Cara Membuat Blog

01.27 Muthi Haura 5 Comments



Hay, Assalamua’laikum. Lagi dikantor nih dan nggak tau mau ngapain. Sempat sejak kemaren punya ide buat share semua tentang blogging yang aku ketahui. Nggak, sama sekali aku nggak ahli. Akupun masih dalam tahap belajar. Tapi nggak ada salahnya kan sharing? Kali-kali aja bermanfaat, apalagi banyak juga teman-teman aku dikampus yang masih belum ngerti soal blogging.

Sebelum membahas lebih jauh tentang blog, sebaiknya kita tau dulu apa sih itu dunia blogging. Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).


Nah itu dia sejarah singkat tentang blog dari Wikipedia. Teman-teman dikampus yang tau aku ngeblog, pasti selalu bertanya alasan aku ngeblog. Aku ngelakuin sesuatu pasti ada alasan. Dulu awal-awal kenal dunia blog, aku asli awam banget. Makanya aku pengen sharing tentang dunia blogging sejauh yang aku ngerti, biar aku bisa bantu teman-teman. Biar teman-teman yang mampir ke blog ini dan pengen punya blog jadi tau caranya.


Dari 2013 aku ngeblog sampai sejauh ini, aku ngerasakan banyak banget manfaat dari blog. Mulai dari persahabatan, job, belajar nulis, pokoknya banyak deh. Sejauh ini, aku ngerasa bersyukur banget karna ketemu blog.


Nah, bagi teman-teman yang masih newbie dan penasaran gimana caranya buat blog, ikutin step-step dibawah ini ya. Langsung aja, check this out :
Sebelum membuat blog, teman-teman harus punya akun gmail dulu. Untuk step-step cara pembuatan akun gmail, mungkin bisa searching di internet :D Jangan lupa luruskan juga niat ngeblognya. Niatkan buat latihan nulis, bukan buat ngejar materi. Niatkan buat berbagi juga.
 

Setelah punya akun gmail, hal pertama yang dilakukan adalah buka www.blogger.com. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Ditengah-tengahnya ada tulisan create your blog kan? Klik deh itu.


Kedua, maka akan muncul gambar seperti diatas. Silahkan dipilih akan membuat profil google + atau mau membuat profil blogger terbatas. Kalau aku pribadi sih bikinnya profil google +. Kalau teman-teman mau bikin profil google + juga, klik aja buat profil google + dan ikuti step demi stepnya. Cuma ada dua step kok dan itu nggak ribet, next-next kan aja.


Buat profil google + nya udah siap kan? Nah yang ketiga, akan muncul photo seperti diatas. Klik aja kata-kata lanjutkan ke blogger.


Setelah mengklik lanjutkan ke blogger seperti step di nomor tiga, maka yang keempat, akan muncul photo seperti diatas. Teman-teman tinggal klik blog baru.


Setelah mengikuti step nomor empat, maka akan muncul photo seperti diatas. Ada judul dan alamat blog yang harus diisi. Trus juga disuruh pilih templatenya. Kalau untuk judul, aku isi dengan ‘menulis is my life’. Sedangkan untuk alamat blog baru, aku buat ‘www.muthimenulis.blogspot.co.id’. untuk template aku pilih yang kelembutan. setelah semua yang diminta itu diisi, klik deh buat blog!


Dah jadi deh ;)) Gampang dan nggak ribet kan? Ayo ngeblog! Bakal banyak hal yang luar biasa yang akan kamu dapatkan. Serius loh, nggak percaya? Cobain aja! Blog itu media luar biasa loh. Mungkin segini aja. Nanti akan aku lanjut tentang dunia blogging di entry-entry selanjutnya. Doain aku konsisten ya. Salam saying, @muthihaura1
Kantor, Selasa, 25 Oktober 2016. 15.21 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

5 komentar:

  1. Aaamiin.. semoga kita tetep semangat dan konsisten ngeblog ya. Itu kendala aku juga sih, suka berbulan-bulan nggak bikin posting sama sekali hahaha.. salam kenal Muthi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali ya :) Ayo semangat ngeblog!

      Hapus
  2. Mbak muthi, klo nulis buat lomba ngeblog idealnya butuh berapa hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung. Kalaiu lagi ada ide bisa sejam-dua jam, tapi kalau lagi nggak ada ide bisa berhari-hari ;)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus