Tahapan untuk Mempersiapkan Pernikahan yang Berkesan

2:13 AM Muthi Haura 2 Comments





Pernikahan adalah peristiwa besar dalam kehidupan di mana bersatunya dua insan dalam sebuah ikatan janji suci sehidup semati. Setiap insan berharap pernikahannya merupakan kali pertama dan terakhir dalam hidup mereka. Pernikahan memang tidak selalu dikaitkan dengan pesta yang mewah, tapi lebih ditujukan untuk mendapatkan suasana yang sakral, lancar tanpa hambatan. Walaupun memang tidak dipungkiri pasti setiap orang yang menikah ingin memiliki kenangan manis di hari pernikahannya. Calon pengantin tak jarang sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari jauh-jauh hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari merencanakan undangan, tempat pernikahan, layanan dekorasi, catering, souvenir, dan hal lainnya yang mungkin saja terlupakan.

source: google
 Baca juga: Untukmu calon imamku


Mempersiapkan perta pernikahan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda mempersiapkan semua persiapan sendiri dan tanpa bekerja sama dengan penyelenggara acara pernikahan yang biasa disebut dengan WO (Wedding Organizer). Anda harus lebih banyak meluangkan waktu dan pikiran untuk mempersiapkannya agar tidak ada yang terlewat. Tapi percayalah, walaupun tanpa WO pesta pernikahan yang Anda impikan tetap bisa terlaksana apabila dipersiapkan secara matang dan sungguh-sungguh. Coba pelajari dan ikuti beberapa tahap persiapan untuk pernikahan berikut ini.


Tahap persiapan pernikahan untuk pesta yang berkesan:
·         Persiapkan mental
Mempersiapkan mental adalah yang paling utama. Optimiskan diri Anda, berikan pikiran-pikiran positif yang dapat membangun. Lalu serahkan segala urusan jodoh kepada Tuhan, dan yakinlah bahwa setiap niat baik akan selalu diberikan kemudahan oleh Nya. Dengan berbekal kepercayaan seperti itu akan menghilangkan segala pikiran negatif yang menyelimuti diri Anda. 
·         Bicarakan pada keluarga
Cobalah sampaikan niat baik Anda kepada dua belah pihak keluarga, utarakan segala rencana dan persiapan yang akan dilakukan. Minta dukungan dan masukan dari keluarga. Coba bersifat jujur dan terbuka karena akan mempermudah anda untuk melakukan segala persiapan, karena siapa tahu salah satu anggota keluarga dapat membantu Anda mempersiapkan segalanya.
·         Tetapkan budget
Tetapkan biaya yang Anda punya dari jauh-jauh hari. Tulis dengan detil setiap pengeluaran mulai dari yang paling besar hingga terkecil. Sisakan paling tidak 10% di tabungan anda untuk pengeluaran yang tidak terduga. Tapi apabila pengeluaran Anda melebihi budget yang dimiliki, mungkin Anda bisa mencari dana pinjaman cepat yang juga tersedia untuk pinjaman pribadi tanpa pekerjaan tetap. Namun pinjamlah dana sesuai kemampuan Anda agar tidak tebebani dikemudian hari,
·         Tetapkan tempat acara
Tentukan dimana lokasi yang akan digunakan untuk mengukir sejarah hidup Anda, apakah di rumah? Atau di gedung? Pilihlah lokasi pernikahan yang nyaman dan pastinya aman untuk kantong Anda.
·         Mencari layanan tenda dan catering
Coba cari jasa penyewaan tenda yang bagus dan dengan harga sesuai. Lalu carilah catering yang memiliki cita rasa yang lezat, luangkan waktu Anda untuk melakukan test food sebelum memilih catering yang akan digunakan. Terkadang ada juga yang menyediakan penyewaan tenda sekaligus dengan cateringnya, jadi silakan dipilih.
·         Buat daftar undakan
Tulis satu persatu siapa saja yang akan menjadi tamu di acara pernikahan Anda, hitung jumlah undangan yang akan disebar dengan jumlah catering yang dipesan, agar tamu tidak lebih dari kapasitas yang sudah ditentukan.
·         Buat Undangan
Sebelum mendatangi jasa percetakan ada baiknya persiapkan terlebih dahulu design apa yang kira-kira akan digunakan. Mulai dari layout, hingga penulisan nama panggilan dari kedua calon pengantin.
·         Persiapkan baju nikah, mahar dan souvenir
Untuk baju pernikahan baik untuk akad maupun respsi ada baiknya bila Anda menyewa saja, karena akan menghemat pengeluaran dibandung dengan membuat baju yang hanya akan digunakan satu kali. Kemudian beli mahar untuk pasangan sesuai dengan kantong Anda. Lalu, pilih souvenir yang dapat bermanfaat, seperti gelas, kipas, dan sebagainya.

Untuk memperoleh rangkaian yang manis dan berkesan di hari pernikahan Anda, ada baiknya membuat checklist berisi acara dan gagasannya. Setelah mempersiapkan segala yang telah disebutkan di atas, dan hari pernikahan sudah tinggal 3 bulan lagi, lakukan hal-hal berikut:
·         Datangi layanan dekorasi, segera tetapkan pilihan mau seperti apa bunga-bungan yang disusun diacara pernikahan nanti.
·         Kemudian buatlah kesepakatan dengan fotografer dan videographer yang akan mendokumentasikan acara pernikahan Anda.
·         Sudah memastikan nama-nama yang akan menjadi tamu undangan, lalu segera pastikan jenis undangan yang mau Anda buat, seperti bahan undangan, bentuknya dan lain-lain. Pilihlah jenis undangan yang simple dan sesai dengan budget Anda.
·         Mulai berbelanja pernak-pernik kebutuhan pernikahan Anda. coba buat list belanjaan, agar tidak ada yang terlewat.
·         Apabila Anda telah memutuskan lokasi pernikahan di tempat peribadahan, komunikasikan dengan pengurus tempat tersebuh apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama acara berlangsung.
·         Lalu, jika Anda telah memutuskan untuk menjadikan rumah sebagai lokasi pernikahan, ada baiknya Anda mempercantik rumah tersebut, misalnya mengecat ulang dinding-dinding rumah, percantik bagian taman, dan sebagainya.

Jika sudah tinggal hitungan bulan, tak akan terasa bahwa pesta pernikahaan Anda akan segera dimulai. Mulailah untuk lihat checklist kembali, teliti satu persatu persiapan yang telah Anda lakukan, pastikan tidak ada yang terlupakan. Jika Anda menggunakan penerima tamu/ pager ayu di pesta pernikahan Anda, tentukanlah waktu untuk mengajak mereka fitting baju yang akan mereka gunakan, jangan lupa untuk fitting baju pernikahan Anda juga. Jadwalkan diri Anda dan pasangan Anda untuk melakukan medical checkup pra-merried. Buatlah gagasan detail pada pihak catering maupun gedung yang akan menjadi lokasi pernikahan Anda perihal menu makanan, letak dekor gedung, parkir dan sebagainya. Buat kesepakatan pula dengan make-up pengantin dan hair dresser Anda, cobalah untuk melakukan trial make-up dengan mereka, agar pada hari pelaksanaan tiba Anda bisa mendapatkan hasil akhir seperti yang diinginkan.

Bila hari pernikahan sudah semakin dekat, luangkan waktu untuk bersantai dan memanjakan diri. Sebagai calon pengantin, Anda harus mempercantik diri, dan membuat tubuh lebih relax, seperti pergi kesalon untuk cream bath, lulur, spa, dan totok aura. Dengan begitu aura cantik dan mempesona akan keluar di hari pernikahan nanti dan membuat semua orang terpana saat melihat Anda memasuki ruangan dengan menggunakan gaun pernikahan, dan pastinya pasangan Anda pun akan senang melihatnya. Setelah semua persiapan pernikahan selesai, Anda juga boleh mulai mempersiapkan kebutuhan bulan madu, mulai dari memesan tempat untuk berbulan mau sampai ke barang-barang apa saja yang akan dibawa.

Persiapan pernikahan memang tidak bisa dikatakan mudah, tapi cobalah untuk menjalaninya dengan hati dan pikiran yang tenang. Singkirkan keegoisan dalam diri, coba untuk terbuka dan menerima perbedaan pendapat yang mungkin akan Anda temuka selama menjalani persiapan. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, bandingkan vendor satu dengan vendor lainnya, dan coba untuk menanyakan pendapat orang lain yang sudah melalui masa yang sedang Anda jalankan sekarang.

Baca Artikel Populer Lainnya

2 comments:

  1. Makasih infonya mbak, tapi tulisan di blognya agak sedikit kurang enak dibaca karena rapat2 banget dan nggak teratur.

    Maaf ya mbak, cuma sekadar kasih masukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih masukannya mbak. sudah di edit, apakah tulisannya sudah berubah mbak?

      Delete