travelling

Pelatihan Jurnalistik di Yogya#3

21.11



Assalamua’laikum, gimana kabarnya? Hari ini hari kemerdekaan Indonesia ke-72. Dirgahayu Indonesiaku. Teruslah menjaya. Terbanglah seperti garuda. Semoga aku bisa membuatmu bangga terhadapku. Ya, cara terbaik untuk mengubah negeri ini dengan memulai menjadikan diri sendiri sebagai pribadi yang baik.

Mulai membiasakan diri untuk melakukan hal-hal positif. Membaca, belajar banyak hal, mengasah skill, dan jangan sampai bermuka dua. Seseorang akan lebih diterima saat ia menjadi dirinya sendiri tanpa harus menjatuhkan orang lain. 

Baca juga: Kecolongan

Aku pengen ngelanjutin sharing pengalaman yang aku ikutin di Yogya beberapa minggu yang lalu. Entah kenapa masih membekas. Sampai hari inipun grub masih ramai dengan ocehan-ocehan mereka. Kenal mereka nggak sampai seminggu, Cuma kurang lebih tiga harian, tapi kedekatan dengan mereka luar biasa. Jadi kangen Yogya. Kangen cavinton. Kangen mereka. Oke deh, langsung saja aku lanjutin ceritanya. Check this out:

 


29 Juli 2017
Hari ini keliling sekitaran cavinton bareng mereka. Diajakin ke Jln.Maliaboro yang terkenal itu. Sebenarnya semalam udah, tapi kesini lagi karna disini pusatnya perbelanjaan. Trus juga diajakin nyari buku di kompleks pintar. Jadi disini banyak banget yang jualan buku dan selalu dipenuhi pengunjung. Minat baca di Yogya ini tinggi, kalau dibandingin Riau mah beda jauh.

dijalan Malioboro

Rata-rata kalau menurut penilain aku, mahasiswa-mahasiswa Jawa atau yang kuliah di Jawa rata-rata sangat suka membaca, setelah dibaca, buku itu didiskusikan. Mereka ngeborong banyak buku, salut deh pokoknya. Ngelihat mereka ngeborong buku gini bikin aku makin semangat buat ngebiasain diri membaca buku ditiap harinya.

Setelah ngeborong buku, kami belanja oleh-oleh. Si Ulan borong banget. Aku pengen ngeborong juga tapi gak ada budget haha. Sekitar sorean, kami balik ke hotel buat ngambil barang. Teman-teman satu persatu udah pulang ke daerah mereka masing-masing, sedangkan pesawat aku baru berangkat besok pagi. Sedih juga ternyata harus pisah dengan mereka.

Sorenya, aku-Vivi-Izna-Khusni diajakin mas Rouf ke LPM-nya dia, LPM Arena di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekrenya mereka kecil, tapi ‘hidup’. Kalau dibandingin dengan sekre Gagasan, beuh jauh. Sekre Gagasan mah besar, tapi terasa sunyi. Lengang. Di dinding sekre LPM Arena dipenuhi tulisan-tulisan yang membangkitkan semangat wartawan. Tertera juga jadwal diskusi yang harus diikuti setiap minggunya.

Wajar wawasan meraka luas, toh sering baca dan diskusi. Salut lagi. Ah Yogya memang kota terpelajar. Aku beruntung bisa ketemu mereka. Beruntung bisa sharing dengan mereka. Beruntung bisa belajar banyak hal dari mereka. Pokoknya beruntung.

Sekitaran jam 22-an, kami diajakin nonton teater. Jujur saja, ini pertama kalinya bagi aku nontonin teater berbahasa Yogya. Di Pekanbaru pun aku jarang nonton teater. Walau nggak terlalu ngerti para pemainnya ngomong apa, tapi aku cukup paham makna dari ceritanya. Setelah itu aku-Izna-Vivi ke asramanya Vivi. Kami tidur disana.

Vivi


Yang bikin harunya, si Vivi bela-belain tidur di lantai demi aku sama Izna dapat tiduran dikasur. Duh Vi terharu ;’) maafin loh ngerepotin.

30 juli 2017
Bangun sekitaran jam 4 pagi dengan suasana yang dingin. Yogya dipagi hari dingin ya. Pesawat aku bakal berangkat jam 07.30 yang berarti aku harus sesegera mungkin ke bandara. Lagi-lagi dengan kebaikan hatinya, Vivi nganterin ke bandara minjam motor temannya. Di bandara ketemu mas Fadzil yang juga mau check in.

Ah pokoknya gitu deh. Tiga hari yang luar biasa. Tiga hari penuh kenangan. Yogya memang kota yang indah. Trimakasih teman-teman semua. Aku merindukan kalian ;’) Trimakasih udah ngajakin keliling maliaboro guys. Makasih udah hangat ke aku. Makasih udah rela bawain koper aku mas Ridwan. Makasih traktiran milonya mas Fadzil. Makasih udah jadi teman sekamar yang asik buat diskusi mbak Ivon. Trimakasih udah jadi adek yang manis ya Izna.

Pokoknya makasih buat semuanya deh. Makasih buat kemenag yang udah mempertemukan kita. Makasih buat hotel cavinton yang udah merangkai kenangan kita. Makasih, aku belajar banyak. Aku pengen terus memperbaiki diri agar bisa lebih baik lagi kedepannya. Entah kapan kita bisa ketemu lagi secara lengkap dan utuh. Kangen Yogya ;’)

Oke mungkin segini dulu. Semangat terus memperbaiki diri dan mendewasakan diri ya teman-teman semua. See you on the top! Salam sayang, @muthihaura1.
Kamis, 17 Agustus 2017. 19.53 WIB.



You Might Also Like

15 komentar

  1. Kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Kalau pelatihan semacam ini ada di kotaku pasti kepingin ikut...btw salam kenal mba

    BalasHapus
  2. Jogja memang kota yg menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku jatuh cinta dengan Yogya ;))

      Hapus
  3. Seru banget ya acara pelatihannya.

    BalasHapus
  4. Saya sempetnya waktu di Jogja ke LPM Himmah UII. Itu juga keren banget. Budaya membaca buku itu penting banget ya mbak, apalagi buat yang berkutat di jurnalistik. Tiada hari tanpa membaca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak setujuu. budaya membaca memang penting banget

      Hapus
  5. Seru ikut pelatihan gini, nambah teman dan ilmu

    BalasHapus
  6. Kebiasaanku sama temen - temen pas zaman kuliah, suka mendiskusikan buku. Mulai dari buku novel sampek buku berat haha.

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  7. Serunya kalo masa muda diisi dengan kegiatan bermanfaat sekaligus mengasyikkan kayak gini. Pingin jadi mahasiswa lagi :D

    BalasHapus
  8. pengen banget ikutan workshop kek gini. tapi jarang ada di kota Palembang nih Hikz

    BalasHapus
  9. Weh seru ya, dan tidak hanya jeseruan yang kita dapatkan mengikuti event seperti ini pastinya ilmu dan kebersamaan, keren loh
    semoga aku punya kesempatan juga deh

    BalasHapus
  10. Wa'alaikumsalaam (jawab dulu ah salamnya)
    di kota saya juga ada pelatihan jurnalistik, acaranya juga keren, ada jalan2 juga...cuma sayang satu, mamak2 nggak boleh daftar hahah (balik ke dapur)

    BalasHapus
  11. Wah ada nonton teater bahasa Jawa nya nih hehe acaranya asik banget deh. Kalau pelatihannya begini banyak yg minat lg donk

    BalasHapus