Hari ketiga : Al-Qur’an

17.54 Muthi Haura 1 Comments



Haay Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Udahkah baca Qur’an hari ini? Berhubung aku lagi ikutan lomba blog dan ini memasuki hari ketiga jadi izinkan aku berbicara sedikit mengenai Al-Qur’an, jadi kalau ada kesalahan tolong koreksi ya =D

Obat yang paling mujarab dalam hidup ini adalah Al-Qur’an. Kalau lagi galau, baca deh Al-Qur’an. Kalau lagi sedih, baca juga Al-Qur’an. Apalagi kalau lagi bahagia, tentu Al-Qur’an juga tidak boleh terlewat kan? Zaman sekarang nggak bisa kita pungkiri bahwa budaya Barat semakin merasuki masyarakat Indonesia. Hal yang benar dianggap salah dan begitu juga sebaliknya.

Sejak lima tahun belakangan ini penerbitan Al-Qur’an sudah semakin maju dan mengalami peningkatan, tetapi kalau dilihat dalam masyarakat membaca Al-Qur’an sangat jarang kita temui. Masayarakat, terutama diri aku sendiri lebih terlena dengan media elektronik. Terkadang Al-Qur’an itu hanya sebagai pajangan tanpa sedikit pun kita sentuh. Nauuzubillah.

Banyak sekali versi-versi Al-Qur’an yang dapat kita temui di Indonesia ini, yakni : Al-Qur’an versi penulisan dengan tajwid, Al-Qur’an versi asbabun nuzul, Al-Qur’an versi kandungan perayat, Al-Qur’an dengan terjemah perkata, Al-Qur’an jenis braile untuk tuna netra, Al-Qur’an berwarna-warni, dll-nya. Versi-versi ini dihadirkan dalam bentuk Al-Qur’an dengan harapan bisa menarik masyarakat untuk rajin membacanya.

Almarhumah nenek aku paling suka baca Al-Qur’an terbitan syaamil Qur’an. Cetakannya besar dan ada arti per kata sehingga nenek aku lebih bisa memahaminya. Selain itu memang pada dasarnya mata orang tua itu udah mulai ada perabunan dan membutuhkan Al-Qur’an dengan cetakan huruf besar.

Sedangkan kebutuhan Al-Qur’an untuk para remaja bisa mungkin dibuat cover atau sampulnya dengan semenarik mungkin. Kalau perlu sisipkan kisah ayat tersebut. Misal surah Al-Baqarah, sisipkan kisah nyata kenapa sampai turunnya surah Al-Baqarah. Kan tentu saja akan menarik minat membaca para remaja yang memang pada dasarnya memiliki keingintahuan yang tinggi.

Mempelajari dan memahami Al-Qur’an tentu saja membuat kita semakin mengerti akan kehidupan ini. Selain itu apa pun ilmu didunia ini pasti sudah tercantum didalam Al-Qur’an. Ilmuwan-ilmuwan Barat aja berlomba mempelajari Al-Qur’an untuk mendapatkan disiplin ilmu yang baru, masa kita yang islam malas mempelajari Al-Qur’an. Malu dong kan? 


Dari banyaknya penerbitan Al-Qur’an, aku paling suka sama terbitan syaamil Qur’an. Kenapa? Karna banyak pilihan menarik yang akan membuat kita semakin bersemangat dalam membaca Al-Qur’an. Apa-apa aja pilihannya? Ini dia :
 
       Miracle Family Smile




Inovasi terbaru dari Syamil adalah sebuah produk yang sangat cocok untuk keluarga. Yaitu Al-Quran e-Pen 2 in 1 Paket Family (e-Pen Smile). 2 in 1 terdiri dari 2 mushaf al-Quran yang luar biasa, yaitu : Al-Quran Syaamil For Kids My First Al-Quran dan Syamil Miracle 22 in 1. Keduanya memiliki banyak kelebihan daripada mushaf al-Quran pada umumnya. Dan tentu saja, kelebihan utamanya adalah bisa dibaca atau dibunyikan dengan e-Pen. (sumber : http://syaamilquran.com/berbahagia-dengan-miracle-family-smile.html)

          Transliterasi Latin, Tajwid, Terjemah Perkata dalam Satu Al-Qur’an
 


Al-Qur’an Hijaz ini dilengkapi dengan beberapa konten pendukung seperti transliterasi latin, tajwid, dan terjemah perkata.  Di dalamnya terdapat beberapa konten berikut: Khad Tajwid vector rasm usmani, Standart kementarian agama RI, Tashih kementrian agama RI, ayat pojok, transliterasi, fhadilah ayat, dan keutamaan surah. (sumber : http://syaamilquran.com/transliterasi-latin-tajwid-terjemah-perkata-dalam-satu-al-quran.html)


        Al-Qur’an bukhara
Belajar Tajwid dengan Al-Qur’an Bukhara - Membaca Al-Qur’an harus dengan tartil, dan dilengkapi dengan penggunaan tajwid yang benar. Syaamil Qur’an mempersembahkan Al-Qur’an Bukhara dengan ukuran A5 yang dilengkapi dengan pewarnaan tajwid. Khat tulisannya besar dan enak dibaca, sehingga memudahkan belajar Al-Qur’an beserta dengan tajwidnya. (sumber : http://syaamilquran.com/belajar-tajwid-dengan-al-quran-bukhara.html)

        Al-Qur’an Hisna untuk muslimah
Islam, menyematkan kemuliaan dalam diri seorang wanita. Sang pesona dunia ini, diajarkan Oleh Allah Subhanahu Wata’ala  untuk tetap menjadi indah dan yang terindahkan. Syaamil Qur’an mempersembahkan beberapa varian Al-Qur’an untuk wanita, salah satunya Al-Qur’an Hishna yang dilengkapi dengan beberapa konten wanita dan dikemas cantik dengan cover hand-made dan bandul yang eksklusif. (sumber : http://syaamilquran.com/si-cantik-al-quran-hishna-untuk-muslimah-indonesia.html)

   Syaamil note

Kehadiran Syaamil Note di Indonesia sangat dimintai masyarakat muslim Indonesia pada khususnya. Menurut Meyda Sefira sebagai brand Ambassador, “Syaamil Note memudahkan kita untuk beribadah dan mempelajari Islam, dimanapun kita berada. Ini sangat memudahkan bagi yang tingkat aktivitasnya tinggi” Syaamil Note diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2014. Smartphone Islami Terlengkap dari Sygma CMC. Dalam aktivitas yang menuntut mobilitas serba cepat, umat muslim membutuhkan teknologi yang memberi kemudahan dalam mendapatkan panduan menjalani ibadah dan dakwah. Menyikapi hal tersebut, Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) sebagai perusahaan penerbit Al Quran yang juga bergerak di industri kreatif, melahirkan produk terbarunya, Syaamil Note, smartphone android yang didalamnya dilengkapi aplikasi built in islami paling lengkap. (sumber : http://syaamilquran.com/syaamil-note-makin-diminati-masyarakat.html)

Nah keren-keren kan? Tentunya belajar dan membaca Al-Qur’an jadi jauh lebih menyenangkan.

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804]

Yuk sama-sama membaca dan belajar Al-Qur’an. Oke sekian dulu dari aku. byebye! Salam sayang, @muthiiihauraa
28 Agustus 2014. 07.41 WIB

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar:

  1. wah,jadi penasaran sama syamil note....sukses ya lombanya
    salam kenal :)

    BalasHapus