tips n trik

Tips Belanja Hemat

19.53



Haay, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Sedang ngelakuin apa? Sebentar lagi lebaran ya, nggak kerasa. ;’) Sedih harus ninggalin ramadhan secepat ini. Sedih ternyata ramadhan akan segera berlalu, entah tahun depan bakal ketemu lagi atau nggak. Dan yang paling sedih adalah, aku terlalu terlena dengan dunia. Aku akui, aku tidak memanfaatkan ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. ;’) Maafkan Ya Allah.

Nah, salah satu yang nggak pernah tinggal menjelang lebaran adalah tradisi shopping atau belanja. Baik tua maupun muda pasti bakal belanja, entah itu untuk diri sendiri atau kelaurga atau rumah. Kali ini aku pengen sharing tips belanja hemat ala aku. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Langsung saja, check this out:

source: google


Pertama, list-liskan hal-hal yang ingin dibeli. Sejak duduk dibangku SMP, aku udah bikin kaya gini. Tujuannya apa? Biar nggak lapar mata doang dan akhirnya apa yang dibeli nggak terpakai. Sampai saat ini hingga aku duduk di tahun akhir kuliah, aku ngerasai banget manfaat dari me-list kan apa-apa saja yang aku beli. 


Emang udah fitrahnya cewek kali ya untuk lapar mata, apalagi ngelihat barang cantik yang diskonan. Makanya dengan adanya list ini membantu aku untuk lebih hemat. Sebelum ngebelanjain sesuatu, aku pasti mikir ‘ah entar aja deh beli ini, ini kan nggak masuk di list bulan ini’, gitu deh. Yang kedua,  list-list kan barang dari yang paling dibutuhkan sampai yang hanya ‘pengen’nya saja.

Iya, jadi kalau aku pas bikin list, aku buat yang teratas itu yang terpenting. Kalau terpenting, berarti dibutuhkan. Pasti bisa dong bedain yang dibutuhkan atau nggak. Tujuannya apa? Sama kaya poin pertama, Cuma bedanya di poin kedua ini pas mau belanja lihat dulu barang itu dibagian atas list atau nggak. Kalau bisa usahakan membeli dari teratas terlebih dahulu.

Ketiga, sesuaikan budget! Apalagi nih bagi yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar yang notabenenya masih ‘nadah’ uang ke orang tua. Jadi belinya yang sudah termasuk list aja ya dan juga harus sesuai budget. Jangan maksa harus dapat itu kalau budget kamu nggak mendukung, kan kasihan orang tua kalau kamu musti maksa mereka Menuhin keinginan kamu yang nggak Cuma satu. Nyari uang itu nggak mudah loh, coba deh rasain.

Kalau bisa nih disamping list-list barang yang ingin dibeli, tulis kisaran harganya. Jadi kita tau dan bisa notalin berapa uang yang kita habisin dalam sebulan. Ini penting juga untuk pencatatan uang keluar. Aku jarang juga sih ngelist pakai harga gitu, soalnya nggak tau harga. Nah yang Keempat, buru diskonan! Menjelang lebaran gini semua rata-rata pada ngasih diskon ya. Coba deh ke mall, pasti bertumpah diskon. Buka online shop juga dipenuhi diskon. Jadi  setelah kamu ngelist barang yang ingin dibeli, buru deh diskonan yang sesuai dengan barang-barang yang ingin kamu beli.

Biasanya barang yang didiskon itu barang branded loh. Ketimbang kamu beli dengan harga aslinya, mending cari diskonnya kan. Dan tips yang terakhir a.k.a kelima, tabung uang receh setelah belanja. Biasanya nih habis belanja, pasti ada kembalian entah recehan seribuan atau lima ratusan atau bahkan seratusan. Dari pengamatan aku, kebanyakan orang nggak nganggap penting uang recehan itu, sehingga habis belanja, itu uang receh ditaroh sembarang tempat.

Mending jangan gitu deh, mending recehannya disimpan. Entar kalau udah banyak bisa ditukerin dan bisa dipakai shopping lagi. Kan lumayan dari recehan bisa dapetin satu baju atau sau tas atau bahkan malah lebih. Jangan remehin sesuatu yang kecil. Terkadang kita lebih sering kesandung sesuatu yang kecil yang kita remehin ketimbang yang besar kan?

Oke, mungkin segini dulu deh tips hemat ala aku. Selamat berbelanja. Jangan lupa, sesibuk apapun nyiapin untuk lebaran, yang paling utama nyibukin diri juga buat akhirat. Kalimat itu sebenarnya buat aku pribadi. Salam sayang, @muthihaura1 (ig)
Senin, 19 Juni 2017. 08.27 WIB.

You Might Also Like

9 komentar

  1. Ah, bagi2 uang receh. Kayanya aku perlu jg misahin duit ini. Kalo dikumpulin bs lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaak. jagain uang receh haha

      Hapus
  2. Saya sdh buat list, tp kdg msh milih2 mana yg kebutuhan mana yg ingin banget setengah butuh

    BalasHapus
  3. setuju banget mbak. Tanpa list belanjaan tuh kayak mau jalan-jalan tapi nggak punya tujuan, terus kalau nggak sesuai dengan budget bisa bikin kanker alias kantong kering

    BalasHapus
  4. Hi Mba Muthi, bikin list belanja itu padahal simple dan sepele banget. Tapi pada prakteknya sering kelewat ya 😂.

    BalasHapus
  5. benar banget nih belanja harus sesuai budget kalau gak bisa kalap hehe

    BalasHapus
  6. Penting banget belanja hemat, jangan sampai kita lapar mata apalagi udah lihat diskonan gede2an.

    BalasHapus
  7. Pas msh jaman kuliah, aku termasuk yg boros dan ga bisa mutusin sbnrnya barang mana yg aku butuh, dan mana yg hanya laper mata :). Tp sjk udh kerja dan berkeluarga, jd terbiasa utk membuat list belanjaan dan brg2 mana yg hrs jd prioritas :). Mungkin krn udh ngerasain susahnya cari duit ya mba, jd lbh hati2 mengatur keuangan :)

    BalasHapus
  8. Thanks infonya mbak, yang terpenting buat list barang yang akan dibeli, karena dengan begitu, kita tahu apa yang dibutukan, bukan yang diingnkan!

    BalasHapus