Ngasilin Uang Lewat Blog? Why not!

13.54 Muthi Haura 18 Comments



Rezeki itu datang dari arah mana saja. Dari pintu apa saja. Dari sebelah mana saja. Tak terduga. Tak diduga-duga. Rezeki itu memang Allah yang jamin, tapi manusia yang mengusahakannya.

Pernah nggak sih terfikir buat ngasilin uang lewat blog? Pernah nggak sih berkeinginan nggak kerja kantor, tapi penghasilan ngalir terus lewat apa yang kita tekuni? Pernah nggak kebayang kalau apa yang kita sharing di blog itu dapat mendatangkan manfaat, bahkan uang?

Aku ngeblog sejak tahun 2013. Sejak setelah lulus SMA dan kemudian bertekad untuk benar-benar fokus ngeblog. Dan kini, ngeblog itu udah kaya candu. Nagih. Seminggu aja aku nggak ngepost postingan atau sekedar ngecek blog, itu rasanya lain. Hampa. Sumpah nggak bohong atau melebih-lebihkan. 


Baca juga postingan pertama di blog ini: Blog baru!



Tujuan awal ngeblog untuk ngebekuin kenangan. Aku nggak mau setiap moment yang pernah terjadi dihidupku terlewat begitu saja. Kita memang bisa ngebekukan kenangan lewat photo, tapi photo tak kan mampu bercerita banyak layaknya tulisan.

Hampir lima tahun aku ngeblog dan aku sama sekali nggak menyangka bahwa apa yang aku tekuni ini begitu banyak mendatangkan manfaat. Aku belajar banyak dari blog, belajar untuk terus menulis, belajar cara mengambil photo untuk postingan blog yang baik, belajar teknik seo-da-pa, dan belajar-belajar lainnya.

Dari blog aku juga bisa ngasilin uang. Jujur, aku udah nggak pernah dikasih uang jajan lagi. Aku jajan lewat hasil fee job blog atau fee job media sosial. Dan yang paling pasti, dari blog aku kenal orang-orang hebat, salah satunya, mbak Desy Yusnita. 





Aku kenal mbak Desy udah dari hampir setahun yang lalu. Kami dipertemukan dalam satu grub Arisan Link Kelompok III. Selain itu, mbak Desy juga kalau nggak salah satu admin di komunitas Blogger Perempuan. Sejauh yang aku nilai, mbak Desy yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini adalah sosok yang humble, ramah, dan baik.

Kalau aku ngeblog sejak tahun 2013, sedangkan mbak Desy lebih lama lagi. Mbak Desy ngeblog sejak tahun 2007. Udah lama banget kan? Blog mbak Desy beralamat di www.desyyusnita.com. Di blog ini, mbak Desy suka sekali sharing tentang segala hal yang ia alami. Ya, lebih ke lifestyle.

Mbak Desy termasuk produktif loh. Disela-sela ngurusin rumah dan dua anaknya, blognya tetap terurus. Benar kata pepatah, jika kamu sungguh-sungguh terhadap sesuatu, maka kamu akan mendapatkan hasil dari apa yang kamu sungguh-sungguhkan itu. Usaha tak kan pernah mengkhianati hasil.
 

 
Dari hasil sharing-sharing pengalaman yang ditulis mbak Desy lewat blog pribadinya, mbak Desy kerap kali mendapatkan job-job di blognya. Benar juga pepatah yang mengatakan semakin banyak kamu memberi, semakin banyak juga yang akan kamu terima.



Nggak tanggung-tanggung, job pertama yang ia dapatkan di blognya, feenya bukan berupa uang, melainkan hp. Percaya deh, ngasilin uang lewat blog itu bukan mimpi! Oh ya, aku sempat wawancara mbak Desy nih via Wa. A itu inisial Aku, sedangkan mbak Desy inisialnya MD ya. Langsung saja, check this out:

A: Pernah terpikir nggak mbak bisa ngasilin uang lewat blog?
MD: Jujur sih ngeblog cuma pengen punya teman dari banyak negara. Sekalian bisa jadi tempat curhat gitu. Sekarang Alhamdulillah jadi bisa menghasilkan. Dulu-dulu nggak pernah terpikir.

A: Job pertama yang mbak dapatkan di blog? Gimana rasanya? Berapa di bayar?
MD: Duh lupa. Tapi seingat aku, job pertama nggak dibayar pakai uang, melainkan pakai hape yang seharga satu juta.

A: Sejauh ini, berapa sebulan yang mbak dapatkan?
MD: Hihi jadi malu. Alhamdulillah mbak buat jajani anak-anak ke mini market udah bisa.

A: Bagaimana rasanya bisa ngasilin uang lewat blog?
MD: Senang. Semacam jalan keluar supaya nggak mengalami post power syndrome pasca resign dari kantor.

A: Selain materi, apa saja yang mbak dapatkan dari blog?
MD: Open minda, banyak info terbaru yang didapat. Banyak teman. Networking paling penting.

A: Bagaimana sih cara mbak agar terus produktif ngeblog?
MD: Pelan-pelan mulai melengkapi fasilitas untuk ngeblog. Mulai dari kuota internet, handphone, laptop, kamera, dan perlengkapan penunjang lainnya. Insha Allah dengan perlengkapan yang serius, semesta akan mendukung.

A: Apa sih yang mbak lakuin agar blog mbak bisa terus menarik minat pengiklan?
MD: Menaikkan statistic, mulai dari DA-PA-Traffic, dan tentu saja tulisan yang menarik. Selalu berusaha untuk memberikan honest review. Dan mulai memilih tulisan yang sesuai sama aku.

A: DA itu mempengaruhi fee blog gak mbak?
MD: Mempengaruhi. Sering-sering blogwalking biar bisa mempengaruhi DA.

A: Setau mbak, berapa sih fee per-DA itu?
MD: Nggak tau. Kalau aku lihat dari historis selama aku terima job aja. Semakin tinggi DA, katanya semakin bagus.

A: Kasih tips-tips untuk teman-teman yang berniat ngasilin uang lewat blog dong mbak.
MD: Temukan gaya menulis diri sendiri dulu. Kalau content udah bagus. Traffic naik, entar brand juga ngelirik kok. Awalnya emang harus modal. Misal setiap kegiatan kita, ya kita tulis. Let it flow. Jangan pernah membatasi diri untuk belajar dari orang lain dan siapapun. Curi ilmunya, kemudian modifikasi sesuai kebutuhan kita.

Gimana? Gimana? Bermanfaat bukan? Jadi masih pengen nggak ngeblog? Masih malas ngeblog? Yakin? Yuk ah semangat ngeblog. Bagi teman-teman yang pengen kenal dekat dengan mbak Desy, bisa follow instagramnya di @desy_yuss. Alamat blognya udah aku share diatas yaa.

Oke mungkin segini dulu. Semoga bermanfaat. salam sayang, @muthihaura_blog.
Kamis, 16 November 2017. 11.59 WIB.
 

Baca Artikel Populer Lainnya

18 komentar:

  1. Alhamdulilah ya mba pengalaman mb , mba Dessy bisa menginspirasi siapapun untuk terus produktif yeay semangat :) semoga kupun sll dpt job hahaha *aamiinkan y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. semoga saja ya mbak. ayo tetap semangat buat kita.

      Hapus
  2. Makasih ya Mut ulasannya, kamu hebat ih udah ga mandiri meski lagi kuliah. Semoga wawancara diatas itu bisa ngingetin aku kalo lg malas ngeblog

    BalasHapus
  3. Wah jadi merasa 'tertampar' karena masih suka menunda menulis konten. Sampai-sampai udah lupa sama detail pengalamannya. Hebat juga mbak nya udah bener-bener bisa hidup dari blog ;) tetap menulis mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mbak.semoga menginspirasi ya mbak ;))

      Hapus
  4. Wow asyiknya pertama kali dapat job dah dibayar hp ya :)

    BalasHapus
  5. alhamdulillah aku juga sudah dapat rezeki melalui blog. Padahal awalnya blog cuma buat nyimpen resep aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mbak. ayo makin semangat kitanya :))

      Hapus
  6. Waw keren udah 5 tahun. Kalau saya setahun juga belum sampe. Tapi saya mmau serius buat ngebangun blog saya. Selain utk berbgi bsa jga menambah ilmu.

    BalasHapus
  7. Setuju dengan ini, Jangan pernah membatasi diri untuk belajar dari orang lain dan siapapun. Curi ilmunya, kemudian modifikasi sesuai kebutuhan kita. Toos! :)

    BalasHapus
  8. Aihh Desy Yusnita memang keren ya, kadang ke event bawa anaknya yang lucu namanya Shanum. Gemeeezzz liat shanum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak mbak desy imut-imut ya mbak hehe

      Hapus
  9. jadi makin semangat ngeblog nih.. hihi makasi ya , artikel ini jadi motivasi banget !

    BalasHapus
  10. Jadi termotivasi gini kak, makasih infonya:)

    BalasHapus