lomba

Tentang Pulsa^^

17.54

[Entry ini termasuk dalam juara favorit lomba blog Pojok Pulsa. Info pemenang cek disini]


Zaman sekarang smartphone atau handphone tanpa pulsa itu bagai sayur tanpa garam, hambar! Serius lho. Susah banget kalau nggak ada pulsa, seperti halnya saat ini yang tengah aku alami, malam kemaren aku mendapatkan SMS dari panitia Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL), tapi sampai malam inipun belum bisa aku balas. Kenapa? Yup, nggak ada pulsa! ;(





Mau nelpon keluarga kalau ada keperluan juga susah, apalagi ayah aku makai kartu berbeda dengan aku, sekali nelpon itu langsung habis si pulsamurah -__- Belum lagi kalau ada perlu-perlu dengan dosen, kalau nggak ada pulsa elektrik, gimana mau ngehubungin itu dosen? Makai telepati gitu? -__- Kadang juga digrub kelas, kosmanya nanya gini : “Ada pulsa nggak? Buat nelpon bapak *tuuut*.”
 


Itu baru bagian terkecil dari pentingnya keberadaan pulsa, nah kalau mau online lewat modem butuh apa? Paket internet kan? Paket itu apa? Pulsa kan? Gitu juga paket smartphone. Smartphone tanpa pulsa hampa! Nggak guna! Coba deh bayangin smartphone kamu canggih banget, tapi nggak bisa SMS-an, BBM-an, stalkingin mantan, ngegalaun difacebook, nyari tugas di google, update instagram biar dikata anak gaul, haduh kalau nggak bisa semua itu, meding smarthphonenya buang aja deh! Atau kasih sama aku :p

Menurut aku pulsa itu memiliki dampak positif dan negatif lho. Nggak percaya? Sini deh aku kasih tau. ;)) Dampak Positif Pulsa bagi aku :


Pertama, dengan adanya pulsa, aku bisa melakukan banyak hal. Aku bisa berinternet ria mengsearch hal-hal yang aku suka. Mengembangkan skill, melihat-lihat pemandangan diluar negri lewat internet, dan hal-hal lainnya yang bikin hidupku nggak akan membosankan. Serius! Aku pernah ngalamin hari tanpa pulsa, beuh nggak bisa ngapa-ngapain dan membosankan banget. Rasanya hidup itu plat banget.

Kedua, pulsa bisa mendekatkan yang jauh. Kebayang dong kalau kamu-kamu anak kos, pasti kangen kan sama orang tua? Kalau nggak ada pulsa gimana mau ngehubungi ortu? Kalau aku sih Alhamdulillah masih tinggal sama orang tua, jadi kadang kalau nelponpun, nelponin saudara dikampung. Kalau nggak ada pulsa, gimana mau nelpon coba?

Ketiga, pulsa mengajarkanku untuk memanage keuangan. Nggak percaya? Serius lho! Awal aku punya handphone itu dikelas 3 SMP. Dikasih hp jadul, tapi senangnya udah luar biasa banget. Sejak SMP, aku terbiasa untuk beli pulsa dengan uang jajan sendiri. Secara nggak langsung, secara sadar atau tidak aku jadi berpikiran untuk memanage uang. Misal nih dulu aktu SMP aku dikasih jajan 5 rb (kalau nggak salah), agar hp berpulsa, akhirnya aku jajan Cuma 3 rb. Iyaaa, demii pulsa! Diakhir minggu beli pulsa deh, trus dialokasikan pulsanya untuk hal-hal yang penting.

Keempat, pulsa mengajarkanku untuk memanage waktu. Dengan adanya pulsa di smartphone, pasti kebanyakan waktu dihabiskan untuk berinternet ria, iya kan? Udah ngaku aja! Dulu aku juga sering kaya gitu, sampai lupa waktu kalau udah berkutat dengan smartphone. Nyeseknya itu pas lagi asik-asiknya internetan, eh pulsanya habis -___- Trus kemudian aku sadar bahwa hidup nggak Cuma ada digenggaman aja. Hidup nggak Cuma sebatas dunia maya. Hidup nggak Cuma sebatas tentang hal-hal seputar itu, ada impian yang ingin aku raih. Ada impian yang harus aku kejar didunia nyataku. Dan semua itu nggak akan terwujud kalau akunya masih melihara kemalasan dan berdiam berlama-lama dengan smartphone, akhirnya aku mulai memanage waktu. Aku atur kapan waktu harus internetan, kapan waktu harus BM-an atau SMS-an, kapan waktu harus nelpon. Nah kan, secara nggak langsung pulsa mengajarkanku untuk memanage waktu.

Kelima, pulsa bikin aku nggak ketinggalan banyak informasi. Sebagai anak kuliahan, terkadang kosma ngasih info-info seputar perkuliahan digrub BBM atau facebook. Kalau aku nggak aktif paket internetan berpulsa, aku bakal ketinggalan informasi kan? ;(

Itu lima garis besar dari dampak positif pulsa yang aku rasakan, kalian ngerasain juga nggak? Atau mau menambahkan? ;) Trus dampak negatifnya apa, Mut? Ada ya? Ya adalah! Dimana-mana dan apapun itu, pasti positif-negatif itu ada. Dampak Negatif Pulsa Menurut Aku :

Pertama, pulsa bisa menjauhkan yang dekat. Sering nggak sih ngumpul sama teman, tapi pada sibuk sendiri-sendiri dengan smartphone ditangan? Seakan-akan dunia milik sendiri dengan si smartphone dan teman disebelah Cuma numpang. Pernah kan? Aku sering! Kadang rasanya sedih juga kalau jumpa teman-teman lama, eh tapi malah sibuk dengan smartphone masing-masing.


Pulsa menjauhkan yang dekat -__-

Kedua, pulsa menghabiskan banyak uang! Kalau kamu punya pacar, coba deh hitung berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk beli pulsa? Atau ngisiin pulsa si pacar? Berapa banyak? Masih mending kalau uang yang kamu keluarkan itu dari hasil keringat sendiri, lha kalau masih nebeng uang orang tua, kasihan dong orang tua kamu!

Ketiga, pulsa melalaikan. Sering aku liat teman-temanku terlena dengan smartphone, padahal didepannya dosen tengah berbuih menjelaskan mata kuliah. Atau bahkan ada juga yang lupa buat tugas gegara sibuk telponan dengan si pacar.

Terlepas dari dampak positif-negatif dari adanya pulsa-hp-internet, kita juga nggak akan bisa menghapusnya, karna untuk saat ini sudah menjadi bagian penting dihidup kita. Untuk masalah positif dan negatif, semua itu kembali pada individu masing-masing bagaimana mereka memanfaatkan semua teknologi dan kemudahan itu. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik, pasti hasilnya akan luar biasa. Begitu juga sebaliknya bukan?

Sejak SMA juga, aku aktif jualan pulsa. Lumayanlah untuk nambah-nambahin uang saku, ya walaupun bisa dibilang untungnya itu nggak banyak, malah seringnya kepake sendiri. Tapi  kalau hasil keringat sendiri itu walaupun tak seberapa, rasanya luar biasa nikmat. Ayahku selalu bilang dan nanemin keanak-anaknya dengan perkataan ini : “Jangan pernah bangga atas sesuatu hasil keringat orang tua. Bangga itu saat kamu menginginkan sesuatu dan kamu bisa dapetin dengan jerih payahmu sendiri.”

Kata-kata itu membekas banget buat aku, makanya sampai saat inipun aku selalu berusaha sebisa aku untuk membeli sesuatu dengan hasil keringat sendiri dan saat berhasil mendapatkannya, senangnya itu kebangetan! Kadang kalau lagi jualan pulsa, ada beberapa hal yang nggak ngenakin buat aku berdasarkan pengalaman pribadi. Apa saja? Check this out :

Pertama, kalau lagi belajar untuk ujian keesokan harinya, SMS dan BBM penuh minta diisikan pulsa. Kan rada keganggu juga waktu belajarnya. Belum lagi kalau itu pulsa lambat banget masuknya, pasti ditanyain terus “Mut, pulsanya belum masuk. Cepetan dong, penting!” Berasa diteror. Haha!

Pernah juga yang beli pulsa nggak tau waktu, pas tengah malam miscall-miscall minta diisikan pulsa. Etdaah -____- Iya ini pernah ngalamin! #ResikoJualanPulsa. Kedua, nagih uang pulsa teman-teman itu rasanya segan. Belum lagi kalau yang bayarnya lama dan susah banget diminta. Kadang ada juga yang bayar Cuma 5000, trus dia bilang seribunya diikhlasin aja (dulu pulsa harganya masih 6000). ;(( Untung dari bisnis pulsa itu Cuma 200-300 perak, bahkan 100-an, belum lagi pulsa pribadi untuk ngirim ke operator tselnya. Beuh, sedihnya. Yang pernah jualan pulsa pasti ngerti ini deh ya kan? Haha!

Ketiga, kalau pulsanya masuk lambat atau bahkan nggak masuk kenomor sipembeli. Ini yang bikin ribet! Kadang mesti nelpon operatornya dulu, tapi pas nelpon lebih sering nggak diangkat. Pelayanan yang ‘agak mengecewakan’. Huhu. Karna aku sudah cukup lama malang melintang didunia perbisnisan pulsa, aku pengen share tips-tips untuk berjualan pulsa deh ya!


·         Kalau mau jual pulsa, kamu harus tegas! Walau keteman dekat sekalipun. Jangan kaya aku yang nggak bisa tegas. Jangankan untung, yang ada buntung haha :v Yah pandai-pandai dikamu aja, jangan sampai terlalu kaku hingga teman-temanmu males beli pulsa lagi kekamu.
·         Misahin uang pribadi dengan uang bisnis pulsa. Kalau kedua uang ini kamu satuin yang ada biasanya bakal kejajanin. Kalau udah habis uangnya, baru deh bingung lagi nyari uang untuk beli saldonya. Dulu aku sering kaya gini nih. huhu.
·         Catat nama pembeli saldo pulsamu, biar kamu nggak lupa. Catatnya jangan lupa disertai tanggal dan jam biar lebih akurat. Jadi kalau misalnya ada temanmu yang ‘agak licik’ pas kamu nagih uang pulsanya, dia malah berkelit dan bilang nggak pernah beli pulsa dikamu, kamu bisa nunjukin catatan itu.
·         Saldo pulsanya jangan diambilin terus untuk pribadi. Ini nih hal yang bikin bangkrut para penjual pulsa, dihabisin sendiri -___- Nah biar nggak kebablasan nyomot saldo pulsa sendiri, kamu buat jadwal berapa kali kamu boleh ambil pulsa dalam sebulan dan pulsa yang berapa. Misalnya nih aku selalu nargetin untuk ngambil pulsa 5 ribu tiap minggu, kalau misalnya pulsanya habis sebelum batas pengambilan 5 ribu berikutnya, aku ngisi pulsa, tapi bayar kediri sendiri.

Jualan pulsa itu artinya juga belajar bertanggung jawab pada diri sendiri, harus bisa memanage diri. Dan yang paling terpenting dari semua tips berbisnis pulsa diatas adalah kamu harus menemukan partner agen pulsa yang menjual pulsa elektrik murah, terpercaya, dan pastinya memiliki respon cepat.

Butuh rekomendasi? Aku baru saja ngobrak-ngabrik websitenya PojokPulsa.co.id dan tertarik rasanya buat ikut daftar. Secara daftarnya gratis broh! Tapi sekarang harus ngumpulin modal dulu nih! pengen jual pulsa lagi, udah lumayan lama vakum haha.

Nggak tau Pojok Pulsa? Oke aku kasih tau, Pojok Pulsa adalah satu dari sekian banyak server pulsa elektrik nasional yang ada di Indonesia. Pojok Pulsa sudah melayani pelanggan selama 6 tahun dengan pengalaman menangani puluhan juta transaksi pengisian voucher elektrik dan voucher fisik sampai saat ini. (source)

Waw 6 tahun! Sudah cukup lama ‘Pojok Pulsa’ malang melintang didunia perpulsaan berarti ya? #HalahBahasanya -__- Apa saja emang fitur-fitur di Pojok Pulsa, Mut? Fitur-fitur di Pojok Pulsa itu : Daftar gratis tanpa biaya sedikitpun; Deposit bebas sesuai kebutuhan; Trx via YM, Gtalk dan Facebook; Harga pulsa bersaing dan kompetitif; SMS to end user; Transaksi tanpa kode produk; Support token PLN prabayar; Fasilitas online webreport; Transaksi non stop 24 jam; Komplain cepat dan ramah; Komisi dapat ditukar kapanpun; Support PPOB; Bonus transaksi terbanyak; Kuis dan undian berhadiah.

Ada beberapa juga nih testimoni tentang Pojok Pulsa yang aku ambil dari websitenya Pojok Pulsa :
Assallamuallaikum gan mau kasih testy nih buat agan yang 1 ini ane udah join 1 bulan yang lalu gan semua pelayanan nya diperlakukan dengan baik orang nya ramah , waktu itu sempet bingung antara join apa ngga tapi si agan mah bilang “semua keputusan di tangan agan” eh setelah join , seneng banget rasanya join . gak kayak ane pernah ikut agen orang deket rumah . pelayanan lambat kayak keong yang bikin ane terpesona itu , kecepatan transaksi nya itu lho baru juga terkirim ga sampe 5 detik pulsa udah masuk apalagi kalo pake YM . langsung masuk COY (elven.elder, -kaskus-)
Ane baru beberapa hari jadi agen Pojok Pulsa, kesan ane kalau harga relatif lah, tapi yang bikin ane salut transaksi belum ada yang gagal (mudah2an kaga pernah), trx cepat dan tepat, deposit mudah dan cepat, tapi yang belum ane coba nih, web reportingnya, error terus nih…… kapan2 pengen maen ke tempatnya ah, soalnya gak terlalu jauh, secara ane di Pemuda TOP DAH. (turhadi, -kaskus-)
Pagi gan, ternyata jualan pulsa lumayan nambahin penghasilan rumah tangga ane, ane gabung dari bulan september 2010. Pokoke mantaf deh, apalagi skrg bisa juga bwat vocer pln. (Regards, Hari. capth4ri, -kaskus-)


Pojok pulsa ini adalah salah satu pulsa murah Jakarta dan pulsaelektrik Jakarta. Itu aja deh dulu kayanya cerita aku tentang pulsa. Kepanjangan ya? haha! Oh ya kalau untuk info ‘Pojok Pulsa’ lebih lengkap, bisa langsung mampir kewebsitenya ya. salam sayang, @muthiiihauraa.
Kamis, 15 Oktober 2015. 20.40 WIB

You Might Also Like

4 komentar

  1. Setuju dengan sisi negatif pulsa. Menjauhkan yg dekat. Mendekatkan yang jauh. Soalnya pernah dikacangin adek sendiri. Kita lagi seru-seru cerita. Dianya malah natap smartphone dan gak perduliin saya. Iih geregetan. Pengen dipites pake ulekan. *huft huft sabar* eh jadi cuhat. Muhehehe..

    Sukses ya buat kontesnya :D

    BalasHapus
  2. Selamat Buat Om Admin Blog
    Udah jadi pemenang lomba dari post ini
    http://pojokpulsa.co.id/pemenang-lomba-blog-pojokpulsa-2015

    aku mah kaga" menang - haha :v
    Habisnya artikelku kalah jauh kualitasnya ama tulisan yang disini

    Nitip ya, hehe:
    http://www.radiomustika.com/2015/08/pulsa-elektrik-murah-jakarta-terpercaya.html

    Sekali lagi congrats like :) - Mari kita lanjutkan bakat menulis kita (y)

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus dan inspiratif mbak, semoga jualan pulsanya makin laris dah

    BalasHapus