My Novel : ALY

19.24



Hay, pagi! Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Pada lagi kuliah ya atau sekolah? Apapun itu, tetap semangat ngejalani harinya ya! Tadi aku baru selesai ngecangkul rumput depan rumah, padahal kemaren baru dicabut. Efek hujan kali ya? Asli keringat aku ngalir banyak banget, trus pas lagi nyapu, aba pulang bawain bubur jagung. Makasi aba! ({}) Aba emang sering ngasih kejutan sederhana kaya gitu. Biasanya tiap diakhir Minggu, aba belikin ayam bakar atau nasi bungkus, trus kami bakal makan dalam satu nampan yang sama.

Oh ya, tepat dibulan Maret kemaren, novel aku Always Love You atau bisa disingkat ALY terbit dan nyebar keseluruh Indonesia. Senang? Bohong banget aku bilang nggak. Sampai senyum-senyum sendiri malah. Nggak nyangka aja bisa ngelihat nama sendiri di cover buku aku. Iya, nama MUTHI HAURA terpampang disana.

Nggak nyangka ternyata sesuatu yang dulunya hanya tertulis dibuku mimpi, malah sekarang udah jadi kenyataan. Fabiayyia’la irabbikuma tukazziban. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Banyak banget hikmah yang aku alami setelah novel terbit ini, salah satunya teman yang dulunya kalau ketemu cuek-cuek aja, sekarang udah nyapa. Trus juga ada diundang kinomedia dalam program kinotalk, walau Cuma baru lewat dunia maya. Semuanya butuh proses kan? Dan ini prosesku.

Sejak novel terbit, banyak juga yang minta novel itu secara gratis dan minta traktiran. Pas aku nggak mau nraktir malah dibilang pelit. Maaf ya teman-teman semua, bukan aku pelit, bukan aku sombong.  Apa yang mesti disombongin dari seorang pemula kaya aku? Aku bukan Asma Nadia, bukan Andrea Hirata, bukan Oki Setiana Dewi, hanya penulis pemula! Penulis pemula yang namanya juga belum banyak dikenal didunia kepenulisan. Dan bagi yang minta traktiran, maaf banget, ini Indonesia dimana penulis belum dihargai sepenuhnya. Apalagi penulis pemula. Paling yang aku traktir atau kasih novel gratis itu teman-teman yang paling dekat dengan aku, itupun besok-besok kalau ada novel lainnya nggak akan ada lagi gratisan-gratisan.

Sadarilah, aku nulis ngorbanin banyak hal. Waktu-tenaga-pikiran-air mata saat lelah menunggu kepastian naskah di ACC atau tidak. Coba deh kalian yang ngatain pelit itu nulis satu lembar hvs aja, apa kalian bisa? Apa akan dengan mudah kalian menulisnya? Dan aku menulis novel itu BERLEMBAR-LEMBAR. Kadang stress juga pas ngalamin writer’s block. Tolonglah mengerti, bukan maksud pelit ataupun sombong. Sorry banget, mungkin kalau kalian penulis, kalian akan mengerti hal ini.

Aku juga mau ngucapin makasi banget buat yang udah beli, yang udah baca, yang ngasih kritik-saran, yang udah ngirimin photonya bareng novel aku, dan yang ngebantu promosiin. Makasi banget! Besok aku masuin blog deh bagi yang udah ngirim photonya dan aku screenshoot saran-saran kalian. Arigatoo gozaimasu minna-san. ;))  Nah sekarang aku mau ngasi informasi sedikit tentang novel aku. 





Judul : Always love You
Untuk masalah judul sebenarnya aku kurang sreg makai judul itu, tapi apalah daya aku ini punya kelemahan dalam hal pembuatan judul. Dulu aku berharapnya judulnya dapat diubah oleh pihak penerbit, eh ternyata nggak. ;)

Penerbit : euthinia 
Penerbit ini beralamat di Jakarta dan bekerja sama dengan Kinomedia Writers Academy.

Desain sampul : Novski
Aku suka desain sampulnya! Unik dan nggak pasaran menurutku. 

Cover depannya bertuliskan namaku, nama penerbit, kriteria naskah, judul, dan sedikit kata-kata yang berisi : jangan menyerah, meski kehilangan ini begitu memilukan. Aku yakin, akan datang saatnya senyuman itu kembali hadir menghiasi wajahmu.
Sedangkan cover belakang berisi judul, sinopsis, dan ISBN. Sebuah buku yang sudah memiliki ISBN akan dilindungi oleh pemerintah. Jika ada yang mengcopy, memperbanyak, dan sejenis lainnya, maka akan kena denda. Kalau untuk masalah sinopsis, itu bukan sinopsis yang aku kirim. Itu dari penerbit. Ini dia sinopsisnya :
Terkadang adahal yang sangat ingin kita dengar tetapi tidak akan pernah kita dengar dari orang yang kita harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian, janganlah menulikan telinga hatimu dari setiap pesan cinta yang ia kirim entah lewat apa. Cinta itu tumbuh secara alamiah. Tak bisa dipaksa. Cinta itu bukan hanya tentang bagaimana menerima, tetapi juga memberi dan menjaganya. Jika cinta punya 100 alasan buatmu menangis, maka tetaplah berdiri tegak dan berkata cinta juga punya 1000 alasan untuk bahagia. Dan hal yang harus diingat dalam cinta, jika ingin memiliki MAWAR yang indah, kamu harus menerima duri disekitarnya.

Ya itu sedikit tentang novel ALY. Aku mau siap-siap kekampus nih, doain akan ada novel-novel berikutnya ya! See you at the top! Salam sayang, @muthiiihauraa
Rabu, 8 April 2015. 08.42 WIB.
 

You Might Also Like

5 komentar

  1. wah selamat ya udah nerbitin novel solo. hmm.. ngiri deh haha. aku kapan ya.
    emang perjuangan nulis novel itu apalah apalah banget. draft novelku aja gak kelar kelar dari jaman dahulu kala hehe.

    BalasHapus
  2. Kak novel selanjutnya abis always love you ini apa ya ?

    BalasHapus
  3. Kak novel selanjutnya abis always love you ini apa ya ?

    BalasHapus
  4. Ini Unsur Intrinsik nya apa?

    Tolong di jawab yahh
    Makasih

    BalasHapus