Hari kelima : IKAPI

17.17 Muthi Haura 6 Comments



Haay, malam guys. Assalamua’laikum. Apa kabarnya nih? Semoga selalu sehat ya. Oh ya kalian pada tau IKAPI nggak? Oke deh aku jelasin secara singkat aja ya. Ikatan Penerbit Indonesia atau biasa disebut dengan IKAPI adalah asosiasi profesi penerbit di Indonesia yang menghimbun para penerbit buku di Indonesia. Nah keren kan? Jadi semua penerbit yang ada di Indonesia itu bersatu dalam IKAPI. 





IKAPI ini didirikan pada tanggal 17 Mei 1950 di Jakarta. Para pelopor dan inisiator pendirinya adalah Sutan Takdir Alisjahbana, M.Jusuf Ahmad, Nyonya A. Notoseotardjo. Pendirian IKAPI ini didorong oleh semangat nasionalisme setelah Indonseia merdeka tahun 1945.

Ikapi kemudian dibentuk sebagai organisasi profesi penerbit buku berasaskan Pancasila, gotong royong, dan kekeluarga.Atas kesepakatan para pendiri Ikapidiangkatlah Achmad Notosoetardjo sebagai Ketua pertama Ikapi, Ny. Sutan Takdir Alisjahbana sebagai wakil ketua, Machmoed sebagai sekretaris, M. Jusuf Ahmad sebagai bendahara, dan John Sirie sebagai komisaris. Pada masa awal tersebut bergabung tiga belas penerbit sesuai dengan buku yang disusun Mahbub Djunaidi dan versi lain dari Zubaidah Isa menyebutkan jumlah empat belas penerbit bergabung pada masa awal Ikapi tersebut. Namun, baik Mahbub maupun Zubaidah tidak menyebutkan siapa saja penerbit yang bergabung tersebut.

Lima tahun setelah berdiri, Ikapi mampu menghimpun 46 anggota penerbit yang sebagian besar berdomisil di Jakarta dan sisanya di Pulau Jawa dan Sumatra. Ikapi dipusatkan di Jakarta sebagai ibu kota negara. Dalam sejarah perkembangannya, Medan sebagai salah satu kota basis penerbitan di Indonesia telah lebih dulu memiliki organisasi yang menghimpun penerbit dan pedagang buku lokal sejak 1952. Organisasi itu bernama Gabungan Penerbit Medan (Gapim) dengan 40 anggota dan 24 di antaranya adalah pedagang buku. Ikapi kemudian merangkul Gapim melalui kunjungan ketua Ikapi ke Medan pada September 1953. Gapim bersedia melebur ke dalam wadah Ikapi sehingga terbentuklah Ikapi Cabang Sumatra Utara pada Oktober 1953 dengan 16 anggota sebagai cabang Ikapi pertama. (sumber : http://ikapi.org/about)



Menurut aku di Indonesia ini masih banyak orang yang belum kenal dan belum tau apa itu IKAPI. Ada baiknya IKAPI lebih menampakkan diri dan lebih gencar memberitahukan tentang dirinya kepada khalayak. Sebelum itu, aku juga pengen ngasih tau kalian tentang visi dan misi IKAPI.
Visi IKAPI : Menjadikan industri penerbitan buku di Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan dapat berkiprah di pasar internasional.
 Misi IKAPI : Ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui upaya penciptaan iklim perbukuan yang kondusif, pengembangan sistem perbukuan yang kompetitif, dan peningkatan profesionalisme asosiasi serta para anggotanya sehingga perbukuan nasional mampu berperan secara optimal demi mempercepat terbentuknya masyarakat demokratis terbuka dan bertanggung jawab.

Untuk kepengurusan IKAPI sampai 2015 ini ketuanya ialah : Dra. Lucya Andam Dewi, M.Si. Wah ternyata Indonesia punya sebuah organisasi yang keren ya. Dari visi-misi IKAPI dapat kita ambil kesimpulan bahwa IKAPI memiliki peran penting dalam penerbitan buku.

IKAPI berusaha untuk menjadikan masyarakat Indonesia memiliki budaya membaca dengan menyajikan buku-buku yang bermanfaat, sehingga akan terbentuknya masyarakat yang demokratis terbuka dan bertanggung jawab. Selain itu IKAPI juga membantu memfasilitasi penerbit mengikuti event pameran buku baik didalam dan diluar negri.

Ini dia peran yang diharapkan IKAPI dalam mengembangkan dunia baca-tulis :
1.      Lebih banyaknya masyarakat yang mencintai dunia baca-tulis dan menyadari bahwa baca-tulis adalah sesuatu hal yang penting. Sehingga karna adanya kecintaan dan kesadaran itu, masyarakat sama-sama membantu IKAPI dalam berbagai hal.
2.      Kesadaran penerbit-penerbit yang bernaung didalam IKAPI untuk tidak menyajikan bacaan yang tidak layak. Seperti bacaan porno misalnya.

Dan kalau MISALnya aku menjadi pengurus IKAPI, aku pengen ada dibagian bidang Hubungan dan Kerja sama Luar Negri. Kenapa? Karna aku ingin membuat IKAPI lebih dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga diluar negri. Selain itu, aku juga ingin membangun kerja sama dengan penerbitan luar negri.

Bentuk kerja sama ini bermacam-macam, mulai dari mengadakan worshop di Indonesia dengan mengundang penerbit dari luar negri sebagai pembicara. Terlepas dari bidang Hubungan dan Kerja sama Luar Negri itu, aku juga ingin agar IKAPI semakin berkembang. Semakin berjaya. Semakin dikenal. Semakin mendunia.

Aku pengen menjadikan IKAPI sebagai polisi literasi di Indonesia terlebih dahulu, membuat gerakan cinta membaca, mengadakan worshop-worshop kedaerah terpencil. Mana tau didaertah terpencil itu ada bibit penulis yang bagus. Mengadakan seminar-seminar disekolah atau kampus-kampus.

Mungkin itu aja dari aku. Mari bergandengan tangan membangun Indonesia cinta membaca dan membuat Indonesia bisa mengepakkan sayapnya. Terbang tinggi seperti Garuda. Salam dunia literasi, @muthiiihauraa
30 Agustus 2014. 07.12 WIB

Baca Artikel Populer Lainnya

6 komentar:

  1. Kalau dikau masuk IKAPI, insyaAllah dunia perbukuan akan jauuuuuh lebih keren yaaa.. Good luck, semoga sukses ngontesnya ya.

    BalasHapus
  2. Ikapi itu khusus buat penerbit buku pelajaran atau buat penerbit novel komik dll? Kayanya formal banget ya, liat aja logonya kaya tut wuri handayani hehehe

    Cita-cita yang bagus, masalahnya boro-boro go internasional, di indonesia aja kayanya banyak yang belum tahu ikapi deh, gue contohnya hehehe

    BalasHapus
  3. Semoga dengan ini masyarakat di Indonesia akan lebih kenal dengan IKAPI, promoin di semua medsos mba. Kalau memang ingin membuat WNI lebih cinta dengan dunia baca-tulis. Maka mulailah dengan dari diri mba sendiri dengan mempromokan dan membantu IKAPI untuk mempromosikan dunia baca-tulis itu :)

    BalasHapus
  4. Semoga IKAPI bisa menggandeng banyak penerbit dan penulis untuk kembali menanamkan cinta baca kepada anak sejak usia dini. Bareng kita memajukan negeri ini dengan literasi:)

    BalasHapus
  5. weh, aku malah nggak ngerti IKAPI apaan hehehe :Da
    tapi alhamdulillah sejak kamu posting soal IKAPI, aku jadi tau. Dan kayakny bisa nyambung kalau ada yg ngobrol soal IKAPI ahahaha

    bermanfaat banget, makasih mut :3

    BalasHapus
  6. baru tau soal ikapi dari sini. alhamdulillah, nambah ilmu lagi. terima kasih mut.
    dan semoga dengan adanya ikapi ini banyak orang jadisuka baca, aamiin :)

    BalasHapus