Menggali Potensi Diri

6:02 PM Muthi Haura 4 Comments



Haaai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Tadi sore, aku baru pulang dari kampung. Nggak sendiri sih, bareng ayah dan dua orang adik aku. Jadi ceritanya semalam dapat kabar kalau tuntuo Khaidir kakaknya aba meninggal. Malam itu juga langsung berangkat ke kampung.

Sedih? Banget! Ngelihat hal-hal kaya gini makin bikin sadar kalau hidup di dunia ini Cuma sementara. Cuma sebentar. Cuma sekali lalu. Lantas apa yang harus dibanggakan? Kalau bagi aku, kerjakan saja yang terbaik menurut diri sendiri asal tetap masih sesuai di koridor ketetapan Allah.


Dan yang pasti aku pelajari juga, sadarilah bahwa semakin kita dewasa, orang tua kita semakin menua. :’) Ba, I promise make you proud for me!
Oke kali ini, aku pengen sharing lagi tulisan lama aku. Tulisan ini pernah naik di website forbis, tapi sekarang websitenya udah nggak jalan alias gulung tikar. Iya, jadi waktu itu aku jadi content writer atau penulis konten di website tersebut.

Ketimbang tulisan ini Cuma mendam di laptop, mending aku share disini kan? Semoga bermanfaat! Langsung saja, check this out:



Menggali Potensi Diri
Muthi Haura

        Setiap manusia itu diciptakan unik oleh Allah. Setiap manusia itu diciptakan berbeda-beda dengan kemampuan masing-masing. Tidak ada yang memiliki sifat atau kemampuan yang sama didunia ini, kembar sekalipun. Banyak dari kita yang mungkin belum mengetahui sepenuhnya tentang dirinya sendiri. Tentang apa yang ia sukai.
 
Masih banyak diantara kita yang mungkin mencoba mengikut-ikuti cara kesuksesan orang lain, boleh saja, tapi tidak sepenuhnya benar. Kita memiliki potensi masing-masing dan cara suksesnya juga pasti berbeda-beda. Maksudnya seperti ini, jika seseorang ingin berbisnis, lalu orang ini mengikuti bisnis yang tengah berkembang tanpa menimbang-nimbangnya terlebih dahulu, maka bisnisnya akan cepat juga matinya. Bisnis itu cocok-cocokan. Nah ada baiknya sebelum anda mengejar mimpi anda, anda mengetahui terlebih dahulu setiap potensi diri anda.
1.   Kenali Diri
Kenali diri anda sendiri. Cari tau apa saja kesukaan anda dan apa saja yang tidak anda sukai. Mungkin hal ini kelihatannya sepele, tapi sebenarnya memiliki makna yang luar biasa. Dengan mengenali diri sendiri, anda akan tau apa saja potensi yang anda miliki. Anda akan tau apa saja yang pengen anda rubah dari hidup anda. Anda juga akan tau kemana hidup anda akan dibawa. Kalau anda suka dunia penjualan, anda bisa membuka bisnis dibidang yang anda sukai juga. Pokoknya intinya kalau anda mengenali diri sendiri, anda akan mudah menetapkan apa yang ingin anda lakukan dalam hidup.

2.   Buat rencana hidup/plan
Tiap orang pasti menginginkan yang terbaik didalam hidupnya. Semuanya berusaha melakukan sesuatu agar apa yang diinginkannya dapat terwujud. Tapi terkadang tiap kita lupa untuk membuat atau lebih tepatnya menuliskan rencana hidup/plan kita diatas selembar kertas. Sebagian kita cenderung merasa biarkan hidupnya mengalir begitu saja layaknya air. Wah nggak bisa gitu dong, iya kalau airnya ngalir ketempat yang indah, nah kalau airnya ngalir ke comberan gimana? Intinya buat plan anda diatas selembar kertas dan ditempel ditempat yang bisa anda lihat tiap hari. Kalau ingin punya bisnis, cantumkan bisnis anda didalam plan tersebut.

3.   ACTION!
Ini hal yang termasuk paling penting, ACTION! Percuma punya plan banyak-banyak tapi jarang action. Percuma punya mimpi yang tinggi kalau juga jarang action. Sebaiknya setelah anda mengenali diri dan membuat plan, anda harus memulainya dengan action. Jangan menunda-nunda waktu. Semakin anda menunda-nunda waktu, semakin jauh kesuksesan anda.

4.   Do’a
Sekeras apapun anda berusaha tanpa doa, maka hasilnya pun nihil. Sekeras apapun anda membangun bisnis anda tanpa doa, tetap aja tidak akan sukses. Doa termasuk hal yang paling penting. Kita hidup untuk beribadah bukan? Kita hidup bukan hanya untuk mengejar dunia saja. Kalau kita mengejar dunia, akhirat nggak bakal ngikut. Tetapi kalau kita mengejar akhirat, yakin deh dunia anda bakal ngikut begitu saja.
        Belajarlah dari sekarang untuk menggali potensi diri anda. Sukses didepan mata, tinggal bagaimana anda meraihnya. Semangat!


Baca Artikel Populer Lainnya

4 comments:

  1. Thanks for share, artikelnya inspiratif :)

    ReplyDelete
  2. Menunda-nunda pekerjaan yang masih menjadi masalah besar buatku 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sering beberapa kali gt mbak ;))

      Delete