Ilmu komunikasi

19.19 Muthi Haura 19 Comments




Haaay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Udah Maret aja ya. Nggak nyangka banget :D wish dibulan ini pastinya semoga makin baik dari pada bulan sebelumnya dan semoga makin semangat dalam berkarya. Dalam mengejar cita-cita.

Tapi kayanya akhir-akhir ini waktu aku banyak banget kebuang untuk hal-hal percuma. Internetan berjam-jam tanpa tau apa yang mau dicari. Novel yang targetnya harus disiapin malah kebengkalai. Tugas kuliah semakin malas dikerjain. Sering melamun. Apa yang salah dengan aku? O.o

Ditambah lagi sejak suka sama ‘dia’ dan ‘dia’ kaya ngasih respon. Blog juga rada terbengkalai dan isinya Cuma curhatan gaje -_- Huft! Aku nggak bisa kaya gini terus. aku masih punya cita-cita. Aku masih pengen sukses.

Kali ini aku pengen ngebahas tentang jurusan kuliah aku. sebentar lagi kan anak-anak kelas 3 SMA bakal masuk kuliah. Pasti dong ada yang bingung soal jurusan yang akan dipilihnya. Berhubung aku anak jurusan ilmu komunikasi, aku bakal share sedikit deh tentang ilmu komunikasi.  Jadi kalian-kalian yang kelas tiga bisa sedikit mendapat gambaran ya :D

Apa sih yang akan dipelajari di komunikasi itu?  Pasti kalian pada berfikir begitu kan? pengertian secara simplenya, jurusan ilmu komunikasi itu adalah jurusan yang mengajarkan tata cara menyampaikan sesuatu baik secara lisan atau tulisan, baik melalui media ataupun secara langsung, dengan baik agar apa yang kita sampaikan itu bisa dimengerti oleh khalayak.

Menurut aku mempelajari ilmu komunikasi itu asik lho. Kita bisa berkecimpung didunia pertelevisian, radio, maupun media cetak. Dulu pas SMA, aku orangnya pemalu banget. nggak berani tampil didepan umum, tapi sejak masuk ilmu komunikasi aku jadi belajar banyak hal. Aku jadi lebih pandai bergaul dan lebih pandai menyatakan pendapat aku dihadapan umum.

Anak komunikasi itu nguasai dunia lho. Hehe. serius tau. Lihat deh, semua informasi didunia ini siapa yang megang? Anak komunikasi. Mulai dari televisi, media cetak, radio, internet, itu semua kebanyakan dipegang oleh anak komunikasi.

Aku bukan bermaksud menyombongkan atau merendahkan jurusan-jurusan lain, toh pada dasarnya semua jurusan itu bermanfaat kan dalam hidup ini. nah, di jurusan ilmu komunikasi kalian-kalian nanti bakal diajarin photografer, mencari berita dan membuat berita itu menjadi sesuatu yang enak dibaca, diajarin membuat scrip film, diajarin cara memproduksi film, dan pastinya juga diajarin menyampaikan sesuatu dengan baik dihadapan umum.

Ilmu komunikasi cocok banget deh buat kalian-kalian yang ingin berkecimpung didunia media. Yang mau jadi penyiar radio, masuk aja jurusan komunikasi. Yang mau kerja sebagai wartawan, ya di ilmu komunikasi dong. Yang mau jadi presenter atau bekerja dipertelevisian, ilmu komunikasi yang pas. Yang mau bekerja diperusahaan bagian HUMAS, anak komunikasi yang lebih diutamakan. Yang mau belajar ngedesain iklan, di komunikasi diajarin. Pokoknya sesuatu yang berhubungan dengan media.

Nah pada tertarik nggak? Dulu aku sama sekali nggak tertarik di ilmu komunikasi. Sama sekali aku nggak tau ilmu komunikasi itu belajar apa. Pas mau milih jurusan SNMPTN, aku ketemu sama sahabat aku yang namanya INTAN KURNIA NURILAHI.
Dia : Masuk jurusan apa Muth?
Aku : PAI mungkin. Entahlah aku masih bingung.
Dia : Kenapa nggak ilmu komunikasi aja? Mu kan suka nulis. Cocok lho ilmu komunikasi itu buat kamu.
Aku : Emang disana mempelajari apa?
Dia : kata cowok aku, ilmu komunikasi tu diajarin nulis, buat film, photografer, dan banyak lagi.

Dari situ aku mulai tertarik. Besoknya aku langsung negsearch diinternet tentang ilmu komunikasi. Langsung deh suka banget dengan ilmu komunikasi dan ngeyakini diri sendiri untuk ngambil jurusan itu. Makasih Intan udah ngasih pencerahan buat aku. Aku berhutang padamu :* doain aku sukses biar aku bisa traktir kamu ya. Hehe.

Aku milih jurusan ilmu komunikasi bukan sekedar ikut-ikutan. Aku emang bener-bener ngecari informasinya. Aku sadar kalau sesuatu yang kita sukai dan memang minat kita disana, pasti kita belajarnya jadi enjoy dan asik. Kita jadi semangat untuk selalu berikan yang terbaik, ya kan?

Oh iya, kalau di ilmu komunikasi UIN SUSKA Riau, nanti disemester 3 bakal ada konsentrasi lebih spesifiknya lagi. ada broadcasting, PIAR, dan jurnalistik. Sebenarnya pembagiannya masih banyak, tapi di kampus aku Cuma tiga pilihan itu adanya. Kalau minatnya lebih kepenulisan, ambil aja jurnalistik. Kalau lebih minat ke HUMAS (Hubungan MASyarakat), ya semester 3-nya nanti ambil PIAR. Kalau minat kepenyiaran atau pembuatan film, ambil broadcasting.

Tapi kata senior aku, yang namanya lulusan sarjana komunikasi harus nguasain ketiga-tiga konsentrasi itu. Nggak hanya mentang-mentang dia ambil konsentrasi broadcasting, tapi nggak bisa nulis. Kan rada rugi. Setidaknya harus tau dasar-dasarnya.

Kalau untuk masalah KKN, senior-senior aku sih banyak yang magang di trans 7. Ada juga yang diradio dan media percetakan di Indonesia. Nah, bagi adik-adik yang emang niat ngambil komunikasi, ya udah ambil aja. mari kita kembangkan media Indonesia dengan sesuatu yang bermanfaat :D

Saran buat adik-adik yang mau masuk dunia perkuliahan, pilihlah jurusan yang benar-benar kalian minati. Jangan sekedar ikut-ikutan ya, kalau sekedar ikut-ikutan entar berhenti ditengah jalan kan sayang. :p Dan dimana pun kalian kuliah ;ITB ; IPB; UGM; UI; UNPAD, atau dimana pun, bukan kampusnya yang buat kalian sukses tapi diri kalian sendirilah yang akan menentukan kesuksesan kalian. Kalian yang berhak nentuin diri kalian akan sukses atau tidak, sedangkan media diluar diri kalian hanya sebagai pendukung.

Jadi entar kalau ada yang nggak lulus di universitas dambaannya, jangan bersedih hati ya. Belum tentu juga mereka-mereka yang kuliah diuniversitas favorit bakal sukses, sekali lagi semua itu tergantung pribadi dan diri masing-masing. Oke, keep spirit!

Dan buat aku, segeralah hilangin rasa malas karna kalau aku malas, maka kesuksesan-kesuksesan yang harusnya bisa kucapai akan terlewat begitu saja!

Mungkin segini dulu dari aku, maaf kalau penyampainnya masih kurang karna kebenaran itu datangnya dari Allah dan kesalahan itu datangnya dari diri aku sendiri. salam sukses, @muthiiihauraa
2 Maret 2014

Baca Artikel Populer Lainnya

19 komentar:

  1. Dulu rada bingung, kirain Fikom tuh fakultas ilmu komputer, cuma belajar tentang pemrograman kaya gitu, makanya ga milih ini. Tapi ga nyesel juga sih, zaman sekarang mah mau apapun jurusan bisa jadi apa aja, tergantung usaha kitanya aja.
    Sama nih lagi males-malesan sama sering ngehambur-hamburin waktu ga jelas, bingung mau ngapain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, semuanya tergantung usaha kitanya :D
      mari kita isi waktu dengan berkarya :)

      Hapus
  2. Lengkap sekali kak Mumu, kurang gambarnya aja nih hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kak Asma. lagi tak ada gambar nih. hehe :)

      Hapus
  3. ilmu komunikasi? asik kok hehe tapi kalo apapun di niatin dari hati bakal lancar semuanya amin hehe

    BalasHapus
  4. keliatannya seru sih, tapi gue masih kelas 3 SMP kak :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masih kecil banget :p
      nggak papa, untuk pengetahuan dk :)

      Hapus
  5. huwaaa seketika galau :(
    sekarang aku kelas XI, masih bingung taun depan mau kuliah di mana dan ngambil jurusan apa.

    btw aku suka nih kalimat yg ini,
    "Bukan kampusnya yang buat kalian sukses tapi diri kalian sendirilah yang akan menentukan kesuksesan kalian. Kalian yang berhak nentuin diri kalian akan sukses atau tidak, sedangkan media diluar diri kalian hanya sebagai pendukung."

    salam kenal kak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga dk :D
      ikuti kata hati dk. adk sukanya dimana, ambil itu :)
      haha, makasi dk

      Hapus
  6. gue kecewa sama ilmu komunikasi. dulu ambil UGM, gak lolos. sekarang ambil akuntansi, tapi beda univ. semoga nggak nambah kecewa setelah baca ini. :)))

    BalasHapus
  7. gue kecewa sama ilmu komunikasi. dulu ambil UGM, gak lolos. sekarang ambil akuntansi, tapi beda univ. semoga nggak nambah kecewa setelah baca ini. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. amin :D smoga gk nambah kecewa.

      Hapus
  8. Kakakkkk, wah sesuai banget sama status yg aku sandang skrg. Btw aku jg anak kls 3 sma dan minat banget ke dunia komunikasi, aku suka bgt gambar, dan nulis. Boleh tanya tanya seputar komunikasi gak ka? Ada kontak lain yg bs dihububgi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. boleh kok dk. twitter aja @muthiiihauraa :D

      Hapus
  9. kk aku ambil jurusan ilkom di UIN Suska Riau :D Tapi kak, aku orang nya pendiem & pemalu:( takutnya ntr belajarnya jadi gimana2 gitu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay dk. kakak juga anak UIN SUSKA Riau. gak papa kok dk, dicoba dulu. kakak juga pendiam dan pemalu kok :D

      Hapus
  10. Kak, pas pemilihan jurusan SNMPTN & diterima itu yang mesti banget/utamanya diliat nilai apa ya? Aku mau masuk Ilmu Komunikasi, nilai apa yang mesti banget aku tingkatin ya kak? & kalo misalnya buat SBMPTN masuk Ilmu Komunikasi, yang dipelajari bener-bener mesti apa? Hehe makasih udah mau jawab, sukses terus kak!

    BalasHapus
  11. Kak kalau mau masuk ilkom apa harus bisa kamera dulu ? Apakah nanti akan diajari dari awal . Soalnya saya masih buta mengenai kamera , mohon dijawab ya kak

    BalasHapus