Aplikasi di Smartphoneku

07.00 Muthi Haura 24 Comments


Aplikasi di Smartphoneku- Haai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya teman-teman? Gimana target dibulan Februari ini? Apa saja yang sudah kamu lakuin buat ngewujutin target tersebut? Semoga selalu diberikan kemudahan ya untuk semua rancangan mimpimu, juga rancangan mimpiku.

Seperti yang udah aku ceritain dipostingan sebelumnya kalau aku lagi kecanduan banget nontonin youtube. Sejauh ini Alhamdulillah yang aku tonton bermanfaat. Rada nyesel gitu kenapa nggak dari dulu belajar banyak hal dari youtube. Ah, penyesalah emang selalu datang diakhir. Nasi udah jadi bubur, tinggal bagaimana membuat bubur itu tetap enak dinikmati.

Lagian dulu juga ngakses youtube itu rada susah bagi aku. Mulai dari handphonenya yang nggak mendukung sampai internetnya yang awut-awutan. Nah, salah satu video youtube yang aku tonton itu tentang aplikasi yang ada di hape vlogger tersebut. Entah kenapa menurut aku video ini menginspirasi, aku jadi dapat ilmu atau tau tentang aplikasi yang rekomendasi untuk hape.

 

Gara-gara video tersebut, aku jadi terpikir untuk bikin juga aplikasi apa aja yang di smartphone aku. Kali-kali aja kalian juga butuh aplikasi tersebut dan bisa kalian download di playstore. Sebelumnya, perlu diketahui, smartphone aku xiomi redmi 4A. Bukan smartphone mahal kok, tapi belinya Alhamdulillah udah pakai uang sendiri.

layar kunci
layar kunci
 
layar awal
layar awal


Dilayar awal, bagian atasnya itu ada google. Diurutan nomor dua ada jam, hari, dan tanggal. Ini penting menurut aku diletakkan dibagian atas agar kita tetap tau waktu. Trus selanjutnya itu ada setelan, keamanan, cuaca, google. Di folder google sendiri berisi penelusuran, gmail, maps, youtube, drive, play music, play film, hangouts, foto, chrome, dan duo. Pokoknya bawaan hapenya deh gitu. Nggak aku rubah-rubah.

Untuk di folder google ini, aku paling suka buka youtube pastinya dan chrome, selebihnya jarang aku buka, bahkan ada yang nggak pernah. Selanjutnya disamping folder google, ada play store, trus folder alat. Di dalam folder alat berisi kontak, Mi kalkulator, jam, email, radio fm, akun mi, perekam, pembaruan, masukan, pemindai, unduhan, dan kompas.

Di folder alat ini sendiri juga jarang aku gunakan. Paling yang sering aku pakai itu kalkulator. Perekam juga sering dulu kalau lagi wawancara narasumber untuk bahan liputan. Maklum, dulu aku anak LPM. Sekarang juga kalau lagi ada job liputan, perekamnya terpakai.

Baca juga: Arti Gagasan bagiku



Setelah folder alat, di tampilan pertama ini ada tema. Dibagian bawahnya ada aplikasi share it, telepon, pesan, dan kamera. Aplikasi share it ini adalah salah satu aplikasi yang menurut aku sangat bermanfaat untuk transfer file tanpa blootooth. Lebih memudahkan deh kalau ada aplikasi ini. Mau sebesar apapun besar filenya, bisa lewat aplikasi share it ini.

 
layar kedua
layar kedua


Dlayar kedua kedua, ada kalender, berkas, catatan, folder aplikasi lainnya yang isinya WPS office, keyboard. Aplikasi di folder ‘aplikasi lainnya’ ini juga jarang aku gunakan, kecuali yang wps office untuk buka file berbentuk word atau pdf. Setelah itu, ada aplikasi mi remote, forum mi, wattpad, whatsapp, line, pixabay, mi drop, instagram, music, hypstar, browser, gojek, photo compress, adobe clip, uc mini, dan viva video.

Untuk aplikasi wattpad, aku baru download awal tahun 2018 ini. Sekitaran tanggal belasan dibulan Januari kalau nggak salah. Entah kenapa waktu itu kepengen banget ngewattpad, akhirnya bikin akun ‘muthihaura1’. Rencananya aku pengen konsisten nulis fiksi disini.

Kenapa ngepost di wattpad, Mut? Kenapa nggak di blog aja sekalian? Kalau menurut aku, blog dan wattpad punya ‘pembacanya’ sendiri. Blog kayanya lebih ke diary, sedangkan di wattpad dikenal memang sebagai kumpulan karya-karya fiksi. Salah satu tujuan aku ngewattpad adalah berharap bisa ketemu penerbit untuk naskah aku selanjutnya. Ya, bermimpi nggak ada salahnya kan?

Selagi mimpi itu gratis dan diiringi doa plus usaha. Selanjutnya itu aplikasi untuk komunikasi gitu kaya line dan whatsaap. Aku jarang buka line. Di line Cuma ada beberapa grub yang aku ikutin, selebihnya biasanya berkomunikasi lewat whatsapp. BBM juga udah uninstall. Menurut aku, whatsaap lebih friendly.

Sedangkan alasan aku download aplikasi pixabay adalah untuk ngesave atau ngedownload wallpaper atau poto gratis. Jadi di pixabay disediain banyak poto gratis yang bisa dipakai secara bebas tanpa watermark. Jadi kalaupun mau di post di blog, poto dari pixabay itu bisa kita pakai tanpa link sumber. Untuk blogger, bagi aku pixabay ngebantu banget.

Untuk aplikasi hypstar aku download karna waktu itu lagi ada job di hypstar, mau nggak mau download. Sekarang masih dipertahanin dan semoga ada job lagi dari aplikasi ini. Selain itu di hypstar kalau kita ngupload video, kita bisa dapat uang, walau aku masih kurang ngerti cara mainnya gimana. Tapi bagi yang punya aku hypstar, bolehlah follow aku di ‘muthihaura1’.

Aplikasi gojek aku download dulu banget, trus setelah itu aku uninstall. Trus pas adik dan ayah aku sakit, karna kami nggak punya mobil, ngerasa banget kalau aplikasi ini sangat membantu. Awalnya di hape ayah aku makai grab, trus kemudian beralih ke gojek. Pokoknya grab ataupun gojek bagi aku sangat penting, jadi aku nggak bakal uninstall aplikasi ini lagi.

Baca juga: Sehat itu mahal




Masih di tampilan layar yang kedua, aku download aplikasi photo compress. Gunanya untuk mengecilkan ukuran poto untuk dimasukin ke blog. Tujuannya apa? Agar blog loadingnya nggak berat karna kebanyakan poto yang ukurannya besar. Tapi sayang sekali, aku masih nggak ngerti cara makainya. Masih mau belajar, yang pasti untuk para blogger, aplikasi ini bisa banget di download.

Sedangkan aplikasi adobe premiere clip dan viva video ini aku download karna aku lagi suka banget ngedit video. Tapi sayang, dikedua aplikasi ini ada watermarknya. Mungkin untuk kedepan, aku nggak jamin bakal mempertahankan aplikasi ini. Nah, lanjut ke tampilan yang ketiga.

layar ketiga
layar ketiga

 Ditampilan yang ketiga ini, ada aplikasi kinemaster, stop motion, remove watermark, dan whatsaap kebuka. Aplikasi kinemaster ini rekomendasi banget untuk ngedit video di smartphone android. Kalau di ios, aku rekomendasikan imove. Kenapa kinemaster? Karna cara ngeditnya hampir sama kaya kita ngedi di adobe premiere lewat pc.

Sayangnya, kinemaster juga ada watermark. Tapi tenang aja, watermarknya bisa dihapus dengan aplikasi remove watermark, asikkan? Sedangkan aplikasi stop motion ya untuk bikin stopmotion. Dan aplikasi terakhir itu adalah aplikasi whatsaap kebuka. Ngerti nggak maksudnya? Jadi tampilannya itu kebuka kecil. Sengaja aku tambahin biar kalau ada WA masuk bisa aku baca tanpa buka aplikasi whatsappnya.

Jadi entar nggak ketahuan kapan kita terakhir kali online. Nggak ketahuan juga, WA tersebut udah kita baca atau belum. Nah, itu saja aplikasi yang ada di smartphoneku. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang udah kuhapus, kaya aplikasi Al-Qur’an. Entah kenapa nggak suka baca Al-Qur’an lewat hape, sukanya ya memang pakai mushafnya langsung. Selain itu, kadangkan kalau ditempat umum dan mau ke wc, hape  pasti dibawa. Sedangkan di dalam hapenya ada Al-Qur’an.

Aku juga habis ngapus aplikasi hootsuite. Aplikasi ini berguna untuk ngejadwalkan postingan twitter, facebook, path, dan lain-lain. Pas banget nih kalau ada job twitter, trus kita nggak bisa post sesuai brief jobnya, bisa kebantu dengan aplikasi ini, tapi untuk sekarang nggak terlalu aku butuhin, makanya kuhapus. Aku lagi pengen download aplikasi VSCO dan blog it. Bagi aku, dua aplikasi itu lagi aku butuhin banget.

Selain itu, aku juga bakal kasih tau beberapa aplikasi yang bagus nih, walau aku nggak gunain. Power director untuk ngedit video. Studio untuk upload video di youtube. Berguna banget nih buat kamu yang mau jadi youtuber. Facetune aplikasi untuk ngedit wajah agar flawless. Pocket video untuk edit video.

Wordswag untuk edit tulisan. Kalau kamu punya online shop, kamu bisa juga download aplikasi ongkoskirim, gunanya untuk mengetahui ongkor kirim keseluruh Indonesia. Aplikasi video link untuk download video youtube. Period diary untuk mencatat tanggal menstruasi. Joox untuk dengerin lagu dan myfitnespal untuk membantu diet kamu.

Oke kayanya segitu dulu Aplikasi di Smartphoneku. Pokoknya temuin aja aplikasi yang menurut kamu bermanfaat untuk kamu sendiri. Semoga aplikasi-aplikasi itu membantu kamu mencapai kesuksesan ya. Salam sayang, @muthihaura1
Jum’at, 9 Februari 2018. 10.26 WIB.

#onedayonepost #odopbacth5

Baca Artikel Populer Lainnya

24 komentar:

  1. aih asik banget banyak aplikasinya.
    baru tahu ada aplikasi pixabay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba download pixabaynya mbk hehe

      Hapus
  2. Banyak ya hehe...aku pake tablet yg memorinya dikit,jadi aplikasinya cuma 6 kayaknya..
    salam kenal mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada yang dihapus aplikasinya mbk. Salam kenal kembali mbak ^^

      Hapus
  3. jgn kebanyakan aplikasi, nanti hpnya lemot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe oke sip. Thanks you udah ngingetin.

      Hapus
  4. Aplikasi terlalu banyak akan membuat hp bisa lemot, oleh karenanya mesti dipilih aplikasi yg prioritas sesuai dengan manfaat yg kita inginkan dengan adanya hp tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas. Makasih udah ngingetin.

      Hapus
  5. Aku juga lagi review aplikasi2 mbak, tapi review satu2. Kayaknya salah satu aplikasi di atas mau kuadopsi juga.hehe

    BalasHapus
  6. Selain pixabay, pexels jg image nya bagus2.. free buat donlot, no watermark, free atribution. Mantap lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks infonya. Entar nyoba download di pexels deh ;)

      Hapus
  7. Samaan nih aplikasinya banyak sampe pusing kalo kepenuhan mana yang mau dihapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku ngapus yang lagi nggak aku pakai atau nggak aku butuhin mbk.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Waah keren nih kak reviewnya, makasih saran aplikasinya, spertinya bisa di adopsi... oia cara buat whatsapp kebukanya gimn kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sama-sama mbk. ;) Tambahin aplikasi aja mbak, gak perlu download di playstore lagi.

      Hapus
  10. Kinemaster memang bagus mbak buat edit video. Saya juga pasang itu. Salam kenal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya mbak bagus, tapi masih ada watermarknya. Salam kenal kembali mbak ;)

      Hapus
  11. Salam kenal mbak muthi. Jadi terinspirasi nih mau instal aplikasi. 😄😄

    BalasHapus
  12. bener mbak ini aplikasi emang berguna semua. sayangnya harus mengorbankan memori telephone. huhuhu, anyway, mampir blogku mbak :) thank youu

    BalasHapus