#karnavalgizi

Karnaval Ayo Melek Gizi

18.06



Gizi adalah salah satu komponen penting didalam kehidupan ini. Gizi juga salah satu tonggak penting didalam negara. Mengapa sekitar 36,8 % anak balita Indonesia memiliki tinggi badan dibawah standar alias pendek? Karena asupan gizi balita di Indonesia dikategorikan masih rendah. Begitulah menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO. Sekitar 19,6 % anak Indonesia mengidap gizi buruk pada tahun 2013. Dampak jangka pendek gizi buruk terhadap perkembangan anak diantaranya adalah menjadikan anak apatis, gangguan bicara dan gangguan perkembangan lainnya. Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah, penurunan skor IQ (Intelligence Quotient), penurunan perkembangan kognitif, penurunan integrasi sensori, dan tentu saja merosotnya prestasi akademik maupun non akademik.

Sangat menyedihkan! Padahal kita tau sendiri bahwa anak-anak Indonesia adalah pemimpin negara ini 10 atau 20 tahun kedepan. Kalau kita tidak memperhatikan gizi anak-anak Indonesia, siapa yang akan melanjutkan estafet pemerintahan di Indonesia? Siapa yang akan dengan gagahnya berdiri untuk memajukan negara yang kita cintai ini?

Masalah gizi bukanlah hal sepele. Gizi yang baik juga akan membantu mencerdaskan anak bangsa, bukan? Tapi masalahnya sekarang, nggak semua orang tua mampu memberikan gizi yang baik bagi anak-anak mereka. Atau bahkan para orang tua tidak mengerti cara menyajikan gizi yang seimbang untuk anak-anak mereka. Siapa yang bisa disalahkan?

Untungnya di era globalisasi seperti sekarang ini ada internet yang membantu kita menemukan gerakan-gerakan peduli gizi, NUB salah satunya. Mungkin masih banyak diantara kita yang tidak tau apa itu NUB. Baiklah, sedikit akan diulas. NUB adalah singkatan dari Nutrisi untuk Bangsa. Sebuah gerakan dari masyarakat, untuk masyarakat-masyarakat yang peduli akan masalah-masalah gizi di Indonesia. Bersyukur sekali ternyata dizaman individualis kaya gini masih ada juga yang peduli dengan masyarakat lainnya.

Tujuan didirikan gerakan NUB ini adalah untuk menciptakan kesadaran bersama bahwa gizi merupakan salah satu masalah serius di negeri ini. Selain itu, NUB juga mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli dan bekerja sama mengatasi masalah gizi di Indonesia. Gerakan NUB ini diprakarsai oleh PT Sari suhada dan ingin merangkul pihak-pihak yang memiliki kepedulian yang sama untuk memberantas gizi buruk di Indonesia. Di tahun 2013, Sarihusada meraih penghargaan peduli gizi yang diberi oleh Perhimpunan Peminat Gizi Pangan Indonesia (PERGIZI-PANGAN) yang bekerja sama dengan Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI).

Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh NUB, salah satunya adalah dengan mengadakan karnaval ayo melek gizi dengan tema ‘bersama membangun gizi menuju Indonesia berprestasi’ pada tanggal 25 Januari 2015. Bertepatan dengan hari gizi nasional. Karnaval gizi yang ditaja oleh Sarihusadan bersama berbagai komunitas peduli gizi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan gizi seimbang dan pola makan sehat. Anda yang tinggal di Jakarta pasti menghadiri karnaval ini kan? 


Karnaval ayo melek gizi ini dibuka oleh Ibu Heppy Farida Djarot, selaku istri wakil gubernur DKI Jakarta dan juga dibuka oleh Olivier Pierredon selaku Direktur Sarihusada. “Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, namun ditengah performa ekonomi yang baik ini, Indonesia masih menghadapi persoalan gizi pada anak.” Itu salah satu isi dari pembukaan Olivier Pierroden.
 


Meriah sekali acara karnaval ayo melek gizi ini, tampaknya panitia sudah bekerja sangat baik. Karnaval ayo melek gizi ini diadakan pada hari Minggu dengan rute Tugu Monas-Bundaran HI-Monas. Dan dimulai dari jam 06.00-11.00. Panitia pandai menarik minat masyarakat untuk mengikutinya dengan menampilkan berbagai event, yaitu :
·         Parade sepeda onthel yang dihias dengan bahan pangan sumber gizi.
·         Parade ondel-ondel berhias kostum gizi (buah dan sayur).
·         Parade kostum buah dan sayur.

parade kostum buah dan sayur

· 

·         Parade musik tradisional.
·         Demo cara-cara mengolah makanan sehat dan bergizi oleh Chef Muto, ‘kungfu chef’.


·         Program edukasi dan konsultasi gizi di lokasi kegiatan.

Bukan hanya itu, Sarihusada juga menyerahkan donasi kepada anak-anak panti asuhan berupa pemberian susu sebanyak 2.015 box. Karnaval ayo melek gizi ini dipandu oleh Tya Ariestia lho. Memang tampaknya Sarihusada serius dengan komitmennya untuk memberantas gizi buruk di Indonesia.

Event yang sangat keren dan pastinya banyak ilmu yang bisa dibawa pulang. Semoga ditahun-tahun yang akan datang, karnaval ayo melek gizi ini tetap akan diadain, tetapi bukan hanya di Jakarta tetapi diseluruh wilayah Indonesia. Diluar Jakarta masih banyak masyarakat-masyarakat yang belum melek gizi, semoga Sarihusada dapat membuat karnaval semacam ini dikota-kota selain Jakarta.

Semoga juga dari karnaval yang telah diadakan oleh Sarihusada ini dapat membuat masyarakat yang mengikutinya melek akan gizi anak bangsa dan membagikan ilmu itu kepada lingkungan sekitarnya yang mungkin tidak berkesempatan untuk hadir. Ada baiknya juga diadakan lomba antara peserta yang terdiri dari sekitar 400 orang itu yang hadiahnya disumbangkan langsung kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan penambahan gizi untuk putra-putrinya.

Atau bisa saja ditahun berikutnya para peserta disuruh membawa barang-barang yang tidak terpakai lagi, tapi masih bagus. Setelah barang itu terkumpul, lalu dijual dan diuangkan untuk anak-anak yang menderita gizi buruk. Bukankah hal seperti ini justru membuat masyarakat atau peserta benar-benar terlibat dan merasa bahagia bisa berpartisipasi menyumbang sesuatu untuk anak-anak bergizi buruk.

Dan untuk kita, semoga kita bisa menjaga kesehatan karna kesehatan amat mahal harganya. Rawat dan berikan gizi terbaik pada anak-anak sang penerus bangsa, agar bangsa ini tidak hanya menjadi negara berkembang lagi, tapi menjadi negara maju. Untuk mengetahui info lebih jauh tentang aktivitas NUB dan ingin bergabung, silahkan saja menjadi member di www.nutrisiuntukbangsa.org #karnavalgizi. Salam sukses untuk seluruh anak-anak Indonesia!

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah, lucu. ada kostum buah dan sayurnya. seru ya karnaval gizinya, mba. :D

    BalasHapus
  2. wahh keren memang ya acaranya.
    sedih memang kalau melihat gizi buruk di indonesia yang disebabkan berbagai macam faktor..

    salam kenal ya!
    ngomong-ngomong, followback blog dong :)

    BalasHapus