Workshop Broadcasting #2

21.10 Muthi Haura 7 Comments


Haay gusy, Assalamua’laikum. Selamat hari Kamis ;)) Lagi pada apa nih? Sibuk ya. Tadi mata kuliah retorika, ya seperti biasa nyenengin. Kapan-kapan deh aku bagi ilmu tentang mata kuliah retorika ya. hehe. Tadi setelah mata kuliah retorika, aku sama Zizah ke panti asuhan. Sebenarnya ngajak Mumun juga, tapi si Mumun lagi sibuk dengan organisasinya.

Kenapa ke Panti Asuhan Muth? Aku pernah cerita kan kalau aku, Arifin, dan teman-teman lainnya lagi berencana buat film? Nah scriptnya udah jadi, tinggal sedikit di revisi dan diedit aja. Kebetulan ada satu scene film yang memang tempatnya di panti. Arifin udah bilang kalau aku sama Zizah ngehandle perizinan di panti, ya makanya tadi kami ke panti.

Nama panti yang kami kunjungi itu panti As-Shohwah. Di panti itu,  aku-Zizah cerita-cerita sama ibu penjaga pantinya. Cukup lumayan dapat ilmu deh hari ini dan tentu saja pengalaman baru =D  

 narsis dulu sebelum pulang :v


Ibu pengurus panti-Zayid (salah satu anak panti)- Zizah 


Wah, kepanjangan nih curhatnya. Oke deh langsung aja kali ya lanjut ke workshop Broadcasting yang aku ikuti di tanggal 1 November 2014 kemaren. Setelah mas Taufik Imansyah-nya ngasih materi, kami break dulu. Disediakan makanan khas dihotel-hotel. Aku sama Mumun saking nggak tau malunya sempat ngambil dua kali. Maklum, gratis :p Pas makan juga seru. Dicobain semuanya. Haha.bagi yang mau baca bagian satunya bisa disini

Setelah mengenyangkan perut, kami kembali keruang acara. Kali ini yang ngisi Mas Ilham Djengkols (@djengkols). Mas Ilham ini kameramen Trans 7 dan beliau juga udah punya PH. Mas Ilham juga adalah orang Indonesia pertama yang dapat e-mail langsung dari presiden Indonesia dan diajak kerja sama. Keren kan?

Amaze deh pokoknya! Mas Ilham ini kameramen acara si bolang. Pada suka nonton bolang nggak? Tau kan acaranya? Beliau juga ngasih cerita tentang perjuangan masuk kedaerah-daerah pedalaman untuk mencari anak-anak asli daerah itu yang bisa dijadikan bolang. Berbagai rintangan dihadapi, mulai dari dikira sebagai penculik anak bahkan sampai nggak dibolehin shooting didaerah itu.


with mas ilham djengkols dan muka kusam -_-

Mas Ilhamnya bilang kalau anak broadcast itu mentalnya harus kuat. Harus tahan banting, soalnya bakal banyak yang akan dihadapi kedepannya. Nah bagi kamu yang berniat jadi kameramen, ini nih yang bisa kamu lakukan sebelum terjun kelapangan :
·         Pastikan kamera bisa merekam dengan baik.
·         Pastikan lensanya lengkap, tajam, dan bersih.
·         Pastikan memory card/kaset dalam keadaan kosong dan ada cadangannya.
·         Pastikan batrai kamera penuh dan ada cadangan.
·         Atur colour profile kamera sesuai kebutuhan.
·         Datanglah sebelum acara/kegiatan berlangsung.
·         Diskusikan dengan partner anda tentang kebutuhan gambar, isu, dan muara berita.
·         Amati lingkungan dan situasi tempat berlangsungnya pengambilan gambar.
·         Lakukan manual white balance.
·         Pastikan nanti gambar/video yang anda ambil memenuhi unsur 5 W + I H

Gitu deh penjelasan dari mas Ilhamnya. Setelah sesi mas Ilham, langsung lanjut ke sesi pak Yudi dan mas Tombak Matahari. Pak Yudi ini salah satu dosen broadcasting di UIN, sedangkan mas Tombak Matahari ini pendesignnya Trans 7. Mas Tombak ini lah yang ngedesign logo atau tampilan acara-acara di Trans 7.
 
with mas Tombak Matahari

Karna materinya yang dikasih pas sore hari, jadi aku kurang konsen. Maklumlah manusia kan. Yang pasti semua materinya berguna kok. Pas sesi sore ini, aku sempat-sempatnya menggila with Mumun. Aku SMS Ulan sok-sok ngadu gini :
“Mumun mada dia”, “Mumun cubit aku”, “Mumun kentut, bauk ha”, “Mumun kentuuuuuut!”
Si Mumun juga ngirim sms  ke Ulan, nggak tau deh apa isi smsnya, yang pasti kami neror Ulan dengan sms. Ketemu mereka berdua ini memang menggila. Sayang kalian! ({}) Di workshop ini nggak ada belajar tentang perfilemannya. Padahalkan aku tertarik banget dengan dunia perfileman, but totally okelah workshopnya. Apalagi pas pulang dikasih uang. Wah enak banget Muth! Udah gratis. Makan gratis, ilmu gratis, dapat uang lagi? Berapa? Hehe. Alhamdulillah dapat Rp.195.000.  Untuk modal jualan pulsa itu dan sekarang aku udah resmi jual pulsa =D

Trimakasih udah ngadain workshop ini Madani TV =)) Trimakasih udah berbagi banyak ilmu pada kami mas-mas dari Trans 7. Sukses terus buat Madani TV dan Trans 7 ya. Senang bisa ketemu orang-orang hebat seperti kalian. Bikin aku semakin semangat untuk terus berkarya dan berkarya. Gitu dulu deh ya. bye! Salam sayang, @muthiiihauraa
Kamis, 6 November 2014. 15.09 WIB

Baca Artikel Populer Lainnya

7 komentar:

  1. Waah, tetap semangat ya, untuk karyanya.
    Ditunggu filmnya. :)

    BalasHapus
  2. pengalaman yang asik muth. bisa ketemu kru Trans7 langsung dan belajar banyak dari workshopnya. memang kayaknya ribet ya jadi kru didunia pertelevisian. pasti banyak rintangan yang didapat. belum lagi mesti banyak persiapan yang dilakukan pas dilokasi. dulu si bolang juga sempat syuting di Inhil kalo gak salah.

    sukses buat filmnya ya muth. :)

    BalasHapus
  3. Widih... ketemu sama orang-orang hebat di bidangnya, apalagi di bidang yang sama-sama disuka. Pasti excited banget waktu ngikutin workshopnya, bermimpi banyak hal. Hahaha..

    Ternyata jadi kameramen si bolang itu gak semenyenangkan jalan-jalan ke daerah-daerah yang masih bagus gitu ya, hijau-hijau, keren-keren. Tapi juga ada susah-susahnya seperti yang disebutin di atas.

    Moga kak Muthi kelak bisa menggapai mimpinya :)

    BalasHapus
  4. Waduh sampe ke panti asuhan segala :'

    BalasHapus
  5. Baca cerita ini jadi ingat masa masa magang SMK deh. dulu juga harus mastiin poin poin kayak yang mas ilham jelasin di workshop itu. dulu memang sempat kaget dunia broadcasting ternyata keras juga. padahal cuman di TV lokal samarinda aja..

    hahh gimana ceritanya bisa workshop dapat uang gitu -____-

    BalasHapus
  6. bermanfaat banget lah pokonya ilmunya, semangat ya dan tetap berkarya :D

    BalasHapus
  7. Assalamulaikum kk muthi Haura admin panti asuhan as-shohwah berkunjung ?

    http://www.pantiasuhanasshohwah.co.vu/

    BalasHapus