lomba

Yang Ingin Kukejar Selama Ngeblog

22.57


Haai, Assalamua’laikum. Selamat hari raya Idul Adha 1436 H ya! Semoga menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya. Udah lama nggak ikutan lomba blog, trus pas kemaren blogwalking, nemu lomba blognya EmakGaoel. Karna temanya pas banget buat dijadikan ajang curhat, akhirnya aku mutusin buat ikutan, kali-kali aja menang =)



Sejak kecil, aku mencintai dunia menulis. Sangat! Bagiku, menulis is my life. Menulis is my passion. Aku sanggup menghabiskan waktu seharian hanya untuk bermain dengan kata dan imaji atau sekedar membolak-balikkan halaman demi halaman sebuah buku. Bagiku, semua itu adalah kenikmatan. Dulu pas SD, aku punya berbagai bentuk buku diary unyu, mulai dari yang bergembok atau bahkan lembaran kertas biasa yang diklip ujungnya. Taukan isi diary anak SD gimana? Iya, isinya seputar cerita keseharian dan cinta monyet yang kalau dibaca sekarang bikin kening berkerut trus bilang kediri sendiri ‘beneran aku dulu sealay ini? Astaga!’ -_-

Pas SMP-SMA, lagi booming tuh nulis cerita di note facebook, tentu saja aku nggak ketinggalan. Cek note facebookku, pasti banyak cerita-cerita alay disana ;)) Setelah lulus SMA dan lagi sibuk-sibuknya daftar kuliah, aku memutuskan untuk membuat blog dan berniat banget untuk konsisten mengisinya. Inilah blog itu, blog yang berdiri dibulan Juli 2013. Blog yang sampai saat ini dengan setianya mendengar semua curhatanku. Blog yang menyimpan dan membekukan semua kenangan tentang perjalanan seorang ‘Muthi Haura’ hingga saat ini. Memang sih kita bisa menyimpan dan membekukan kenangan lewat photo, tapi photo tak akan pernah bisa bercerita disaat kita ingin memutar ulang sebuah kejadian., beda halnya dengan blog yang menurut aku lebih komplit. Banyak banget alasan kenapa aku ngeblog yang mungkin untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini.


Aku ingat banget disaat awal-awal membangun blog ini, aku benar-benar nggak ngerti apa-apa. Aku nggak ngerti apa itu SEO, blogwalking, alexa, dan semua hal yang berkaitan dengan dunia blog lainnya. Yang aku tau Cuma, aku hanya ingin menulis, tak peduli ada yang baca ataupun tidak! Ya, hanya sesimple itu, sampai akhirnya aku mulai mengenal komunitas-komunitas blogger, bergabung disana dan mengetahui bahwa dunia blog itu jauh lebih hebat dari pada apa yang aku bayangkan selama ini. Untuk saat ini, ada beberapa hal yang ingin aku kejar dari dunia perbloggeran.

Pertama, aku ingin berbagi apapun yang aku tau. Aku ingin bisa bermanfaat buat orang lain. Uncle Masrukhin pernah bilang gini : “Ngeblog itu memberi, berbagi. Dan saat berbagi, sejatinya kita sedang menabung. Akan ada satu hari tabungan itu bisa kita nikmati hasilnya. Janji Allah nggak akan pernah meleset”.

Kedua, lebih mengenal blogger-blogger lain dengan blogwalking. Aku sadar kalau aku jarang banget blogwalking, kalaupun blogwalking, jarang banget aku ninggalin jejak. Aku berniat ngerubah sifat ini, aku pengen mengenal banyak blogger-blogger hebat diluar sana dan belajar banyak hal dari mereka.

Ketiga, pengen dapetin passive income dari ngeblog. Nggak munafiklah ya, siapa sih didunia ini nggak pengen uang? Atau jalan-jalan gratis? Atau produk gratis? Atau job review? Atau diundang ke event-event bergengsi? Aku pengen! Sadar sih kalau blog aku masih jauh dari kata ‘hebat’ dan saat ini aku sedang berusaha belajar dan terus belajar. Aku yakin kalau tiap orang ada masanya dan tiap masa ada orangnya ;))

Keempat, terus berlatih menulis! Waktu awal-awal aku ngeblog, aku juga tengah menyelesaikan naskah novel berjudul ‘Always Love You’ dan Alhamdulillah sudah diterbitkan secara mayor. Aku pengen nerbitin buku lagi! Aku pengen terus berlatih menulis lewat blog ini. berlatih dan terus berlatih, karna menulis itu seperti pisau. Semakin diasah semakin bagus.
 
Novelku :)) promosi tetep :))


Ah pengen protes, kenapa Emak Gaoel ngebatasi kata Cuma sampai 700? Kan nggak puas. Sebenarnya masih banyak, tapi lanjut langsung keaplikasi yang aku pakai untuk menunjang ngeblog aja deh : pertama, kamera! Kamera pastinya penting banget untuk photo-memphoto segala momen yang terjadi dan akan diabadikan lewat blog. Sayangnya kamera aku yang sekarang rada kurang enak dipakai, pengen deh Smartfren Andromax Qi 4G LTE yang punya kamera belakang 5,0 MP dan kamera depan 2,0 MP. Apalagi jaringanya 4G LTE yang bikin nggak lola, itu penting buat para blogger! Mupeng deh!

kedua, photoshop CS4! Aplikasi ini bantu banget buat ngedit-ngedit gambar untuk postingan. Ya, aku sadar sih editan aku masih payah, tapi aku akan selalu tetap belajar kok!

Photoshop CS4


Ketiga, UC Browser ini guna buat blogwalking atau sekedar ngecek statistik blog lewat hp.  
UC Browser


Keempat, facebook dan twitter! Ini termasuk aplikasi bukan sih? Termasuk kan yah? kalian pasti tau kan kegunaan facebook dan twitter? Kalau bagi aku untuk share postingan diblog dan juga biasanya ngumpul dengan grub kepenulisan di facebook.

Itu dulu deh kayanya. Go for it! Salam sayang, @muthiiihauraa.
Kamis, 24 September 2015. 18.04 WIB. 

You Might Also Like

12 komentar

  1. Semoga dapet hadiahnya yah :D,,, salam kenal dari tetangga baru :D

    BalasHapus
  2. Semoga menang dan dapet hadiahnya ya, kak. Kayaknya aku juga sama deh, aku pengin dapet penghasilan dari blog dan bisa nerbitin buku kayak kak Muthihaura. :D

    BalasHapus
  3. Passive income. Yayayaya. aku juga suka side effect itu sih. :D
    Nice!

    BalasHapus
  4. Waaah, udah punya buku solo ya, senengnya... Moga nyusul buku yang kedua :)

    Salam kenal yaaa

    BalasHapus
  5. Kita sama suka nulis diary juga... kamu pernah punya diary yang kertas filenya beraneka gambar gak? hehe XD Setuju, setuju, kalau baca diary sd smp sma, kaka suka ngakak sendiri. Soalnya ternyata saya dulu alay. XD

    Sukses buat GA nya. Semoga menang :)

    BalasHapus
  6. kereenn,udh behasil nerbitin buku, secara mayor pula, aku ?, masih ngedraft mulu, kaaasihaann..
    smoga trcapai semua keinginannya y mbk amiinn

    BalasHapus
  7. hahah, entah kenapa gue jadi inget dulu waktu sd, kerjaan gue, nandatanganin diary trus nyuri-nyuri baca diari temen2 gue, entah kenapa dulu gue kepo banget sama yang ditulisin disitu. Apalagi setelah gue baca, isinya gue sebarin ke anak-anak lain. astagaa...ups! salah sendiri diari dipajang-pajang.

    Wah udah nulis buku.. kerennn!
    Gue sih habis baca onepiece 5 chapter terakhir yg keluar, gue jadi semacam tercerahkan! haha
    disitu dia menolak untuk jadi "Raja Bajak Laut Hebat".kalo ketemu penulisnya gue pengen nampol mukanya aja. wkwk

    Soal ngeblog yaaa, sebenernya rata-rata blogger pengen dapet penghasilan, tapi nulis aja gue juga masih belepotan. rajin juga enggak, dibilang moody juga enggak. tapi emang bener sih yang paling utama dari sebuah blog itu adalah konten, pengunjung akan datang dengan sendirinya.

    Semoga menang deh GA-nya.. gue jadi kepengen ikutan juga.. haha

    BalasHapus
  8. Ibu ini mah sudah selangkah didepan.. Udah punya buku solo...#keren

    BalasHapus
  9. Wah, bener juga, ngeblog itu menabung. Saya sendiri nggak nyangka tiba-tiba ada yang komen di blog saya: "Makasih ya udah berbagi lewat tulisan ini, saya jadi tau". Itu rasanya bahagia banget bisa punya tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

    BalasHapus
  10. Semangat mba, saya juga baru belajar ngeblog masih perlu banyak masukan dari teman teman semua

    BalasHapus
  11. ngeblog itu yang paling penting semangat berbaginya! yang lain-lain sih, pelengkapnya :D

    BalasHapus