Ngasilin Uang Lewat Blog? Bisa!

11.37 Muthi Haura 29 Comments



Haaai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya di awal 2018 ini? Masih semangat buat gapai impian yang dilistkan? Atau semangatnya udah mulai kendor? Duh, jangan sampai ya! Aku juga tetap semangat kok, walau tahun ini nggak ngelist impian atau target apapun.

Baca juga: Impian di 2018

Saat ini, aku masih sibuk-sibuknya bolak balek kampus. Yap, revisian skripsi plus ngurus semua hal yang berkaitan dengan kelulusan. S.I.Kom sudah ditangan. Rasanya makai gelar itu dibelakang nama masih canggung. Aku ngerasa belum cocok disebut sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi. Masih banyak ilmu yang harus aku pelajari, terlebih lagi ilmu konsentrasi kuliahku, broadcasting.


Setahun terakhir ini juga aku dapat banyak pertanyaan dari berbagai sosial media aku. Pertanyaannya macam-macam. Maaf banget yang nggak aku balas dengan jawaban yang memuaskan. Aku jadi terpikir buat Q&A gitu, tapi kok kesannya rada sok ngartis gitu, akhirnya aku urungin. Nah, kali ini aku pengen ngebahas hal yang sering banget ditanyain ke aku, ngasilin uang lewat blog.


Rata-rata yang nanya gini itu orang-orang yang aku kenal disekeliling aku. Capek juga ngejelasinnya satu-satu, ya udah akhirnya tadi setelah adik di Gagasan si Laila nanya lagi, terpikir deh buat bikin di blog aja. Ngasilin uang lewat blog? Bisa banget!

Sekedar tau aja, aku aktif ngeblog sejak awal masuk kuliah yang berarti sejak pertengahan Juli 2013. Berarti aku ngeblog udah sekitar lima tahunan. Awal ngeblog, aku sama sekali nggak pernah terpikir untuk ngasilin uang lewat blog. Aku Cuma jadikan blog sebagai ajang penyimpan kenangan apa-apa saja yang aku alami sepanjang masa perkuliahan. Intinya blog ini isinya kebanyakan curhatan deh, cek aja postingan-postingan awal.

Di pertengahan 2016, aku udah jarang banget minta uang jajan. Bisa dibilang, aku udah ngebiayai kepentingan hidupku sendiri. Begitu juga dengan uang kuliah. Uang dari mana? Ngeblog! Uang dari mana? Menulis! Iya, jadi dipertengahan 2016 itu, aku baru sadar kalau ngeblog bisa ngasilin.

Kok bisa? Gimana caranya? Daftar adsense?
Enggak, aku sama sekali nggak ngerti cara daftar dan masang adsense. Aku baru ngecoba adsense ini malah awal 2018 ini. Untuk adsense aku masih belajar. Kalau aku udah paham, entar aku share deh disini.Sebenarnya belum pantas juga rasanya aku nulisin ini, soalnya diluar sana masih banyak blogger-blogger hebat yang gajinya jutaan dalam sebulan, kebanting banget dengan aku, tapi nggak apalah ya sekedar sharing.

nulis blog
source: google
  
Jadi, semakin ‘bernilai’ blog kamu, maka akan semakin banyak pembaca yang mampir ke blog kamu. Kalau blog kamu banyak yang baca, otomatis para agensi atau pengiklan bakal berlomba-lomba menawari kamu untuk meletakkan ‘link’ mereka di blog kamu. Maksudnya gini, mereka numpang di website kita untuk meletakkan link mereka. Jadi entar dari website kita, ada satu tulisan atau gambar yang kalau ditekan bakal beralih ke website si penaruh link. Sampai sini paham kan?

Gimana caranya meletakkan link? Bisa dengan menampilkan poto di sidebar blog kamu yang ngelink ke website mereka. Atau mereka mengirimkan barang untuk kamu review dan mencantumkan dalam tulisan kamu website mereka. Bisa juga mereka minta kamu untuk nulisin tentang produk mereka atau tentang website mereka, dan diarahkan atau dilinkkan ke website mereka.

Di blog ini, tulisan yang sponsored post atau berbayar itu aku labelin dengan ‘advertorial’. Coba aja klik label advertorial, maka semua tulisan berbayar akan muncul. Nah, tulisan berbayar inipun terbagi dua. Pertama, content placement. Yang kedua, artikel requestan. Content placement itu adalah konten yang dimana sudah ditulis oleh pemberi job, kita selaku pemilik blog hanya tinggal mempublishnya.

Mungkin kalian pernah baca di blog ini yang tulisannya nggak aku banget, itu tulisan advertorial jenis content placement. Untuk fee content placement tiap blog berbeda-beda, tergantung ‘kualitas’ blog tersebut. Untuk awal-awal mungkin berkisar dari lima puluh ribu dan seterusnya. Ada juga artikel requestan, kita yang menulis sesuai request mereka. Yang perlu dipahami, untuk tulisan advertorial ini, walaupun berbayar, aku tetap berusaha jujur dan sesuai pengalaman pribadi.

Untuk artikel requestan, feenya lebih mahal dari pada content placement. Biasanya untuk pemula berkisar dari seratus ribu keatas. Kalau untuk fee aku pribadi nggak perlu disebutkanlah ya? Nggak tinggi kaya blogger hits kok, tapi tetap Alhamdulillah.  

Selain itu, job untuk para blogger atau para pemilik blog gak hanya lewat blognya. Blogger itu dekat banget dengan sosial media, baik itu instagram, twitter, facebook, dan media-media sosial lainnya. Nah, dari media sosial ini jugalah para blogger mendapat job. Kok bisa? Iya, para agensi nggak Cuma minta di post di blog, kadang ditawarin untuk jadi buzzer atau influencer gitu. Tugasnya ngepost di twitter dalam beberapa twit. Atau ngepost di instagram dengan beberapa posting.

Untuk fee sendiri berbeda-beda, tergantung berapa followers media sosial si blogger tersebut. Kalau aku pribadi pernah ngetwit beberapa twit dibayar sampai 500 ribuan. Menurut aku, penghasilan blogger itu nggak tetap dalam sebulan. Kalau lagi ramai jobnya, ya sejutaan lebih bisa. Kalau lagi sepi, ya paling berapa ribuan. Tapi In syaa Allah tiap bulan itu pasti ada.

Wah enak dong ya kak jadi blogger? Tinggal nulis, trus dapat uang. Tinggal ngepost, dapet uang. Ini nih kalimat yang sering banget aku dengar. Jadi blogger itu gampang-gampang susah. Bikin blog trus langsung ngarep dapat job ya nggak akan bisa, kecuali kalau kamu artis dari sananya. 

cari uang dari blog
source: google


Butuh ketekunan buat ngerawat blog itu. Butuh kedisiplinan. Butuh kekonsistenan. Saran aku, bagi yang baru awal-awal, mending jadiin ngeblog sebagai hobi dulu. Jangan berpikiran langsung bakal dapat uang, karna kalau kaya gitu, entar kamunya capek sendiri. Posting aja terus. Jadikan blog sebagai arsip karya-karya kamu.

Lakukan aja dulu sampai kamu benar-benar menyenangi kegiatan ngeblog ini. Jangan mikirin yang gimana-gimana dulu. Percaya aja deh, usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil. Apa yang kamu lakukan, pasti akan dapat balasan. Yang penting usaha aja dulu semaksimal yang kamu bisa. Rawat blog kamu semaksimal yang dibisa.

Ada hal yang lebih penting ketimbang uang dalam proses ngeblog ini? Yap, kepuasan! Teman, link, pengetahuan, dan lain sebagainya. Yang mau jadi blogger, mulai deh dari sekarang bikin blog. Terserah mau di wordpress atau blogger.com atau platform manapun. Mulai dari sekarang, nikmati, dan rasakan ;))

Tulis aja apa yang kamu suka terlebih dahulu, nggak perlu muluk-muluk. Kamu suka nulis cerpen? Masukin di blog kamu cerpen-cerpen karya kamu. Kamu suka curhat, curhat aja dulu di blog, tapi jangan lupa di filter terlebih dahulu ya. Pokoknya apapun yang kamu suka atau kamu kuasai, tulis deh di blog. Atau kamu punya pengalaman yang mengasyikkan, tulis juga di blog. Apapun itu, tulis!

Nah, kalau kamu udah mencintai kegiatan ngeblog, kamu bisa memonetize blog kamu agar berpenghasilan. Cara awalnya, sering-sering deh blogwalking. Blogwalking ini maksud gampangnya itu adalah kamu singgah dan ngomentari blog orang lain. Yap, membangun link. Kamu juga bisa gabung di komunitas-komunitas blogger. Banyak kok komunitas blogger di Indonesia ini, kalau di Pekanbaru ada namanya Blogger Bertuah.

Ada juga blogger perempuan, kancut blogger, emak-emak blogger, sobat blogger, Indonesian beauty blogger, dan komunitas-komunitas lainnya. Setelah itu, agar lebih terlihat professional, kamu bisa pakai domain berbayar, kaya www.muthihaura.com ini. Pakai nama domain yang gampang diingat. Ini dulu deh kayanya yang mendasar agar bisa memonetize blog kamu.

Oke mungkin segini dulu ya. Semoga memuaskan kalian dari mana para blogger dapat uang. Ngasilin uang lewat blog? Bisa banget! Ayo semangat! Jangan lupa follow dua instagram aku, @muthihaura_blog dan @muthihaura!. Twitter aku @muthiiihauraa. Wattpad dan hypstar aku @muthihaura1. Jadi pahamkan kenapa aku punya banyak akun sosial media? Hehe.

Oke, salam sayang, @muthihaura_blog. See you on the top!
14 Januari 2013. 10.57 WIB.

 


Baca Artikel Populer Lainnya

29 komentar:

  1. Makin semangat ngeblog ini. Cayooo 😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cayoooo. ayoo semangat. kita pasti bisa ;))

      Hapus
  2. Assalamualaikum, salam kenal Mba. Wah suka nih kali bahas tentang uang #eeeh... maksudnya dari hobi dibayar. Aky mulai ngeblog Sebenernya udah lama, tp blog lama aku tinggalin dan aku bikin ulang blog dan dokasih domain.2017 lah aku mulai serius ngeblog.

    Alhamdulillah, meski masih blog baru aku bs sedikit merasakan pundi2 rupiah. Biasanya dr ikut event blogger, content placement atau hadiah lomba blog.

    Benar kata mba, kita rajin aja nulis, soal rejeki mah nanti Allah yang atur. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa'laikumsalam, salam kenal kembali :) Wah keren ya mbak, baru udah bisa survive. semangat terus buat kita ya mbak ;)) Siip, ayo rajin nulis!

      Hapus
  3. aku masih dalam taraf merintis nih mbak, pengen menghasilkan uang tapi masih fokus di konten dulu. udah ada beberapa sih yang menghasilkan walaupun ga seberapa, tapi alhamdulillah.. makasih banyak tipsnya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, fokus di konten dulu aja. semangat mbak, usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil. sama-sama mbk ;))

      Hapus
  4. Aku baru aktif di akhir 2015 dan sukanya curhat di blog ehehe. Dan kadang suka mampir ke blog siapa aja aja yang dipenginin tanpa meninggalkan jejak :D.
    Nah iya setuju alhamdulillah dari ngeblog dapet kenalan dan temen maya baru yang ramah-ramah dan memberi energi positif juga pengetahuan, termasuk muthi :) selamat atas gelar S.I.Kom nya. Sukses selalu :)

    BalasHapus
  5. Keren mba, blognya udah ngasilin duit hehe. Saya masih tahap belajar n sesuai kata mba berusaha konsisten nulis apa yang kita sukai. Mudahan suatu saat bisa kayak mba. Aamiin

    BalasHapus
  6. semoga tetap semangat ngeblog yaaa

    BalasHapus
  7. Wah bacanya ikutan seneng. Kayanya mba Muti ini ga ngoyo banget dalam ngeblog tapi tetep ada aja rejekinya.
    Semoga nular ya.

    BalasHapus
  8. waah ini nih. aku udah mulai ngeblog dari tahun 2011 loh malah. cuma ya itu karena naik turun jadi sampai sekarang pun blog ku belum menghasilkan uang. hahah. baru sekarang rasanya pengen serius ngeblog. semoga ku bisa kaya mbak yaaa.

    BalasHapus
  9. Selamat Mbak udah S.I.Kom 👏
    Bener banget Mbak, butuh ketekunan dan konsistensi dalam mengelola blog 😀

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya bisa menghasilkan uang lewat blog. Walaupun itu tentu membutuhkan waku dan konsistensi ya mba :)

    BalasHapus
  11. salam kenal mbak. saya termasuk yang baru awal-awal ngeblog haha. baca ini jadi makin semangat ngepost. tapi ya.. sesuai tips mbak, saya harus hobiin dulu nih ehhehe..
    Selamat untuk kelulusannya :)

    BalasHapus
  12. nah akupun sering ditanyain sama orang2 gimana bisa nulis mungkin liat aku dapet produk, dapet hadiah mupeng kali yak giliran ku jawab tulislah dari yang kamu suka pelan2 eh dah geitu langsung sama ybs end chat bah pengen jalur cepat kali yah pdhl nulis blog itu penuh perjuangan *halah* semangat y mba smeoga segera salse skripsina dan ttp produkti nulis blog

    BalasHapus
  13. Iya bener, ketekunan ngeblog tuh harus banget ya ^^

    xoxo,
    The Wonderland by Kartikaryani
    www.kartikaryani.blogspot.co.id

    BalasHapus
  14. Bener banget. Usaha nggak akan mengkhianati hasil. Duh jadi semangat ngeblog lagi nih.

    BalasHapus
  15. Makasi bnyak mba idh d semangatin buat rajin nulis..
    Sukses selalu ya mba..
    Aamiin

    BalasHapus
  16. iya,,
    lagi pgn juga jadi profesional blogger

    BalasHapus
  17. Wah akhirnya ke sini lagi setelah hiatus BW. Aku dulu sempat singgah di blog kakak, terinspirasi, dan nulis ini: http://elthnad.blogspot.co.id/2017/09/coretan-mahasiswa-tahun-akhir-blog.html loh (tenang, itu bukan link hidup). Oh ya, pengalamannya hampir-hampir sama denngan pengalamanku dalam ngeblog dan mendapatkan fee dari blog. Tapi blog aku belum punya adsense nih. Ditunggu ya postingannya! Meski penghasilannya masih segitu (namanya aja baru mulai), tapi gak ada salahnya kok. Kalau bisa nulisnya kayak cerita skripsi itu, dirunut dan jelas. hehe. Maaf banyak minta. Oh ya, itu yang resolusi 2018 kenapa gak bisa diklik ya kak?

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, aku sendiri yang kerja ajah pendapatannya banyakin dari ngeblog, Mbak..

    aku juga ada temen, puluhan juta perbuan euy dari ngeblog

    maunya sich fokus ngeblog, dapat duit dari ngeblog dan nulis, secara yah pekerjaan ini menghasilkan tanpa harus ninggalin keluarga...

    BalasHapus
  19. Semoga kualiahnya cepat kelar, goodluck

    BalasHapus
  20. yap benar, setuju. ngeblog itu butuh ketekunan buat ngerawat blog, terus kedisiplinan dan kekonsistenan. Dan itu aku masih belang-belang ngejalanin nya, hiks. Btw semangat revisi an nya ya. Semoga semuanya lancar.

    BalasHapus
  21. Salam kenal. Saya sendiri mencoba peruntungan dengan ikutan lomba blog, kalo menang hadiahnya lumayan loh buat beli bakso sama gerobaknya juga, hehehe... Alhamdulillah sih, ngeblog jadi gak sia-sia amat, ada aja rezeki dari Tuhan, kembali ke kitanya aja, mau serius ngeblog atau cuma main-main aja ngeblognya. Gak perlu malu untuk sharing mba, sekecil apapun pengalaman yang kita peroleh selama ngeblog, perlu kok disharing, biar bisa jadi pengalaman baru bagi pembaca.

    BalasHapus
  22. mantap ya kalau sudah bisa nghasilin uang dari blog...

    BalasHapus
  23. Ketekunan, kedisiplinan dan konsistensi itu emang perlu banget ya.
    Sejauh ini aku masih menikmati setiap proses dr ngeblog sebagai hobby,
    belum berharap byk, masih terus belajar, mudah2an suatu saat nanti aku bisa nambah penghasilan dr blog juga hehehe.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  24. Akhirnya ada yang mengulas tentang advertorial :) Jadi makin semangat! *eits hehe.

    Btw, aku sempat tahu soal pengiklan via blogger dari akun-akun instagram sih. Tapi nggak begitu mendalami informasinya karena pasti harus terasah rasa tanggungjawab dan kejujurannya.

    Tetap semangat ngeblog wohoo!

    BalasHapus
  25. yang penting konsisten nulis. semangat, hap hap!:D

    BalasHapus