9 Langkah Agar Tetap Sehat di Musim Penghujan

20.08 Muthi Haura 1 Comments



Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Di antara kedua musim tersebut ada musim pancaroba yang merupakan musim peralihan. Di Indonesia sendiri, musim hujan terjadi pada sekitar bulan Oktober sampai April. Sementara itu, musim kemarau terjadi sekitar bulan April-Oktober. Hujan yang terjadi dengan frekuensi lebih sering membuat tidak sedikit masyarakat yang jatuh sakit. Kondisi cuaca yang dingin serta paparan air hujan membuat banyak penyakit bisa menyerang orang dewasa dan anak-anak. Pada musim hujan biasanya penyakit-penyakit yang banyak menyerang diantaranya flu, batuk, demam, sakit kepala ataupun diare. Banyaknya virus dan bakteri yang berkembang selama musim hujan disebabkan oleh banyaknya genangan air yang terbentuk yang kemudian menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah-langkah pencegahan agar tubuh lebih kuat terhadap kondisi cuaca ini. Mencegah timbulnya penyakit tentu akan lebih baik daripada mengobati setelah tubuh terlanjur drop. Beberapa langkah ini bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama musim penghujan, diantaranya :

1.         Penuhi kebutuhan gizi tubuh
Aspek pemenuhan gizi ini sangat penting sebagai benteng pertahanan tubuh dari berbagai bakteri dan virus yang ada di lingkungan. Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang memebuhi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin serta mineral yang cukup bagi tubuh. Tubuh yang tercukupi gizinya tentu akan lebih kuat dan lebih mampu bertahan di tengah cuaca yang tidak menentu. Pada musim hujan perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh agar daya tahan tubuh meningkat.


2.         Konsumsi tambahan suplemen bila perlu
Pada musim penghujan tubuh memang sangat rentan mengalami penurunan daya tahan akibat kondisi cuaca. Tubuh yang terkena hujan biasanya dapat lebih mudah kedinginan dan membuat daya tahan tubuh pun turun. Turunnya daya tahan tubuh membuat virus atau bakteri yang ada di sekitar dapat lebih mudah masuk dan menimbulkan penyakit. Jika konsumsi sayur dan buah-buahan dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan, seperti suplemen vitamin C. Vitamin C ini sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Anda bia mengkonsumsi suplemen vitamin C dari beragam merk dan jenis.

3.         Perbanyak minum air putih
Tubuh sebaiknya selalu tercukupi kebutuhan cairannya baik pada musim kemarau ataupun musim penghujan. Pada musim penghujan sendiri, Anda perlu minum air dalam jumlah yang cukup untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Tubuh manusia yang sebagian besar terdiri atas air tentunya akan lebih kuat jika kebutuhan cairannya terpenuhi. 

air putih
source: google


4.         Gunakan payung atau jas hujan untuk menghindari paparan air hujan
Jika 3 poin pertama tadi merupakan langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan dari dalam, poin ini merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan dari luar. Selama musim hujan, selalu bawa jas hujan atau payung kemana pun Anda pergi. Cuaca yang bisa berganti secara tiba-tiba perlu diantisipasi dengan 2 barang penting ini. Sebisa mungkin hindarkan tubuh dari paparan air hujan secara langsung. Selain dapat menurunkan suhu tubuh, air hujan juga mengandung bakteri ataupun mikroorganisme lain penyebab penyakit. Pada dasarnya, air hujan merupakan air yang bersih dan bebas dari kandungan logam-logam berat dengan catatan air ini langsung jatuh dari awan hujan. Jika air hujan ini terlebih dulu mengenai atap rumah atau pohon maka air hujan dapat membawa kotoran-kotoran dan bakteri. Bakteri ataupun mikroorganisme lain ini berasal kotoran hewan ataupun kotoran lain yang melekat pada atap ataupun pohon. Air semacam ini lah yang dapat menimbulkan penyakit bila mengenai tubuh.

5.         Mandi dengan air hangat jika baru terkena hujan
Jika Anda terlanjur kehujanan, segera mandi dengan air hangat dan ganti baju Anda dengan baju yang bersih dan kering. Mandi dengan air hangat setelah terkena hujan dapat membantu menghangatkan badan sehingga mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal. Selain itu, mandi air hangat menggunakan sabun antiseptik juga dapat membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang menempel. Tubuh yang langsung dibersihkan setelah terpapat air hujan ini bisa mencegah berkembangnya kuman dan bakteri lebih lanjut pada tubuh Anda.

6.         Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan
Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak ada bakteri dan mikroorganisme lain penyebab penyakit yang bersarang di tubuh ataupun lingkungan Anda. Kondisi musim hujan yang meninggalkan genangan-genangan air bisa menjadi tempat potensial untuk berkembangbiaknya bakteri dan pencemar lainnya. Genangan-genangan ini juga berpotensi untuk mengenai tubuh jika Anda melintas menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Air yang mengandung banyak bakteri tersebut dapat menimbulkan penyakit jika menempel lama pada tubuh dan tidak langsung dibersihkan. Oleh karena itu,biasakan mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, agar lingkungan tempat tinggal juga terjaga, segera keringkan genangan-genangan air yang ada di sekitar rumah Anda. Bersihkan rumah dengan cairan pembersih dengan kandungan antiseptik agar lantai rumah selalu bersih dan bebas kuman.

7.         Cukupi kebutuhan istirahat
Istirahat yang cukup akan berpengaruh pada daya tahan tubuh. Anda perlu mencukupi kebutuhan istirahat Anda agar daya tahan tubuh tidak turun sehingga tidak mudah terserang penyakit selama musim hujan.

8.         Gunakan pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari udara dingin
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, udara dingin selama musim hujan bisa menurunkan suhu tubuh yang berakibat pada turunnya daya tahan. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat dengan tambahan pakaian penghangat seperti jaket, sweater atau syal.

9.         Rutin berolahraga
Biasakan untuk berolahraga setiap hari agar tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Anda bisa menyisihkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk berolahraga ringan. Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik dapat memperkuat kondisi fisik dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan dari beragam penyakit yang sering muncul selama musim hujan. Pencegahan ini tentu akan lebih murah dibandingkan mengobati apabila tubuh sudah terlanjur terserang penyakit. Jika terlanjur sakit maka Anda perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar penyakit dapat segera diobati dan kondisi tubuh tidak semakin parah. Disinilah pentingnya Anda memiliki simpanan tabungan sebagai cadangan untuk situasi darurat dan mendesak seperti untuk pengobatan. Jika Anda memerlukan dana untuk pengobatan tetapi tidak memiliki cukup tabungan, pilihan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair dapat jadi alternatif yang pas. Anda bisa mendapatkan pinjaman dana jangka pendek dengan jumlah tertentu yang mudah, cepat dan praktis di www.monily.id. Pinjaman dana ini bisa langsung cair dalam waktu singkat sehingga dapat langsung Anda manfaatkan untuk keadaan mendesak.

Baca Artikel Populer Lainnya

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com

    BalasHapus