resep

[Resep] : Homemade Nugget (Late Post)

18.55



Haay, Assalamua’laikum. Wah nggak terasa liburan sebentar lagi berakhir! Bakal kembali nih kerutinitas perkuliahan. Bakal kembali ngerasain lelahnya tugas-tugas kampus. Padahal target-target liburan masih banyak yang belum terlaksana. Huft, harus lebih berjuang keras tampaknya. Wihs-nya, semoga semester lima makin makin baik dari pada semester empat kemaren. Buat Ulan-Mumun-Ides-Chrys-Dila, jangan lupa plan kita ya. ;))             Fighting for us!

Tadi nonton masterchef, si Riski udah keluar, padahal Riski salah satu konstentan yang ditakuti oleh konstentan-konstentan lainnya selain Luvita dan Yulia. Aku aja sampai nggak nyangka si Riski bakal keluar, aku kira dia bakal tanding di final. Yang nggak nyangkanya lagi, si Shela yang aku prediksikan nggak akan masuk top ten, eh ternyata masuk empat besar. Bukannya nyepelein kemampuan Shela, hanya saja konstentan yang lain pun berfikiran bahwa Shela bakal cepat keluar alias nggak akan bertahan lama di galery masterchef Indonesia. 


Shela

Satu hal yang aku pelajari bahwa seseorang yang dianggap ‘lemah’-diremehkan-dipandang sebelah mata adalah orang yang seharusnya di TAKUTI. Kenapa? Karna orang-orang seperti itu memiliki power lebih didiri mereka  yang pada awalnya belum mereka tunjukkan, semakin mereka dipandang sebelah mata, semakin tertantang mereka untuk menunjukkan power itu. Beda hal-nya dengan mereka yang udah dianggap hebat-ditakuti-disegani, justru mereka akan semakin merasa berada diatas angin. Akhirnya? Mereka lengah dan BLESS! Habis! END!

Makanya, jangan pernah ngeremehkan orang. Setak sempurna apapun fisiknya-sebodoh apapun dia-sekelam apapun hidup dia sekarang, kamu NGGAK BERHAK ngejudge masa depannya. Kita nggak akan pernah tau apa yang terjadi pada masa depannya. Ingat itu Mut! Jangan ngejudge orang lain! Fokus aja kemasa depan masing-masing! Buat Shela, maaf udah ngejudge yang enggak-enggak. Tetap semangat ya cici^^ Luvita-Yulia-Om Deny juga! ;))

Eh, kok melenceng ya dari judul? Hehe. Kemaren, teman-temannya si Naila pada datang kerumah. Nggak banyak sih, Cuma tiga orang. Mereka mau ngerjain tugas kelompok bareng. Yang namanya tamu datang kerumah, nggak mungkin kan kalau nggak dikasi apa-apa. Nah, akhirnya aku mutusin buat masak chicken katsu dan nugget. Sedangkan minumannya, mereka buat susu.

Untuk buat chicken katsu ala-ala restoran itu ternyata ‘lumayan’ mudah. Cukup chickennya di fillet, trus lumurin air, garam dan merica bubuk selama 5-10 menit. Setelah itu masuin kedalam bumbu kentaki, lalu lumuri dengan susu kental manis, dan terakhir lumuri pula dengan  tepung panir/roti. Goreng deh! Tapi sayangnya karna kemaren aku malas ngefillet (misahin tulang sama daging) ayamnya, akhirnya chicken katsunya rada-rada gagal. Apalagi ayamnya kurang alot karna tepung panir kalau lama-lama digoreng jadi gosoooong! Aaak >_<  Tampaknya harus direbus dulu itu chicken fillet-nya.

Kali ini aku pengen share resep nugget buatan aku aja deh. Resep ini diambil dari blognya mbak Endang. Belum kenal mbak Endang? Bisa baca disini! Ini dia, versi aku ;))

[Resep] : Hommade Nugget

Untuk bahan-bahannya lumayan banyak, tapi tetap worth it didapat. Bahan dan bumbu :
·         500-600 gr daging ayam cincang
Kalau mbak Endang, daging ayamnya langsung dimasuin food procecor untuk menghaluskan dagingnya, karna aku nggak punya food procecor yang harganya sejuta-an lebih, akhirnya tu daging ayam aku rebus dulu. Setelah direbus, baru deh dihaluskan dengan blender. Bukan blender besar untuk ngehalusin jus itu ya, tapi yang kecilnya. Apa sih namanya itu?
·         Setengah buah wortel, serut kasar.
·         ½ buah bawang bombay, serut kasar.
·         3 buah bawang putih, parut atau haluskan.
·         1 ½ sdt merica bubuk.
Karna dirumah memang nggak pernah nyetok merica bubuk, akhirnya aku makai merica kasar saja.
·           1 sdt garam.
·           1 sdm gula pasir.
·           1 sdm kecap ikan.
Dirumah juga nggak pernah nyetok kecap ikan, akhirnya aku skip kecap ikannya.
·           1 sdt kaldu ayam.
·           4 sdm tepung panir.
·           5 sdm mayonaise.

Kalau bahan-bahan untuk lapisan permukaannya itu Cuma pakai 2 butir telur yang dikocok lepas dan tepung panir secukupnya. Lanjut ke step by step caranya :
Langkah pertama itu, siapkan loyang. Lumuri pinggiran loyang dengan minyak goreng dan dalam loyang alasi dengan kertas minyak/kertas baking. Sisihkan. Kedua, campur semua bahan didalam sebuah mangkuk. Aduk rata dengan spatula. Tuangkan kedalam loyang, ratakan dan kukus selama 25-30 menit.
Yang ketiga, keluarkan adonan dari kukusan, biarkan dingin. Kalau sudah dingin, lepaskan adonan itu dari loyang. Olesi pisau dengan minyak goreng untuk memotong adonan. Setelah itu, potong adonan sesuai selera.
Dan yang terakhir alias keempat, gulingkan potongan nugget kedalam kocokan telur, lumuri permukaan dengan tepung panir. Goreng deh! Kalau belum mau di goreng, bisa juga disimpan di flezzer. Bertahan selama 1 bulan nih.
 
Nugget unyu ala aku :v

Done deh! Gimana? Gimana? Iya tau kalau nugget aku masih banyak kurangnya, tapi tetap enak kok ;)) Buktinya selalu dihabisin dirumah. Ahaha! Teman-temannya Naila juga pada suka. Saking baiknya aku, itu makanan mereka aku hiasi-hiasi kaya photo dibawah nih.

hiasan unyu dari aku :))

Bagus nggak? Aku buat ala-ala restoran itu, uhuk! Kok nggak pake piring masing-masing, Mut? Biar terasa kekeluargaannya makan bareng-bareng satu nampan. Alasan sebenarnya sih bukan itu, aku malas nyuci piring banyak-banyak kalau mereka dihidangkan dengan piring. :v

Segini dulu deh kayanya, mau ngereview naskah. Salam sayang, @muthiiihauraa
Minggu, 30 Agustus 2015. 20.21 WIB.



You Might Also Like

0 komentar