[MondayClass] : 12 Prinsip Animasi

01.27 Muthi Haura 6 Comments




Hai hai hai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Sehat? Kemaren ditanggal 10 Juni, aku dapat hadiah ulang tahun dari Ulan-Mumun-ides. Dapat tas cantik. Terharu banget aku, trus juga ada suratnya, isi suratnya : “Hai, selamat ulang tahun ya sayang kami. Semoga di angka 21 ini bisa jauh lebih dewasa, sayang sama kami, sukses dalam tulisannya, sholehah, makin cantik ya. Keep istiqomah dalam kebaikan. Kamu tau, buat kami, kamu itu luar biasa sekali. Awan peneduh kalau sedang terik, hujan penyejuk kalau kami dahaga, lalu suara ombak paling merdu penenang hati. Kamu puisi paling indah buat untuk kami. Stay loving us ya. Love you always.”

Duh, terharu. Makasih banget! Makasi juga udah nemenin aku sampai sejauh ini ya. Tetap bareng-bareng ya, sekarang-nanti-dan untuk selamanya {}. Kok melenceng dari judul? Hehe.

Udah lama ya rasanya nggak nulis entry untuk #MondayClass. Berasa nggak konsisten banget, padahal dari awal udah niatin kalau #MondayClass ini bakal diseriusi. Ya mau gimana lagi, ada aja kendala. Masih ingat kan rubric #MondayClass? Itu lho, entry yang ngebahas hal yang berkaitan dengan jurnalistik atau broadcasting. 





Nah, kali ini aku ingin bahas tentang animasi. Kebetulan animasi salah satu mata kuliah disemester VI ini. Animasi adalah ilusi adanya gerakan yang dicapai dengan menampilkan sederetan gambar secara tepat yang memiliki sedikit perbedaan antara yang satu dengan yang lain.

Animasi juga seni yang memberikan penglihatan gerakan dari suatu obyek yang tidak bergerak. Kali ini, aku pengen share tentang 12 prinsip animasi. 12 prinsip animasi ini dirumuskan oleh Frank Thomas dan Ollie Johnston. Dua perumus ini merupakan animator walt Disney dan buku ini juga ditulis ditulis kedalam buku berjudul The Illusion of Life : Disney Animation sejak di tahun 1981.

Oke langsung saja, ini dia 12 prinsip yang harus ada didalam sebuah animasi, check this out :
Pertama, Solid Drawing. Solid drawing ini adalah membuat obyek gambar sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah karakter. Salah satu contoh dari solid drawing yang aku tangkap itu adalah misalnya sebuah bayangan obyek. Misal nih, animasinya memakai selendang, nah biar terlihat real, apabila selendang itu berkibar, ada bayangan dari selendang tersebut.

Kedua, Timing & Spacing. Timing ini adalah menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sedangkan spacing adalah perlambatan atau percepatan dari sebuah gerakan animasi. Tiga, Squash &Stretch. Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.

Yang keempat, Anticipation. Anticipation adalah gerakan awalan atau gerakan ancang-ancang sebelum gerakan inti. Misalnya obyek animasinya hendak duduk, maka gerakan anticipatioannya adalah pada saat obyek membungkukkan badan untuk duduk. Kelima, slow in & slow out. Slow ini adalah gerakan obyek animasi yang pada awalnya lambat ke cepat. Slow out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.

Keenam, arcs.  Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih realistik, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola).

Yang ketujuh, Secondary Action. Secondary action itu gerakan tambahan untuk memperkuat gerakan utama. Misalnya nih, saat obyek animasi tengah berjalan, maka secondary actionnya itu saat tangannya ikut bergerak. Kedelapan, Follow Through and Overlapping Action. Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah melompat.

Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Contoh : Kelinci yang melompat. Sesaat setelah melompat telinganya masih bergerak-gerak meskipun gerakan utama melompat telah dilakukan.

Sembilan, Straight Ahead Action and Pose to Pose. Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/dilanjutkan oleh asisten/animator lain.

Yang kesepuluh, Staging. Staging dalam animasi meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene. Biasanya berkaitan dengan posisi kamera pengambilan gambar. Posisi kamera bawah membuat karakter terlihat besar dan menakutkan, kamera atas membuat karakter tampak kecil dan bingung sedangkan posisi kamera samping membuat karakter tampak lebih dinamis dan menarik.

Sebelas, Appeal. Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Kita bisa dengan mudah mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas. Dan yang kedua belas, Exaggeration. Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.

Itu dia 12 prinsip animasi. Untuk lebih lengkapnya bisa googling atau baca-baca di buku. Semua materi yang aku sampaikan itu dari catatan kuliah aku yang disampaikan oleh sang dosen plus ada juga beberapa dari internet. Kalau semisal ada yang salah, bisa banget ya dikoreksi. 

oh ya, ini bisa dijadikan contoh 12 prinsip animasi. Video ini tugas kelompok aku. check this out :

Oke deh segini dulu, sebenarnya masih banyak yang pengen diceritain, tapi nanti-nanti ajalah. Salam sayang, @muthiiihauraa.
Minggu, 12 Juni 2016. 21.31 WIB.
 

 

Baca Artikel Populer Lainnya

6 komentar:

  1. huwahh... jujur aku masih belum terlalu nggeh dengan desain animasi mba Muthi. kapan2 kasi contohnya ya mbak :D

    BalasHapus
  2. Kalau soal animasi saya belum begitu paham mbak jadi mohon bantuannya deh buat diajarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan lebih dirincikan penjelasannya :))

      Hapus
  3. Keren. Keren. Baru tahu kalau animasi memiliki prinsip. Keren.
    Senang tambah ilmu meski nggak jalan di bidang ini.

    BalasHapus