Memanfaatkan Internet

21.02 Muthi Haura 19 Comments




Haai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Sehat? Alhamdulillah! Hari Jum’at kemaren, ada something yang terjadi antara aku dan Laila. Sesuatu yang sebenarnya malu-maluin buat diceritain, jadi aku mutusin buat nggak cerita :v Hari Jum’at juga, aku ketemu Ulan-Mumun, udah lama banget rasanya nggak ketemu mereka, kangen {}

Kalau hari ini juga senang, soalnya aku-Ama-Desnot ngeliput seminar ‘The Power of Love’ di PKM. Awalnya nggak kepikiran sama sekali buat ngeliput, tapi di grub BBM Gagasan, bang Hafidz nyuruh kesediaan diantara crew-crew Gagasan untuk ngeliput. Aku SMS Ama, ngajakin dia ngeliput. Aku pikir lumayanlah nambah ilmu dari pada duduk bengong disekre. Ama setuju, eh ternyata Desnot juga ikutan. Jadilah kami bertiga ngeliput. Lumayanlah dapat ilmu, snack, dan pastinya gratis pula! Haha! Trus sore tadi, aku-Ama-Desnot masak tauco dikos Ama. Pas pulang aku praktekin dirumah, trus dibilang enak sama aba \:D/

Kayanya zaman sekarang, semuanya udah pada kenal internet pastinya ya? Bahkan anak-anak SD pun udah banyak yang kecanduan internet. Banyak orang tua yang berfikir bahwa internet itu banyak sekali dampak negatifnya, iya nggak? Bahkan diinternetpun banyak kejahatan. Abaku kurang senang kalau aku kewarnet atau berinternet ria dari smartphone. Pasti aba selalu komentar gini : “Ngapalah kewarnet tu? Entah apa-apa ajapun isinya”, “Apa lagi diliat di internet hp tu sampai berjam-jam?”, dan kata-kata lainnya.

Kekhawatiran aba membuatku berfikir, segitu buruknya internet itu? Padahal menurut aku, banyak sekali dampak positif yang bisa didapatkan dari internet. Bahkan internet memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Percaya nggak percaya, ketergantungan pada internet itu pasti ada. Jarang orang dizaman sekarang yang tidak bergantung pada internet. Soal masalah seseorang itu memanfaatkan internet dengan baik atau tidak, itu kembali pada individunya masing-masing. Nah, begini cara aku memanfaatkan internet, mana tau bisa jadi referensi bagi teman-teman untuk lebih mengoptimalkan internet dengan baik, let’s check this out :



                            Ini adik aku si Dani. :* Itu dia nggak lagi internetan, tapi lagi nulis novel :v haha

Pertama, aku memanfaatkan internet untuk mencari tugas-tugas kuliah. Selain ngandelin buku perpustakaan, aku juga sering ngesearch tugas-tugas kuliah diinternet. Ya, sebagai tambahan referensi saja. Kalau aku sendiri suka ngunjungin google khusus untuk jurnal di e-jurnal.com, pubMed, Hindwi, atau bisa juga di scholar.google.com. Kalau mau nyari buku untuk referensi juga bisa PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Kalau di PNRI harus daftar dulu ya.

Yang kedua, aku memanfaatkan internet untuk mensearch hal-hal yang aku suka. Lebih seringnya mampir ke wattpad buat baca-baca cerita gratis disana, atau bahkan juga sering blogwalking. Ngeblog bagi aku udah termasuk hobby, jadi segala aktivitas ngeblog itu aku suka. Aku pengen membangun blog aku, hingga bisa ngasilin pundi-pundi uang. Nggak munafiklah kan yah, siapa juga yang nggak butuh uang? Selain itu, blog bagiku tempat berbagi dan bercerita banyak hal. Blog mengabadikan banyak kenangan tentang diriku. Selain untuk ngeblog, aku juga suka nyari tuteriol-tuteriol photoshop di mbah google. Yap, internet bisa jadi salah satu jembatan untuk mengembangkan skill.

Kata salah dosen design grafisku, seseorang itu nggak hanya dinilai dari seberapa tinggi IP-nya, tapi dinilai dari skillnya. Kita nggak akan sukses kalau Cuma ngandelin IP, tapi jangan jadikan ini alasan untuk kamu malas belajar ya? :p IPK memang bukan penentu kesuksesan seseorang, tetapi IPK tinggi membuktikan seorang mahasiswa itu serius akan studinya dihadapan orang tuanya :D Kebanyakan mahasiswa bilang IPK itu hanya hal sepele. Hanya hal yang nggak penting. Benarkah? Kalau untuk hal yang sepele dan nggak penting saja kamu tidak bisa mendapatkan hasil sempurna, lalu bagaimana orang lain akan percaya padamu untuk melakukan sesuatu hal yang tidak sepele dan penting? Ya kan?

Ketiga, aku memanfaatkan internet untuk mengenal banyak orang hebat. Serius lho! Aku banyak kenal orang-orang hebat dari internet dan kadang aku juga suka membaca kisah mereka diblog pribadi mereka. Jika ada hal-hal hebat dan baik dari mereka, aku berusaha juga untuk menerapkan hal-hal itu kedalam hidupku. Lumayan, pelajaran gratis dari kehidupan seseorang yang bisa didapat bermodal internet dari smartphone 30 rb sebulan :v haha!

Keempat itu, kebanyakan orang yang paham dampak positif internet, pasti juga paham kalau internet dapat menambah pundi-pundi uang atau setidaknya produk gratis . Hah, lagi-lagi bahas soal uang ya :v Tapi serius, jika kita pandai memanfaatkan internet dengan benar, baik itu dari blog-facebook-twitter-instagram-dllnya, pasti deh cepat atau lambat apa yang kita tekuni itu bakal menghasilkan.

Baru-baru ini aku dapat pulsa 25 ribu dari @emak2blogger di twitter hasil ikut kuis. Lumayanlah kan? Itu masih pulsa, banyak juga orang-orang yang aku kenal mendapatkan uang, job review, produk, dan jalan-jalan gratis dari internet. Itu semua karna apa? Karna mereka paham dan sadar bahwa internet bukan hanya untuk berhaha-hihi dengan gebetan doang. Mereka paham dan sadar bahwa banyak hal-hal hebat yang bisa didapat dari internet. Nggak percaya? Ayo, buktikan! ;))

Dan yang kelima, aku memanfaatkan internet untuk berkomunitas. Banyak banget komunitas kepenulisan yang aku ikuti di facebook-twitter dan rata-rata semuanya pada aktif, entah itu sekedar hanya untuk sharing belaka atau memberikan tips-tips seputar kepenulisan. Nambah ilmu gratis lagi kan? Coba deh bayangin kalau ikut seminar atau talkshow kepenulisan, berapa banyak uang kamu yang akan terkuras? Selagi bisa memanfaatkan yang gratis, kenapa harus bayar? Haha! Mental gratisan -___- Mental yang sebenarnya harus dirubah, karna menurut sebuah seminar yang pernah aku ikuti, orang sukses itu nggak bermental gratisan.






Komunitas-komunitas diinternet itu banyak, nggak Cuma komunitas kepenulisan. Ada kok komunitas blogger-photografi-design-dan komunitas lainnya. Ikuti aja komunitas yang kamu suka. Selain nambah ilmu, pastinya juga nambah teman dan nambah skill.

Internet kan serba tau semuanya tuh, sayang banget kalau nggak dipakai untuk hal-hal yang positif. Daripada kamu-kamu manfaatin internet untuk sesuatu yang sama sekali nggak baik dan jelas-jelas merugikan, mending gunain deh internet untuk hal-hal yang bermanfaat. Dari pada kamu ngegalaun mantan dan stalkingin akunnya, mending pakai internetmu untuk hal-hal yang bermanfaat.

Iya, internet memang memiliki banyak dampak negatif, tapi itu kembali lagi kepada individu yang memakainya. Kalau diniatkan untuk berkarya dan mengasah skill, pasti akan banyak hal hebat yang didapat. Oke deh, ini dulu. Salam sayang, @muthiiihauraa
Minggu, 11 Oktober 2015. 22.24 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

19 komentar:

  1. Hahaha...
    setuju, Mbak...
    gue juga selalu memanfaatkan internet buat nyari jawaban tugas...
    syukur2 dapet soal yg persis dengan soal yg dikasih guru...

    BalasHapus
  2. gagasan?? di UNRI nama majalahnya juga gagasan? apa kamu anak UNRi mut?

    klo buat q internet itu udah jd kebutuhan primer. biar ga pegang uang asal hp ada kuota it's okey. hahahha

    BalasHapus
  3. paling sering sih buat nyari tugas. tapi itu dulu pas masih sekolah..

    sekarang udah kerja, saya nyari hiburan ja,. baik buat baca manga, download anime, nulis blog dan baca tulisan blog orang lain. hanya untu menghibur diri lah.

    nyari uang di internet. saya masih belum paham dan nggak tahu gimana caranya dengan tepat

    BalasHapus
  4. Internet itu.... kebutuhan kedua setelah air. Haha
    Buat cari tugas semasa kuliah, buat belajar excel pas udah kerja, buat cari referensi buat proyek copywriter, dan buat hiburan so pasti.

    BalasHapus
  5. internet adalah sarana buat mengisi waktu luang, nyari jawaban saat ulangan, sarana chatting, ngalay juga bisa haha. intinya internet itu sarana hiburan yang paling mantap haha

    BalasHapus
  6. Internet juga bisa menjauhkan yg dekaat mut :-D...
    Contohnya ...ketika ada dua orang yg berdekatan ..harusnya mereka saling bertatap wajah dan saling komunikasi tapi dua duanya terasa jauh krn sibuk di dunia sendiri di alam maya :-D

    BalasHapus
  7. tambahin atu yah, kalo buat aku internet sarana mencari software dan belajar software itu sendiri.

    BalasHapus
  8. Internet, ya. Tapi gak cuman internet yg punya dampakk negatif besar, banyak juga yg lain.

    Sebenarnya yg buat internet negatif atau positif, ya penggunannya. Internet jangan disalahkan. Inikan sarana supaya semuanya dapat dimudahkan. Kebayang kalo zaman skrg masih mau ngirim surat yg nyampe berminggu-minggu padahal cuman pengen tau kabar.

    Internet gak melulu soal efek. Internet juga soal seberapa cepat. Org yg tau kecepatan, internet lemot adalah neraka gitu... Lebay emang, tapi begitlah internet. Selalu dituntut keecepatan.

    Semoga bisa terus ngeblog, ya...

    BalasHapus
  9. beuhh, internet bener2 di manfaatin buat hal yang positif ya. agak beda sama gue. Gue mah gak pernah nyari2 jurnal tugas di internet. biasanya gue cari yang lain, yang formatnya .3gp atau kalo bisa yang kualitas HD.

    BalasHapus
  10. Ya ampun keren amat. Aku mah internetan boros ga guna buat streaming, download, tweeting, gitu-gitu doanh :0

    BalasHapus
  11. Betul.... setuju... soalnya selama ini main internet banyakan dapat manfaatnya juga sih, dapat temen baru, dapat uang, banyak tulisan gratis bertebaran dan gak bakalan khatam walaupun setahun kita baca... Banyak ilmunya, meskipun banyak juga sih gosip gosip tersebar di internet dan hal hal buruk lainnya. tapi kita udah dewasa kan harusnya bisa tau mana yang baik dan buruk... :)

    BalasHapus
  12. kayaknya emang banyak banget dah, anak2 yg kecanduan internet...
    cuma buat main game, otomatis para org tua menganggap internet itu negatif...
    padahal internet itu lebih banyak sisi positifnya, tergantung bagaimana cara menggunakannya...
    intinya, memang internet lebih banyak sisi positifnya bila digunakan dgn benar dan bijak :)

    BalasHapus
  13. Untungnya orang tuaku gak menganggap internet itu negatif, paling cuma ngingetin kalo internetan itu harus pinter, jaga sikap dan jika ada orang lain yang ngajak kenalan harus hati-hati soalnya banyak kasus dimana anak-anak diculik gara-gara kenalan di fb

    Padahal ada banyak kebaikannya, aku aja kemarin juga dapat pulsa menang lomba BE kemarin. Tergantung kita yang menggunaknnya apakah internet berdampak bagus atau buruk.

    Lagian internet juga enak kok (indomie telur kornet) haha :3

    BalasHapus
  14. Emang banyak kok manfaat dari ngenet. Asal kita pinter2 aja jgn sampe kebablasan dan ga tau aturan. Tapi aku setuju sama pendapat km, kita bisa join dg brbagai komunitas di internet.
    Paling seneng kita bisa search apa aja yg kita mau. Jd lebih memudahkan kita hehehe

    BalasHapus
  15. Fungsi internet itu ga pandang bulu kan yah. Hehe, mau difungsikan untuk kebaikan atau keburukan bisa semua. Hehe yang kejahatan misal pornografi, transaksi narkoba, judi, cyber crime, dll.

    Klo kebaikan jg banyak, contoh nya seperti yang dipaparkan di postingan td. Hehe

    Berarti kita sebagai user, kudu cerdas dan bijak dlm mnggunakan internet. Hehe saya sbg pengguna setia internet jg menentang klo internet dikatakan sebagai hal yg negatif :3

    BalasHapus
  16. Smuanya gue setuju... :D

    Tapi paling setuju sama internet untuk berkomunitas.. asli, gur nggak ngebayangin gimana jadinya kalo gak ada internet.. gue gak akan kenal temen2 keren kayak di blogger energy.. gak akan punya blog yang bisa diisi apa aja dan gak akan jadi penulis juga.. internet walopun banyak negatifnya tapi juga banyak positifnya.. tergantung.si pemakai aja

    BalasHapus
  17. internet itu emang harus digunain dengan baik sih soalnya banyak banget manfaat yang bakal kita dapet. tapi gue kurang setuju tuh sama

    statement lo yang masalah IPK. gue sih nggak nganggep IPK itu hal sepele, tapi nganggepnya biasanya ajah, kalau hasilnya kecil, itulah hasil yang bisa gue capai. di dunia kerja untuk perusahaan asing apalagi, IPK barang yang udah nggak terlalu diperhitungkan, sama halnya dari fakultas apa kita berasal, yang penting bisa nggak kita kerja. gitu sih hehe

    BalasHapus
  18. Jaman sekarang internet juga bisa buat bisnis ygsangat efektif dan efisien ya Mut..kayak Oriflame dan online shop. Bahkan rasanya kalo ga ada modem ato belum beli rasanya kayak ada yang kurang gitu. Udah semacam kebutuhan primer. Banyak hal yg bsa kita lakukan mll internet kyk yg kmu sebutin. Tpiemang kalo buat anak anak bsa sangatttt bahaya. Bahkan ada bbrpa murid aku anak SD yg pernah buka film porno di youtube pas di sekolah pake tablet. Itu menurutku ngeri abis. Jadi harus diawasi kalo perlu ga usah dikasih sarana macam itu. Menyesatkan.

    BalasHapus
  19. Dari pada kamu ngegalaun mantan dan stalkingin akunnya, mending pakai internetmu untuk hal-hal yang bermanfaat.

    Saya banget ini. Abis gimana lagi, pesona mantan makin terpancar. Cek IG mantan yuk. :D

    BalasHapus