[Sosok] : Evrina Budiastuti

19.34



Pernah nggak sih saat kamu berusaha memperjuangkan sesuatu, tapi hasilnya nihil? Pernah nggak sih saat kamu berusaha semaksimal yang kamu bisa, tapi sedikitpun nggak ada hasil? Lelah dan berniat untuk menyerah?

Dalam hidup, memang terkadang nggak semua apa yang kita inginkan itu bakal kita dapatkan, tapi percayalah, apa yang kita dapatkan itu, itulah yang terbaik untuk kita. Begitu juga halnya jika mengikuti sebuah perlombaan. Kalah menang itu biasa, yang harus dinikmati itu prosesnya. Kalau kalah ya coba lagi. Coba coba terus sampai kekalahan itu bosan menghampiri.

Kebanyakan sang juara itu adalah orang-orang yang tangguh yang pantang mundur, karna pada dasarnya kekalahan itu adalah awal dari kemenangan. Disaat mereka kalah, disitulah mereka belajar. Belajar dan terus belajar hingga mereka mampu mengetahui letak salahnya dan memperbaiki diri diperlombaan lainnya.


Mungkin begitu halnya yang dilakukan oleh Evrina Budiastuti atau biasa aku sapa mbak Evrina. Didunia perbloggeran, rasanya nama mbak Ev ini udah lumayan terkenal dengan prestasinya yang sangat sering memenangkan lomba-lomba blog. Yang paling terkeren itu saat mbak Ev memenangkan lomba dari Cheria Travel ke Beijing.



Mbak Ev ini sudah ngeblog sejak tahun 2010 lho. Saat ditanya alasan awalnya ngeblog, mbak Ev dengan ramah menjawab bahwa ditahun 2010 itu dia resign dari kantornya dan untuk mengisi waktu luang, mbak Ev memilih berkarya lewat blog. Awalnya blognya diisi Cuma tentang kesehariannya, lama-lama ketagihan untuk nulis berbagai macam, termasuk ikutan lomba blog. Sejak 2014, baru deh mbak Ev membuat blog baru di www.evrinasp.com

Selain sering memenangi lomba blog, mbak Ev yang lahir 29 April ini ternyata punya hobby naik gunung lho. Aku pengen banget naik gunung, tapi selalu nggak diizinin aba -__- Ternyata aku baru tau juga kalau mbak Ev dulunya saat kuliah juga nggak diizinin naik gunung, setelah nikah ini baru merealisasikan hobbynya untuk naik gunung. Semoga aku juga bisa kelak. Haha!

Setelah ngestalkerin blognya mbak Ev, aku nemuin entry tips-tips menang lomba blog ala ‘Evriana Budiastuti’. Penasaran nggak? Pengen dong kan yah sering menang lomba blog juga kan? Oke deh aku share poin-poinnya aja, check this out :

mengumpulkan informasi lomba blog, sortir lomba mana saja yang dapat diikuti, setelah menentukan lomba yang akan diikuti, maka tentukan bahan atau materi yang akan kita bahas dan gali ide sebanyak-banyaknya. Jika lomba yang diikuti merupakan yang bersifat tahunan, pelajari tulisan pemenang sebelumnya. Sebisa mungkin cari tau siapa juri yang akan menilai dan pelajari tulisan juri. Pelajari juga tulisan peserta lain, lalu kembangkan tulisan berdasarkan topic yang diangkat.

Tambahkan infografis, gambar yang unik dan menarik atau video. Publish tulisan berdasarkan keperluan. Lakukan pendaftaran dan cek kembali persyaratannya yang harus kita penuhi selama mengikuti lomba. Lupakan kalau sudah mengikuti lomba tersebut dan beranjak ke lomba blog selanjutnya.

Kemaren di What’s up, aku juga sempat ngewawancarai mbak Ev nih. Simak yah! Kali-kali aja bermanfaat :D

Ada nggak sih mbak ngerasa perbedaan didiri mbak sebelum dan sesudah ngeblog?
Ada banget! Dulu nggak banyak dikenal orang dan kurang produktif. Sekarang lebih banyak dikenal karena sering share postingan melalui media sosial.

Pernah nggak sih mbak ngerasa kalau ngeblog itu sia-sia? Dan jika mbak lagi nggak ada ide, apa yang mbak lakukan?
Nggak pernah ngerasa kalau ngeblog sia-sia. Kalau lagi nggak ada ide, nggak dipaksain. Biasanya aku matiin laptop atau nonton film. Atau keluar gitu buat jalan-jalan sampai otak fresh lagi.

Mbak kan sering menangin lomba blog, trus lomba yang pertama kali mbak ikutin apa? Dan lomba yang paling berkesan?
Yang pertama diikutin itu lomba blog buruh migrant di tahun 2012. Dapet juara 4. Berkesan banget dan jadi bikin ketagihan, soalnya baru ikutan udah nyantol di juara 4. Selain itu, yang paling berkesan lainnya saat menang lomba dari Cheria Travel, karna bisa jalan-jalan ke Beijing. Kalau pakai dana sendiri, kayanya butuh beberapa tahun untuk bisa ke Beijing.

Dalam mengikuti lomba blog, sering nggak sih mbak gagalnya? Apa mbak down? Dan apa yang mbak lakuin?
Wah saya lebih banyak kalahnya dari pada menangnya. Kan yang kalah jarang di share, keliatannya sering menang, padahal sering kalah lho. Dulu waktu awal-awal ikut lomba blog emang ngejarnya materi alias kudu menang, jadinya pas kalah down. Tapi lama-lama belajar kalau lomba itu nggak harus menang yang dikejar, tapi kepuasan.
Puas karna bisa nulis sesuai tema yang ditentukan, jadi nggak penasaran. Itu bikin aku lebih nyaman dan tenang. Jadi pas tau kalah, nggak down lagi kaya dulu. Sekarang kalau ikut lomba prinsipnya, tulis-lupakan-cari lomba baru.

Kasih kalimat motivasi dong mbak buat teman-teman yang sering ikutan lomba blog, tapi sering kalah dan down.
Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda, dari kekalahan kita belajar untuk menang kembali. Lomba blog jangan dibuat pusing, kalau lomba baca Al-Qur’an trus kita nggak bisa, baru pusing. Pokoknya mah ikutan lomba itu nikmatin aja prosesnya, perkara menang atau kalah akan mengikuti kemudian.
Kita menang berarti proses yang kita lakukan sudah sesuai dan sempurna. Kalau kalah, berarti ada satu hal dari proses tersebut yang harus diperbaiki. Jangan pas ikutan lomba blog kita buatnya ngasal, mepet deadline, atau hanya sekedar ikut-ikutan aja, coba lihat lagi proses membuatnya. Rata-rata kan yang menang memang effortnya tinggi sampai begadang-begadang.

Nah itu dia hasil wawancaranya. Gimana? Gimana? Bermanfaat bukan? Intinya menurut mbak Ev kalau kalah ya coba lagi. Introfeksi usaha yang kita lakukan juga. Karna usaha tak kan pernah mengkhianati hasil. Mau kenal lebih dekat dengan mbak Ev? Kunjungi twitternya di @evrinasp Oke deh segitu dulu! Salam sayang, @muthiiihauraa.
Minggu, 15 Mei 2016. 22.52 WIB.

You Might Also Like

8 komentar

  1. terimakasih ya muthiaaa, alhamdulillah semoga tulisan ku dan wawancaranya bermanfaat, ikutan lomba harus siap kalah dan siap menang, kalo siap kalah berarti harus belajar lagi, siap menang berarti gak boleh sombong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak Ev. makasi mbak Ev :D

      Hapus
  2. Evrina itu kalo ikut lomba selalu total dan keren penyajiannya. Makanya langganan menang terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Totalnya itu yang bikin menang ya kan mbak Ade? :D

      Hapus
  3. Wah, ulasany yang keren. Emang kudu total biar hasilnya maksimal ya

    BalasHapus
  4. Suka sama kalimat mitivasi Mba Ev
    "Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda, dari kekalahan kita belajar untuk menang kembali. Lomba blog jangan dibuat pusing, kalau lomba baca Al-Qur’an trus kita nggak bisa, baru pusing. Pokoknya mah ikutan lomba itu nikmatin aja prosesnya, perkara menang atau kalah akan mengikuti kemudian"

    BalasHapus