tips n trik

Tips Menjadi Duta

19.29



Haay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Hari ini, organisasi yang aku ikutin berulang tahun yang ke-23. Selamat ulang tahun LPM Gagasan. Semoga untuk selanjutnya, akan banyak hal besar yang bisa kita lakuin bareng-bareng. Terimakasih telah menjadi tempat dan wadah untukku bertumbuh sampai sejauh ini. Terimakasih.

Kemaren sukuran dan yasinan di PKM, Gagasan sebagai tuan rumahnya. Walaupun nggak ikut berpartisipasi karna satu dan lain hal, tapi aku cukup senang dan bangga kok. Katanya, acaranya lumayan berhasil. Kemaren juga sempat ketemu teman-teman KKN. Terobati kangen sama mereka. Senang bisa ketemu mereka.

Oke deh skip! Kali ini aku pengen bahas sedikit tips menjadi seorang duta. Jujur saja, aku sama sekali nggak pernah ikutan ajang-ajang atau perlombaan sebagai duta. Trus kok berani ngasih tips, Mut? Pas magang, aku terlibat kepanitiaan pemilihan duta Riau Pos dari tahap awal pendaftaran sampai masuk dua puluh besar. Aku lumayan tau juga gimana gimana prosesnya dan penjuriannya. 


search : google

Aku rasa, disemua pemilihan duta, hampir sama sistem penjuriannya, paling hanya beda sedikit. Sebelum membahas lebih lanjut, tau nggak sih arti duta itu apa? Tau nggak maksudnya apa? Kalau menurut aku, duta adalah seseorang yang terpilih melalui sebuah ajang bergengsi yang nantinya akan mempromosikan lembaga yang mengadakan ajang pemilihan duta tersebut. Misalnya nih, duta Riau Pos, berarti nantinya akan mempromosikan Riau Pos diluar. Kalau ada pertemuan-pertemuan Riau Pos, dutanya juga bakal diajak. Istilah gampangnya itu, kaya humasnya.


Kurang lebih gitulah. Keuntungan menjadi duta ini pun banyak, salah satunya misal diajak kemana-mana. Diundang sebagai tamu di acara-acara. Bisa diundang sebagai narasumber. Punya link dimana-mana. Semakin famous. Punya banyak pengalaman. Dan yang pastinya semua itu akan menghasilkan uang. Pokoknya banyak deh keuntungan menjadi duta.

Sekarang ini, pemilihan duta itu banyak. Ada pemilihan duta bahasa, duta pariwisata, duta kampus, dan duta-duta lainnya. Oke deh, langsung saja tips menjadi dutanya ya. Semoga bisa bermanfaat dan jadilah duta yang mampu bermanfaat untuk banyak orang. Jadilah duta yang bisa memberikan contoh kearah positif. Ini dia, check this out :

Pertama, kamu harus cantik dan ganteng. Rata-rata dihampir seluruh pemilihan duta, cantik dan ganteng itu adalah syarat utama. Kalau ada pemilihan duta yang megatakan kalau yang mereka cari adalah yang pintar, bullshit itu. Memang yang pintar juga, tapi syarat utama pastilah harus kudu cantik dan ganteng.

Buat teman-teman atau adik-adik yang mau jadi duta, mulailah merawat diri. Perhatikan kebersihan dirimu. Trus kalau memang aku nggak cantik atau ganteng sejak lahir, gimana dong? Duh sedih banget, tapi percaya deh, nggak ada perempuan yang tidak cantik dan nggak ada laki-laki yang tidak ganteng. Semuanya cantik semuanya ganteng. Tinggal pandai-pandai aja ngerawat diri. Kalau kamu gendut, mulai deh dari sekarang terapkan pola makan sehat dan diet sehat.

Usaha tak akan mengkhianati hasil. Tunjukkan cantik dan ganteng menurut versimu masing-masing. Yang penting pandai-pandai aja dalam berpenampilan dan merawat diri. Kedua, kalau mau jadi duta harus pandai ngomong didepan umum. Yap, public speaking yang bagus. Yaiyalah ya, namanya juga duta. Entarkan kamu bakal dibawa kemana-mana dan pastinya disuruh berbicara dihadapan orang banyak. Kan nggak lucu kalau dutanya nggak pandai ngomong.

Kalau kamu memang berniat menjadi duta, mulai deh dari sekarang biasain dan latihan buat ngomong didepan umum. Nggak muluk-muluk dulu, mulai dari kelas. Aktif bertanya, menyanggah, atau menyatakan pendapat pas dikelas. Biasain juga tuh latihan ngomong didepan cermin.

Ketiga, berwawasan luas. Agak aneh ngelihat seorang duta yang nggak up to date tentang isu-isu. Paling nggak dia tau sedikit. Nah, agar kamu memiliki wawasan yang luas, sering-seringlah membaca. Membaca apa saja, baik itu koran, buku, novel, atau artikel-artikel didunia maya. Tapi juga harus hati-hati dengan bacaan. Pandai-pandai aja memfilter mana yang bagus dibaca dan mana yang tidak.

Jangan malas-malas membaca. Membaca kunci utama untuk bisa memiliki wawasan yang luas. Selain membaca, kamu juga bisa sering-sering nonton berita atau sharing-sharing seputar keadaan dunia dengan teman-temanmu. Percaya deh, banyak sekali manfaat jika kamu memiliki wawasan yang luas.

Nah, yang keempat pandai bergaul. Duta dituntut untuk bertemu banyak orang dan pastinya harus pandai bergaul. Nggak mau kan di cap sebagai duta sombong atau duta sinis gara-gara kamu nggak pandai bergaul. Kalau kamu sekarang masih pemalu, coba ubah sedikit demi sedikit. Coba deh mulai menyapa atau mengajak ngobrol satu atau dua orang temanmu dalam sehari. Alangkah lebih bagusnya kalau mengajak ngobrol orang yang sama sekali belum kamu kenal. Pada awalnya memang sungkan, tapi kalau dibiasain, lama-lama kamu akan bisa juga.

Mulai aja ngobrol dengan tema-tema yang lagi menarik atau hits. Atau kalau kamu tau apa kesukaan dia, bisa ngebahas tentang apa yang dia sukai itu. Dan yang terakhir a.k.a kelima, kamu harus punya bakat yang ditonjolkan. Setiap manusia pasti nggak akan ada yang bisa nguasai semua hal. Nggak akan bisa pandai dalam semua bidang. Ada sih mungkin yang bisa, tapi itu hanya sepersekian kecil.

Coba temui passion kamu dan asah! Mulai asah dari sekarang. Nggak perlu banyak-banyak, cukup satu saja dulu, tapi benar-benar ahli dibidang itu. Misal kamu ngerasa passion kamu di tari, ya udah mulai berlatih. Jangan ditunda-tunda untuk berlatih. Setidaknya minimal dalam sehari kamu ada menari.

Oke deh, cukup lima itu saja dulu. Sebenarnya masih banyak, tapi lima itu yang mendasar. Terlepas dari tips-tips diatas, tips yang paling penting itu adalah banyak berdoa pada Allah dan minta restu orang tua. Nah, kalau kamu mau jadi duta, targetkan dari sekarang pemilihan duta apa yang kamu ikuti dan mulailah memperbaiki diri dari sekarang! Asah terus kemampuan diri kamu.

Percaya deh, seorang duta yang kamu kenal sekarang ini, pastilah dulunya juga melalui proses yang berdarah-darah. Pastilah banyak hal-hal dan waktu yang ia korbankan untuk menjadi seperti sekarang ini. Jangan pernah iri dengan kesuksesan seseorang. Teruslah belajar dan berproses untuk kesuksesanmu sendiri. Jangan mau jadi penonton atas kesuksesan orang lain, tapi ikutlah jadi pemain. Fighting! :D

Terlepas dari semua itu, tips-tips diatas sebenarnya bisa juga diterapkan dalam kehidupan kita, bukan hanya untuk orang-orang yang ingin jadi duta. Apapun impian kamu, aku rasa tips-tips diatas juga berguna. Ayo melejit dengan bidang-bidang yang kamu sukai. Salam sayang, @muthihaura1.
Rabu, 14 Desember 2016. 08.17 WIB.


You Might Also Like

6 komentar

  1. Setuju kak. Semua orang itu cantik atau ganteng. Tinggal gimana dia merawat diri saja. Hehe, iya juga ya. Kudu berpenampilan menarik kalau mau jadi duta. Namanya juga duta, orang2 lebih ngikutin yang enak dilihat. Gimana mau kampanye kalau diri sendiri gak menarik untuk dilihat yak... cmiiw

    BalasHapus
  2. Syarat utama ya, cantik dan ganteng. Dan semua orang pasti cakep deh.
    Ada perjuangan, ada hasil yang layak diperoleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh mbak. iyaa kita semua emang cakep ;)

      Hapus
  3. Kalau urusan kayak beginian aku lewaaat mbak. Kan biasanya ada syarat tinggi badan ya, nah nah nah, nggak sampai tinggiku. Wkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha aku juga kurang tinggi mbak haha

      Hapus