LPM Gagasan

Pelatihan Jurnalistik di Yogya#2

18.35



Hai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Gimana target-target di tahun 2017-nya? Apakah sudah terwujud? Atau masih sedang on the way? Hari ini aku senang dan agak kesal dengan seseorang, ah nggak perlulah aku ceritakan disini kali ya.

Baiklah, kali ini aku pengen sharing pengalaman pas di Yogya. Takut keburu hilang dari ingatan, karna memori otak tak akan bisa mengingat secara detail kronologi yang terjadi jika lama tidak dituliskan. Pun poto tidak bisa banyak bercerita layaknya tulisan. Kalau bagi aku, tulisan bisa merekam semuanya. Rasa, gambar, kenangan, dan lain-lainnya. Oke deh langsung aja, check this out:







27 Juli 2017
Setelah sampai bandara Adisucipto, aku celinguk-celinguk nggak jelas. Bingung. Trus juga banyak banget yang nawarin taxi dan parahnya aku kena taxi 125 ribu. Padahal aku lihat di aplikasi gojek, gocar Cuma 35 ribu. Mau pesan gocar, tapi singal kartu aku tiba-tiba ngadat diwaktu yang nggak tepat.


Akhirnya naik taxi yang ternyata hotel Cavinton nggak terlalu jauh dari bandara. Nyampai hotel langsung disuruh makan sama resepsionistnya. Akhirnya makan sendiri, trus ngelihat ada tiga orang cewek yang salah satunya makai baju bertulisan persnya.
Setelah makan, aku deketin mereka, ternyata mereka juga Menuhin undangan dari Kemenag. Kenalan deh, trus dapat sekamar dengan Ivon. Ivon ini dari LPM Ukhuwah Palembang. Dia Pimpinan Umum. Memang rata-rata yang datang itu Pimum atau Pimrednya. Kalau nggak antara dua pimpinan itu, paling bawah perwakilannya itu redpel.
 

with teman sekamar


28 Juli 2017
Masih belum terlalu kenal dekat dengan teman-teman seluruh LPM se-Indonesia ini. Ada Asep dari Bogor, Migo dari Padang, Epi dari Makassar, Ivon Palembang, Vivi Yogya, Eli Jakarta, Ridwan dari Pontianak, Fadzil dari Jambi, Hisyam Medan, Ulan Lampung, Iqbal Bandung, Rouf Yogya, Izna Solo, Tamam dari Salatiga, dan masih banyak lagi dari LPM di bawah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dari seluruh Indonesia.

Bersama teman-teman dari LPM dibawah PTKI seluruh Indonesia


Senang kenal dengan teman-teman seluruh Indonesia. Aku belajar banyak dari mereka, apalagi terkait LPM. Sharing-sharing banyak hal tentang LPM. Ternyata kendala di hampir semua LPM itu adalah SDM-nya. Banyak yang masuk pas open recruitment, setelah itu ngilang seleksi alam, wajar! Banyak juga yang Cuma ‘nompang’ nama. Di Gagasan juga banyak yang gitu. Kerja maaf-maaf aja bisa dibilang nggak ada, tapi nama tetap ada.

Tulisan juga entahlah payah bilangnya. Di LPM lain, mereka nggak open dengan adik-adik yang nggak ‘peduli’ sama LPM. Aku juga mau gitu. Aku bakal ngajarin orang-orang yang benar-benar serius. Open sama orang-orang yang benar-benar serius.  Serius disini ya maksudnya aktif nulis, mau kalau disuruh, care sama sekre. Sering tuh aku perhatiin di sekre, merekanya udah seharian disekre, ngelihat sekre kotor mereka nggak open. Apa salahnya di sapu kan? Toh rumah kita sendiri. Ah bodo amat!

Apa yang kamu beri untuk organisasimu, itu yang akan kamu dapatkan. Jadi jangan harap mau pergi kemana-mana dibayarin organisasi kalau yang kamu beri itu nihil!

Hari ini belajar full, malamnya habis isya, kami dibagi kelompok untuk diskusi tentang LPM lagi. Sekitaran jam 21-an, penutupan acara. Selesai penutupan, teman-teman pada ngajak ngopi di angkringan di sekitaran jalanan Mariaboro. Aku ya pasti mau ngikut deh. Rame yang ikut, hampir semua.

Suasana Yogya malam hari itu berasa nggak malam. Jadi kami balek ke hotel sekitaran jam 2 pagi dan itu masih ramai! Salah satu yang aku kagumi di Yogya ini, mahasiswa-mahasiswinya gemar diskusi. Mereka ngumpul di angkringan buat diskusi isu terbaru atau diskusi apa saja yang menarik. Ini yang patut di contoh. Pantas mereka pintar-pintar, soalnya udah dibiasain buat diskusi. 


Yogya di malam hari


29 Juli 2017
Bangun sekitaran jam 7-an, karna baru tidur jam 2-an. Senang semalam bisa berbagi banyak hal dengan teman-teman baru dari acara PJM (Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa). Senang kenal mereka. Serasa punya kenalan diseluruh Indonesia. Entar kalau mau kemana-mana kan enak ada yang bisa dihubungi. Alhamdulillah, Fabiayyialairabbikumatukadziban. Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan?

Banyak banget pelajaran disini. Banyak sekali. Mungkin segini dulu, nanti aku lanjutin di tulisan berikutnya. Salam sayang, @muthihaura1

Sabtu, 8 Agustus 2017. 22.07 WIB.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah, aku nggak tahu kalo kamu ke Yogya, Mu hahaha. Mungkin waktu itu bisa meetup :))

    BalasHapus
  2. LPM apaan sih mbak? kudet saya. saya posisi di Jogja padahal

    BalasHapus