lomba

Hari ketujuh : Syaamil Qur’an

17.27




Haaay haay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya hari ini? udah hari ketujuh aja ya. Nggak kerasa. Disini siapa yang punya Qur’an terbitan syaamil Qur’an? Aku punya aku punya! Iya, aku punya Al-Qur’an terbitan syaamil Qur’an yang Hijaz perkata A4.


Ini punyaku. Abaikan tangannya.

Al-Qur’an Hijaz yang aku punya sampulnya itu masih terbitan lama. Ayah aku belinya udah lama juga, makanya sampulnya udah agak-agak gimana gitu. Nah, kali ini izin kan aku sedikit ngereview Al-Qur’an Hijaz ini. Sekarang Al-Qur’an Hijaz dalam versi baru. Maksudnya sampulnya yang baru. Al-Qur’an Hijaz ini besarnya A4 dengan font huruf Qur’an yang besar. Tampilannya juga eye cathing.
 

Kita bisa lho belajar Al-Qur’an dari Al-Qur’an Hijaz terbitan Syaamil Qur’an ini. Ada panduan belajar Al-Qur’an dengan tafsir perkata. Keren kan? selain itu, ini dia isi konten-konten didalam Al-Qur’an Hijaz :
Khat Rasm Usmani
Menggunakan khat yang tipis dan lancip sehingga kita-kita akan merasa nyaman untuk membacanya. Penulisannya pun stabil dan jelas. Seperti yang aku bilang diatas, eye cathing.

Standart Kementrian Agama RI
Mushafnya mengacu kepada standart penulisan kementrian Agama RI. Jadi bukan abal-abal ya :D

Tashih Kementrian Agama RI
Produk ini udah diperiksa oleh pihak lajnah pentashihan mushaf Al-Qur’an Kementrian Agama RI, dengan mengeluarkan surat tashih sesuai peruntukan. Jadi bisa dipercaya kan? Secara nggak mungkin banget Kementrian Agama RI meloloskan Qur’an yang abal-abal.

Ayat pojok
Mushaf ini terdiri dari 15 baris dengan penggalan akhir ayat yang setiap halamannya diakhiri ayat-ayat pojok. Biasanya yang kaya gini digunakan sebagai standard untuk menghafal Al-Qur’an.

Tafsir terjemah per kata
Nah ini yang paling aku suka. Sangat membantu, apalagi pas aku SMP ada belajar Quantum Qur’an yang diharuskan menerjemahkan kata per kata. Dengan Al-Qur’an ini kan jauh lebih membantu. Metode terjemah Al-Qur’an ini tafsiriyah per kata yang disusun berdasarkan metoologi tafsiriyah. Dilengkapi dengan penjelasan metode tafsiriyah-lafziyah yang diletakkan pada halaman depan.

Penandaan ayat-ayat Do’a dan Tasbih
Di Al-qur’an ini jika ada ayat yang mengandung do’a, maka ditandai dengan pewarnaan ayat-ayatnya. Sedangkan ayat tasbih, ditandai dengan penggaris dibawah ayat-ayat yang bermakna tasbih. Dilengkapi juga penjelasan atau user guide tentang ayat do’a dan ayat tasbih tersebut. Wah wah wah, lengkap kan? jadi kita tau kalau ada ayat yang kita baca berwarna, itu berarti mengandung do’a.

Ayat Do’a
Ayat do’a di Al-Qur’an ini terdiri dari 2 kategori lho, yaitu do’a bersifat eksplisit (do’a yang berisi permohonan langsung dari hamba kepada Allah) dan implisit (Tidak berbentuk secara permohonan langsung).

Ayat Tasbih
Ayat tasbih adalah ayat-ayat yang didalamnya terkandung makna mensucikan dan mengagungkan Allah. Ditandai dengan garis tepat dibawah ayat yang mengandung tasbih.

Terjemah kementrian Agama RI + Footnote
Terjemah terbaru dari kementerian agama RI. Diletakan disamping terjemah tafsir Per kata, dengan sizing yang disesusikan dengan penambahan materi intisari ayat. Dilengkapi dengan footnote sebagai penjelasan lanjutan atas terjemah yang membutuhkan penjelasan tambahan.

Asbabunnuzul
Disimpan diakhir terjemah dan footnote pada setiap halaman lho.

Intisari ayat
Nah Qur’an ini memang cocok buat yang baru belajar dan memdalami islam. Di Intisari ayat berisi tema menarik dari ayat pada halaman terkait. Dijelaskan dengan sudut pandang yang berbeda sehingga menambah ilmu pengetahuan kita guys!

Do’a Khatam
Do’a khatam ini menggunakan konsep perkata, tapi tetap sempurna tanpa adanya pemenggalan dan terkumpul dalam satu halaman.

Daftar nama Surah
Daftar nama surah, hanya dibuat satu halaman. Pengurutan daftar surah untuk mempermudah pencarian halaman surat terkait.

Tanda-tanda Baca Khusus Dalam Al-Qur’an
Sebuah susunan materi yang menjelaskan tentang beberapa tanda-tanda baca yang tidak lazim dalam pembacaan Al-Qur’an, yang dilengkapi dengan keterangan ayat dan surat terkait serta dilengkapi pula dengan tanda-tanda waqaf (berhenti) dan cara praktis menghentikan bacaan Al-Qur’an.

Lengkap kan konten-kontennya? Bikin kita semakin semangat untuk memperdalam Al-Qur’an lewat Al-Qur’an Hijaz ini. sebenarnya aku pengen Al-Qur’an yang khusus cewek itu. -_- Kumpulin uang dulu Muth!

Nah mungkin ini aja sedikit review dari aku. semoga bermanfaat dan kalian juga tertarik membelinya. Salam sukses, @muthiiihauraa
1 September 2014. 07.22 WIB

You Might Also Like

2 komentar