Enam Tips Monetize Blog

10.54 Muthi Haura 40 Comments



Enam tips monetize blog- Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobby yang dibayar. Setuju nggak dengan kalimat itu? Kalau aku mah setuju banget. Pasti senang banget kan kalau ngelakuin sesuatu sesuai apa yang kita sukai dan dibayar. Berasa ‘kerja’ yang nggak kerja.

Sejak kecil aku suka banget nulis. Entah kenapa rasanya kalau setelah nulis itu, semua beban yang dirasa seakan terangkat. Menurut sebuah penelitian yang aku lupa sumbernya, bahwa menulis adalah salah satu terapi jiwa. Entah benar entah nggak, yang pasti, menulis bagian dari hidupku yang In syaa Allah sampai kapanpun tidak akan terpisahkan dari diriku.


Lewat menulis inipun, aku sudah beberapa kali berangkat keluar Riau. Lewat menulis juga, aku sudah bisa menghidupi diriku sendiri. Yap, mulai dari uang jajan sampai biaya kuliah sudah tanggungan sendiri. Semua itu darimana? Menulis! Entah itu menang lomba nulis atau job nulis di blog ini. Haa, dari blog bisa ngasilin uang? Bisa, aku udah pernah ceritakan dipostingan lalu?


tips monetize blog



Nah, dipostingan ini, aku pengen ngelanjutin atau istilahnya ngasih tips bagi blogger awal buat bisa ngasilin uang lewat blog. Sebenarnya aku belum berhak banget ngasih tips-tips gini, soalnya dibandingkan dengan blogger hits, aku belum ada apa-apanya, tapi nggak apalah ya sharing-sharing menurut pengalaman pribadi aku. Semoga saja bermanfaat. Oke langsung saja, check this out:

Pertama, jika kamu ingin memonetize blog kamu atau istilah gampangnya, jika kamu ingin menghasilkan uang dari blog kamu, maka kamu harus cintai kegiatan ngeblog. Tips ini udah pernah juga aku jelasin dipostingan lalu-lalu? Nah, masih kelanjutan dari tips pertama nih, kamu harus rajin blogwalking!

Yap, blogwalking itu wajib banget. Pengertian simpel dari blogwalking itu adalah berkunjung ke blog orang lain dan berkomentar di blog yang kamu kunjungi tersebut. Istilah didunia nyatanya itu bersilaturrahmi. Pernah dengarkan kalau silaturrahmi mendatangkan rezeki? Gitu juga didunia perbloggeran.

Yang kedua, gabung deh ke komunitas-komunitas blogger. Di Indonesia komunitas blogger banyak banget, baik itu di twitter-instagram-facebook. Kalau di Riau sendiri ada Komunitas Blogger Bertuah. Kalau di Indonesia secara umum ada komunitas Emak-emak Blogger, Blogger Perempuan, Blogger Crony, Blogger Energy, Indonesian Beauty Blogger, Blogger Kekinian, Indonesian Female Blogger, dan lain sebagainya. Banyak banget!

Aku rata-rata gabung disemuanya. Gimana cara gabungnya kak? Please, searching di google biasanya langsung nemu kok. Jangan malas searching ya. Ketikin aja keywordsnya di google. Apa sih manfaat berkomunitas? Banyak! Dapetin teman baru. Kalau semangat ngeblog kamu lagi turun, kamu bisa dapat suntikan semangat dari komunitas yang kamu ikutin.

Kamu juga bisa saling sharing seputar dunia blogging dengan teman-teman komunitasmu. Selain itu, kalau kamu mau memonetize blog, teman-teman komunitas kamu bisa nambahin viewers di blog kamu. Iya, jadi nambah pengunjung blog. Salah satu yang dilihat oleh agensi yang nawarin iklan untuk blogger selain DA/PA, yang dinilai itu viewers.

Ketiga, beli domain berbayar! Ini penting, soalnya salah satu syarat untuk monetize blog adalah memiliki domain berbayar. Kalau kamu ingin terlihat professional dalam dunia blogging atau dunia apapun yang sedang kamu geluti, maka berlaku professionallah. Aku kira-kira beli domain sekitara tahun 2016 awal dan setelah itu Alhamdulillah job itu datang.

Baca juga: Domain baru!


Beli domain dimana, Mut? Bisa di idwebhosting, qwords, dan lain sebagainya. Kalau aku pribadi sih belinya di qwords. Waktu awal beli lagi diskon, tapi sekarang pertahun itu kena kurang lebih 140-an. Rugi? Nggak sama sekali. Uang yang kita dapetin dari blog, In syaa Allah lebih dari itu.

Untuk tutorial ganti domainnya, aku nggak bisa sharing disini karna susah kalau harus dijelasin satu-satu. Untuk di qwords sendiri sih menurut aku gampang, kita dibimbing kakak-kakaknya buat ngeganti domain tersebut. Selain itu, kalau domain kita udah ‘dot com’, semangat untuk nulis itu semakin menggebu-gebu.

Kalau masih malas juga, jadikan domain berbayar itu sebagai reminder atau pengingat diri. Masa udah berbayar masih malas kan? Rugi dong uangnya!

Keempat, tampilan kamu harus mobile friendly. Iya, tampilan blog kamu harus enak dibaca lewat hape. Kenapa? Karna menurut beberapa survey, kebanyakan orang Indonesia membuka browser internet lewat hape. Nggak Cuma itu, tampilan blognya harus minimalis. Jangan terlalu banyak hiasan, musik, atau lain sebagainya biar nggak berat.

Kalau blog kamu berat, otomatis pembaca bukanya bisa bikin loading lama. Alhasil blog kamu bakal di close tab. Iya, blog kamu jadi nggak dibaca pembaca. Usahain blognya nyaman dimata. Untuk font tulisan jangan terlalu besar jangan terlalu kecil. Kalau aku sih biasa nulis postingan blog pakai font ‘Verdana’ dengan ukuran font 12.

Udah lama juga aku pakai font ini gegara ikutan salah seorang blogger yang sekarang aku lupa blognya apa -_- Trus juga untuk background latar blognya, putih aja. Pokoknya, bikin deh blog kamu nyaman dimata! Yang kelima, belajar SEO! Kamu harus mulai belajar SEO dari awal. Kalau aku mah terlambat belajar SEO-nya.

Pelajarin aja SEO-SEO dasar, kaya kamu harus ngerti istilah-istilah di SEO. Trus paling tidak juga, kamu ngerti SEO dasar untuk ngepost postingan. Terangin tentang SEO dong, Mut! Samaan, aku masih belajar. Yuk sama-sama kita belajar. Searching di google dulu ya. Kalau aku udah sedikit paham, aku share disini deh In syaa Allah.

seo
source: google

Kenapa harus belajar SEO? Mau blognya muncul dirangking awal google? Aku nulis mah buat have fun aja, nggak mikirin SEO-SEOan, Mut! Lah, katanya mau monetize blog, ya harus kudu juga belajar SEO. Dulu aku juga mikirnya gitu, ngapain sih belajar-belajar SEO, nggak penting. Tapi makin kesini aku makin sadar kalau SEO itu penting.

Selain itu, aku juga pengen postingan aku di rangking awal google. Bukan gila popularitas ya, hanya saja, coba deh cek dihalaman awal google. Apa yang muncul? Kebanyakan mah tulisan-tulisan berbau sex. Daripada tulisan yang kaya gitu muncul, mending tulisan kita yang lebih bermanfaatkan? Hitung-hitung ngebantu anak-anak dan adek-adek kita dari bacaan yang bisa ‘menjerumuskan’.

Dan tips yang terakhir a.k.a keenam, konsisten! Tiada suatu hal didunia ini yang bakal kamu dapatkan jika kamu tidak konsisten untuk melakukannya. Kalau mau ngasilin uang lewat blog, ya kamu harus konsisten untuk terus nulis. Jangan malas! Jangan biarkan blogmu bersarang laba-laba, setidaknya seminggu sekali isi blogmu. Lebih bagus tiap hari.

Pokoknya jangan pernah berhenti untuk ngisi blogmu. Ingat, usaha nggak kan pernah mengkhianati hasil. Apa yang kamu berikan, itu yang bakal kamu dapatkan. Tulis apa saja yang kamu suka. Kamu suka nulis cerpen, publish! Kamu suka nulis puisi, post! Kamu suka gambar, post diblogmu. Pokoknya apapun bisa jadi bahan tulisan di blog! Jangan malas dan jangan banyak alasan ya. No excuse deh.

Jangan juga sesekali ngeplagiat tulisan orang lain, entar bisa kena lalu lintas google. Google bisa mendeteksi kalau ada tulisan plagiat. Kapan-kapan deh aku bikin postingan tips menulis blog gitu, tapi nggak janji. Tungguin aja deh pokoknya.

Oke mungkin segini dulu enam tips monetizeblog dari aku. Semangat dan nikmati aja prosesnya ya! Salam sayang, Muthi Haura.
Selasa, 6 Februari 2018. 21.59 WIB.

#odopbatch5 #onedayonepost



Baca Artikel Populer Lainnya

40 komentar:

  1. Wah, keren muth udah bisa biayain kuliah dari blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak, lewat menulis dan lewat blog ;)

      Hapus
  2. Terima kasih tipsnya, Mbak :)

    BalasHapus
  3. Inspiring mbaa. Jadi makin yakin berprofesi blogger.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Belajar apa mas? Ayo sama-sama belajar ;)

      Hapus
  5. Konsisten, adalah "the hardest part of blogging and everything". Kudu sabar-sabar kalo mau konsisten, dan itulah kunci yang bisa ngebalikkin rasa malas jadi semangat. Tetap semangat ngeblog! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kita sama-sama konsisten mbak! Yakin aja kalau usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil ;)

      Hapus
  6. Belajar SEO nih yang kayaknya pr banget buat aku. Harus pintar milih kata kunci dan topik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mbak. Masih PR banget SEO ini.

      Hapus
  7. Yang paling penting dari semuanya yaitu konsisten mbak, duh susah banget emang. Saya aja kadang gak nulis saking kehabisan bahan, sekalinya nulis malah cuman masuk draft aja.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Samaan mas, tapi kudu dipaksa biar konsisten. Katanya Merry Riana, konsisten kunci sukses ;)

      Hapus
  8. Konsisten hal yang tak mudah ya mbak, bergabung di komunitas itu banyak manfaatnya, salah satunya job

    BalasHapus
  9. semua langkah diatas sudah saya lakukan lho mbak,

    yang pertama cinta blogging, so pasti dung. saya ngeblog sudah hampir 7 tahunan, tapi terakhir ini cuma 1 blog aja yang saya kembankan karena mau fokus. BW-an, 1 hari ini 3 blog harus di BW-in, bayangin kalau udah sebulan berarti 150 blog, kita ninggalin komen, jadi secara ga langsung kan ninggalin link juga. Kalau terus2an begini setahun, 2 tahun, bisa2 link kita bertebarang dimana2

    kedua, gabung komunitas udah dari zaman baheula awal2 kenal blog saya join komunitas, mungkin mbak tau Kancut Keblenger, komunitas blogger anak muda yang dulu sempet "booming", terus saya join di komunitas regional Blogger medan dan terakhir di Warung Blogger.

    Ketiga, beli domain itu wajib. TLD lebih dilirik sama calon advertiser, biasanya sih gitu, terus lebih keren keliatannya, ditambah ngebranding dengan nama domain sendiri.

    Keempat, kalau soal tampilan, saya sih tobat pakai yang gratisan, sekarnag saya pakai template berbayar. Karena ga pakai copyright si empu pembuat template lagi. Selain itu jelas saja saya pilih yang responsive (mobile firendly) tapi baru2 ini google lebih "menganak-kandungkan" template blog yang AMP, yahhh saya tahunya telat tentang info ini, tapi ga apa2 juga sih.

    Kelima, tulisan saya sekitar 10 masihan mbak, tapi udah ada 3 artikel yang nongkrong di page 1 goolge , haha kan kereen. Sekarang seo jadul itu ga bisa diterapkan ke algoritma google yang sekarang, ga pakai2 kode ini itu lagi untuk menerapkan kode seo. Saya belajar SEO kekinian di panduanim.com, *sumpah ini bukan blog saya, tapi kontennya bagus banget. SEO dan copy writingnya cocok untuk blogger kayak kita.

    Keenam, sekarnag saya udah konsisten. ga kayak di blog saya yang lama, sembepet hibernasi 6 bulan 2 kali. Hihi, itu pas saya lagi suntuk ga tau mau nulis apa, lagian saya jengah sama blog sendiri ga tau mau dibawa kemana. Kalau sekarang beda, saya konsisten nulis yaa meskipun cuma 2 artikel perbulan ga masalah. Selain konsisten publish, saya juga konsisten menulis yang dalam dan bermanfaat minimal 1000 kata.

    Sekarang saya ingin monitize blog lewat google Adsense, udah pasang iklan. CUma hasilnya belum maksimal, karena blog saya kan masih baru 4 bulan setengah umurnya. Setahun lagi inysaAllah pengunjungnya membludak, amiiin..

    ty sharingnya ya mbak,, ehh maaf ya saya komennya panjang banget, semoga mbak ga marah, serasa nulis post blog , ahahah,

    salam kenal ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh mas komentarnya panjang. Suka deh haha. Makasih sharingnya mas. Kayanya harus belajar dari mas juga nih. Makasih juga rekomendasi blognya, siap meluncur kesana untuk belajar. Blog empat bulan udah ACC adesense, mantap mas (y)

      Hapus
  10. So inspiring. Makasih sudah berbagi, sangat bermanfaat bagi penulis pemula seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Trimakasih sudah berkunjung mbak ^^

      Hapus
  11. Wahhhhh asyikkk semoga saya juga segera menyusul ya. Jd dpt ilmu hafus cintai dulu ya kegiatan ngeblognya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harus kudu cinta dulu. Hehe.

      Hapus
  12. Iya setuju mba, mengerjakan hobi yang dibayar itu menyenangkan.. Hihi. Sayangnya aku belum pernah dapat job ataupun menang lomba. Semoga genao setahun di april nanti sudah kelihatan hasilnya. Eh, kalo hasil dari terapi nya sih udah keliatan, depresi aku bener2 terurai dengan menulis. So thanksful Alloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau terapi menulisnya berhasil haha. Ayo tetap semangat mbak, In syaa Allah bisa.

      Hapus
  13. Bagus banget mba tipsnya, bermanfaat banget untuk blogger yang masih belajar seperti saya ini. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mbak. Akupun masih belajar ;)

      Hapus
  14. Duh, kayaknya saya kena tu di bagian kelima dan ke enam. udah gk ngeti SEO ggak konsisten pula nulisnya. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo konsisten dan sama-sama belajar SEO mbak ;)

      Hapus
  15. Bagi saya blogwalking bukan cuma sekedar mengunjungi blog orang lain lantas berkomen, tapi membaca tulisan itu dari awal hingga akhir. Jadi komen itu bukan cuma sekedar nulis "bikin ngiler" atau "seru banget" ya karena apalagi yang mau ditulis, ketika yang dibaca hanya judulnya, hahah... Selebihnya sama kok :D Enjoy blooging, mba. Alhamdulillah udah banyak rezeki yang didapat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak kereen. Inspirasi banget ;))

      Hapus
  16. makasih kak sharingnya. bermanfaat bangettt

    BalasHapus
  17. Waaah kamu keren bangeeett, bisa bayar kuliah dari bloggg.
    Keep a good job yaaa! :D

    Cindy
    www.cindyartha.com

    BalasHapus
  18. ok terima kasih atas tipsnya, Mpo mau praktekin ah. biar rezeki mengalir

    BalasHapus
  19. Super sekali tipsnya. Bikin saya semangat untuk terus menulis. Terima kasih dek haura. Salam kenal dari emak2 di Bandung.:)

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Terima kasih sharingnya mba Muthi. Semoga bisa konsisten seperti dirimu 😊

    BalasHapus