Manfaat Sosial Media Bagi Blogger

09.37 Muthi Haura 11 Comments




Haay, Assalamua’laikum. Nggak kerasa nih udah diakhir Februari aja. Waktu itu cepet banget ya berlalunya. Hampir dua bulan menjalani 2018 ini banyak hal yang terjadi. Banyak pembelajaran yang didapat dan yang paling penting daripada itu, ada banyak target tak tertulis yang pengen banget aku realisasikan.

Tapi terkadang entah kenapa aku lebih sering malasnya. Wake up, Mut! Kalau bukan sekarang kapan lagi? Mau nunggu sampai kapan? Iya iya, ini sedang gerak! Doain ya semoga semua apa yang aku impikan dapat terwujud.

Kali ini aku pengen sharing sosial media bagi blogger menurut pandangan aku. Zaman sekarang itu udah canggih banget. Apa-apa serba ada dan serba ngebantu tugas manusia banget. Kaya gojek, kalau lagi lapar, tinggal tekan tuts hape mesan gofood, itu makanan langsung deh sampai rumah.


Pokoknya apa-apa udah dimudahkan, tapi karna kemudahan yang didapat itu, kebanyakan manusia jadi malas. Jadi terlena. Kerjaannya mungkin tiap hari hanya rebahan nonton televisi dan hape ditangan mainin sosial media. Sebenarnya nggak ada yang salah asal tau prioritas. Sebenarnya nggak ada yang salah asal sosial media tersebut bisa dimanfaatin dengan baik.


Bagi seorang ‘blogger’ atau ‘vlogger’ atau siapa saja yang berkecimpung didunia maya atau lebih tepatnya bekerja melalui dunia maya, sosial media itu menjadi sangat sangat sangat penting. Nah, ini dia manfaat sosial media bagi blogger, check this out:
 
sosial media
source: google

Pertama, media sosial baik itu berupa facebook, twitter, inastagram, dan lain sebagainya berguna untuk mempromosikan tulisan blogger tersebut. Jadi jika tulisan seorang blogger itu sudah jadi di blog miliknya, agar pemaca yang tidak mengikutinya di blog tau, maka blogger tersebut wajib menshare tulisannya.

Kamu sebagai blogger tentu nggak mau dong nulis capek-capek tapi nggak ada yang baca, iyakan? Pembaca atau viewers bagi seorang blogger yang memonetize blognya itu penting. Tak jarang para agensi atau pemberi job bagi blogger menanyakan berapa viewers di blog blogger tersebut.

Semakin tinggi viewers atau pembaca, maka semakin banyak job yang mengalir kepada si blogger tersebut. Salah satu cara menambah viewers itu ya lewat share tulisan ke sosial media. Kedua, menjalin silaturrahmi. Blogger itu nggak mungkin bisa hidup sendiri. Bukan blogger aja sih, semua makhluk didunia ini tidak ada yang bisa hidup sendirian. 

silaturrahmi
source: google


Nah, sosial media bisa dimanfaatkan para blogger untuk saling bersilaturrahmi atau berkenalan dengan blogger lainnya, pembacanya, dan juga agensinya. Banyak loh manfaat dari silaturrahmi, salah satunya membuka pintu rezeki.

Kalau seorang blogger nggak aktif di sosial media, sangat susah rasanya untuk bersilaturrahmi dengan teman-teman blogger lainnya, alhasil ada kemungkinan susah juga untuk dapetin job.

Manfaat yang ketiga adalah mendapatkan informasi terbaru. Blogger itu bekerja dengan menghasilkan konten-konten atau tulisan-tulisan berkualitas. Mendapatkan informasi terbaru adalah satu hal penting bagi blogger untuk terus menghasilkan tulisan yang bagus.

Kebanyakan informasi terbaru itu bersileweran disosial media. Kalau bagi aku pribadi, jujur aku sering banget dapetin informasi terbaru itu dari sosial media. Kadang juga informasi terbaru tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang tulisan atau konten yang akan dibuat.

Dan rasanya, sosial media itu sumber informasi terupdate, jadi sangat penting bagi seorang blogger. Keempat, mendapatkan penawaran job. Biasanya selain melalui e-mail, penawaran job untuk blogger juga didapat dari komunitas-komunitas yang diikuti blogger tersebut di sosial media.

Ketimbang di email, job memang lebih banyak didapat di sosial media. Sayang banget jika seorang blogger tidak memaksimalkan sosial media yang ia miliki. Setidaknya masing-masing followers di twitter dan instagram itu 500, sedangkan di facebook 1000.

Ketimbang sosial media kamu Cuma untuk stalkingin mantan, lebih baik kamu optimalkan untuk sesuatu hal yang bermanfaat. kali-kali bisa mendatangkan pundi-pundi rezeki.

Dan yang kelima a.k.a yang terakhir, job di sosial media. Jadi, blogger itu nggak Cuma dapetin job di blog pribadinya, kadang ada agensi yang nawarin untuk ngepost di instagram blogger tersebut. Juga twitter doang. Jangan berpikiran kalau job untuk blogger itu Cuma di blognya, nggak, job blogger itu luas.



Oke, mungkin segitu dulu manfaat sosial media bagi blogger. Sebenarnya masih banyak, untuk sekarang segini dulu deh. Selain itu, ada beberapa tips yang sedang aku jalankan agar sosial media semakin punya banyak followers. Pertama, share informasi yang dibutuhkan banyak orang.

Kedua, mulai saling menyapa blogger lain lewat sosial media. Ketiga, perbagus poto yang ingin di post. Keempat, post poto sesuai dengan caption. Kelima, jangan mengepost hal-hal yang berbau SARA. Keenam, mulai pelajari algoritma sosial media.

Sebenarnya aku kurang paham juga terkait algoritma ini, tapi ya nggak ada salahnya untuk dipelajarikan? Oke mungkin segini dulu. Yuk optimalkan sosial media, apalagi bagi blogger. Percaya deh akan ada banyak manfaat yang didapat. Salam sayang, @muthihaura_blog @muthihaura1.
Selasa, 27 Februari 2018. 13.01 WIB.
 

Baca Artikel Populer Lainnya

11 komentar:

  1. totaly agree. banyak sekali manfaat sosial media, tapi jika berlebihan itu juga nggak baik. kita harus bisa bijak dalam penggunaanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap mbak setuju. Harus bisa menyeimbangkan semuanya. Ayo semangat buat kita ;))

      Hapus
  2. Sosial media buat branding. Bener juga nih. Mengingat pengguna media sosial semakin hari semakin meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sosial media memang buat branding.

      Hapus
  3. Setuju banget mbak social media emang banyak manfaatnya buat penetrasiin blog kita. Pinter-pinternya kita aja jadiin social media hal yang positif atau negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Harus pintar-pintar gunainnya agar menjadi hal positif atau justru malah negative.

      Hapus
  4. Sosial media sebagai media silaturahmi itu bener banget. Sejak ngeblog dan memakai sosial media aku banyak bertemu teman-teman baru, dan menururku itu benar-benar membawa rezeki. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mbak. Sejak ketemu teman-teman baru lewat sosial media, banyak banget rezeki yang didapat. Alhamdulillah.

      Hapus
  5. Bener banget, Mbak. Sekarang social media punya peran yang penting dan bermanfaat banget buat kehidupan sehari-hari. Apalagi buat nambah traffic blog, hehehe.. (◦˙▽˙◦)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha setuju mbak! Nambah trafik blog lewat sosial media itu mungkin bangte ;)

      Hapus
  6. Gambar tangannya itu sepertinya sesuatu deh 😀

    BalasHapus