lomba

Cerita diakhir Bulanku

19.29



Sering nggak sih ngalamin situasi dimana kamu pengen banget ngebeli sesuatu, tapi nggak ada uang? Atau ngerasa uang itu cepat banget habisnya, tapi nggak tau dihabiskan untuk apa-apa saja. Atau ngalamin cerita nyiksa banget diakhir bulan, karna uangmu udah habis diawal bulan?

Pasti pernah ngalamin kan? Atau sering mengalaminya? Apalagi bagi anak kos ini ya, uang harus dihemat-hematin banget. Belum lagi kalau ada tugas mendesak yang mengharuskan isi dompet diambil secara paksa, hingga akhirnya tinggal recehan tak sampai seribu rupiah. Iya nggak sih? 



kalau lagi tanggal muda, kebanyakan sih gini :p Sticker by line
 
kalau lagi tanggal tua, bawaannya emosian. Haha! Sticker by line
 
Walau dimasa kuliah ini aku nggak ngekos yang artinya uang harian bisa dibilang aman, tapi aku pernah ngalamin masa dimana akhir bulan itu terasa sangat memberatkan. Pas zamannya SMA, aku pernah ngekos didekat sekolah. Sebenarnya bisa pulang pergi naik bus dan itu membutuhkan waktu diperjalanan kurang lebih sejam-an.

Pas ngekos itu, banyak banget pelajaran berharga yang didapat. Pelajaran tentang memanage waktu, pelajaran memanage keungan, dan pelajaran-pelajaran lainnya. Saat tiba dimasa-masa uang mulai menipis, itu rasanya sedih banget. Teman kos ngajak kesana-kesini, tapi nggak bisa karna uangnya nggak ada. Pokoknya super ngehemat banget deh.

Yang paling kerasa dan keingat banget itu waktu aku benar-benar kehabisan uang, bahan makanan yang biasanya dibawa dari rumah pun udah mulai habis. Karna nggak ada lagi yang bisa dimakan, aku makan nasi pakai keriuk-keriuknya mie. Iya, jadi aku itu nggak kalau beli mie yang ada kriuknya, kriuknya itu sengaja nggak aku makan. Karna aku nggak suka kriuk. Nah, pas hari itu, aku terpaksa makan dengan kriuk plus nasi.

Rasanya sedih banget, trus mikir kalau enakan dirumah. Nggak sampai disitu, keesokan paginya, perut rasanya melilit banget. Laparnya nggak nahan! Itu pagi-pagi sekitaran jam lima-an. Aku kekamar teman, tapi nggak dibukain pintu, masih tidur mungkin. Trus juga nge-SMS adik kos yang kamar kosnya diatas. Iya, SMS-nya itu minta sedikit lauk, tapi nggak dibalas.

Akhirnya nggak kuat nahan lapar, aku keluar kos, nyari warung yang buka, tapi jam segitu belum ada satu pun warung yang buka -___- Sedihnya bukan banget lagi, tapi kebangetan, sampai nanya kediri sendiri ‘ini aku salah apa?’.

Nggak hanya itu, kadang juga, aku pernah beli satu lauk yang lauknya itu dipotong menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian potongan lauk itu dimakan untuk siang dan malam hari. Itu lauk yang dibeli tentu saja sambalnya diminta banyakin. Haha!

Nggak nyangka ternyata aku bisa ngelalui semuanya dengan baik. Aku bisa ngelalui masa itu. Masa dimana selera yang ditahan-tahan. Masa dimana yang bahkan untuk membeli sedikit cemilanpun harus berfikir tujuh keliling. Kedengarannya lebai memang, tapi begitulah adanya.

Aku nggak pernah mengutuk atau membenci masa itu. Karna masa itulah yang membentuk diriku saat ini. Membentuk kepribadianku menjadi sosok perempuan yang tangguh. Sosok perempuan yang nggak manja dan cengeng dalam menghadapi hidup. Masa itu mendewasakanku. Ya, bukankah guru adalah pengalaman terbaik?

Dari kejadian-kejadian yang nggak ngenakin dikos itu, aku mulai belajar memanage uang, walau memang belum ahli-ahli banget.
Nah kali ini, aku pengen share cara aku memanage uang selama ngekos SMA. Kali-kali aja sharing ini bermanfaat buat teman-teman yang ngebutuhinnya.

Cara pertama ala aku adalah dengan ngestok banyak makanan dan bahan makanan dari rumah untuk dibawa kekos. Alhamdulillah waktu itu, almarhumah umi selalu membekalkan buat aku makanan dan bahan makanan, walau makanan itu nggak bertahan lama karna dimakani sama teman-teman satu kos =))

Buat teman-teman, bisa nih ngestok bahan makanan sebelum kalian nyampai di kos. Kalaupun bukan makanan jadi, ya bisa bahan makanan kaya setengah pak telur, beberapa batang sosis, dan beberapa batang mie. Tapi umi jarang ngestock-in mie, nggak sehat katanya.

Cara kedua, bikin list daftar keuanganmu. Bisa dibuku khusus atau di Microsoft word. Kalau aku pribadi lebih enak nulisinnya itu dibuku khusus, biar jelas gitu. Untuk pembuatan daftar ini, kamu sesuaikan aja dengan kreatifitasmu. Catat pengeluaran dan pemasukan dibuku khusus itu.

Cara ketiga, list-in barang-barang yang pengen banget kamu beli. Sesuaikan dengan kebutuhan. Tahan selera buat ngebeli sesuatu yang belum atau lagi nggak kamu butuhkan. Dan cara keempat nih, berbisnis! Yap, jadi pas ngekos kemaren, aku juga udah mulai berbisnis. Jualan pulsa. Lumayanlah walau sebenarnya nggak untung-untung banget, karna keseringan dipakai sendiri. Haha!

Empat itu aja tips dari aku, semoga bermanfaat! Sekarangpun masih sering kelabakan ngatur uang diakhir bulan, padahal uang jajan dikasih perhari. Maklum yang namanya cewek, banyak banget pengen dibeli. Pengen inilah pengen itulah, walau begitu, aku masih termasuk golongan cewek yang mampu nahan keinginan.

Kebanyakan juga, uang jajanku itu habis dikampus dan untuk tugas-tugas kampus. Rasanya baru masuk dompet, eh keluarnya deras banget. Nah, bagi cewek-cewek nih yang hobby belanja, walaupun uang didompet udah menipis, bisa nih cobain promonya MatahariMall.com.

Promo apa tuh, Mut? Promo Tanggal Tua Surprise dari MatahariMall.com yang berlaku di minggu ketiga disetiap bulannya. IYA LHO, SETIAP BULAN! Di promo ini, MatahariMall.com memberikan diskon hingga 80 % untuk setiap kategori dengan fasilitas berupa gratis ongkos kirim, voucher belanja, dan hadiah kejutan menarik.

Tanggal Tua Surprise dari MatahariMall.com


Produk-produk yang bisa dibeli di promo Tanggal Tua Surprise ini adalah Apple iPad Mini 4 16 GB Silver, Samsung Gear S2 Classic, Nikon D5300 24.2 MP DSLR camera with 18-140 mm, dan produk-produk lainnya yang bisa di cek di MatahariMall.com. WAW kan? Jadi ni bagi cewek-cewek atau bahkan cowok pengen tetap belanja di akhir bulan dengan hemat, bisa banget kok. MatahariMall.com aja solusinya =D



By the way, dari tadi kita ngomongin tentang MatahariMall.com, pada tau nggak sih itu situs apa? MatahariMall.com adalah eCommerce No.1 dan terbesar di Indonesia yang didukung oleh perusahaan ritel multiformat. MatahariMall.com juga merupakan online retailer yang mengadopsi system belanja ‘O2O’ (Online-to-offline dan Offline-to-online), yang memungkinkan kita sebagai konsumen untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Jadi tau dong MatahariMall.com itu apa. Oke deh, ini cerita akhir bulanku, bagaimana dengan ceritamu? Jangan lupa juga tontonin cerita akhir bulannya si Budi ya :D









Salam sayang, @muthiiihauraa.
Minggu, 15 Mei 2016. 07.49 WIB.

You Might Also Like

13 komentar

  1. hahaha, kirain cuma mak2 aja yg galau di akhir bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak muda juga galau mbak haha

      Hapus
  2. Kalau promo di tanggal tua, harus bijak bijak untuk berbelanja juga ya mba :)

    BalasHapus
  3. Ini lomba yang ingin aku ikuti ,, mudah2an kelar sebelum menjelang DL hehehe
    Wah ternyata pengalaman tanggal tua hampir semua orang ikut merasakannya harus pinter2 bagi waktu dan keuangan nih
    eh tapi kalau ada promo dari Mataharimall kayaknya aman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, cobain belanja di MatahariMall mbak :D

      Hapus
  4. Kalau aku, sebelum dulu waktu awal awal ngekos, menjelang tanggal tua aku bakalan pulang ke rumah buat minta stok makanan. Walaupun aku nggak perlu minta tapi mama selalu ngebekalin. Tapi sekarang, aku belajar untuk hidup hemat dan penuh perhitungan sepanjang bulan. Belajar menahan diri biar jadi kebiasaan. Dengan begitu, kalaupun aku pulang, bukan minta bekal, tapi bawain bekal buat camilan adik-adikku.

    BalasHapus
  5. Itu sedihnya kok sampe keterlaluan banget makan nasi sama kriuk2nya mie instan -_-
    emang manusia bisa beradaptasi dengan cepat ya, yang awalnya nggak suka ternyata bisa dibikin lauk juga buat makan.

    Emang segala sesuatu yang berbau uang harus dicatat dengan baik biar bisa jadi patokan keamanan tanggal tua nanti ya~

    BalasHapus
  6. malah pas SMA yah ngekosnya? tapi wajar sih, jauh gitu sekolahnya. aku SMA g brani ngekos, masih pingin dirumah aja.
    tapi emang bener, yang namanya ngekos tuh ngajarin kita banyak hal. aku pribadi termasuk telat ngerasain kos, baru benr2 ngekos pas LPJ di jogja selama 3 minggu. yg namanya jadi anak perantauan bawaan lapar tuh lebih dasyat ketimbang pas dirumah. jadilah kayaknya duit abis gegara njajan mulu. tapi yah gimana kita nyiasati aja. mungkin bisa bikin pembukuan, makan siangnya bikin bekal, dsb.

    BalasHapus
  7. Ternyata ada yang lebih sedih lagi dari akuuuuu huhu. Btw kok kamu bisa sampe makan kriuk-kriuknya aja sih Mut? Emang awal bulannya kamu foya-foya banget, ya?

    Aku sih akhir bulan gak sering pedih-pedih amat. Tapi pernah satu waktu itu bener-bener sekaraaaat banget haha. Rasanya kepengin nangis, minta uang sama ortu lagi malu ya. Akhirnya bertahan seadanya aja deh.

    Akhir bulan saat tinggal ngekos itu emang pengalaman berharga banget :)

    BalasHapus
  8. kalo aku kebalik. tanggal muda gw hemat2in. nah pas tanggal tua klo masih ada uang bisa buat makan enak.
    jadi gag harus makan mie klo tanggal tua hehehe

    BalasHapus
  9. aku langsung mengatur keuangan biar bisa tetap senang-senang di tanggal tua

    BalasHapus
  10. Hampir seperti mbak ade. Aku juga sisihin uang menjelan tanggal tua tiba hheee

    BalasHapus