Ulang tahun ke-19

18.12 Muthi Haura 22 Comments



Hari ini, 1 Juni 2014. Harusnya menjadi hari yang bahagia buatku. Harusnya menjadi hari yang spesial buatku. Kenapa? Karna tepat hari ini umurku meranggkak naik menuju umur ke-19 tahun. Meninggalkan delapan belas tahun kisah yang tak kan pernah bisa diulang lagi. meninggalkan banyak kenangan yang belum kumaknai dengan jelas dalam setiap kejadiannya.

Sebenarnya tak ingin menceritakan kisah hari ini. Tak ingin membuka kembali luka itu. Tapi aku sadar bahwa hari ini adalah hari yang sangat bersejarah besar dalam hidupku. Semalaman suntuk dipertukaran antara tanggal 31 Mei ke 1 Juni aku terjaga. Tidak! Sama sekali tidak ada kejutan, hadiah ulang tahun, atau pun sejenisnya. Malam itu aku menjaga nenekku yang tengah sakit parah.

Harusnya hari ini aku tertawa bahagia menyambut ulang tahunku yang ke-19, tapi nyatanya Allah berkehendak lain. Tepat jam delapan kurang sepuluh tadi pagi, Allah mengambil nenekku. Allah terlalu sayang dengan nenekku sehingga ia tak membiarkan nenekku merasakan sakit terlalu lama.

Hari ini dipenuhi dengan air mata. Ini kali keduanya aku kehilangan orang yang aku sayang. Sedih? Pasti! Tapi inilah takdir. Dihari yang seharusnya aku berbahagia, tapi ternyata tidak. Aku nggak tau gimana selanjutnya.

Baiklah, akan aku ceritakan sedikit tentang nenekku dan penyakitnya. Almarhumah nenekku dirawat selama sepuluh hari dirumah sakit Ibnu Sina ruang VIP 8 Mina, tapi berkali-kali dokter menyuruh nenekku dibawa pulang karna rumah sakit tidak memiliki perlengkapan untuk kesembuhan nenek. Kalian tau nenekku sakit apa? Kanker hati!

Dulu penyakit-penyakit kanker itu hanya aku lihat ditelevisi. Kemoterapi, operasi dan lain sebagainya. Tak pernah terbayang dalam benakku bahwa akan ada salah satu anggota keluargaku terkena penyakit itu. Dokternya bilang, perawatan nenek hanya bisa dilakukan dirumah sakit di Jawa. Uang dari mana? Tahun ini ketiga adikku akan masuk kesekolah lanjutan dan itu juga membutuhkan biaya yang mahal. Trus untuk kemoterapi itu uang dari mana? Kalau ke Jawa siapa yang akan pergi menjaga nenek? Trus kami disini sama siapa?

Akhirnya nenek dibawa pulang. Bukannya kami tak berusaha untuk kesembuhan nenek. Kami udah ngelakukan semampu yang keluargaku bisa. Aku juga udah coba search diinternet tentang obat tradisional penyembuh kanker hati dan ada. Abaku langsung mencari obat tradisional itu dan hanya obat itu yang diharapkan bisa menyembuhkan nenek.

Tapi sayang lagi-lagi takdir berkata lain. Aku kehilangan nenek. Kehilangan untuk selama-lamanya. Seperti aku kehilangan Umi. Aku Cuma bisa berdoa untuk mereka. Dan hari ini juga adalah hari ulang tahun nenek. 1 Juni.

Apa kalian berfikir aku membenci tanggal 1 Juni? Tidak! Sama sekali tidak. Walau bagaimanapun 1 Juni adalah hari bersejarah dalam hidupku, dimana aku dilahirkan dari seorang wanita perkasa yang rela mempertaruhkan nyawanya demi aku. Yang namanya kematian, jodoh, reski itu udah diatur sama Allah di Lauhul Mahfuz. Kita nggak akan bisa menolak suratan takdir yang sudah ditetapkan. Yang sudah digariskan. Kita Cuma bisa memperbaikinya.

Satu hal yang tertancap dalam benakku saat ini adalah : AKU HARUS SUKSES. Aku harus sukses dan punya uang banyak. Aku pengen punya finansial yang bagus, targetnya diumur 20 tahun nanti. Caranya? Aku akan mulai berbisnis, mengikuti berbagai perlombaan dibidang menulis, nulis novel dan berharap itu novel bisa best seller, dan menulis buku motivasi. Yah, aku memang tidak akan pernah bisa lepas dalm bidang menulis.

Keep spirit Muthi! Aku tau kalau aku bisa. Aku ingin fokus ngejar cita-cita dulu sambil memperbaiki kualitas diri. Sebisa mungkin berada jauh dari zona cinta dan berharap kelak akan ada seorang pangeran sholeh yang mempersuntingku. Amin.

Makasih buat temen-temen yang udah ngucapin. Makasih buat Murniasih yang udah jadi orang pertama ngucapin lewat facebook. Makasih buat Ninuk yang ngucapin lewat PM-nya. Makasih buat Maknyin yang jadi orang pertama ngucapin lewat sms. Makasih buat bang Saan yang anak Gagasan pertama yang udah ngucapin. Makasih buat Ulan-Mumun yang dari kemaren ngecuekin aku dan sok-sok nggak ingat sama ulang tahun aku, jangan lupa kadonya ya! Makasih buat kalian semua all ~ 

Wish diumur sembilan belas yang pastinya pengen lebih baik dari umur 18-pengen punya minimal 20 antologi-nyelesain novel-nyelesain buku motivasi-IP 4,00-IPK 3,84-pengen berani bawa motor kejalan raya-sukses dibisnis pulsa dan bisnis tas-jadi wanita sholehah-dapat award dari blogger energy-jadi blogger terkenal-novel yang udah di acc cepat naik cetak-pengen lebih pandai masak-nguasai photoshop-pengen punya berat badan 45 kg-pengen jadi blogger yang nggak murtad.

Mungkin itu aja wishnya. Sebenarnya masih banyak, tapi cukup itu aja yang kalian ketahui. Tolong diaminin ya dan minta al-fatihah buat almarhumah nenekku dan almarhumah umiku. Terimakasih.
Salam entah, @muthiiihauraa
Minggu, 1 Juni 2014. 22.45 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

22 komentar:

  1. Selamat ulang tahun, kakmuthi. Innalillahi wa inna illahi rojiun, smg Umi dan Nenek kakak tenang di atas sana. Amin.
    Tetap semangat dalam menjalani hidup, walau susah menghadapi kenyataan yang ada. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa dek. makasih yaaa ;D
      semangat juga buat kamunya :)

      Hapus
  2. Wah udah H+1 dari hari ultahmu. Btw, happy birthday ya. Kita seumuran XD

    Innalillah, semoga nenekmu bahagia ya disana. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Doakan selalu nenekmu agar beliau tenang disana.

    Semoga di usiamu yang ke 19 ini, semua mimpi-mimpimu akan tercapai. Yah, walaupun itu butuh proses yang lama dan panjang. Tapi, tetep semangat ya. Buktikan kalo kamu bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa Isnanur Utami. makasih yaaa ;D
      pasti selalu doain nenek. tetep semangat kok!
      Amin. trimakasih :)

      Hapus
  3. Sebelumnya, aku turut berduka cita untuk kepergian nenekmu. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga amal beliau diterima, dosa-dosanya diampuni, dan diberikan tempat terbaik di sana.

    Jangan sedih Mut, kamu masih punya banyak orang yang sayang sama kamu. Kami, gyerz-gyerz juga ada di sini:))

    Btw, selamat ulang tahun ya! Udah 19 tahun? Wah umur kita samaan hihi. Tapi taun ini aku 20 sih-_- *eh maaf curhat*. Wah selamat ya novelnya udah diacc! Di penerbit mana? Semoga prosesnya lancar dan semua wishnya terkabul. Usaha dari yang kecil-kecil, lalu berkembang jadi besar. Jangan pernah nyerah ya. Karena tantangan itu akan selalu ada. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. iyaa, makasih yaa.
      berarti aku manggilnya kakak nih? kak Dwi. haha.
      aku dipenerbit zettu kk, kamu ngirim kepenerbit apa?
      semangat!

      Hapus
    2. Ah.. Kita kan seumuran. Panggil Dwi aja hihi :D

      Oh iya Zettu juga banyak ya novel-novelnya. Semoga aku ada rezeki biar bisa beli novelnya. Kabar-kabarin aja yaa. Kalo aku di Bukune, tapi masih nunggu kabar lolos apa enggak. Hehe. Minta doanya aja.

      Hapus
    3. siip pasti didoain. semoga beruntung di bukune :D

      Hapus
  4. innalilahi wa innailahi rojiun , semoga almarhumah nenek kamu diterima di sisi Allah SWT . Amin ya Rabb...

    semua disini akan melindungimu ,

    selamat ulang tahun ya, berati seumuran dong , ciye novelnya udah jadi. selamat yah ... semoga harapan terkabul ya :)

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun dan turut berduka cita yah Muthi...
    Semoga amal ibadah nenekmu diterima oleh Allah. Sedihnya jangan kelamaan, katanya mau sukses kan? :)
    Semoga harapanmu tercapai semuanya :D

    BalasHapus
  6. Gue jadi nggak tau harus komen ceria apa sedih, yang tabah ya, Allah memberikan cobaan dan kesenangan diwaktu yang bersamaan itu pasti punya tujuan.. Mungkin supaya kamu sadar kalo kelahiran (hidup) dan kematian itu bisa kapan saja, bahkan diwaktu yang sama...
    Semoga wish-nya terwujud ya, dan terakhir...selamat ulang tahuuuun :**

    BalasHapus
  7. sebelumnya turut berduka cita ya dan selamat juga atas ultah yg ke 19. subhanallah cita-citanya luar biasa banget semuanya. Semoga keinginan itu benar2 tercapai semuanya, tentunya harus dengan kerja keras dan berdo'a, janga lupa ya, hehehe :D
    ntar kalau novelnya udah terbit kabar2in aja, insyaallah akan dibeli untuk mendukung kamu :D

    BalasHapus
  8. Semoga Alm neneknya ditempatkan ditempat yang layak disiinya, dan semoga semua amal ibadah beliau diterima. Amin :')

    Memang kak, semakin kita bertambah dewasa semakin besar cobaan yang menerpa kita. Apapun yang terjadi tetaplah kuat dan selalu sabar dalam menghadapi semua cobaan yang Tuhan berikan. Percayalah Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang diluar batas kemampuan umatnya kak. Saat kkak mendapatkan cobaan, artinya Tuhan masih sayang sama kaka. Tetap semngat ya kak, semua akan indah pada waktunya.

    Selamat ulang tahun yang ke-19 ya kak. Pokoknya semoga semua harapan kakak kesampaian. Amin..
    semoga novel kakak cepat terbit daan berjejer rapi juga digramed.Amin..
    Wah jadi iri nih, udah mau terbit aja tulisan kaka :D

    BalasHapus
  9. innalilahi wa innailahi rojiun. turut berduka cita yaa atas meninggal nya nenek lo. semoga amal dan kebaikannya diterima di sisi-Nya amiiin.

    gue juga mau ngucapin selamat ulang tahun yang ke-19 buat lo. semoga umur lo lebih barokah dan di beri Allah umur yang panjang dan selalu di beri kesehatan jasmani maupun rohani amiiin. semoga juga keinginan lo dengan target umur 20 sukses juga semoga bisa tercapai. lo bisa jadi penulis+blogger yang hebat. novelnya juga cepet terbit dan jadi best seller. semuanya lah gue doain biar terkabul. kalo niat lo baik, pasti dapatkan hasil yang baik pula kok.

    memang setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. pepatah tersebut berlaku buat kita semua. lo yang tabah aja yaa. meskipun kemarin adalah hari spesial lo, dan lo dilanda duka tapi lo tetep sabar aja. nenek lo pasti mendoakan dari surga sana. banggakan nenek lo dengan lo bisa sukses di usia muda. SEMANGAT!!!

    BalasHapus
  10. Yah.. turut berduka cita ya Kak Muti. Moga nenek dan umminya diterima di sisi-Nya, dan diampuni dosa2nya.

    Juga selamat ulang tahun yang ke-19! Yang diimpikan semoga cepet terkabul. Buat novelnya ditunggu, dan yang antologi.... btw sekarang udah punya berapa antologi? Moga bisa tahun ini duapuluh antologi ya, Kak!

    Dimana ada kemauan, disitu ada jalan!

    BalasHapus
  11. Di bahagia biasanya bersisian dengan duka. Semoga nenek Muti dapat tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiiin.

    Selamat hari lahir, semoga semua harapan dan doanya terkabul. Jangan bosen ngeblog. Karena dari sini, namamu akan mulai dikenal di dunia maya ataupun nyata. Semangat sukses^^

    BalasHapus
  12. Selamat ulang tahun, Mu. Barakallah ya. Mungkin itu perlu meluruskan niat lagi, kalau kamu bilang mencari uang banyak kok kayanya agak gimana ya untuk jadi target, gimana kalo diganti jadi....mencari ridho Allah? :)) hehehehe Asma sok pesan moral banget ya.
    Ikhlas ya insyaallah bakalan kumpul lagi satu keluarga di jannah-Nya :))

    BalasHapus
  13. semangat .....

    selamat ulang tahun buat kamu dan semoga di beri ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan nenekmu.

    dibalik kesedihan akan ada kebahagiaan, dan sebaliknya. . mungkin saat ini kamu sedih, yapi yakinlah besok kamu akan bahagia..

    BalasHapus
  14. Aah... Aku sedih... Aku turut berduka cita atas kepergian nenek Kak Muthi... Semoga kebaikan dan kedamaian selalu menyertainya, berjalan melewati cahaya, dan disambut indah di alam sana. Amiinn... Kak Muthi jangan sedih, karena semua itu, kematian seseorang, memang pastilah terjadi di dunia ini. Dan kita harus ikhlas menerimanya...

    Aku juga mau ngucapin selamat ulang taun buat Kak Muthi... Walaupun kita lahir di taun yang sama (taun 95 kan?), tapi aku ultahnya bulan Desember, jadi lebih tua Kak Muthi... Makanya aku manggil Kak... hehe...

    Semoga dengan ultahnya, kebaikan selalu bersama Kak Muthi... Amiinn.

    BalasHapus
  15. innalillahi wainailaihi rajiuuun, turut berduka ya kak muthi, semoga amal ibadah beliau diterima dan beliau ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. aamiin. seneng dan sedih itu datengnya satu paket kok:)
    dan selamat ulang tahun juga kak muthi! semoga panjang umur, sehat selalu, murah rezeki, segala cita-citanya tercapai yang baik-baik ditambahkan dan yang buruk-buruk dijauhkan, aamiin.
    cita-citamu mulia-mulia banget loh suwer, semoga tercapai satu-persatu yaa!

    BalasHapus