya datang ke tokonya dan mengamuk.

    BalasHapus
  7. saya jg baru kena tipu kemaren// bayu dikembalikan karena apa?

    BalasHapus
  8. hati-hati deh penipuan sekarang banyak banget bentuknya juga macam-macam

    BalasHapus
  9. Saya cuma mau menyampaikan. Beberapa hari lalu saya tertipu di Plaza Surabaya/delta. Saya mendapat kompor listrik/induction cooker yg di brosur harganya tercantum 4.9jt tapi saya dapat diskon jd sy hanya membayar 2.1jt + catokan. Saya kasih dp 1.5 juta. Setelah sampai dirumah. Saya googling. Ternyata kompor itu hanya seharga 300rb saja!! Besoknya saya dan teman saya kembali ke Delta plaza surabaya, saya tidak ke toko nya lgsg tapi saya ke Kantor satpam delta minta bantuan utk menyelesaikan masalah. Oya nama toko nya “d-joy/j&j” mereka satu usaha. Saya mnt bantuan ke kantor satpam dan mas salesnya d-joy/j&j dipanggil, tp mereka mau menyelesaikan di toko nya bukan di kantor satpam. Akhirbya kita digiring ke tokonya lagi saya dan teman saya marah2 pegawainya malah ikut marah dan mereka menjanjikan uang kembali tdk bs 100% dan harus menunggu sampai jam 7 malam (pd saat itu sy didtg jam 12 siang). Saya marah2 barang sdh sy kembalikan tp uang suruh menunggu. Saya ga terima. Setelah marah2 saya disuruh menunggu smpe jam 7 malam saya keluar dr toko nya dgn wajah marah tp diam. Saya turun ke Kantor Satpam lagi dan ada atasanya satpam garang bgt dan dia marah2 nyuruh sales toko d-joy dan j&j turun menghadap ke kantor satpam. Pegawai nya turun datang dan dimaki2 oleh atasan satpam yg garang bgt intinya disuruh balikin duit saya SKRG JUGA. Dan akhirnya duit saya 1.5 dikembalikan. Dan menulis surat perjanjian penyelesaian pengakhiran masalah dan masalah tdk berlanjut. + tanda tangan. Saya cm mau sharing. Kalo ada yg ketipu kaya gini lagi, jgn tanggung2 jgn takut. Datangi lagi aja marah2 mnt uang kembali. Jgn lupa ke kantor satpam dulu laporan dan mnt bantuan. Uang harus kembali saat itu juga. Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga ketipu kayak gt,trs gmn yah biar balek?soalny td sy udh balik le tokonya dan sepertinya satpam jg udh kerjasama ma mereka,jd susah e

      Hapus
    2. Sy juga ketipu kayak gt,trs gmn yah biar balek?soalny td sy udh balik le tokonya dan sepertinya satpam jg udh kerjasama ma mereka,jd susah e

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Saya mau kasih info saja! Apabila anda kena tipu juga tolong langsung laporan ke kantor satpam di mall setempat ajak satpam utk mengawal dan jangan lembek adna harus marah2 balik ke pegawai toko tsb! Anda hrrus mnt uangnya saat itu juga jgn mau disuruh nunggu! Mnt dikembalikan 100%! Saya sudah coba dan uang saya dikembalikan 100% juga. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi..
      temen sy juga baru kena kmarin.. rencana'y mau hr ini sy ikut bantu minta kmbaliin uang'y (1 juta)..
      kira2 ada kmungkinan pihak mall kerjasama ama penipu2 itu ga yah??

      Hapus
  11. Kak Lea, saya juga barusan aja kena penipuan di Delta sama persis di toko D'Joy.
    Katanya sih bagi2 doorprize dengan harga fantastis karena mau buka toko baru sama seperti Hartono.
    Aku dapet juicer, kompor gas & alat catok dengan harga total 4,5juta dan bisa ditebus dengan harga 2,1 juta. Sesmpainya di rumah, aku cek di google, ternyata harga juicer korea hanya 600ribu, kompor gas niko 100rb dan catok rambut 40rb. An totlnya hanya 740ribu. Bodohnya!
    Setelah membaca komen punya kakak, rencananya besok aku mau ngelakuin apa yg kakak lakuin

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus gimana kelanjutannya tante..?
      uda berhasil belum..?

      alhamdulillah, ane sih sejauh ini gak pernah kena yg gitu-gitu..
      soalnya tiap jalan ke mall, salesnya gak berani nawarin macem-macem, maklum tampang ane kyk reman..
      hahahah..

      Hapus
  12. howalaaaah , mama ak juga barusan kena deh kayanya , ddisuruh beli kopor listrik yang disitutertera harganya 4,9jt , cuma lagi promo harga jadi 3,9jt , trus mama ku dikasih voucher disitu ada tulisan cash back 1jt bonus 4 macam produk , setelah si seles bujuk ini itu , akhornya mama ku di ajak ke atm buat tranfer sebesar 2,9jt , dengan pulang membawa 2 buah panci presto dan 1 mixer merk visilux 2buah kompor listrik merk EUROPA , dan klo di jumlah2 semuanya 10jt , tp ak mulai curiga pas nympe rumah , ko bisa mereka kasih diskon segitu gedenya , pas ak searching google harga kompor listrik sekitaran 150 sampe 300rb doang ! kasian mama ku , uang yg keluar ampir 3jt , tp ak ga tega buat bilang mama ku , takutnya jadi pikiran .

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, terimakasih sekali untuk teman2 diatas. Saya baru saja ini akan terkena tipu di d joy delta plaza surabaya. Tapi sebelum tanda tangan saya minta ijin dulu untuk sholat ashar dan cari info tentang toko ini, saya terselamatkan. Terimakasih sekali. Semoga dibalas kebaikan oleh Tuhan. Aamiin.

    BalasHapus
  14. Aku barusan kena tipu kak di delta plaza nama tokonya juga d joy. Aku dapat hadiah catokan sama home theater dan aku di suruh bayar uang muka 400 terus salesnya minta traktir makan terus aku kasih uang 50000. Cerita aku sama persis seperti kakak2 semua dan tempatny sama di delta plaza nama tokonya d joy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca koment saya mbak ya, thx.

      Hapus
    2. Mbak syakira aku barusan bgt kena tipu2an ini. Terus kelanjutan mbak bagaimana? Aku di delta juga tpi namanya beda. Aku golden star

      Hapus
  15. Mb syakira coba balik ke toko nya trus pura" aja mau lihat model hadiahnya buat difoto untuk ditunjukan ke mama krn mama senang sekali tapi jgan dibayar lo ya..... Bilang aja tggu mama tahu fotonya dulu skalian minta foto selpie bareng ma spg"nya mbak... Itu satu modal yg bagus buat bukti laporan kita ke polisi dan management mall biar ditutup tokonya ...... Ok

    BalasHapus
  16. apa saya juga kena tipu ya?barusan juga dari delta plaza surabya..lg aja masuk lgsung diajk samperin sama sales mbak2 yg nawarin hadiah karena lg ada promo mau buka toko semacam hartono elektronik.awalnya cuma mau di kasih sovenir boneka..tapi aku diajak masuk terus ditanya2in dan ditawari buat ikut undian.dimintai isi identitas..habis itu suruh ambil lotre. entah kebetulan atau emg udah di setting nomernya cocok..trus aku lgsung dapt hadiah gratis pilihanya kamera,setrika,catokan,tablet,ricecooker. Ga smpe disitu aja masih ada tambahn undian yg hadiahnya lebih gd..antra lain laptop,tv,iphone Gold plus,dll aku lupa apa aja tpi kisaran harganya diatas 5jtaan.ak di suruh ambil kupon lg kalau mislkan beruntung bisa dpt salah satu dri brg tsb dg syarat bayar istilahnya biaya produksi aj. kebetulan aku ambil dan dapt Home theater alusii + catokan rambut.(tdinya agak mikir juga sih kok gampang banget dptnya, tp tololnya sy lgsung tertarik gtu aja aku pikir memng benr2 lg ada promo) kalo d brosur hrga home theaternya 6jtan .tp ak cuma suruh bayar 2.4jt udh dpt home theater dan catokan rmbt,plus bonus lg kipasangin dn kompor gas,sampe rumah ak searcing utk home theaternya ada yg cuma 2jtn. kebetulan jg aku bca2 kok ada komentr2 yg banyak kena tipu di toko j&j ini ya?? haloo apakah sy juga lg kena tipu ada yg bisa bantu jwb???

    BalasHapus
  17. Kejadian mbak phita sari juga sama persis sama apa yg aku alami sama istri tadi sore. Di delta plaza dpet home theater dngn byar administrasi 2,4jt. Dan besok saya akan balik lg kesana untuk menuntut uang balik

    BalasHapus
  18. Hadeh hampir saya ketipu juga mas.kena doorprize komporlistrik seharga 18juta trus ad undian eh dpet undian VIP kompor listrik gratis+voucher 1juta+TV LED Panasonic 32'.Namun yg lucunya hadiah tsb bsa diambil asal jdi member alias beli produknya senilai 15juta..busyetty@:(...kirain vochernya bisa dicairin..secara logika penipuan..maaf gk ad uang saya bt beli produknya..terima kasih..alhamdulillah selamat..lokasi Lampung Mall.Thanks

    BalasHapus
  19. Untuk teman2 semua agar lebih berhati2 dan tetap jeli/waspada terhadap bentuk promo yg menggiurkan namun ternyata menipu.semoga info ini bermanfaat(kompor listrik merk opt*m*m)... Regards

    BalasHapus
  20. Sama saya juha kena 400rb di delta plaza nama tokonya golden star pertama di kasih brosur trus suruh minta data biar gak dapat hadiah lagi lalu saya dan teman saya di suruh masuk di kantornya sesampai disitu saya dapat hadian undian tapi lama* saya di suruh bayar juicer harga 2,1 jt lalu saya dp 400 dengan pelunasan 1thn ? Kalau boleh tau apa yg bakal terjadi kalau saya gak melunasi dalam jangka 1 thn ? Di tagih ke rumah atau bagaimana ? Mohon infonya thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbk ada nomor telfon?
      saya juga ngalamin hal serupa..

      Hapus
    2. Saya juga baru mengalami hal serupa Mba bisa mnta bantuan bgmn cara melaporkannya. Agar tdk banyak korban lagi

      Hapus
    3. Saya barusan saja kena tipu2 golden staršŸ˜­ terus ini gmana kelanjutannya. Tlong dibalas. Saya bingung harus bagaimana?

      Hapus
    4. Coba hubungin kantor ylki terdekat mbak

      Hapus
  21. Memang jaman sekarang mesti waspada y mba untung cuman 400rb yang melayang mba xixixi

    BalasHapus
  22. Cara laporny bagaimana y mb.. sy bru kna nih

    BalasHapus
  23. Cara laporny bagaimana y mb.. sy bru kna nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmrn setelah kena tipu mbak ngurusnya gimana? Saya juga kena tipu di golden star

      Hapus
  24. Sya jga kna tipu nih
    250rbu mlayang dengan merek alusi
    Ulang tahun MBJ d.gian bojong

    BalasHapus
  25. Kok di delta banyak penipuan seperti itu yaa, apa ndak sebaikanya kita laporkan ke polisi saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi kantor ylki terdekat mbak, nanti disana akan dibantu keknya

      Hapus
  26. Padahal niatnya udah ga mau ya tapi tetap kena juga, pasti mereka pake hipnotis ya mba. Harus hati-hati nih kalau ketemu orang2 begini.

    BalasHapus