Tips Sukses dari Alumni

18.31 Muthi Haura 5 Comments



Haay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Udah berada diambang akhir Ramadhan ya, nggak kerasa. Bentar lagi KKN pula. Ramadhan tahun ini agak serba-serbi, banyak banget undangan buka bersama yang ditolak. Bukan maksud apa-apa, aku kalau semuanya diikutin uangnya yang nggak ada. Lagi banyak banget pengeluaran menjelang KKN ini. -__-

Kemaren itu ditanggal 17 Juni 2016, lebih tepatnya hari Jum’at, LPM Gagasan ngadain buka bersama dengan alumni dan utusan UKK/UKM. Aku dan teman-teman panitia berusaha ngonsep dan ngasih yang terbaik untuk acara bubar ini. Beberapa kali kami rapat hanya untuk mem-fix kan acara ini. Kalau boleh nyombong, acaranya bisa dibilang sukses dari pada tahun-tahun yang lalu. Trimakasih teman-teman panitia! ;))

Di acara bubar ini, kami ngundang alumni-alumni dari angkatan awal atau bisa dibilang para pendirinya. Iya, jadi yang diundang itu dari angkatan awal Gagasan lahir ditahun 1993. Memang nggak semua yang bisa hadir, tapi bisa dibilang jadilah.

Alumni-alumni Gagasan udah pada ‘menjadi’ semua. Udah jadi orang-orang hebat dan bisa dibilang sukseslah. Abang-abang alumni ini pada ngasih patuah ke kami, yap, pada ngasih tips sukses buat kami kedepannya gimana. Tips sukses ini tidak hanya bisa diterapkan di organisasi, tapi juga bisa diterapkan dalam kehidupan kami sendiri.


Penasaran apa tips sukses dari para alumni-alumninya Gagasan? Ini nih beberapa yang aku ingat, check this out :  



Pertama, dekat dengan Allah. Menurut para alumni, kedekatan dengan Allah itu akan mempermudah rezeki. Akan membukakan jalan terhadap apa yang kita inginkan. Dari yang aku amati pun, orang-orang yang spritualnya bagus itu cenderung lebih sukses ketimbang yang nggak.

Bukannya menjudge atau bermaksud apa-apa, itu hanya menurut pendapat aku, my opinion. Nggak hanya yang beragama islam, yang non islam pun kalau mereka dekat dengan Tuhan mereka, mereka juga cenderung lebih sukses dari pada yang lainnya. Mungkin benar kata aba, dunia dan akhirat itu ibarat padi dan rumput. Akhirat padi, dunia rumput. Kalau kita nanam padi, rumput akan ikut tumbuh, sedangkan kalau kita nanam rumput, apa padi ikut tumbuh?

Dunia dikejar nggak akan ada habisnya. ingat itu, Mut! Yang kedua, banyak membaca! Katanya alumni, wawasan seseorang itu bisa diukur lewat apa yang ia tulis dan apa yang ia sampaikan. Salah satu cara untuk menambah wawasan itu ya dengan membaca! Baca baca baca, bukankah wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah iqra’, bacalah!

Sempatkan dalam sehari membaca, hal yang tengah aku usahakan dan biasakan, walau sering kali lebih banyak malasnya. Kalau mau sukses, jangan malas-malas, Mut! Ketiga, berfikir positif. Seringkali wartawan/reporter itu cenderung berfikir negative terhadap lingkungannya, bawaannya curigaan aja.

Bisa dibilang ada benarnya juga sih, apa tuntutan keadaan yang mengharuskan wartawan/reporter itu curigaan? Katanya alumni, coba berfikir positif, jangan semuanya dilihat dari sisi negatifnya saja. Yang keempat, jeli melihat peluang! Kesempatan atau peluang itu terkadang hadir tanpa disangka-sangka, makanya dibutuhkan kejelian untuk meraihnya.

Misalnya kaya kemaren, Gagasan diajak kerja sama oleh sebuah penerbit mayor untuk membuat acara, tapi ditolak Gagasan karna acaranya tidak berkaitan dengan tulis menulis. Kalau katanya alumni, seharusnya kesempatan itu diambil saja, walaupun nggak berkaitan dengan tulis menulis, seengaknya Gagasan punya nama dimata penerbit.

Kelima, optimalkan gadget! Menurut alumni, gadget ini kalau di optimalkan dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Nyari uang lewat gadget pun bisa. Sayang banget rasanya kalau punya gadget keren tapi nggak di optimalkan dengan baik.

Setuju dengan pion ini! Aku pun ngerasai dampak positif dari gadget yang tersambung dengan internet ini. Salah satunya, aku bisa punya wadah berkarya didunia maya, dimana lagi kalau bukan di www.muthihaura.com ini ;)) Walau memang pundi-pundi rupiah dari ngeblog ini belum seberapa yang aku rasakan, nggak kaya blogger-blogger ngehits lainnya yang bisa dapat jutaaan bahkan 15 jutaan setahun, tapi aku akan tetap berusaha ngoptimalkan gadget yang terkoneksi dengan internet ini.

Sayang banget kalau gadget Cuma untuk selfie dan stalkerin dia, ya kan? :p Yang keenam, lakukan yang terbaik. Dimanapun, kapanpun, apapun posisi yang tengah dijalani, lakukan dengan baik. Beri yang terbaik. Istilahnya itu, optimalkan usaha terhadap apa yang tengah kamu lakukan.

Yap, enam itu aja deh dulu kayanya. Sebenarnya masih banyak yang disampaikan para aluni, tapi karna kebatasan ingatan, hanya seginilah yang mampu aku rangkum. Tips sukses ini hal-hal yang sering juga kita dengar kan? Tapi rasanya tetap sangat sulit untuk dilakukan.

Trimakasih abang-abang alumni yang keren dan kece-kece! Maaf jika dalam jamuan kami ada yang tidak berkenan. Maaf juga jika disaat kehadiran kalian, aku masih canggung untuk menyapa. Iya, canggung haha! -__- Grogian, aku mah pemalu orangnya, uhuk! :p

Kamu tak perlu berkoar-koar tentang betapa hebatnya dirimu, karna kalau kamu benaran hebat, orang yang akan berebut nyariin kamu. Cukup optimalkan diri, asah skill, dan lakukan yang terbaik. Seperti halnya langit yang tak pernah berteriak seberapa ‘tinggi’nya ia, tapi kita tau bahwa ia sangat tinggi.

Quote apa itu, Mut? Entahlah, anggap aja gitu dan anggap aja mengerti. Haha! Oke deh, segini dulu, salam sayang, @muthiiihauraa.
Minggu, 26 Juni 2016. 10.45 WIB.
 

Baca Artikel Populer Lainnya

5 komentar:

  1. kalau dengan alumni aku gak bisa.. udah mencar-mencar, paling dengna komunitas :)

    BalasHapus
  2. asyik nih dpt tips dr kakak2 alumni :)

    BalasHapus
  3. Eh tau gak Kak, aku kok baca tipsnya kayak ngulang lg cerita dari kakak tingkatku ya? Persis banget petuahnya kayak gitu, soal menanam padi dan rumput itu.

    Hmm, orang-orang sukses emang gak jauh-jauh dari prinsip tadi ya. Semoga aku gak cuma baca tips ini, tp juga ngelaksanainnya. Amin...

    BalasHapus
  4. Satu lagi, sayang sama keluarga dan orang tua. Insyaallah rejeki yg dilimpahkan jd berkat juga ^^

    BalasHapus
  5. menjalin silaturahmi bisa memperpanjang umur dan memperlancar rejeki ya....

    BalasHapus