Pameran buku

17.23 Muthi Haura 15 Comments


Hay guys, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Kalian-kalian pernah kepameran nggak? Pameran apa aja deh, pernah nggak? Pastinya dong ya, setidaknya sekali seumur hidup pernah kan? Aku juga pernah kepameran, apalagi pameran buku. Bagi aku pribadi, pameran buku itu surganya buku-buku murah. Banyak banget buku yang berkualitas tinggi bisa didapatkan dengan harga murah.

Sebelum lanjut ngomongin soal pameran buku, ada baiknya kita tau dulu sejarah munculnya festival buku atau pameran buku di Indonesia. Pada tahun 2006, Forum Indonesia Membaca (FIM) sukses mengadakan acara World Book Day di Plasa Depiknas dan Perpustakaan Diknas, Senayan, Jakarta. Pelaksanaan World Book Day membuka partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya buku dan membaca, serta mengapresiasikan dunia perbukuan itu sendiri. (Pustakainfo.wordpress.com)

Pameran terbesar yang pernah aku kunjungi yaitu ‘Pekanbaru Islamic book fair’ yang diadakan di Islamic Centre UIN Suska Riau. Tema yang diusung dalam pameran ini ialah : Menuju Pekanbaru berperadaban dan berkarakter Qur’an.

Pekanbaru Islamic book fair ini diadakan selama lima hari, dari tanggal 17-21 Mei 2014. Banyak banget bentuk kegiatan yang diadakan di Pekanbaru Islamic book fair ini. Aku kasih bocoran deh bentuk kegiatannya :
1.      Bazar dan pameran buku : Kegiatan dimana penerbit-penerbit buku agama memamerkan buku-bukunya pada stand-stand yang telah disediakan. Disini sebenarnya kalau kita jeli, kita bisa menjalin pertemanan dengan pihak penerbit lho.

Menurut aku banyak deh manfaat bila pameran buku itu terlaksana. Bisa ngeborong bahan bacaan dengan harga miring. Buku itu gudang ilmu lho, jadi nggak bakal sia-sia kalau beli buku banyak-banyak. Apalagi membaca adalah perintah pertama yang Allah suruh kepada nabi Muhammad. Membaca adalah gerbang menuju wahyu.

2.      Bedah buku : Ini kegiatan yang paling keren menurut aku. Pas bedah buku di Pekanbaru Islamic book fair itu menghadirkan Ahmad Fuadi. Keren kan bisa ngelihat langsung penulis yang aku kagumi.

3.      Seminar dan talkshow : Membahas topik-topik hangat dalam masyarakat.
4.      Aneka lomba.

Pokoknya acaranya seru deh! Apalagi kalau bisa borong buku-buku murah. Pas acara Pekanbaru Islamic book fair ini aku datang bareng temen-temen seorganisasi aku. Temen-temen di Gagasan. Ada juga stand negara lain serupa : Malaysia, Thailand, Fhilipina, Singapura, dan Brunei Darussalam. Aku dan teman-teman seorganisasi singgah ke stand berbagai macam negara itu. Yang jaga stand itu tentu saja orang asli dari negara masing-masing. Seru! Diajarin bahasa negara mereka plus bisa nyobain makanan khas mereka. 



Zaman sekarang ini minat baca masyarakat semakin menurun. Hal itu bisa disebabkan media-media elektronik dan internet yang semakin menyebar sehingga manyarakat lebih memprioritaskan dirinya untuk menonton atau main internet tanpa nyempatin untuk membaca buku. padahal membaca buku itu penting kan? Apalagi buku agama. Kalau masyarakat Cuma disodorkan hal-hal negatif dari televisi dan internet, mau jadi apa negara ini? Mau jadi apa para muda-mudinya? Padahal kita tau sendiri bahwa ditangan para muda-mudi inilah nasib bangsa dan agama kedepannya.

Menurut aku dengan diaadakannya pameran buku  bisa menarik masyarakat untuk menghadiri pameran tersebut. Sebisa mungkin pameran itu disediain kegiatan yang unik dan pastinya menarik agar masyarakat yang datang itu mau membeli buku.

Nah guys, pameran buku itu keren kan? Nggak kalah keren dengan pameran-pameran lainnya. Selain itu dipameran buku banyak ilmu yang bisa kalian dapatkan, tidak hanya kesenangan belaka. Ada sebuah slogan yang amat aku suka, yaitu : “Dengan membaca aku bisa melihat dunia dan dengan menulis aku dunia bisa melihatku.” Setuju nggak? Harus setuju dong yah! 
 
Oya, bagi kalian yang tinggal di Bandung, bisa kali datang ke pameran buku Bandung pada tanggal 29 Agustus-4 September 2014 di Landmark, jalan Braga 129 Bandung. Harga tiket masuknya gratis lho guys! Waktu bukanya mulai dari jam 9 pagi sampai jam sembilan malam.
  
 

Salam maniak buku, @muthiiihauraa
25 Agustus 2014. 22.07 WIB.  

Baca Artikel Populer Lainnya

15 komentar:

  1. Balasan
    1. Iyaaa Tiaaaa. Kan besok diadakan di Bandung :D
      Palembang kapan nih?

      Hapus
  2. Wah... Aku ga pernah ke pameran buku. Kalau bazar sih pernah. Dulu ke pameran waktu masih kecil, kalau gak salah pameran elektronik.

    Iya bener banget. Keberadaan pameran buku itu sangat bermanfaat. Secara sekarang masyarakat udah jarang banget baca buku. Bukan jarang lagi, malah kagak pernah. Ironisnya, sebagian anak muda sekarang nggak mau lagi susah-susah. Mereka udah nggak mau lagi berjuang. Baca buku aja males. Padahal buku adalah bagian penting dunia ini. Gimana negeri ini mau maju kalau generasinya maunya yang instan-instan aja. Padahal kesuksesan kan butuh perjuangan.

    Yok!!! Mari membaca buku!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mariiii!
      setuju banget tuh.
      Kapan-kapan kunjungi pameran buku Dali :D

      Hapus
  3. sayang, gue belom pernah dateng ke pameran buku. kayaknya asik juga tuh, bisa dapetin buku-buku dengan harga miring, apalagi bisa bangun relasi sama penerbit. eh, btw blognya udah gue follow.. follback ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah aku follback ya =D
      Bener banget tuh, makanya datang aja ke pameran buku Bandung :D

      Hapus
  4. Rumah gua di Cirebon ga bisa kesana. Gua sering ke macem macem pameran termasuk pameran buku. Disana tuh biasanya ada yang jual manga gitu gua cuma baca terus pergi sama kaya kalo gua ke Gramedia numpang baca doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wah wah Rafif nggak modal aah.
      Sekali-kali beliii :D
      bacanya jangan cuma manga doang :p

      Hapus
  5. Saya belum pernah ke pameran buku, paling banter ke Bazaar, itu juga yang jual buku dikit banget.
    Saya pun hobi membaca, tapi bener kata Muthi, saya cenderung lebih banyak membaca lewat media internet guys. Tapi biar gitu juga koleksi buku agama Alhamdulillah ada sih, ya meskipun gak banyak2 amat.
    Trims untuk supportnya Muthi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip :D
      ciee yang punya buku agama. mantab mantab (y)

      Hapus
  6. wooo baru tau gue kalo pertama kali pameran buku itu begitu sejarahnya .. *manggut-manggut*

    kamu sendiri beli buku apaan tuh ? buku agama semua ? buku "Hidayah" ada nggak ? haha

    Sebenernya gue pengin banget ikutan pameran buku kek gini, cuma yah, di Palembang mah nggak ada -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tahun-tahun depan di Palembang bakal ada tuh :D
      Kebanyakan buku agama sih di pamerannya.

      Hapus
  7. Belum pernah ke pameran buku, soalnya di kotaku jarang di adain begituan.
    keren ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin besok bakal diadain dikotamu. Tunggu aja :D

      Hapus
  8. aku juga ke sana yang pas terakhir ada pameran buku di senayan itu hehehehe..tapi kalau ke bandung kejauhan cc..berat di ongkos bukunya belum tentu beli banyak hehe..tapi yahh as young generation kita biasakan membaca mulai dari diri sendiri yuk :)

    BalasHapus