Cantik dari Hati

00.32 Muthi Haura 4 Comments



Setiap cewek pasti kepengen dibilang cantik. Setiap cewek pasti berharap mendapatkan pengakuan atas dirinya bahwa ia cantik. Untuk satu kata ‘cantik’ ini pula, banyak cewek yang berlomba-lomba kesalon, membeli produk-produk kosmetik mahal, diet mati-matian, bahkan sampai operasi plastic. Ya, rela mengeluarkan uang berjuta-juta demi satu kata ‘cantik’.

Media-media pun seolah memproklamirkan definisi cantik itu beginilah begitulah dan lain sebagainya, padahal cantik itu relative bukan? Tergantung seseorang ngelihatnya dari sisi mana. Ngomongin soal cantik, bullshit banget kalau ada cewek yang bilang nggak ingin dipuji cantik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cantik itu indah dalam bentuk dan buatannya.

Definisi cantik menurtut media


Aku pernah nulisin juga tentang cantik dipost ini dan ada beberapa teman yang ngomen tentang definisi cantik menurut mereka. Komenannya aku tulisin disini ya, check this out :
Zaki Sulistya : Cantik? Menurut saya, cantik itu dibagi menjadi dua. Inner beauty dan outer beauty. Yang membedakan ini adalah, outer beauty semakin lama semakin pudar, tetapi inner beauty semakin lama semakin baik. Nah yang kurang dipahami oleh kalangan remaja adalah pengejaran terhadap outer beauty, yang berarti hanya mengejar hawa nafsu mereka sendiri. Saya lebih berpihak kepada wanita yang cerdas (secara sikap dan otak) daripada wanita yang hanya mengandalkan fisiknya saja.

Apakah efek dari pengejaran outer beauty? Percerain. Karena ketika fisik dari sang kekasih sudah tidak seindah ‘dulu’, lalupun sang kekasih menceraikannya agar bisa mencari yang lain. Semoga generasi muda bisa diajarkan tentang ini semua.

Agiasa Ziya : Cantik nggak perlu make up, tapi merawat diri perlu banget. Beda loh make up sama treatment kulit. Cantik itu yang bisa memberi manfaat untuk orang banyak tanpa harus mengeksploitasi diri. Cantik itu yang bisa selalu setia sama Tuhannya.

Fitria Listie : Cantik itu pada intinya adalah bagaimana kamu menghargai dirimu sendiri. Kalau kita bahagia dengan apa yang kita punya (plus dirawat tentunya), orang juga melihat ada ‘sesuatu’ didiri kita. Saya juga dulu pernah salah mempersepsikan cantik, akibatnya saya malah merusak tubuh saya sendiri.

Alhamdulillah dengan banyak baca dan liat video di youtube tentang healthy lifestyle dan semacamnya, lalu merubah gaya hidup saya, sekarang saya lebih percaya diri dengan apa yang Allah kasih sama saya.

Andy Langit : Cantik itu nggak harus luarnya aja, tapi dalamnya juga.

Ayu Citraningtias : Cantik memang seringnya identik dengan fisik, karna sebetulnya cantik itu sifat. Yang penting jadi cewek pandai merawat diri, dan bukan Cuma soal dandan aja sih.

Dari komenan teman-teman tentang definisi cantik itu, aku menangkap ada dua secara umum definisi cantik, yakni cantik dari hati (inner beauty) dan cantik dari fisik (outer beauty). Nah, kali ini aku lebih menitikberatkan bahasan tentang cantik dari hati atau yang sering dikenal dengan inner beauty menurut pendapat aku.

Pernah nggak sih ngelihat cewek yang secara fisik bisa dibilang yah nggak terlalu cantiklah, tapi saat ngelihat dia itu bawaannya adem aja. Kaya ada something didiri cewek itu yang bikin betah berlama-lama ngeliatinnya. Atau pernah nggak sih kagum dengan cewek secara fisik biasa-biasa aja, tapi punya prestasi luar biasa?

Atau pernah nggak sih kamu ngerasa nyaman bareng seorang cewek yang biasa-biasa aja, tapi asik dan nyambung diajak cerita tentang berbagai hal? Seakan-akan ilmu yang ia miliki itu luas? Atau kamu kagum dengan cewek yang tutur katanya dan sikapnya lembut banget?

Pernah nggak ketemu cewek kaya gitu? Biasa-biasa aja secara fisik, tapi punya something yang membuatnya menarik. Aku sering ketemu cewek yang kaya gitu, bahkan terkadang aku juga mengaguminya. Kalau boleh aku nilai, cewek seperti itu punya kecantikan yang memancar dari dalam dirinya. Bisa dibilang cantik dari hati gitu.


 ediing by me. artis : Naila

Aku selalu kagum ngelihat cewek yang punya sifat dan tingkah laku plus prestasi yang luar biasa, seakan kekurangan atau minus difisiknya seolah tertutupi. Ada juga yang malah sebaliknya, dia cantik secara fisik, tapi pas dekat dengannya, bawaannya kesel aja. Diajak ngomong nggak nyambung, bahkan bisanya kalau ngomong Cuma nyakitin.

Iya, ada juga yang kaya gitu! Nggak semuanya memang, tapi yang pasti adalah! Jadi menurut aku, cantik dari hati itu adalah saat kamu bisa menerima diri kamu apa adanya dan kamu mensyukurinya. Saat kamu tidak ambil pusing atas penilain orang terhadap diri kamu dan kamu tetap semangat berprestasi. Saat kamu dekat dengan Tuhanmu. Saat kamu ngejalani perintah-perintah Tuhanmu.

Saat kamu punya banyak prestasi, tapi kamu tetap merunduk layaknya padi. Saat kamu memiliki akhlak yang baik. Saat kamu bisa berbaur dengan lingkungan sekitarmu tanpa memandang status kaya dan miskin. Saat kamu bisa bermanfaat buat lingkunganmu. Saat kamu bisa mencetak senyum diwajah orang-orang yang kamu sayang. Saat kamu bisa meraih apa yang kamu impikan lewat tanganmu sendiri.

Ya, itu definisi cantik dari hati menurutku. Islam sangat memuliakan wanita. Islam pun juga mengatur tentang kecantikan wanita. Didalam hadits yang berbunyi : “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah).


Dalam hadits lainpun, Rasulullah mengatakan dari Amr ibnu ra : “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalehah.” (HR.Muslim, Ibnu Majah dan An Nasai). Dari kedua hadits tersebut yang dapat aku tangkap adalah bahwa Islam memandang bahwa kecantikan wanita itu berasal dari hati. Inner beauty. Kecantikan dari hati tak akan pernah lekang oleh waktu, malah semakin bertambah, semakin bersinar ia. Beda dengan kecantikan fisik yang justru sebaliknya.

cantik hati vs cantik fisik


Kecantikan fisik itu semakin bertambah waktu, semakin pudar ia. Makanya sering kita lihat dari sebuah pernikahan, lelaki yang hanya mencari istri berkiblat dari kecantikan saja, maka saat istrinya sudah tidak cantik lagi, ia mencari wanita lain.

Beberapa teman-temanku saat ditanya tentang kecantikan hati alias inner beauty, mereka menjawab seperti dibawah ini. Check this out :
Alief Alhadi : Hmm, menurut aku, cantik dari hati itu dilihat dari sifatnya yang baik, bicaranya itu bikin hati tenang, trus rajin sholat sama ngaji, pintar masak, dan punya sifat keibuan. Kalau masalah fisik ngikut aja itu kalau sifatnya udah baik, yang penting dia pakai jilbab teruslah kalau keluar rumah. Kalau disuruh milih, aku lebih milih cewek yang cantik dari hati.
Arif Rahmat Qusyairi : Cantik dari hati itu bagiku, cantik akhlaknya dan parasnya. Kalau aku milih cewek cantik dan baik hati.
Azizah Syahrofa Limbong : Menurut aku yah, cantik dari hati itu wanita sholehah! Yang setiap gerak-geriknya itu buat orang nyaman. Setiap kata-kata yang keluar dari lisannya buat orang damai. Selalu tulus kalau melakukan sesuatu. Intinya, dia bisa buat orang nyaman kalau didekatnya.
Rahma Liasa Zaini : Cantik dari hati itu yang taat menjalankan perintah Tuhannya.

Nah itu dia definisi-definisi cantik dari hati. Kamu lebih pilih yang mana? Mau dinilai cantik dari hati atau hanya sekedar cantik dari fisik? Kalau yang aku liat dizaman sekarang ini, kebanyakan cewek lebih mengagungkan kecantikan fisik. Nggak ada salahnya sih, tapi kayanya harus juga diimbangi atau bahkan dilebihkan kecantik hatinya.

Kalau aku pribadi sangat sangat terkagum-kagum dengan cewek yang cantik dari hatinya, memiliki banyak prestasi, santun tutur katanya, jago masak, dan ia juga memiliki kecantikan fisik. Ada cewek seperfect itu, Mut? Ada kok, sering aku jumpai. Kecantikan fisik ini tidak harus ikut-ikutan operasi plastic atau sedot lemak atau suntik putih atau bermake up yang tebelnya nauzubillah.

Nggak, nggak kaya gitu maksud aku! Nggak perlu berlebih-lebihan kaya gitu. Kecantikan fisik itu ya cukup dirawat aja apa yang udah Allah kasih. Bukankah Allah juga menyuruh kita sebagai perempuan untuk merawat diri kita kan? Nggak salah kan cewek ngerawat diri? Yang salah itu hanya berfikiran dangkal dengan berfikiran bahwa ngerawat diri itu nggak penting, inner beauty yang penting. Ah bullshit itu mah. Lelaki itu nyarinya yang cantik hati, pasti itu, tapi bukan berarti mereka mengabaikan kecantikan fisik.

Bullshit kalau ada lelaki yang nerima kamu Cuma karna cantik hati tapi pada nyatanya masih juga jelalatan ngelihat perempuan yang lebih bening dari kamu. Iya kan? Nah untuk ngerawat diri, aku ada merekomendasikan satu brand produk yang Insha Allah dijamin halal.

Kenapa wardah?
Wardah diciptakan dengan bahan baku aman dan halal dengan  proses teknologi modern dibawah pengawasan ahli serta dokter kulit. Wardah juga mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) lho.


Beberapa produk wardah yang aku punya. Bisa baca reviewnya disini.


Fatwa halal dan haram ini menjadi bab penting yang diperhatikan dalam islam. Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya apa-apa yang halal itu jelas dan sesungguhnya apa-apa yang haram itupun jelas pula. Di antara kedua macam hal itu –yakni antara halal dan haram- ada beberapa hal yang subhat –samar-samar atau serupa yakni tidak jelas halal dan haramnya. Tidak dapat mengetahui apa-apa yang syubhat itu sebagian manusia. Maka barangsiapa yang menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan syubhat, maka ia telah melepaskan dirinya dari melakukan sesuatu yang mencemarkan agama serta kehormatannya. Dan barangsiapa yan telah jatuh dalam kesyubhatan-kesyubhatan, maka jatuhlah ia kedalam keharaman, sebagaimana halnya seorang pengembala yang menggembala di sekitar tempat yang terlarang, hampir saja ternaknya itu makan ditempat larangan tadi.”

Sabda Rasulullah diatas itu sindiran juga buat aku yang kayanya sering juga ngikuti perbuatan syubhat. Astagfirullah ;( Nah, lanjut ke wardah nih. Sebagai kosmetika modern, wardah cosmetic diproduksi dengan formula :
Pertama, non comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori, tidak menimbulkan komedo dan jerawat. Kedua, oil control, mencegah produksi minyak berlebih karena suhu panas. Ketiga, UV Protection, mencegah efek buruk sinar UV A dan UV B pada kulit. Dan yang keempat, non photosensitasi, tidak bereaksi terhadap cahaya karena zat pewarna yang digunakan aman.
Hal tersebut senada dengan wardah beauty concept, yaitu
Pertama, pure & safe, wardah cosmetic dibuat dari bahan berkualitas dan terbukti aman serta halal. Kedua, beauty expert, wardah cosmetic diformulasikan oleh para ahli farmasi dan kecantikan yang menghadirkan produk yang berkualitas dengan inovasi terkini. Dan yang ketiga, inspiring beauty, kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Wardah cosmetic mendorong setiap wanita untuk senantiasa percaya diri dan peduli terhadap sesama yang terkenal sebagai ‘kecantikan yang menginspirasi’.

Aku punya satu paket lengkap wardah. Dari facial wash-scrubt-peeling-masker-sampai lipbalmnya dari wardah. Waktu itu aku belinya lagi promo. Iya, aku emang suka banget beli-beli skincare kaya gitu, tapi parahnya jarang dipakai. Beberapa teman yang sering mampir kekamar aku, pasti sering banget nanya : “Itu baru lagi? Kok nggak dipakai? Bla bla bla.”

Tapi akhir-akhir ini udah sering pakai kok. Udah insyaf ceritanya, apalagi sekarang udah mau masuk ditahun akhir kuliah, malu kan kalau masih kucel-kucel nggak jelas. Wardah ini salah satu perawatan terlengkap yang bisa bantu aku. Skincare terpercaya Insha Allah. 

Yuk mari berbenah diri. Mari jadi perempuan di era modern yang nggak hanya memperhatikan penampilan fisik, tapi juga hati dan otak. Percaya deh, kalau kamu cantik fisik ditambah cantik hati, wah-nya double-double. :D



Al-hamdu lillaahil ladzii sawwa kholqil faaddalahu wakarroma shuurota wajhil fahassanahaa wa jaalanil minal muslimin. Amin
Segala puji bagi Allah yang telah membentuk penciptaan diriku lalu menyempurnakannya dan telah memuliakan bentuk wajahku lalu memperbagusnya dan menjadikan diriku orang-orang yang berserah diri. (HR.Ibnu Sunni)


Oke segini dulu, salam cantik, @muthiiihauraa.
Rabu, 13 Juli 2016. 12.06 WIB.

Sumber :
http://www.lieshadie.web.id/2013/10/lengkapi-cantiknya-hati-dengan-kosmetik.html
https://tikamustofa.wordpress.com/2013/10/12/wardah-kosmetik-halal-aman-dan-berkualitas-untuk-kesempurnaan-kecantikan/



Baca Artikel Populer Lainnya

4 komentar:

  1. Kalau bicara WARDAH, saya jadi inget ketika tahun 2001-an...
    Dulu saya salesnya wardah...
    tapi via MLM dulu...

    skarang udah berkembang pesat...
    sip :)

    BalasHapus
  2. Aku pakai Wardah juga, udah 7 tahun dan nggak pengen pindah ke lain hati :D

    BalasHapus
  3. wardah saya pake krim siangnya :)

    BalasHapus
  4. aku juga.. hadiah pernikahanku salah satunya satu set wardah lo.. cocook banget aku pake wardah. the best lah..

    BalasHapus