Barang Elektronik Ramah Lingkungan untuk Keluarga Lebih Sehat dan Pengeluaran Kian Hemat

20.03 Muthi Haura 0 Comments



Barang elektronik sudah menjadi satu kebutuhan penting bagi masyarakat di era teknologi, dengan adanya perangkat berbasis teknologi ini semakin mempermudah kehidupan mereka. Baik itu kehidupan dalam bekerja maupun menjalankan serangkaian kegiatan rumah tangga. Namun dengan konsekuensi adanya pengeluaran tambahan. Mengingat tak bisa dipungkiri bahwa semua perangkat elektronik yang ada memakan biaya perawatan dan juga biaya penggunaan dari aliran daya listrik. Semakin besar jumlah daya listrik yang dibutuhkan maka akan semakin meningkatkan pengeluaran.

source: barangelektro .com

Untuk itu sebagai konsumen agaknya Anda harus lebih cermat di dalam memilih sehingga pengeluaran keluarga juga tidak semakin membengkak. Baru-baru ini memang ada semakin banyak diantara perusahaan elektronik yang mengeluarkan sebuah produk berbasis hemat energi. Dalam penggunaannya tentu tak akan melubangi kantong. Bahkan memiliki dampak baik bagi lingkungan untuk jangka waktu lama. Untuk merasakan hal tersebut, maka berikut ini setidaknya tips cerdas dalam memilih perangkat elektronik rumah tangga yang sehat juga hemat, diantaranya adalah:


  1. Menggunakan air conditioner yang hemat energi, AC sudah menjadi satu kebutuhan pokok bagi masyarakat perkotaan, karena tingkat kepadatan penduduk menyebabkan suhu udara juga kian meningkat. AC ini berfungsi sebagai pendingin ruangan di sing hari. Umumnya AC biasa membutuhkan daya sebesar 500 watt dalam penggunaannya, namun dengan memilih yang hemat energi Anda bisa menghemat hingga 200 watt. Tentunya dengan efek yang tetap sama untuk mendinginkan ruangan.
  2. Gunakan lampu LED yang hemat energi, lampu adalah sumber penerangan utama di malam hari, dalam satu rumah tangga tak jarang diantaranya yang menggunakan lebih dari 5 lampu untuk semua ruangan. Pilah-pilih yang awet dan juga tak memakan konsumsi listrik yang tinggi salah satunya adalah dengan lampu LED ini, sinarnya lebih terang dan tajam, namun hemat.
  3. TV LED yang lebih nyaman di mata, produk televisi yang ditawarkan ke pasaran belakangan ini memang jauh lebih variatif. Tak hanya produk TV tabung saja, melainkan juga ada seri terbaru dari LCD dan LED. Keuntungan dengan menggunakan seri terbaru adalah radiasi yang dikeluarkan jauh lebih kecil sehingga tidak berbahaya untuk mata. Begitu juga dengan konsumsi listriknya yang terbilang cukup rendah.
  4. Memakai kulkas dengan ukuran sesuai kebutuhan Anda, jika memang tak banyak bahan makanan yang Anda simpan di dalamnya, maka jangan beli yang ukurannya terlalu besar, begitu juga dengan fungsi yang dibutuhkan, sehingga nantinya tak menyebabkan konsumsi daya listrik terlalu besar.

Itulah beberapa jenis barang elektronik ramah lingkungan yang hendaknya Anda gunakan di rumah. Jadi jangan asal dalam memilih. Hanya gunakan yang aman untuk keluarga dan juga kantong Anda untuk hidup lebih baik.

Baca Artikel Populer Lainnya

0 komentar: