lomba

Wonderful Indonesia : Pesona Raja Ampat

03.57



Hay guys, Assalamua’laikum. Lagi sibukkah hari ini? Eh pada masih ingat kan tentang event sail komodo di tahun 2013 yang lalu? Dimana kita diperlihatkan tentang keberanekaragaman Indonesia, terlebih pulau komodo adalah tempat hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Akh, ngelihat tayangan event itu ditelevisi, bikin mupeng pengen kesana.

Dan kerennya, event sail ini juga akan diadakan lagi di tahun 2014 ini. Di Raja Ampat. Pernah kesana? Pernah mendengar namanya? Memang sepanjang tahun 2009 sampai 2013 yang lalu, Indonesia mendapat perhatian dari dunia Internartional lewat event-event ini. Ditandai dengan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitung 2011, Sail Marotai 2012, serta Sail Komodo 2013, dan tahun ini Sail Raja Ampat. Oow oow oow, kerennya Indonesia. 


1 : Sail Bunaken 2009, 2 : Sail Banda 2010, 3 : Sail Belitung 2011, 4 : Sail Marotai 2012, 5 : Sail Komodo 2013

Event-eventSail ini diselenggarakan dengan memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktifitas ekonomi lainnya yang berbasis kelautan, guna mengoptimalkan pembangunan ekonomi kelautan dengan menjadi pariwisata bahari sebagai leading sector.

Nah itu dia sedikit tentang event-event Sail nan keren di Indonesia. Bikin pengen kesana. Pengen menikmati Indahnya Indonesia ditempat-tempat itu. Lihatkan Indonesia nggak kalah kerennya dengan negara luar? Iya kan? Ah, aku bangga dengan Indonesia. Kali ini aku pengen bermimpi jika seandainya aku berada di Raja Ampat. Yah, baru SEANDAINYA. Baru hanya mimpi, tapi suatu saat nanti aku akan menjejakkan kaki di Raja Ampat. Melangkah disana dan menikmati panaromanya. Oke, izinkan aku bermimpi dan izinkan aku berandai-andai saat ini.

 



Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang waita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta. sementara itu tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. Wah asal usulnya bikin greget dan penasaran aja. Selain itu Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau dengan hanya 35 pulau yang dihuni. Luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6000 km2 berupa daratan, 40000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat kita para wisatawan akan langsung terpikat.

Saat aku tiba di Pulau Ampat nanti aku akan membawa buah tangan berupa pinang ataupun permen. Kenapa aku bawa ‘pinang dan permen’? Karna pinang dan permen menjadi semacam pipa perdamain Indian di Raja Ampat. Selain itu aku juga akan ikut makan pinang sambil mendengarkan celoteh masyarakatnya yang memang suka makan pinang saat bercakap-cakap. Tradisi ini juga disebut para-para pinang. Trus nanti aku pengen nginap dirumah masyarakatnya yang ramah-ramah yang dalam satu anggota keluarga biasanya ada yang memeluk agama Islam dan Kristen. Walau dalam satu keluarga berbeda agama, mereka tetap kompak dan damai.

Yang pasti di Raja Ampat, aku akan mengunjungi pantai-pantainya. Mengunjungi pantai Waisai Torang Cinta. Duduk-duduk di taman Pantai Waisai ini sambil menikmati keindahan pantai Torang Cinta, sembari bercakap-cakap atau menikmati makanan. Atau mungkin nanti aku bisa membawa laptopku, duduk ditamannya, memandangi pantai dan deburan indah ombaknya, lalu ide menulis itu akan muncul. Aah, membayangkannya saja sungguh indah. Rasanya itu sesuatu.


Aku di pantai. Kelihatan nggak?

Setelah puas menikmati Pantai Korang Cinta, aku akan pergi ke pantai Waiwo. 15 menit dari Pantai Torang Cinta. Di pantai Waiwo, aku akan berjalan dipasir putih halusnya. Merasakan kaki ini menginjak pasir putih itu sembari memain-mainkan tangan di airnya. Berkejar-kejaran dengan bertelanjang kaki. Menghirup aromanya kuat-kuat seakan tak ingin pergi dan menikmati pemandangan pantai itu dibawah terang cahaya matahari. Tentu saja aku juga akan menginap dipenginapan yang telah tersedia disepanjang pantai Waiwo.



             Aku di pantai Waiwo

Setelah cukup lama bermain di pantai Waiwo, aku juga ingin pergi ke pantai cemara. Pantai yang memiliki banyak pohon cemara laut. Pasir putihnya juga menggoda plus laut biru bersihnya. Di pantai ini aku akan banyak berselfie ria sembari tertawa bahagia dan tentu saja tak lupa memuji sang Pencipta karna ciptaannya sungguh sangat laur biasa.

Aku juga ingin mengukir kenangan di pantai Yeben dan Arborek. Menuliskan nama di pasir putihnya khas anak-anak alay. Berlari riang ditepi bibir pantai serasa umur masih remaja. Merentangkan tangan ditepi bibir pantai dengan kaki telanjang dan angin sepoi-sepoi yang menghampiri. Indahnya hidup. Akh! Lalu aku juga akan berteriak menghilangkan semua beban hidup yang ada dan merasakan kelegaan.

Tentu saja aku juga tidak akan melewatkan untuk menyelam di air laut. Aku akan berenang dibawah laut ditemani kuda laut kerdil atau Mantaray atau wobbegong. Atau juga aku akan berenang bersama ikan tuna, giant trevaliies, snapper, barracuda, dan kalau aku beruntung mungkin bisa juga ikut berenang bersama penyu laut. Aaaaaahh, sangat menarik bukan. Membayangkannya saja begitu menyenangkan seperti ini.



Berikut ini beberapa komentar-komentar tentang laut Raja Ampat
Saya seperti anak 5 tahun yang baru pertama kali melihat terumbu karang, terkagum-kagum dengan pesona terumbu karang terkaya ini. Dengan segala sumber daya yang ada, kita harus melestarikan keindahan Raja Ampat dan mungkin menjadi tempat terakhir. (Michael Aw dalam www.iriandiving.com)
Saya suka masyarakatnya, saya suka penyelamannya, luar biasa! Baru kali ini saya menyelam untuk kedua kalinya di tempat yang sama, dan saya berpikir untuk kembali ketiga kalinya dan seterusnya! (Peter van Dalen dalam www.iriandiving.com)
 Tidak diragukan lagi, Raja Ampat adalah laut yang paling kaya akan ikan yang pernah saya kunjungi. (Dr G.R. Allen dalam www.iriandiving.com)

Di Raja Ampat aku juga akan mencoba mencicipi makanan-makanan khas Raja Ampat seperti : Cacing laut goreng (wawo), sate ulat sagu, papeda, dan sup ikan kuning. Aku benar-benar mencobanya dan ternyata hanya sup ikan kuning yang pas dilidah aku.

Aku juga akan mencoba memakai NOKEN. Noken ini adalah tas gantung yang dipakai untuk membawa hasil-hasil pertanian. Noken terbuat dari serat kulit kayu pohon Manduam, pohon Nawa atau Anggrek hutang yang dianyam dan dirajut menjadi bentuk tas gantung. Cara menggunakannya dikaitkan dan digantungkan dikepala bagian depan (jidat) dan mengalungkan ke arah belakang punggung. Aku juga ingin belajar membuat topi anyaman khas Arborek. Aku pengen memphoto diri aku saat memakai Noken dan topi Arborek, pasti semakin cantik. :p

    Tas noken


Aku ini orangnya nggak pandai nari. Kalau nari mah kaku. Tapi karna aku berada di Raja Ampat, nggak ada salahnya kan aku belajar tarian mereka? Ya, hanya sekedar belajar, seperti tarian : Tari Setan Gemutu (Sebuah tarian khas dari pulau Misool yang biasanya dilakukan saat warga ingin melakukan pemberkatan terhadap sebuah rumah atau gedung yang baru dibangun), Tari Lalayon, Tari Lenso, Tari Akar Bone, dan masih banyak lagi. Tapi hanya tiga itu yang minat aku pelajari soalnya namanya unik-unik menurut aku.

Raja Ampat ini sangat indah. Keindahannya juga sangat sulit dilukiskan dengan kata-kata. Hanya anggota tubuh yang bisa merasainya bila sudah sampai disana. Karna itu untuk menjaga kelestarian Raja Ampat, penjabat pemerintah di Raja Ampat mengeluarkan peraturan-peraturan yang ketat.

Bukan hanya peraturan yang memagari kekayaan laut itu, tapi juga kearifan lokal yang sangat dikenal sebagai ‘Sasi’. Sasi sebagai alat untuk melestarikan, menjaga, melindungi sumber daya alam kelautan plus flora-faunanya. Bentuk Sasi adalah tradisi atau aturan tidak tertulis masyarakat adat yang melarang untuk melakukan penangkapan hewan laut dalam waktu tertentu. Pelarangan untuk penangkapan ikan atau hewan laut ini berlangsung sekitar 24 bulan. Larangan ini dalam bahasa modern disebut konservasi.

Setelah 24 bulan pelarangan, saatnya masyarakat diperbolehkan melakukan penangkapan ikan yang dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan ini sering disebut dengan masa panen ikan dan hasil laut lainnya itu juga dibatasi waktu tertentu, biasanya tidak lebih dari satu bulan. Kalau aku di Raja Ampat dan waktunya lagi penangkapan, aku juga dengan senang hati akan ikut dalam penangkapan ini.

Aku juga ingin menikmati pemandangan gugusan-gugusan pulau karang yang menyebar dan rangkainnya sangat tertata apik di Peanemo. Atau juga akan singgah di Lekamana atau di Yappap Misool. Ah, semuanya! Saat masih berada di Misool, aku ingin mengunjungi rumah-rumah adat dari berbagai sukunya. 

Rumah adat suku missol
Rumah adat suku matbat
Rumah adat suku Biga


Nah kalau udah selesai menjelajah tiap sisi di Raja Ampat, saatnya pulang kan? Pasti sedih banget pas ninggalin paradise Papua ini. Ya mau gimana lagi kan? Sebelum pulang jangan lupa beliin oleh-olehnya. Bisa berupa : Patung suku asmat, kain tradisional, alat musik tradisional, suling, dan tambur. Barang-barang tersebut bisa didapetin nggak Cuma di Raja Ampat, tapi juga ada diberbagai toko sovenir diberbagai kota Papua. Kalau aku sih pengen beliin oleh-oleh kain tradisionalnya aja. hehe. Sama makanan khasnya juga deh. :D

Itu dia sedikit perjalanan mimpi aku di Papua. Yah masih misalnya sih, tapi suatu hari nanti aku yakin bakal jadi kenyataan. Indah banget kan Raja Ampat itu, duuuh. Fabiayyi ‘alaa irabbi kuma tukazziban. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang bisa kamu dustakan?

Ya Allah, izinkan suatu hari nanti kaki ini bisa melangkah kesana. Merasakan semua atmosfirnya. Menjejakkan kaki dipasir putihnya. Menyelami didasar laut dengan pemandangan yang sangat aduhai. Suatu hari nanti. Ya, pasti! Akan aku masukan kedalam list dream aku. Suatu hari nanti aku akan berada disana. Bukan hanya sekedar khayalan. Raja Ampat, tunggu aku! Aku terkungkung dalam pesonamu.

Kita juga bisa ngelihat keindahan Raja Ampat dari youtube lho. Bisa lihat disini
http://www.youtube.com/watch?v=tRu5llc3cbU atau search aja yaa :D



Sampai bertemu di Raja Ampat guys dan trimakasih buat yang ngadain lomba karna membantu aku bermimpi tentang Raja Ampat ;) See you! Salam happy, @muthiiihauraa
12 September 2014. 10.33 WIB


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Raja_Ampat

http://www.indonesia.travel/id/destination/248/raja-ampat 
http://cerita.kbatur.com/raja-ampat-pulau-surga-di-tanah-merauke/
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2014/09/10/wonderful-indonesia-raja-ampat-paradise-in-papua-686912.html

http://www.bravaradio.com/pleasure/travel/684-inilah-5-pantai-cantik-di-raja-ampat#.VBItM1dz42w


You Might Also Like

10 komentar

  1. Hmhmhmhmhm jadi pengen kesana juga waduh, nanti kita pergi kesanaa bersama yuk kak? Hehehe

    BalasHapus
  2. Kakak juga pengen banget ke sana dek.... malah udah diniatin banget, cuma belum ada nyimpan buat budget aja. Hihi
    Semoga kita bisa ke sana secepatnya yaa....;)

    BalasHapus
  3. kapan yah bisa kesana , kalau mau prg ajak'' yah kak

    BalasHapus
  4. Err, bermimpilah selagi mampu dan ga ada yang melarang. Dan punya kita punya mimpi yang sama^^
    Kalo aku sih cuma pengen diving kesana. Ga ssampe menjelajah kayak gitu. Lebih suka sama dalemannya laut. Dan raja ampat emang kereeeeeen banget. Indonesia punya:')

    BalasHapus
  5. hampir semua orang kayaknya pengin travelling ke sana. Raja ampat emang terkenal dengan keindahan pulaunya. Terus bermimpi siapa tau jadi kenyataan :3

    BalasHapus
  6. kok mimpi ingin pergi kesana ngapain? Apakah biasa travel atau sedang berimajinasi aja. Soalnya darah traveling kan enggak bisa dipaksain demi sebuah event, haha. Sotoy ya aku,

    Tapi enggak apa, gue doa in moga elo minggu depan aja kesana, biar cepet kesampaian

    BalasHapus
  7. Gue jadi kebayang, menikmati sunset di pantai raja ampat sambil meneguk segelas kopi. Pasti indah sekalii.. Ah..sudahlah :D

    BalasHapus
  8. dulu kakak kelasku ada yg ikut Sail Banda. Katanya seru banget tuh acaranya..
    Bikin pengen dah pokoknya.

    Semoga bisa menang ya..

    BalasHapus
  9. Pingin juga bisa trip ke beberapa pulau di Indonesia, seperti wakatobi & raja ampat. he he he...
    apalagi kalau ngetipnya dalam rangka kerja, sudah bisa jalan2 dapat pendapatan pula. he he he
    Selain itu, disana juga bisa menambah pengetahuan tentang wisata bahari yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
  10. owh jadi ini semacam giveaway gitu ya cc?? kemarin aku liat ada juga yang ngepost tentang postingan senada gitu...hhehetapi memang raja ampat tu tempat idaman semua traveller deh kayaknya..asik bangettt!! mauuuk juga...

    BalasHapus