Entah

19.22 Muthi Haura 1 Comments



Assalamua’laikum. Hay guys, lagi apa? Hari ini sumpah aku lagi kesal banget terhadap banyak hal. Pengennya marah-marah aja. KESEL! Ught >,< Pengen sms Ulan atau Mumun biar keselnya bisa mendingan tapi pulsa nggak ada. Mau buka blog, pulsa modem pun tak ada. Apalah -_- Makanya aku nulis untuk blog tapi postingnya entar-entaran kalau ada pulsa modem atau wifi aktif, padahal asli kangen banget dengan si blog.

Untung paket internetan di hp masih ada, jadi tetep bisa fb-an. Blogwalking walau pergi tanpa jejak, masih bisa twitteran, masih bisa bbm-an. Kalau tak ada paketan di hp ini, aslilah aku nggak tau mau ngapain. Pas lagi kesel-kesel tadi, sempet-sempetnya aku tukar photo profil facebook. Trus tiba-tiba ada notif si ‘dia’ komen dan lagi online, entah kenapa langsung badmoodnya ilang. Akhir-akhir ini bisa ketawa bareng dia itu sebuah kebahagiaan tersendiri.  Ah, Muth-Muth, mau berubah jadi lebih baik kok setengah-setengah sih? Kalau mau serius berubah, tinggalin semuanya! Iya-iya, bertahap dong.

Ya memang aku lagi berusaha berubah jadi lebih baik. Pengen pakai hijab syar’i. Dulu pernah nyoba sih, tapi gagal. Sekarang mau serius. Kalau sahabat-sahabat aku mah Insya Allah dukung seratus persen. Tapi yang jadi fikiran kalau aku ke kampus kaya gitu, gimana tanggapan temen-temen yang lain? Positifkah atau negatif? Kalau dulu di MAN sih pakai jilbab panjang itu biasa soalnya banyak yang kaya gitu, ditambah lagi baju MAN itu panjang, jadi nggak terlalu kentara bangetlah. Lha ini, kekampus dengan banyaknya para cewek-cewek yang fashionable dan sangat sedikit plus minimnya cewek yang bener-bener berjilbab syar’i bikin aku ragu-ragu.

Ah, liat entar deh pas udah mau berangkat kekampus. Semoga aja bisa. Amin. Liburan ini nggak ada yang asik. Klise. Biasa aja. Juga nggak kemana-mana. Iri tau ngelihat kalian yang pergi kemana-mana, aku juga pengen, tapi pakai uang sendiri. Keliling Indonesia. Keliling dunia. Insya Allah =D

Mengenai target yang udah dibuat ini ya Alhamdulillah kebanyakan malasnya. Malas emang rada susah dilawan. Target buat dua novel, satu novel aja belum kelar. Tapi Insya  Allah aku bakal siapin satu novel sebelum masuk kampus ini dan ngirim kepenerbit lagi. Sekarang udah 36 halaman sih, 99 halaman lagi. Bisa nyelesainnya Muth? Pasti! Novel spesial buat sahabat aku. Hey, dikata pengantarnya ada nama kalian loh. Bangga nggak? :p Makanya doain terbit ya :D

Liburan ini aku ngisi dengan membaca. Lumayan seru juga lah, setidaknya mampu ngilangin kebosenan. Udah lumayan banyak juga novel yang aku baca. Seru. Novel pertama yang aku baca yaitu novel CEWEK!!! karya kak Esti Kinasih. Novelnya seru tentang persahabatan dan cinta. Novel lama sih, tapi tetep aja seru! Cerita ini mengisahkan tiga sahabat cewek yang ketiganya pacaran dengan anak gunung alias anak MAPALA yang kerjanya naik gunung terus. ketiga cowoknya juga bersahabat. Nah, karna merasa sering dicuekin oleh cowok-cowoknya, tiga cewek ini menantang ketiga cowok mereka untuk kebut gunung.

Gila kan? cewek yang belum pernah naik gunung nantangin cowok yang udah sering naik gunung. Wah wah, siapa yang menang? Tentu cewek dong! cewek-cewek ini pakai OTAK nggak Cuma OTOT. :p Dicerita ini juga mengisahkan persahabatan yang sangat erat dan dari persahabatan mereka aku dapat ngambil pelajaran bahwa sahabat itu jauh lebih penting ketimbang pacar. Pacar bisa jadi musuh kaya dicerita novel ini dan sahabatlah yang akan melindungi kamu. Sahabatlah yang akan nenangin dan bantu ngenyelesain masalah kamu.

Pokoknya kalau mau tau cerita selanjutnya, baca aja deh! Setelah namatin CEWEK!!!, aku lanjut baca novel STILL. Masih karya Kak Esti Kinasih. Still ini sekuel a.k.a lanjutan dari CEWEK!!! Tapi di Still lebih mengangkat kisah tentang Bima dan Fani. Pesan yang dapat aku ambil dari novel ini adalah kalau kita nyakitin orang, suatu hari nanti pasti bakal balik kediri kita sendiri. Hukum timbal balik itu berlaku, right?

Nah, setelah Still, aku baca novel Fairish. Fairish ini novel pertama karya Kak Esti Kinasih dan pernah difilmkan disebuah channel televisi, tapi nggak terlalu populer. Seru juga. Nama cowok dinovel ini Davi dan nama Davi ini aku pakai dinovel terbaru aku. Aku suka aja dengan nama Davi. Unik menurutku.

Setelah baca Fairish, aku lanjut baca novel ‘Dia, tanpa aku’ masih karya Kak Esti Kinasih. Akhir ending ceritanya bikin nyesek pas Ronald yang udah meninggal tiba-tiba datang lewat sebuah gelombang radio. Aah, pokoknya bagian-bagian menegangkan deh. Selesai namatin ‘Dia, tanpa aku’, aku langsung baca ‘Jingga dan Senja’ plus ‘Jingga dalam elegi’, kedua novel itu karya Kek Esti Kinasih juga. Karya Esti Kinasih semua Muth? Maklum, aku estikinatic baru. =D

Aah, novel ‘Jingga dan senja’ plus ‘Jingga dalam elegi’ keren banget. Karakter tiap tokohnya pas banget, apalagi si Ari. Ngefans deh sama Matahari Senja ini :* cowok badboy nan ganteng. Memang tiap orang punya sisi baik dan buruk dalam hidupnya, tergantung bagaiamana cara orang itu memilih dominan ditunjukkan yang mana. Kalau si Ari lebih dominan dia nunjukin sisi buruk. Setiap orang yang memilih lebih dominan sisi buruk, pasti dalam hidupnya punya masalah.

Ngingat si Ari jadi ingat salah seorang temen cowok aku. Dia sering curhat di bbm. Kemaren aku asli marah-marah sama dia, masalahnya dia curhat seakan dia itu orang yang paling menderita didunia ini. Aku sih orangnya fine-fine aja ngedengerin curhatan orang. Seneng malah. Tapi kalau ngedengerin curhatan yang isinya nge-down banget seakan-akan nggak guna hidupnya plus nggak sanggup nerusin hidup, aku nggak suka. Apalagi yang curhat ini cowok. Bagi aku cowok itu harus kuat. Harus jantan.

Hey buat kamu! Maaf ya. Bukan maksud aku buat nggak nerima curhatan kamu. Tapi aku nggak suka kamu selemah itu. Kamu harus kuat dong. Setelah aku marah-marahin teman aku ini, dia bilang gini : “Aku nunjukin kalau aku selemah ini Cuma sama kau Muth. Nggak sama yang lain.”   

Iya, maaf! Aku Cuma mau kamu kuat. Jangan Cuma gara-gara masalah cinta kamu selemah itu. aku yakin kamu cowok yang kuat. Aku nulis disini bukan maksud aku buat ngumbar privasi kamu, toh curhatan plus nama kamu tetep aku rahasiakan kan?

Lanjut kemasalah novel nih. Aaah, nggak sabar nunggu kelanjutan Jingga untuk matahari (JUM). Ditunggu ya Kak Esti Kinasih :D ({}) selesai baca karya-karya Kak Esti Kinasih, aku lanjut baca novel ‘Pacaran 6 bulan’. Ini kisahnya asoy banget. Mengharukan. Ini kisah tentang cewek berjilbab yang pacaran dengan Rio si cowok berandal selama enam bulan. Cewek ini berhasil merubah Rio menjadi lebih baik. Pacaran mereka bukan kaya pacaran muda-mudi zaman sekarang. Cewek bernama Tiara ini sama sekali tak mau disentuh, pergi berdua nggak mau, sms-an mesra nggak mau, type cewek taat agama kayanya. Di endingnya, Ria nelpon Tiara trus bilang gini :
R : Aku mencintaimu karna Allah Tiara.
R : Karna aku mencintaimu karna Allah dan ingin menjagamu, aku ingin kita... putus.
Huaaa. Aku histeris! Mutusin orang yang paling dicintai karna Allah. Bisa nggak? Kalau aku diposisi itu kayanya. Hmm. Entahlah.
T : Oke. Makasih Rio.
R : Maukah kau menjaga hatimu dan menungguku 7 tahun lagi?

Aaak, pengen juga ada yang bilang gitu ke aku :p Sayang banget di novelnya nggak diceritain tujuh tahun kemudiannya. Setelah selesai ngebabat novel ‘Pacaran 6 bulan’ itu, aku lanjut baca novel 3600 detik. Ini novel sedih, apalagi pas bagian Shandra ngasih 3600 detik waktu berharga terakhir kali buat Leon sebelum Leon mati. Hiks.

Ternyata liburan dengan novel-novel seru juga. Serasa mengelilingi dunia :p Jadilah ngelilingi dunia lewat novel dulu sekarang, besok baru pakai kaki. Hihi. Sekarang lagi baca novel Dark Love-nya Ken Terate. Eh, kalian! Apa yang kalian lakukan saat liburan ini?

Akhir-akhir ini aku merasa jahat banget jadi orang. Serius. Aku pendendam. Aku nggak suka ngelihat kebahagian orang lain. Aku, aah terlalu banyak sisi negatif yang kalian tidak tau tentang aku. Terlalu banyak. Untuk itu aku minta maaf pada kalian semua. Pada Ulan-Mumun yang mungkin sering aku repotkan.

Pada Lelek-Maknyin-Degil, yang sering tercueki sengaja atau tanpa sengaja. Mungkin banyak momen yang nggak bisa kita lukis bersama disebabkan oleh sedikitnya waktu kebersamaan diantara kita, tapi percayalah kalian berharga didalam hidup aku. Kalian tetep mau jadi sahabat aku kan? Mak? Gil? Lek? Maukan Lek? Mungkin kita bisa menyisihkan sedikit waktu dalam seminggu untuk bersama kan? Agar jurang pemisah itu tak lagi semakin lebar.

Akh, apakah waktu kebersamaan yang tak banyak mampu mengikis persahabatan? Apakah ketidakbersamaan itu bakal membuat jurang pemisah? Apakah itu juga bakal terjadi dengan Ulan-Mumun saat kami tak sekelas nanti? Haruskah seperti itu? Aku sadar dimasa kuliah ini bukan lagi masa-masanya cari persahabatan, karna semuanya pada sibuk dengan life masing-masing. Pada akhirnya nanti, mereka pun akan pergi satu persatu untuk menjalani hidupnya. Bersama keluarga baru mereka mungkin. Tapi percayalah, aku tak ingin kehilangan kalian. Aku tak ingin kehilangan sahabat-sahabat aku, karna kalian berharga buat aku. Karna kalian pernah melukis kisah disini. Dihidup aku.

Aku minta maaf juga pada semua teman-teman aku, yang mungkin kadang terselip canda menyakitkan dariku. Terselip kata yang menyebalkan. Aku minta maaf pada kalian semua. Aku juga minta maaf pada ayah dan adik-adikku. Maafin yah.

Duth, Muth! Kok kaya jadi salam perpisahan gitu sih? Kaya mau pergi jauh aja? Iya ya? Diih serem aah! Jangan dulu Ya Allah. Aku masih banyak dosa. -_- Please jangan. Aku Cuma mau minta maaf aja, karna aku sadar aku banyak salah. Memasuki semester tiga aku udah semakin dewasa kan? Udah semakin tua. Aku pengen jadi orang yang benar-benar baru. Lapar nih. Udah dulu ya bye. Salam sayang buat sahabat, @muthiiihauraa.
12 Agustus 2014. 12.27 WIB.

Update
Tadi sore sahabat aku si Laila Muqddasa sms kalau aku lulus broadcast. Alhamdulillah. :D Makasih Lek infonya, maaf nggak balas. Nggak ada pulsa. Trus tadi di grub kelas nama aku juga di tag karna lulus broadcast. Senang pastinya. Awal masuk jurusan ilmu komunikasi, sama sekali nggak pernah tertarik dan mengenal apa itu broadcast. Aku Cuma kenal jurnalistik dan berniat banget untuk masuk jurnalistik.

Tapi semakin berjalannya waktu, ketertarikan terhadap broadcast itu ada. Apalagi setelah ikutan bikin film buat lomba kresia sebagai script writer. Awal kedekatan juga dengan Ulan-Mumun. Terkesan juga pas ngelihat senior-senior broadcast yang kemana-mana bawa kamera buat film. Semoga pilihan aku nggak salah Ya Allah. Apa pun yang aku dapat hari ini, itulah yang terbaik untukku :D

Welcome broadcast! Welcome semester tiga! Harus lebih giat lagi nih. Satu yang pengen dibeli. Yap, kamera! Segan tau minjam-minjam trus. Oh ya, aku udah nyelesain novel Dark Love karya Ken Terate. Uuh, sumpah keren abis. Rekomendasi banget deh. Nih novel banyak pelajaran berharga tentang cinta.

Novel ini menceritakan kisah tentang Kirana yang masih berumur 17 tahun yang hamil. Ya, MBA. Dia memiliki sahabat yang menyebut diri mereka Hi 4. Sahabatnya itu adalah Andra, Alvin, Maria, Banyu, dan Chacha. Mereka membuat perjanjian untuk tidak pacaran sesama mereka. Dan salah seorang dari sahabat cowoknya itu adalah orang yang telah menghamili Kirana. Tapi dinovel si Kirana tidak memberitahu siapa cowok yang menghamilinya itu. dia hanya menyebut cowok itu dengan sebutan My Prince.

Ya, mereka sama-sama melakukannya atas cinta. Bukan paksaan. Dari bab ke bab dibikin penasaran abis atas siapa cowok yang menghamili Kirana. Awalnya aku mengira si Andra, tapi ada kemungkinan Alvin, bisa juga Banyu. Ah, pokoknya menebak-nebak deh. Untung si My Prince itu mau tanggung jawab walau identitasnya belum diketahui.

Dari novel ini amanat yang bisa diambil adalah : Jangan mau menyerahkan segala-galanya pada pacar atas nama cinta. Kalau dia memang cinta, dia tidak akan dengan tega merusak masa depanmu. Mungkin awalnya Cuma pegangan tanga, lalu nggak seru lagi jadi ciuman. Ciuman udah nggak seru lagi, jadi pelukan. Dll. Dll. Dll. Kalau sudah terlanjur hamil, akan banyak hal buruk yang akan menimpamu. Kamu dimusuhi teman-temanmu, kamu dikeluarin dari sekolah, masa depanmu suram, orang tuamu kecewa, dan pastinya menanggung malu seumur hidup. Love is not sex. Cinta itu bukan tentang sex.

Bukannya maksud disini menggurui. Hanya mengingatkan dan lebih buat ngingetin diri sendiri agar hati-hati. Tadi inboxan sama Eva Erisa. Dia ini temen sekolah adik aku. entah sejak kapan dia tau dan baca blog aku. Hay Va! Kalau lagi stalking tinggalin jejak dong :p Entry ini kepanjangan kayanya. Udah dulu ya. Bye! 21.39 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar: