Nasihat Untuk Mahasiswa Baru

20.24


Haaay, Assalamua’laikum. Lagi ngapain nih? Sekarang aku udah semester VII yang artinya, ini tahun terakhir kuliah. Semoga saja! KKN sudah berlalu, banyak sekali sebenarnya yang pengen diceritakan seputar KKN, tapi kayanya dipending dulu, mau dijadikan novel untuk diikutkan lomba di LPPM. Doain semoga menang ya!
Kemaren, aku ngerasa senang, sedih, risau, bahagia, pokoknya berbagai macam rasa menyatu. Aku nggak tau rasa apa ini. Disatu sisi aku senang perihal something, disatu sisi lainnya, aku sedih karna banyak sekali target-target yang aku buat sendiri dan aku sendiri pula yang melalaikannya. Kemaren juga ketemu dengan salah satu teman KKN, si pak ketua.
Awalnya janjian di masjid, tapi beralih ke PKM karna satu dan lain hal. Di PKM, kami cerita banyak hal, setelah itu, aku mengajaknya mengelilingi PKM, termasuk menghampiri sekre Gagasan yang ternyata nggak ada orang. Oh ya, kemaren juga di tanggal 10 September sempat ikutan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) di PKM UIN Suska, nggak tau hasilnya gimana. Apapun hasilnya, semoga itu yang terbaik. Amin!
Ah Mut, sadar! Kembali berfokus juga ke target-target! Ingat impian Mut! Oke sip! Mulai hari ini aku akan berusaha ngalahin rasa malas. Ngalahin rasa negative didiri sendiri. Wah panjang curhatan colongannya haha.
Oke, kembali ke judul. Udah semester VII, adik-adik mahasiswa baru juga udah resmi sebagai mahasiswa semester I. Kali ini aku pengen ngasih sedikit nasihan buat adik-adik mahasiswa baru. Bukan nasihat sih, lebih tepatnya sedikit sharing dari aku tentang dunia perkuliahan dan hal-hal apa yang mesti adik-adik mahasiswa baru lakuin.
Post ini aku buat karna dulunya saat aku masih jadi mahasiswa baru, aku bisa dibilang buta tentang dunia perkuliahan. Aku nggak tau apa-apa tentang medan yang tengah aku jalani itu. Sempat waktu itu nyari informasi di internet, tapi nggak ada hasil. Nggak ada yang ngasih nasihat atau saran gitu bagi mahasiswa baru. Nanya ke senior pun jawabannya bisa dibilang bagi aku kurang memuaskan.
Aku harap post ini dapat bermanfaat. Oh ya, post ini juga ditulis bukan maksud karna aku hebat atau sok hebat. Anggap sharing dari kakak ke adiknya. Oke langsung aja, check this out :

Pertama, aktiflah dikelas. Rata-rata dari semua dosen yang aku masuki kelasnya, para dosen-dosen ini sangat suka mahasiswa yang aktif dikelas. Mahasiswa yang aktif dikelas itu bukan berarti dia ngerasa dirinya sok pintar. Bukan pula dengan niatan ‘nyari muka’. Kalau aku pribadi sih aktif dikelas buat nanya hal-hal yang nggak aku ngerti.

http://selowaja.com/cara-agar-populer-di-sekolah



Biasanya diawal-awal semester perkuliahan itu, aku malah malam-malam sebelum kelas dikeesokan harinya, aku udah nyiapin pertanyaan. Terkesan ribet sih, tapi itu terbukti bikin kita nggak ngelongo pas dosen buka sesi pertanyaan. Dosen pun nganggapnya mahasiswa yang nanya itu berarti merhatiin penjelasannya.
Selain itu, bagi aku pribadi, dengan bertanya atau menyanggah atau memberikan pendapat, aku jadi belajar ngomong didepan umum. Dan sampai saat ini pun masih dalam tahap belajar. Bonusnya juga pasti dikenal dosen. Yang kedua, aktif berorganisasi. Organisasi itu penting! Terserah mau organisasi didalam atau diluar kampus, yang penting ikut dan terlibat disana.
Kalau aku ditahun awal kuliah, aku ikut tiga organisasi, COFA-Madikom-Gagasan. Di COFA Cuma sebentar, karna nggak sreg rasanya dan akhirnya out. Di Madikom sampai akhir kepengurusan, sedangkan kalau di Gagasan masih stay sampai sekarang.
Targetnya sih tahun ini bisa ikutan komunitas atau organisasi diluar kampus, tapi itu masih target dan sekarang masih harus lihat kondisi. Banyak banget hal yang didapat kalau kamu gabung organisasi. Link, pengalaman, dan lain sebagainya. Pokoknya nggak bakal nyesal deh, pandai-pandai aja membagi waktu.
Ketiga, punya perencanaan study. Maksudnya gini nih, kamu tau kamu kuliah itu untuk apa. Alasan kamu masuk jurusan kuliah itu. Trus juga yang paling penting, kamu tau akan KKN atau magang atau PKL dimana. Hal ini berguna agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan matang. Kamu juga jadi nggak perlu pusing-pusing besoknya akan magang atau KKN dimana.
Aku nggak pernah sih bikin langkah ketiga ini dan akhirnya aku agak kebingungan juga bakal magang atau KKN dimana. Kalau kamu dari keluarga yang sederhana yang uang (maaf) bisa dibilang sulit, dengan punya perencanaan study ini, kamu jadi bisa membayangkan juga biayanya. Jadinya kamu bisa mempersiapkan uang untuk magang atau KKN itu atau hal-hal yang berkaita dengan program study itu.
Yang keempat, ikuti banyak perlombaan. Perlombaan itu banyak, ikuti yang sesuai dengan passion kamu. Udah tau kan passion kamu dimana? Kalau aku sukanya nulis, jadinya sebisa mungkin ngikutin perlombaan nulis.
Kadang menang, tapi lebih sering kalahnya. Kalah bukan berarti pecundang, tapi disaat kamu kalah, kamu akan belajar lebih banyak hal. Serius loh! Intinya ikutin aja banyak perlombaan, kamu akan belajar banyak dari perlombaan itu. Kali-kali aja kamu jadi bisa keliling dunia dari perlombaan yang kamu ikuti itu. Kelima, belajar nulis. Belajar nulis disini bukan dalam arti harfiah ya, belajar nulis disini maksudnya belajar merangkai kata.
http://vinna-kurniawati.blogspot.co.id/2012/06/tips-nulis-12-pilih-genremu.html

Kemampuan menulis ini berguna loh. Untuk buat laporan, buat makalah, buat profosal, dan pastinya SKRIPSI. Terus aja latihan, akupun masih dalam tahap latihan nih. Percaya deh, pas kuliah ini, kemampuan menulis itu sangat penting. Banyak hal-hal yang bisa didapatkan kalau kamu pandai nulis.
Yang keenam, jangan berfokus pada cinta. Ini yang paling berat kali ya. Kalau hasil pengamatan aku, teman-teman yang tidak pacaran atau lebih memilih single, lebih sukses ketimbang yang pacaran. Sekali lagi ini Cuma hasil pengamatan aku. Semuanya itu kembali lagi ke diri masing-masing. Kalau katanya Om Mario Teguh, suksesmu akan mengundang cinta yang berkualitas.
Ketujuh, kerjain tugas diawal waktu. Tugas apapun itu, baik itu tugas dari organisasi atau dari kampus atau dari job, kerjain diawal waktu. Kerjain pas belum mendekati deadline. Kalau aku pribadi, aku lebih suka ngerjain tugas itu memang diawal waktu, selain hasilnya lebih maksimal dan rasanya ada kepuasan tersendiri.
Aku kalau udah mepet deadline bakal pusing sendiri, bakal nggak mood atau malas-malasan buat ngerjainnya dan hasilnya pun nggak maksimal. Dan yang terakhir a.k.a kedelapan, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. S1 itu Cuma sekali dan waktu empat tahun itu bukan lama. Sebentar. Nggak bakal kerasa deh.
Makanya jangan disia-siakan waktu. Kalau bisa seoptimal mungkin memanfaatkan waktu untuk ngasilin banyak karya, untuk ngasah dan ngembangin skill, untuk ngelakuin banyak hal yang kamu suka dan pastinya positif, dan untuk-untuk lainnya.
Jangan nyesel dikemudian hari. Jangan nyesel pas udah duduk ditahun-tahun akhir perkuliahan, kaya aku, aku akhir-akhir ini sering juga mikir kenapa nggak ngelakuin ini atau itu dulu ditahun-tahun awal kuliah. Ah, nyesalpun aku sekarang nggak ada gunanya kan? Toh nasi udah jadi bubur, tinggal jadikan bubur itu tetap enak dinikmati.
Oke deh mungkin itu dulu. Sebenarnya masih banyak, tapi ini dulu deh. Salam sayang, @muthiiihauraa.
Sabtu, 17 September 2016. 17.21 WIB.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Asyiik kakak senior ngasih nasihaat..
    dulu ikut focus tapi ga focus hahah

    BalasHapus