Tips menjadi mahasiswa sukses

17.32 Muthi Haura 16 Comments



Haaay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya teman? Hari ini mood aku lagi nggak banget, kemaren juga. Rasanya pengen marah-marah terus plus ngomel sama seisi rumah. Aku tau aku salah. Maaf ;( Tapi sekarang mood aku udah ‘lumayan’ bagus kok, makanya aku sempatin buat nulis entry ini sekedar membagi ilmu dibenak aku.

Waaah, ngelihat judul entrynya berat banget ya. Tips menjadi mahasiswa sukses, tulisan ini aku dedikasikan buat diri aku sendiri untuk terus belajar menjadi seorang mahasiswa yang nggak hanya sukses bidang akademis, tapi juga organisasi dan bidang-bidang lainnya. Tulisan ini juga didedikasikan buat adik-adik yang baru nyelesain UN SMA yang mungkin masih bingung and mikir ‘kuliah itu gimana sih?’ atau ‘supaya sukses kuliah itu caranya gimana?’. Awal-awal lulus SMA ditahun 2013 yang lalu, aku berpikiran begitu. Nanya sana-nanya sini bagaimana caranya menjadi seorang mahasiswa sukses. Ngeserch diinternet tips menjadi mahasiswa sukses.

Maklumlah, namanya juga baru ya kan? apalagi dunia perkuliahan ini sangat berbeda jauh dengan dunia sekolah. kalau disekolah kita masih dituntun, ibaratnya tuh tangan kita masih dipegang biar nggak jatuh. Kalau kuliah mah udah nggak ada lagi yang nuntun kita atau pun megangin tangan kita, palingan orang tua kita Cuma bisa ngasih nasehat. Menjadi mahasiswa itu enak tau. Serius. Ketemu sama banyak temen baru dari berbagai daerah. Belajar bahasa baru. Travelling. Jalan-jalan. UTS. Tugas. Semuanya is amazing. Pengalaman yang susah dilupain, apalagi kalau jurusan yang kamu ambil itu sesuai dengan passion kamu. Pasti deh bakal nyenengin.

Kayanya pembukaannya terlalu panjang yah? Hehe. oke deh langsung aja tips menjadi seorang mahasiswa sukses menurut pengalaman aku dan juga dari semua artikel-artikel yang aku baca.

Ubah mindset
Nah, ini penting tau. Mindset yang jelek-jelek mending diubah aja deh. Please deh kita kan bukan anak SMA lagi. udah kuliah lho :p Misalnya kamu punya mindset pemalu atau malu tampil dikelas (aku banget dulu), harus diubah karna dikuliah itu banyaknya sistem disukusi. Hampir semua mata kuliah yang mengharuskan kita untuk berdiskusi. Kalau kamu pemalu, bagaimana kamu bakal dapat nilai? Mending sejak awal masuk kuliah aktif bertanya, nggak usah deh peduliin orang yang ngina pertanyaan-pertanyaan kamu. Entar seiring berjalannya waktu pasti kamu berani deh.

Buat target jangka panjang dan jangka pendek
Ini penting juga sob. Target ini berguna buat nuntun kamu kedepannya. kamu mau bagaimana dan ngelakuin apa tergantung target yang kamu buat. Kalau aku pribadi sih udah buat target juga. Cara buatnya gampang kok, misalnya umur kita masuk kuliah itu 18 tahun, ya udah buatnya gini aja : target diumur 18, target diumur 19, target diumur 20, dan seterusnya. Jangan lupa dibawah target itu dibuat juga step by step cara kita menggapai target itu. Fahimtum? Nggak ngerti ya? Haduuh, dingerti-ngertiin aja deh. Hehe.

Nah kalau untuk target jangka pendek itu kalau aku pribadi setiap malam menuliskan dibuku khusus tentang hal-hal yang harus aku capai dikeesokan paginya. Jadinya jelas besok pagi itu aku bakal ngelakuin apa. Membuat target jangka panjang dan jangka pendek ini sih menunurut aku terserah kalian ya bagaimananya. Yang terpenting itu kedisiplinan! Ngapain buat target banyak-banyak tapi nggak disiplin ya kan? *nyindir diri sendiri*

Duduk dibarisan depan
Kalau ini mah tempat duduk favorit aku. Menurut aku duduk dibangku depan itu nyenengin. Kenapa? Lebih fokus dengan penjelasa dosen atau teman yang lagi presentasi dan jauh dari gangguan-gangguan yang nggak diinginkan. Kalau duduk dibelakangmah banyak ‘noise’ a.k.a gangguannya. Selain itu duduk dibelakang juga bikin ngantuk dan lebih berpotensi untuk bermain HP or gadget. Duduk dibangku barisan depan itu seru tau. Nggak percaya? Buktikan aja! tapi semua itu tergantung didiri masing-masing sih.

Ikut membuat makalah
Kalau dikuliah tugas-tugas diskusi itu dijadikan makalah dulu. nah, jangan malas ikut bareng teman yang rajin buat makalah. Jangan hanya nompang nama aja. Aku paling rada sebal kalau ada temen yang Cuma nompang nama aja, kalau ngerjain makalah nggak pernah ikut. Hiish! Membuat makalah ini banyak manfaatnya lho, salah satunya untuk melatih skill menulis kita sebelum kita dihadapkan untuk pembuatan skripsi. Kalau buat skripsi itu mah sendiri-sendiri cuy! Makanya rugi banget kalau nggak ikut bantu-bantu buat makalah.

Banyak membaca
Ilmu yang kita dapat dibangku kuliah itu Cuma 20 %, selebihnya kita dapat diluar bangku kuliah. Dosen itu hanya mengarahkan, selebihnya terserah kita. Membaca ini jelas banyak manfaatnya. Disini bukan hanya baca komik or novel ya, tapi juga membaca koran, diktat, atau tulisan-tulisan yang lebih ‘berbobot’ lainnya. Membaca menjadikan seseorang itu memiliki wawasan yang luas. Membaca menjadikan seseorang itu lebih terlihat ‘berisi’ dibanding mahasiswa lainnya.

Ikut organisasi
Mau jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang? Nggak nambah pengalaman plus jaringan dong? Waah, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu deh. Nggak enak tau. Dengan ngikutin organisasi bakal banyak pengalaman yang bisa kita dapat dan pastinya juga jaringan. Ikut organisasinya sesuai passion kita ya, biar ngejalaninya enjoy. Kalau mahasiswa baru alias MABA ikut 1-2 organisasi aja dulu. Jangan ngikutin semua organisasi kalau kamunya nggak bisa bagi waktu dan nggak bisa aktif disemua organisasi itu. Mending 1 or 2 yang penting aktif.

Kalau aku mah disemseter 1 kemaren ikutan COFA (Comunikasi Of Film Academy), satu semester bertahan dan aku ngerasa nggak dapat apa-apa, aku mutusin buat keluar. Disemester dua ini aku gabung di Gagasan. Gagasan ini majalahnya universitas aku. Ya, aku ikut Lembaga pers mahasiswa gitu. Selain Gagasan aku ikut Madikom. Madikom itu mading karya kounikasi. Ya kerjanya ngurus-ngurus mading. Walau pun Cuma mading, tapi kerjanya berat juga lho. Hehe.

Punya blog
Ini penting tau! Masa-masa kuliah itu bakal banyak ngalami kejadian baru, jadi nggak ada salahnya kan kalau semua kejadian itu dicatat di blog. Selain itu juga bakal nambah skill nulis kita. Ingat lho menulis itu penting! Banyak hal positif yang bisa kamu dapat dari blog lho. Mana tau kalau blognya terkenal juga bisa ngasilin uang. Hehe. tapi itu Cuma bonus ya. Yang penting kita nulis blognya happy aja dan tanpa paksaan. Jadi entar kalau kita punya anak-cucu, mereka bisa baca perjalanan kita buat gapai kesuksesan. Kan seru tuh! Kapan lagi ngebekukan kenangan, ya kan?

Biasakan belajar tiap malam
Sempatin deh tiap malam buat belajar atau sekedar baca-baca bahan perkuliahan untuk besok. Kan nggak ada ruginya. Selain ilmunya makin nempel, entar ujian juga gampang lho. 

itu aja dulu ya? sebenarnya masih banyak sih. see you :*

Baca Artikel Populer Lainnya

16 komentar:

  1. kalo saya sekarang malah jadi mahasiswa kupu-kupu(Kuliah pusing-kuliah pusing) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pusing kenapa kak? Haha. kasiaan :p

      Hapus
  2. hahaha kalo aku sih malah lebih suka jadi mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang kuliah pulang... stay di kampus kalo ada temen2 doang, kalo ikut organisasi masih enggan dan males, yang bikin males ketika sedang rapat ini itu. rapatnya bisa membuang waktu yg begitu lama, masa rapat dari jam 8 pagi sampai jam 10 malem, itu rapat macam apaan? -__- mending pulang, isi waktu dgn kegiatan yg berharga, misal olahraga... maklum atlet

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah atlet ternyata :D
      masa sih ada rapat selama itu? -_- Aku belum pernah ngalaminya bang. haha

      Hapus
  3. yang paling penting dinikmati jadi mahasiswanya sukses ya... slam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget mbak.
      salam kenal juga :D

      Hapus
  4. kalo udah mulai males kuliah, inget orang tua aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget tuh!
      jangan sia-siain keringat orang tua :D

      Hapus
  5. noted.
    siap dipraktikkan.

    BalasHapus
  6. Wah saya tuh yg duduknya sering di belakang sama cuma nitip nama doang pas bikin makalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dirubah tu bang kebiasaannya. haha

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ubah mindset, buat target <-- setuju banget. Dan sekarang, setelah menjadi Mahasiswa, rasanya udah beda. Udah bisa dewasa, dan mandiri [alhamdulillah]. Postingannya bagus, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih. salam kenal juga :D

      Hapus
  9. Tips yang keren dan bermanfaat, Muthi (y)
    Kalo boleh ikut komen, saya mau bilang begini: Mahasiswa itu sepantasnya bersikap adil sejak dalam pikiran apalagi perbuatan(Alm.Pramudya Ananta Tur). Tapi sebagai mahasiswa kita mesti berprilaku adil dalam konsep dan praktek. Contohnya dalam berorganisasi, passion, cita-cita, mood, jiwa dll kita boleh beda tapi kita sebaiknya sama-sama sepakat dan senantiasa bersatu dalam mewujudkan pendidikan harus bersifat ilmiah, demokratis, dan mengabdi pada rakyat. Di lain hal kita juga mesti sejalan bahwa Ilmu kita mesti di bagai ke orang lain. Sebab keadilan dan luasnya wawasan kita akan lebih terasa bermanfaat ketika saling berbagi. Maaf kalo saya terkesan subjektif, bukan maksud saya. salam kenal, Semoga bermanfaat :) Thanks

    BalasHapus