Workshop Perfilman Regional II #2

21.46 Muthi Haura 6 Comments



Hai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya dan sedang ngelakuin apa? Kemaren aku baru balik dari Yogyakarta, asli ini keberangkatan dadakan banget. Mungkin untuk kali ini aku nggak akan cerita tentang itu dulu, aku mau cerita tentang workshop perfilman yang aku ikuti di Medan seminggu yang lalu. Oke langsung aja ya, check this out:

Kamis, 20 Juli 2017
 Ini hari kedua di workshop perfilman. Udah mulai banyak kenalan dengan teman-teman sekelas dan beda kelas. Perkenalannya nggak formal sih, jadi pas sesi break atau makan, kami kadang duduk satu meja dengan teman-teman dari kelas lain, dari situlah terjadi perkenalan hingga akhirnya tukeran kontak dan tukeran Ig. 

with teman sekamar


Dari jam 7 sampai jam 12, itu masih kelas gabungan dengan materi tentang sejarah film dan unsure-unsur pembentuk bahasa. Aku pengen sharing juga nih materi-materi yang aku dapat saat workshop, tapi kayanya di postingan beda aja ya. Postingan ini khusus nyeritain pengalaman selama workshop. 


Setelah kelas gabungan selesai, kami istirahat. Disini mah enak, makannya enam kali sehari plus caffe break . pokoknya gizinya super lengkaplah. Seperti biasa saat istirahat ini, kami gunakan buat kenalan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai daerah. Ada dari Palembang, Bengkulu, Aceh, Jambi, Sumbar, Batu Sangkar, Sulsel, Sumut, dan kota-kota sekitaran Sumatera ini.

Asik banget jadi kenal banyak teman dari berbagai daerah, entarkan kalau mau ke daerah mereka ya tinggal kontak mereka. Kadang juga jam-jam istirahat siang gini aku bareng umi gunain buat tidur di kamar. Iya capek soalnya. Jam 14-nya udah mulai masuk kelas lagi dan kelasnya udah pisah, gak gabung lagi.

Untuk pemateri pertama di kelas itu namanya mas Perdana Kertawiyudha atau biasa disapa dengan mas Pidi. Ada kejadian lucu nih pas awal kenal mas Pidi. Jadi ceritanya, kemaren pas baru nyampai hotel, kami disuruh makan sama panitia. Kebetulan satu meja makan dengan mas Pidi. Dengan sok-soknya aku ngajak kenalan mas Pidi, aku pikir dia peserta juga. Trus juga sempat nanya kenapa mas Pidi bisa ikutan workshop ini, padahal dia dari Jakarta dan ini workshop khusus Sumatera. Mas Pidi Cuma jawab dengan senyuman. 
 
Yang paling parahnya, pas makan itu mas Pidi nyapa banyak ibu-ibu panitia dari Pusbagfilm, dengan polosnya aku bilang “Wah mas banyak kenalan ya dengan panitia-panitianya”. Yaelah Mut, ya pastilah, orang jelas masnya itu pemateri -_____- Untung mas Pidi orangnya asikan, nggak nyinggung-nyinggung hal ini pas dikelas atau mungkin masnya udah lupa. :D

Mas Pidi ngajarnya asik. Kami disuruh kenalan dulu dengan teman-teman sekelas dengan sistem games gitu. Setelah itu kami nonton sampai malam. Gini nih kalau ketemu anak film, pasti dah belajarnya itu lewat film, ibaratnya laboratoriumnya itu ya film.

Shinzi



Malamnya, aku tidur dikamar Shinzi. Kemaren malam Shinzi yang tidur dikamar aku bareng Umi. Jadi Shinzi nggak berani tidur sendiri karna teman sekamarnya kak Clara dari belum hadir karna ia harus sidang skripsi. Aku kenal Shinzi sebelum workshop berlangsung. Sering Whastup-pan, akhirnya dekat deh.

Jum’at, 21 Juli 2017
Hari ini seharian full kelas bareng mas Pidi. Tentu saja diselingi dengan nonton. Aku pengen ngenalin teman-teman aku di kelas perfilman deh. Ada Dafriansyah Putra dari Batusangkar, Irwan Syahputra dari Aceh, Suwandi dari Jambi, Hisyam Muhammad Umar dari Riau, Shinzi Aulia Khalista dari Padang, Ayu Lestari dari Medan, Qoriatul Hayati dari Lampung, Dian Purnando dari Bengkulu.

Rifqi Mardhani dari Palembang, Mahareta Iqbal dari Padang, Mohammad Irvan Pekanbaru, Muhammad Husain dari Sumatera Selatan, Aini Kolbiana dari Lampung, Iqbal Kurniawan dari Lampung, Bayu Andama dari Pekanbaru, Kevin Dagaskara dari Padang, Clara Ika Phaluphie dari Palembang, Afif Faiz dari Sumut, Siami Maysaroh dari Bengkulu.

Eric Febrian dari Pekanbaru, Umi Kalsum dari Pekanbaru, Wahyu Saputra dari Aceh, Wini Puspa Sari dari Lampung, Yesika Natalina Medan, Zuhaqy Alfisahri dari Medan.

Kita, kelas kepenulisan {}


Muhammad Fajar dari Palembang, Mulya Abdul Syukur dari Pekanbaru, Sarona Maisarah dari Aceh, Lukyana Arsa dari Aceh, dan Ahyat Wahyudi dari Lampung.

Alhamdulillah dipertemukan dengan mereka. Orang-orang hebat dibidangnya masing-masing. Kalaupun suatu hari nanti bakal ngumpul, pasti nggak akan selengkap ini.

Sabtu, 22 Juli 2017
Masih kelas full bareng mas Pidi. Tentu saja diselingin dengan tugas-tugas yang harus dikerjalan dikamar. Kak Zahra dan Kak Fany selaku penanggung jawab kelas penulisan scenario selalu ribut-ribut di grub ngingetin tentang tugaslah, tentang absenlah, tentang jadwal masuklah. Emanglah ya PJ-PJ kami nan kece ini memang terbaik :*

Hari ini, kami dibagi kelompok dan disuruh buat cerita-cerita bersambung. Jadi sistemnya aku nulis satu kalimat, trus teman sekelompok lain juga nulis masing-masing satu kalimat. Pas dibaca, ceritanya jadi aneh plus lucu, tapi kami have fun!

Dihari keempat workshop ini juga udah mulai dekat-dekat dengan teman sekelas. Kadang mereka ngajak ngerjain tugas di  dekat kolam, ada juga mereka ngajak nongkrong diluar hotel, tentu saja setelah materinya selesai. Aku sama Umi jarang ikutan ngumpul kalau ada acara kelas. Kami lebih betahan dikamar sambil ngerjain tugas atau bahkan nontonin drama Korea. Kadang juga berlama di WC buat showeran. Kadang juga keliling hotel bareng Shinzi.

Minggu, 23 Juli 2017
Hari ini pematerinya tingkat lanjutan semua. Udah mendekati materi penulisan skenarionya dan nggak sama mas Pidi lagi, tapi sama mas Damas. Sorenya, aku bareng Shinzi melarikan diri dari hotel. Kami ke Sun Plaza dan Sogo. Kami pikir kapan lagi kan menjelah kota ini, walaupun masih sekitaran hotel.

Oke segini dulu ya. Entar aku lanjutin di part III. Tungguin ya :D
Salam sayang dan sukses selalu, @muthihaura1
Senin, 31 Juli 2017. 15.13 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

6 komentar:

  1. Wa'alaikumsalam, alhamdulilah kabar baik, dan saat ini sedang baca ini tulisan..hehe.. Btw, salam kenal ya, baru maen perdana nih. Asli Jogja, kah, Teh?
    Aku malah domisili Jogja sekarang..

    Wah, seru banget acara wordshopnya. Kalau ikutan gini itu itu menyenangkan, selain itu bisa dapet ilmu yang bermanfaat, teman baru dan bisa cekrek-cekrek..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku asli Riau mas. baru kemaren ke Yogya hehe.

      iya menyenangkan. dapat ilmu teman baru dan semuanya :D

      Hapus