[Review] : Wardah Facial Wash

17.57 Muthi Haura 7 Comments



Haaay, Assalamua’laikum. Kali ini aku entah kenapa lagi iseng pengen ngereview facial wash wardah yang aku punya. Mungkin karna keasikan baca blog-blognya beauty blogger, jadi kepengen juga. Nggak papa ya, itung-itung belajar ngereview produk dan kali aja bermanfaat buat para cewek diluar sana.

Sejauh ini ada tiga beauty blogger yang aku suka, entar deh kapan-kapan aku critain tentang mereka. Oh ya, aku tuh bukan orang yang ngerti soal make up. Masih buta banget. Baru-baru liburan kemaren aku belajar soal-soal tetek bengek hal kecewakan begitu. Serius. Aku baru tau ternyata make up sama skincare itu berbeda. Aku baru tau perbedaan antara lipblam, lipstick, lipice, liptint, dan lip-lip lainnya.

Aku nggak tau yang mana mascara atau conceler atau blush on atau eye shadow dan atau atau yang lainnya. Sumpah, aku sama sekali nggak ngerti dan nggak paham yang begituan. Umur aku sembilan belas tahun, tapi beneran aku nggak paham yang begono-begonoan, padahal temen-temen aku di kampus rata-rata fashionable. Apalagi anak-anak public relations yang memang dituntut untuk lebih good looking setiap waktu dan setiap saat. Kata abangnya Ulan, anak PR itu yang menjual nggak Cuma otaknya tapi penampilannya.

Makanya pas liburan aku pengen belajar ngerawat diri. *ceileh* Kepanjangannya ya curhatnya? Oke, langsung aja ya. Wardah facial wash ini aku pilih yang for all skin type. Kenapa? Karna aku nggak terlalu ngerti cara milih facial wash yang khusus untuk kulit kombinasi kaya aku. Iya di daerah T-nya berminyak, sedangkan bagian pipinya normal kekusam-kusaman. Makanya aku pilih yang for all skin type-nya aja. netral kan?





Untuk packagingnya ya kaya tube biasa yang isinya 60 ml. Harganya cocok kok di kantong mahasiswa or pelajar. Aku beli dengan harga Rp.13.000. Udah sebulan aku makenya tapi belum habis. Entah karna aku nggak pandai makenya atau aku make seuprit doang. Entahlah ya. Selama sebulan aku makai ini sih ya lumayan nggak kusam-kusam amatlah wajah aku.

Wanginya juga enak. Biasanya dulu kalau aku bersihin wajah ada yang wanginya ampe nyengat. Terlalu banyak alkohol tuh. Tapi ini enggak. Warna botolnya aku juga suka. Hijau-hijau gimana gitu.
Cara pemakain : Tuangkan secukupnya ke telapak tangan. Basahi dengan air, gosok dan busakan kewajah. Pijat dengan lembut dan bilas hingga bersih.
 





Ingredients :
Water, sodium Laureth Sulfate, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Glycerin, PEG-3 Distearate, Hydroxyethyl cellulose, Cocamidopropyl Betaine, Propylene Glycol, DMDM Hydantoin, Sodium Chloride, Fragrance, Citric Acid.

Yuuk kita lanjut mengenai pembahasan ingredietsnya. Jangan Cuma pandai makai aja tapi nggak tau kandungan yang ada didalamnya *sindiran buat diri sendiri*, mana tau didalamnya ada bahan yang berbahaya.
Sodium Laureth Sulfate :
Bahan serbaguna terdiri dari beberapa alkohol non-volatile. Fungsi utama sebagai surfaktan, tetapi juga dapat digunakan sebagai agen kulit AC, emulsifier, dan pelarut. Sodium Laureth Sulfate (SLS) adalah salah satu agen pembersih yang menjengkelkan yang digunakan dalam produk perawatan kulit. SLS dalam jumlah 2% sampai 5% dapat menyebabkan reaksi alergi atau kulit sensitif di banyak orang. (sumber : European Journal of Dermatology, September-Oktober 2001, halaman 416-419; American Journal of dermatitis kontak, Maret 2001, halaman 28-32)—diambil dari website paulaschoice.com
è Nah, batasi pemakain yang ada kandungan SLS-nya ya kalau nggak mau dapat kulit yang kena alergi.

Sodium Lauroyl Sarcosinate
è Dapat mengangkat kotoran yang ada diwajah.

Glycerin
Glycerin hadir dalam semua lipid alami (lemak), apakah hewani atau nabati. Hal ini dapat berasal dari bahan alami melalui hidrolisis lemak dan dengan fermentasi gula. Glycerin juga dapat diproduksi secara sintetis.          Gliserin adalah zat pelembab dan sangat higroskopis, yang berarti mudah menyerap air dari sumber lain.
è Sangat baik untuk membantu menyembuhkan kulit, mengurangi dermatitis terkait, dan mengembalikan fungsi penghalang yang normal jika digunakan secara terus-menerus.
(sumber : website paulaschoice.com)

Propylene Glycol
 Dalam kosmetik, propilen glikol hanya digunakan dalam jumlah terkecil untuk menjaga produk dari mencair di panas tinggi atau pembekuan ketika dingin. Hal ini juga membantu bahan aktif menembus kulit. (Sumber : website paulaschoice.com)
è Nah ternyata manfaat Propylene Glycol tidak terlalu bermanfaat buat kulit kita. Zat kimia ini hanya memperthankan keawetan produknya.

Fragrance
Nama bahan aroma dalam suatu produk. Menurut website paulaschoice.com, aroma dalam produk yang harus sebisa mungkin dihindari adalah :      Fragrance, Parfum / Parfume, linalool, sitronelol, Cinnamal, limonene, geraniol, eugenol, Minyak lavender (Lavandula angustifolia), Ekstrak bunga mawar (Rosa Damaskus), Minyak Bergamot (Citrus bergamia), Minyak Ylang-ylang (Canaga odorata), Lemon (Citrus limon) , Jeruk nipis (Citrus aurantifolia atau Citrus medica), Jeruk (Citrus sinensis), Tangerine (Citrus tangerine), Peppermint (Mentha piperita), Spearmint (Mentha spicata), Menthol, Cinnamon (Cinnamomum).
Citric Acid
Mengatur Ph agar tidak terlalu basa.

Wah ternyata banyak banget ya bahan-bahan kimia yang sebenarnya nggak diperlukan bagi wajah kita. Ini baru dalam satu produk. Kalau bertumpuk-tumpuk lainnya gimana ya? Sebaiknya kita buat skincare homemade, tapi sayang skincare homemade ribet bikinnya plus nggak tahan lama. Ditambah lagi sedikitnya waktu yang kita butuhkan, membuat kita nggak sempat untuk membuat skincare homemade.

Oke mungkin segini dulu review dari aku. semoga bermanfaat ya! Salam sayang, @muthiiihauraa
31 Agustus 2014. 16.37 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

7 komentar:

  1. Wardaaaahhhhh....... it is my fav cosmetic dek. Jatuh cinta banget sama wardah. Facial Wash emang gak begitu berbusa, tapi berasa bersih kalau dipake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener kak. Muthi juga sukaaa :)

      Hapus
  2. I love Wardah. Yang facial foam dan bedaknya sukaaa banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah nyoba yg bedaknya. hehe

      Hapus
    2. www.ratucantik.net

      Hapus
  3. aku juga udah pake nih harga murah kualitas mewah :)

    ratucantik.net

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai wardah, baru sebentar sih tapi khasiatnya kerasa banget heheh paling suka sama bedaknya. alus banget dimuka

    BalasHapus