Hai 2017!!

21.28 Muthi Haura 16 Comments



Waktu itu terlalu cepat berlalu. Entah aku yang terlalu menikmati atau memang begitu adanya. 2016 sudah dipenghujung hari, sedangkan 2017 diambang pintu. Berbagai macam rasa berkecamuk didalam hatiku. Sedih, senang, galau, bahagia begabung menjadi satu. Sedih karna merasa diri ini semakin menua, sedangkan belum bisa ngasilin banyak karya.

Sedih karna waktu hidupku semakin berkurang. Sedih karna menyadari bahwa 2017 umurku sudah menginjak 22 tahun. 22 bukan lagi umurnya remaja-remaja ingusan nan alai. 22 bukan lagi umurnya buat mikirin sekedar have fun belaka. 22 seakan menjadi alarm buat aku untuk mulai mikirin masa depan. Untuk mulai mikirin hal-hal yang harus diseriusi kedepannya. Umur 22 seakan menjadi tantangan buat aku untuk sesegera mungkin menyelesaikan study dan memakai toga.




Umur 22 juga membuat aku berfikir tentang ‘menikah’. Beberapa teman-teman sebayaku sudah ada yang melanjutkan hidup ke jenjang pernikahan. Dan senangnya, ada beberapa target 2016 yang satu persatu mulai mewujud. Memang nggak semuanya, karna target itu dibuat untuk nuntun langkah kita agar terarah. Masalah terwujudnya atau tidak sebuah target, itu masalah waktu. Allah ngasih sesuatu yang kamu butuhkan, bukan sesuatu yang kamu inginkan, selagi kamu terus berusaha dalam doa dan perbuatan.


2016 mengajarkan aku banyak hal. Tentang hidup, tentang kesetiaan, tentang persahabatan, dan tentang-tentang lainnya. 2016 juga aku mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan KKN di Kuantan Singingi-Cerenti-Desa Pulau Jambu. Aku belajar banyak disana, banyak sekali! Hal-hal yang belum pernah aku alami di Pekanbaru, aku rasakan disana. Pokoknya edisi KKN itu adalah part hidup yang luar biasa.

Selain KKN, tahun 2016 juga, aku melaksanakan job training atau magang di Koran Riau Pos rubric Zetizen. Disinipun aku belajar banyak hal. Tahun 2016 memang penuh pembelajaran, membuat aku menjadi pribadi yang tangguh dan dewasa. Di tahun 2016 juga, abaku ingin menikah lagi. Aba sudah menemukan seorang wanita yang akan menjadi ibu tiri kami. Sebenarnya di tanggal 26 November lalu adalah hari ijab qabulnya, tapi disebabkan karna satu dan lain hal, hingga hari ini ditunda.

Semoga saja aba sesegera mungkin menikah. Aku dan adik-adik memang setuju, bukan karna kami ingin menggantikan posisi umi dalam hidup kami, tapi karna kami ingin melihat ada yang ngurusin aba. Aba udah terlalu lelah ngurusin kami, jadi tak ada salahnya kan ia juga memikirkan dirinya sendiri?

Ditahun 2016, beberapa kali aku dipercaya sebagai juri sebuah perlombaan. Aku juga dipercaya sebagai Pimpinan Redaksi di organisasi yang aku ikutin dan saat ini aku sudah menjabat dua periode. Aku dipilih bukan karena aku sempurna. Bukan karna aku hebat, tetapi karena aku dipercaya. Mereka yakin aku pantas, maka aku akan berlaku sepantasnya. :D

Selain itu, di 2016 kutuliskan target agar blogku berdomain TLD, Allah kabulkan dengan nama domain www.muthihaura.com. Aku targetkan agar ada profilku masuk koran sebagai orang yang menginspirasi, Allah kabulkan dengan memunculkan profilku di koran Tribun Pekanbaru. Aku targetkan agar cerpenku mejeng di koran Riau Pos, Allah kabulkan di koran Riau Pos edisi Minggu. 

Cerpenku di koran Riau Pos




Profilku di koran Tribun



Aku targetkan agar dapat penghasilan dari blog, Allah kabulkan walau masih jarang dan belum seberapa. Aku targetkan untuk bisa jalan-jalan ke Siak dan ngerasai asiknya naik kuda, Allah kabulkan dibulan-bulan awal 2016. Dan masih banyak lagi target-target 2016 dan target-target semasa kecil yang mulai mewujud satu persatu. Ada juga yang tidak ditargetkan, tapi diberi oleh Allah dengan caranya yang indah.

Subhanallah. Fabiaayyialairabbikumatukadziban. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Trimakasih Allah, trimakasih untuk 2016-nya yang luar biasa. Trimakasih untuk pelajaran ditahun 2016 ini. Trimakasih untuk setiap step perjalanan dihidupku yang luar biasa. Trimakasih sudah mengenalkanku dengan banyak orang hebat ditahun ini. Trimakasih sudah dan masih memberi kesempatan plus umur kepada aku dan orang-orang yang aku sayang. Trimakasih. Alhamdulillah. Jika diukur dan di flashback kembali, sungguh luar biasa nikmat yang Engkau berikan Ya Allah.

Untuk tahun 2017, aku juga punya banyak impian. Semua impian itu sudah aku catat pada tanggal 30 November yang lalu. Kecepatan ya? Nggak juga kok, hitung-hitung biar bisa mikirin langkah-langkah yang akan diambil secara matang. Di tahun 2017 ini, banyak impin besar juga yang sedang aku canangkan. Impian yang akan aku usahakan dengan semaksimal mungkin Insha Allah. Semoga di 2017 nanti akan banyak hal-hal luar biasa yang aku peroleh.

Kali ini aku akan sharing impian-impian untuk tahun 2017-ku. Nggak semua sih, soalnya ada 70-an impian. Sebenarnya semua impianku itu saling berkaitan. Oke langsung saja, check this out : Pertama, aku ingin menguprade diri. Memperbaiki diri kearah yang lebih positif. Memperbaiki diri ini dari segala bidang, baik batin maupun fisik. Aku ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. Aku sadar kalau sekarang ini aku sangat lalai, teramat lalai malah. Aku ingin lebih memperdalam agama. Aku ingin mempelajari agama lebih lagi. Nggak ingin sholat diakhir waktu lagi dan nyempatin untuk setiap harinya baca Qur’an.

Aku juga ingin belajar merawat diri. Lebih peduli pada kebersihan kulit dan penampilan gitu. Untuk masalah pengetahuan, aku ingin menyelesaikan bacaan satu buku satu minggu. Membaca koran setiap hari, pokoknya peka terhadap masalah didalam dan diluar kampus deh. Aku juga pengen lebih dewasa dan nggak menye-menye atau manja nggak jelas lagi.

Yang kedua, aku pengen punya bisnis yang benar-benar jalan. Rencananya, aku dan kedua temanku akan membuka bisnis buka counter pulsa. Semoga ajalah benar-benar terealisasikan. Aku nggak pengen ngebebani aba lagi. Kasihan aba. Aku nggak tega ngelihat wajah lelah aba. Aku juga pengen dari hasil bisnis ini, aku bisa ngebiayain kuliahku sendiri, bahkan mungkin biaya sekolah adik-adikku.

Aku punya lima orang adik dan semuanya masih sekolah, setidaknya aku bisa ngebiayai dua adik bungsu sampai mereka duduk di Perguruan Tinggi. Semoga saja. Bantu Ya Allah. Mudahkanlah. Aku cuma nggak ingin ngerepotin aba lagi. Aku pengen punya penghasilan sendiri. Selain bisnis pulsa, aku juga ada plan bisnis lainnya, tapi pengen fokuskan dulu ngebangun bisnis pulsa ini.

Ketiga, untuk dunia kepenulisan, aku pengen ngasilin satu karya nonfiksi dan nyelesain skripsi. Untuk naskah nonfiksinya, aku udah buat outlinenya dan sekarang sedang tahap on the way. Nggak apalah ya kan nyuri start terlebih dahulu? Sedangkan untuk skripsi, masih dalam tahap ngajuin judul. Aku nggak mau terlalu banyak cerita tentang skripsi saat ini, cukup doakan aja semoga lancar dan dipermudah.

Dalam dunia blog, aku pengen lebih optimal. Aku pengen lebih sering blogwalking, trus juga nulis yang nggak cuma curhatan biasa. Pokoknya lebih konsisten nulis. Nggak nyia-nyiain waktu lagi dan nggak nunda-nunda buat nulis. Aku memang belum berniat untuk ternak blog, aku pengen benar-benar ngoptimalkan blog ini. Belajar ngebranding blog juga, belajar SEO juga. Banyak sih PR yang harus dikerjakan untuk blog ini.

Yang pasti, sesusah apapun yang terjadi nanti. Blog tetap tempat aku nuangkn segala hal. Blog akan tetap jadi bagian penting hidupku. Tahun 2017 juga, aku nargetin untuk ngikutin banyak perlombaan dibidang menulis. Soal menang atau kalah, yang penting aku sudah berusaha sebisaku. Tujuan aku ngikutin banyak lomba itu untuk ngelihat seberapa berkembangnya tulisanku. Kalau kalah, aku semakin tertantang untuk memperbaiki tulisan. Sedangkan kalau menang, itu membuat aku semakin termotivasi untuk menulis.

Selain itu, untuk bagian kepenulisan, karena aku menjabat sebagai Pimpinan Redaksi di organisasi yang aku ikuti, mau nggak mau aku harus peka isu dan lebih rajin menulis. Aku juga pengen banyak baca koran kompas.

Keempat, aku pengen wisuda ditahun 2017. Iya wisuda! Makai toga dan berphoto dengan keluarga. Sebenarnya jujur saja, sampai saat ini, diakhir semester VII ini, belum ada terbesit dipikiranku untuk memperjuangkan toga. Aku masih nyaman dengan status mahasiswa. Aku masih nyaman wara-wiri ngeliput dan nulis untuk organisasi, tapi aba udah ngasih kode untuk sesegera mungkin menyelesaikan kuliah.

Aku sangat menyayangi aba, jadi aku akan usahakan untuk bisa makai toga di 2017 nanti. Semoga saja. Dan yang keenam, aku ingin belajar parenting dan masak. Walau bagaimanapun, cepat atau lambat, aku akan menjadi seorang ibu. Dari sekarang aku pengen mempersiapkan diri, aku pengen belajar parenting. Aku juga pengen lebih ngedalami seluk beluk masak-memasak.

Menjadi ibu yang baik itu bukan dipelajari sekali langsung jadi, tapi butuh proses berhari-hari. Aku pengen menjadi ibu yang baik buat anak-anakku kelak. Itu saja enam target besar di #Resolusiku2017 ini. Sebenarnya masih banyak, tapi aku akan berusaha untuk terus berjuang menggapai target-target itu. Nggak mudah sih memang, tapi bukan berarti nggak bisa. selagi diusahakan dalam do’a dan perbuatan. Kalau semisalnya nggak kewujud, pasti Allah punya rencana terbaik. Semangat Mut! Semangat mengejar mimpi. salam sayang, @muthiiihauraa.
Senin, 26 Desember 2016. 18.05 WIB.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Hidayah-Art First Giveaway “Resolusi



Baca Artikel Populer Lainnya

16 komentar:

  1. Semoga semua resolusinya tercapai yah mba ^^

    BalasHapus
  2. Semangattt semoga bisa tercapai semua :)

    BalasHapus
  3. Semoga resolusinya tercapai semua ya Muthi, aamiin.

    BalasHapus
  4. Wah. Resolusinya keren-keren. Semangat ya! Semoga resolusinya bisa tercapai semua. Aamiin ^^

    BalasHapus
  5. semoga resolusinya tercapai semua. sama deh usia kita di 2017 itu 22 heh :D
    keren banget btw bisa msuk koran. aku masuk koran waktu SMA aja pas ujian nasional hehe

    fujichan.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ji, berarti kita seumuran yah. semoga resulasi kamu juga tercapai ya ;)

      Hapus
  6. Hebatnyaaa masih muda dan berprestasi. Semoga istiqomah mewujudkan impiannya yaa

    BalasHapus
  7. Semoga resolusi 2017 nya terealisasi melebihi ekspektasi :-) Semangat!
    .: www.aminpulsa.com :.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin. makasi. semangat juga buat kamunya ;)

      Hapus
  8. Semoga resolusinya tercapai ya, mba Muthi. Aamiin. Ayo semangat buat skripsinya :D

    BalasHapus
  9. Moga semua resolusinya terwujud ya, Muthi. Makasih udah ikutan GA aku :)

    BalasHapus