Pentingnya membuat target

18.48 Muthi Haura 16 Comments



Hay, Assalamua’laikum. Udah puasa disepuluh hari terakhir ya? Sedih ;( Semoga tahun depan kita masih dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Amin. Yang kuliah gimana nih hasilnya? Muasin nggak? Mudah-mudahan aja memuaskan ya.

Kalau aku sih Alhamdulillah bersyukur banget karna IP aku naik, tapi ada dua mata kuliah yang bikin sakit mata. Bahasa Arab sama Fiqih. Fiqih ini yang agak aku nganuin. Temen aku yang nggak aktif nilainya tinggi-tinggi, lha aku dibawah mereka? Bukannya aku mau sok aktif gimana gitu, tapi pas ujian aja mereka nyontek aku. -_- Ah sudahlah, nggak perlu juga dibahas. Ikhlas Muth, ikhlas!

IP-nya naik drastis. Alhamdulillah. IP semester I kemaren 3,68. Kalau IP semester II ini 3,79. Naiknya 0,11. IPK-nya 3,73. Senang banget, tapi takut nggak bisa mertahaninnya. Ah, harus bisa Muthi! Si Ihsan yang semester I IP-nya paling tinggi aja bisa aku kalahin. Alhamdulillah, dibalik kekuranganku Allah masih ngasih kelebihan. Makasih Ya Allah.

Semua yang aku dapetin sekarang ini bukan dengan mudah. Butuh proses dan semua itu sudah aku targetkan dari awal. Ya, menulis target itu penting lho. Emang sih apa yang aku targetkan nggak sesuai, tapi nggak melengceng jauh kok. Serius. Jangan malas buat target yang ingin dicapai sob, karna menurut aku itu penting dan sangat membantu. 
                                                               http://dedenhendrayana.com
  

Kita ambil contoh target aku untuk liburan ini :
1.      Nyiapin dua novel.
Caranya dengan : Nulis minimal satu halaman tiap malam, dan gunakan waktu luang untuk menulis.
2.      Belajar Bahasa Inggrish, Jepang, sama Arab
Cara : Ngapal satu hari satu kosa-kata, nonton film berbahasa itu, membaca.
3.      Dll.

Simple kan? just it. Semua orang sukses itu pasti punya target dalam hidupnya dan tau apa yang mau dia lakuin. Nggak ada salahnya kan kita ngikutin mereka ngebuat target dalam hidup kita. Setelah ngebuat target itu, kedisiplinan untuk meraih target itu juga penting. Ngapain buat target banyak-banyak kalau nggak disiplin. Emang susah sih, aku juga ngerasain gimana susahnya buat disiplin itu, tapi bukan berarti nggak bisa kan?

Selain target yang ingin dicapai itu, ada baiknya disetiap hari nulis target yang ingin dicapai perhari. Misal hari ini kita ingin ngecapai ini, tulis dibuku khusus. Malamnya kita ceklis target yang udah dicapai dan buat lagi target untuk besok. Jadi hidup itu lebih terarah. Kata kak Oki Setiana Dewi : Hidup itu bukan let it flow. Kehidupan yang tidak dirancang akan membuat kita akan santai padahal waktu yang ada harus digunakan untuk berkarya.

Insfirasi nulis target perhari itu aku dapat dari sahabat aku si Mumun. Dia emang selalu buat kaya gitu. Alhamdulillah senang banget kenal Ulan-Mumun. Banyak pelajaran yang udah mereka kasih buat aku. Tentang hidup, tentang target, tentang organisasi, dan banyak hal lainnya. Liburan ini Mumun sering banget sms.
Mumun : Beb.
Aku : Ya beb, ngapa?
Mumun : Kangen.

Rata-rata isi smsnya gitu mulu. Kalau Ulan mah liburan ini lumayan sering juga ketemu. Dia jauh-jauh dari kampung buat kerumah aku. Makasi ya Allah udah ngirim mereka buat aku. ({}) Mari semangat ngejar cita-cita kita woi, jangan lupa juga entar masuk semester III nabungnya tetep jalan ya :D Oh ya, plan ‘itu’ bareng Ides sama Ocha harus jadi lho! Jangan pacaran, kejar cita-cita dulu beblan-bebmun.

Pokonya intinya buat target dalam hidup itu penting, biar hidup lebih terarah. Dan yang lebih penting harus semangat ngewujutinnya. Guys, hidup itu hanya sekali. Waktu yang udah kelewat nggak akan bisa terulang lagi. Kita juga nggak tau kapan pasir waktu kita habis. Nah, sebelum nyesal dikemudian hari mending bareng-bareng kita isi masa muda dengan hal-hal positif dan bermanfaat.

Oh ya, aku kemaren ada kan posting tentang sosok Kak Nurmalasari. Kalau kalian belum baca, bisa baca disini. Nah, si kakak buat status gini : “Jujur, terharu banget ketika ada orang lain yang menulis sesuatu tentang diriku. Arigato dek Muthi Haura :D Jadi kepengen ketemu kamu secara langsung. Semoga tulisanmu dapat menggerakkan lebih banyak lagi teman-teman untuk selalu memperjuangkan impian, cita, dan asanya. ;) Teruslah menulis dan menginsfirasi yang lain.” 


Ngebaca status kak Nurmalasari itu bikin aku senang. Senang aja rasanya saat apa yang aku tulis diapresiasi secara positif oleh orang lain. Trus distatus Kak Mala itu, ada kak Nur Jamaliah yang komen kaya gini : “Mbak. Dia adikku lho mbak, dik Muthi Haura ;) Allah memang mengatur segalanya dengan indah hingga mempertemukanku dengan adik dan mbakku yang luar biasa ini. Diantara kalian yang saling mengagumi dan berprestasi, ada aku yang lebih terinsfirasi. ;)”

Subhanallah. Nggak ada yang lebih membahagiakan selain dianggap adik dan apakah aku ini menginsfirasi Kak Nur Jamaliah? Aku mah nggak punya prestasi apa-apa dalam bidang akademik seperti Kak Mala. Oh ya, Kak Nur Jamaliah ini senior aku di MAN 2 Model yang ternyata kenal dekat dengan Kak Mala. Kak Nur Jamaliah ini juga berprestasi lho. Bahasa Inggrishnya mah jago banget (y)

Sejak ngeblog ini aku ngerasai banget dampak positifnya. Bukan soal followers. Bukan soal trafik. Lebih dari itu, kepuasan. Senang aja saat apa yang aku tulis mendapat apresiasi, padahal aku masih belajar untuk menulis lebih baik. Selain itu dengan blog ini aku bisa kenal dengan orang-orang hebat. Sahabat-sahabat baru yang memang belum pernah bertatap muka, tapi sudah bisa dekat. Ada Mama, sahabat dunia maya pertama aku. si Mama ini anak UGM di fakultas Gizi. UGM, ah dulu salah satu kampus impian aku. Senang kenal dengan Mama, orangnya cantik plus imut. Panggilan kesayangan dia buat aku Mumu. Aku suka panggilan itu, imut-imut gimana gitu :D 

Ada Bunda Leyla Hana yang udah nerbitin banyak buku. Aku terinsfirasi dengan beliau, anaknya 3 cowok tapi masih bisa produktif nulis. Aku pernah ngemention si Bunda ini di twitter.
Aku : salam kenal Bunda. Aku suka buku-buku karya bunda.
Bunda Leyla : Saya seperti sudah kenal Muthi diblognya.;-) Makasih ya :D
Aku : Eh iya ya Bunda? Kok bisa? Haha. Muthi juga sering baca blog Bunda ;)
Bunda Leyla : Kan saya follow juga blog Muthi ;-)

Haha. Asli kaget waktu itu. Trus ada Kak Sofi yang sering menang lomba blog sampai-sampai bisa ke Malaysia, Singapur, bahkan sebentar lagi mau ke Hongkong. Ada Kak Meykke dengan antologi cerpennya yang bajibun, ada Tutia yang kuliah di UNSRI dengan beasiswa, ada adek aku yang imut-imut si Aul yang suka ngobrol di twitter bareng aku, ada kak Emma dengan blog psikologinya dan udah nerbitin buku juga, ada kak Puti (Oh ya kak, awardnya nyusul yah :D) , dan masih banyak lagi yang mampu menginsfirasi aku. Senang bisa kenal dengan kalian semua. Kalian orang-orang yang hebat dan menginsfirasi.

Hay, diary onlineku. Makasih ya udah ngebantu mempertemukanku dengan orang-orang hebat. Ini bulan Juli kan yah? SELAMAT ULANG TAHUN my blog. :* Udah setahun kamu nemanin aku, makasih! Ibarat bayi nih, kamu itu masih unyu-unyu banget. Hampir semua kejadian dalam hidup aku setahun ini terekam jelas ditubuhmu diaryku. Semoga kamu masih tahan ngedengerin ocehan-ocehan aku sampai aku tua nanti. Biar ada perekam jejak aku dan kelak suatu hari nanti kalau aku mati, kamu masih bisa dibaca oleh anak-cucuku dan bisa menginsfirasi mereka. Amin.

Aku mau ngucapin makasih juga buat yang follow blog aku, maaf isinya memang acak-acakan gini. Makasih juga bagi yang ngebaca setiap postingan-postingan didiary aku ini, baik yang emang sengaja ingin ngebaca ataupun yang hanya tersesat disini. Makasih juga buat yang udah ngasi komentar ditengah-tengah kesibukan kalian.

Haha. Melenceng banget yah dari judul? Biarin ah, yang penting hepi :v Oke, mungkin segini aja dulu kali ya. Salam sayang dah, @muthiiihauraa.
Sabtu, 19 Juli 2014. 09.24 WIB. 



Baca Artikel Populer Lainnya

16 komentar:

  1. Selamat ulang tahun untuk blognya ya :)

    Wah targetnya bikin novel ya, keren (y)

    BalasHapus
  2. Tulisannya menginspirasi sekaligus bikin aku kesindir abis-abisan karena aku salah satu orang yang susah banget nentuin target. Pernah bikin target tapi ujung-ujungnya selalu gagal menuhin targetnya.. dan ya seperti yg kamu bilang di postingan di atas, biasanya karena kurang disiplin..

    Setelah baca tulisan ini, saya jadi kepikir lagi buat berbenah... susun target lagi dan disipilin. doakan yaaa... :)

    Salam kenal.. :)

    BalasHapus
  3. semoga target novelnya bisa tercapai yaaa :D

    BalasHapus
  4. Muthi Haura seperti pernah baca namanya entah di mana. Majalah Annidakah?
    Selamat ultah untuk blognya, moga kian semangat jadi blogger.
    Soal target dalam hidup, ya benar kita harus merencanakan sesuatu. Asal jangan terlalu memaksakan diri, sesuaikan dengan kemampuan agar tak sakit gara-gara ngoyo.
    Tetap semangat, Muthi. Semoga langkahmu kian bersinar. Aamin. :)

    BalasHapus
  5. betul banget sih, sangat setuju. target itu harus dibuat. namun sayang gue belum benar benar bisa melaksanakan target yang sudah gue buat sebelumnya -_-

    BalasHapus
  6. Selamat Ulang Tahun Buat Blognya
    Iya, kalo dulu pas kuliah gue di brainstorming kalo kita seenggaknya bikin 50 keinginan/target yang akan dicapai semasa kuliah, bukan keinginan yang muluk-muluk, tapi yang akan kita capai dalam waktu dekat. Dosen gue bilang sih hasilnya sangat bagus, setidaknya dari 50 target bisa tercapai 10 udah bagus, daripada gak punya target sama sekali, jatuhnya nanti malah bingung mana yang mau dicapai terlebih dahulu.

    BalasHapus
  7. Selamat ulang tahun blognyaaa ^^

    BalasHapus
  8. Nilai IPnya amazing :D
    Tapi ingat, jangan cepat puas cuma karna nilai IP.
    Kayaknya kamu benar-benar serius sama target kamu ya, semoga tercapai semuanya.
    Selamat ulang tahun, blognya :)

    BalasHapus
  9. Banyak target yang ditulis dan yang (sengaja) gak sempat ditulis. Tapi, sebagian besar belum diwujudkan. Ah, jadi malu setelah baca postingan ini. Terima kasih untuk postingannya. Dan, selamat ulang tahun ya buat blognya. :)

    BalasHapus
  10. iya bener, kehitupan meski punya target, sebagai tujuannya.
    kalau ga punya tujuan, kita mau ngapain juga bakalan ngambang ga jelas.
    tapi itu ngeblog emang bukan soal trafik, bukan follower tapi masalah abagaimana kita bisa memanfaatkan blog dengan hati,
    kepuasan batin jiwa raga, dan bermanfaat juga bagi pembaca.
    indahnya ngeblog :)
    aaa ini jejak pertama disini .. dan selamat milad buat blognya :)

    BalasHapus
  11. Selamat ulang tahun blognya, semoga makin konsisten, novelnya cepet kelar, cepet lancar juga bahasa Inggris, Jepang, Arabnya. :D

    BalasHapus
  12. Selamat ulang taun untuk blognya yaa...
    Barokallah, semoga makin semangat nulis. Eh iya, semoga terwujudkan semua targetnya yaa..
    Eniwei, target kita sama loh.. nerbitin novel.
    Emang target itu penting!
    Barokallah pokoknya..! Amiiinn..

    BalasHapus
  13. WOW Keren nie artikernya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    BalasHapus
  14. Wah, IP-nya tinggi sekali. Hm. Semoga dapat dipertahankan, kak! :3

    Membuat target, ya? Target utk masa depan, jangka pendek, jangka panjang, penting banget sih. Target itu sama gasih dengan harapan?

    BalasHapus