Perjalanan Ngeblogku

07.00 Muthi Haura 9 Comments



Jika kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama, maka menulislah. Kali ini, aku pengen sharing perjalanan dari awal aku mengenal blog sampai jatuh cinta dengan kegiatan ngeblog. Berhubung laptop aku sedang rusak, aku nulisin ini dibuku dulu. Yap, manual. Entar deh baru pinjam laptop buat ngetikin hehe.


Gak ada alasankan untuk nggak nulis. Selagi masih ada pena dan buku, ya no excuselah. Allah ngasih apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang kamu inginkan. Justru semakin banyaknya tantangan yang dihadapi, itu makin ngebentuk kita menjadi pribadi yang tangguh. Aku kenal dunia blog sudah sejak SMP, tapi belum sama sekali berkecimpung.


Dulu suka banget kewarnet untuk ngopas tulisan-tulisan para blogger penulis dan akan aku baca dirumah, karna waktu itu dirumah aku nggak ada wifienya. Sekarangpun juga nggak ada, jadi kalau ngepost-ngepost tulisan ya di warnet. Rasanya saat baca tulisan-tulisan dari blog para penulis tersebut, aku seakan ‘mengenal’ mereka lebih dekat, walau sama sekali tak pernah bertemu.

Lewat tulisan-tulisan blogger yang aku baca juga, aku belajar banyak hal perihal hidup. Aku belajar dari pengalaman-pengalaman mereka yang mereka tulis. Saat SMA, ada satu mata pelajaran, kalau nggak salah mata pelajaran IT yang mengharuskan untuk membuat blog. Itu kali pertama aku punya blog. Kalau nggak salah domain blognya waktu itu, www.crazywriter.blogspot.com

lagi ngetik
source: google


Tapi sayang, blog itu sama sekali nggak keurus. Entah blog itu masih ada entah enggak. Bukannya nggak mau ngurusin, Cuma ya nyari kesempatan buat nulis itu susah. Sekedar tau saja, aku SMA disalah satu SMA favorit di Riau, MAN 2 Model Pekanbaru. Dan lagi, waktu itu ngambil IPA. Pleasure sekolah disana tinggi banget. Aku ngap-ngapan belajarpun, nilai tetap tak memuaskan.

Selain itu, peraturan full day belum berlaku, tapi sekolah aku sudah menerapkannya. Alhasil, aku berangkat dari rumah jam enam pagi karna jarak sekolah dan rumah jauh dan pulang jam enam sore. Jadi memang nggak sempat nulis. Belum lagi kalau ada rapat organisasi. Belum lagi kalau jadi panitia acara disekolah. Lumayan padat, makanya nggak sempat nulis. Sebenarnya itu semua nggak harus aku jadikan alasan, iya kan? Tapi begitulah adanya. Manajemen waktuku masih parah banget waktu itu.

Lulus SMA saat akan menunggu jadwal kuliah disemester awal, kira-kira sekitar Juli 2013, aku kembali membuat blog. Waktu itu aku bertekad untuk aktif ngeblog. Aku berniat jadikan blog sebagai ajang untuk terus berlatih menulis. Jangan dipikir waktu itu aku bikin blog untuk dapetin uang, sama sekali nggak! Ngerti kalau blog bisa ngasilin uangpun tidak.

Aku sama sekali nggak tau kalau ternyata blog bisa menghasilkan. Aku juga awal-awal ngeblog nggak ngerti tentang seo. Nggak ngerti ngedesign blog. Nggak ngerti cara masang tombol follow di blog. Pokoknya awam banget dan nggak ada tempat untuk sharing atau sekedar bertanya. Ya, semuanya diawal-awal itu otodidak.

Seiring berjalannya waktu, ngeblog membuatku belajar banyak hal. Ngeblog secara nggak sadar mengantarkanku untuk terus produktif. Jadi maksudnya gini, aku secara nggak sadar sebelum melakukan sesuatu pasti berpikir gini: “Harus ikut itu ah, biar bisa diceritain di blog. Ikut organisasi itu ah, biar bisa diceritain diblog.”

Harus gini harus gitu biar bisa diceritain di blog. Secara nggak langsung, blog menuntunku untuk melakukan sesuatu atau hal-hal yang positif. Seiring berjalannya waktu, lewat searching diinternet, aku mulai bisa mendesign blog sendiri. Aku mulai belajar untuk terus membuat tulisan yang enak dibaca dan ‘aku’ banget. Aku juga beberapa kali ikutan lomba blog, walau lebih sering kalahnya.

Baca juga: Portofolio


Yang terpenting bagi aku, blog membekukan semua kenangan yang pernah aku alami dari awal masuk kuliah hingga saat ini. Aku juga mulai mengenal komunitas-komunitas blogger dan bergabung didalamnya. Komunitas blogger yang aku ikuti pertama kalinya adalah ‘Kancut Keblenger’. Hingga sampai saat ini, banyak komunitas yang aku ikuti, mulai dari Emak-emak blogger dan lain sebagainya.

Saat Mei 2016 (?), aku memutuskan untuk mengganti domain menjadi domain berbayar, hingga hadirlah www.muthihaura.com. Ada banyak alasan kenapa aku memutuskan untuk mengganti domain berbayar, salah duanya, aku ingin lebih semangat ngeblog dan kalau bisa dapat pundi-pundi rupiah lewat blog. Aku benar-benar baru tau di 2016 kalau ternyata ngeblog bisa menghasilkan.

Aku baru tau bahwa ternyata blog tidak hanya memberi kepuasan, tapi juga materi. Aku yang saat itu memang membutuhkan banyak biaya untuk kuliah dan keperluan sehari-hari, memutuskan untuk mencoba mencari pundi-pundi rupiah lewat blog.
 
uang dari blog
source: google



Bukan berarti blog ini jadi kehilangan nyawa karna mulai mengejar materi, sama sekali nggak! Aku masih sering menulis curhatan yang super nggak penting. Cek saja di label curhat, pasti banyak. Setelah berdomain dotcom, jujur saja, semangat menulisku semakin up. Apa-apa yang aku rasakan dan aku alami, pengen diabadikan lewat menulis. Dan menulis bagiku adalah salah satu bentuk ‘me time’, tapi tentu saja menulis yang tidak berat-berat.

Semakin hari aku semakin ngerasain bahwa ngeblog betul-betul memberi banyak manfaat. Bukan hanya perihal materi, tapi teman, pengalaman, link, dan lain sebagainya. Bukankah itu suatu hal yang luar biasa? Untuk jobpun, Alhamdulillah selalu ngalir, kalaupun nggak banyak, setidaknya In syaa Allah setiap bulan itu ada.

Saat ini aku sedang berusaha untuk aktif ngeblog dan blogwalking. Aku nargetin untuk blogwalking ke lima blog dalam sehari, walau kadang lebih sering malasnya. Hal yang aku sedang aku coba banget. Aku juga ingin rebonding blog ini menjadi lebih baik dan nggak Cuma nulisin curhatan, tapi ada yang bisa diambil pelajaran dari tulisan di blog ini.

Teman-teman disekitarku rata-rata menganggap aku salah satu contoh blogger sukses, padahal aku masih merintis. Aku masih membangun blog ini menjadi lebih baik ditiap harinya. Masih banyak blogger sukes yang lebih dari aku. 

Kalau ditanya pengalaman yang paling berkesan saat ngeblog, semuanya, termasuk saat kalah dalam lomba blog! Iya dong, kekalahan itu bukan untuk ditangisi, tapi untuk diambil pelajaran darinya agar bisa terus lebih baik. Yuk ikut berpartisipasi memajukan Indonesia lewat menulis hal-hal bermanfaat di internet. Oke mungkin segini dulu, salam saying, @muthihaura_blog.
Jum’at, 13 April 2018. 15.01 WIB.


Baca Artikel Populer Lainnya

9 komentar:

  1. Mantap pengalamannya mb 👍

    BalasHapus
  2. Pengalaman nge blog memang asyik utk diceritakan. Semangat terus ya utk nge blog nya

    BalasHapus
  3. Untuk sampai ke level tertinggi dalam dunia blogging juga butuh perjuangan dan banyak tahap ya.. saya juga dulu pertama kali ngeblog ketika SMA untuk publish tugas sekolah, gak negerti apa-apa dan alay banget isi blognya, tapi sekarang udah berubah drastis berkat terus belajar sampai ke level tertinggi. segan sama semua blogger, berani keluar dari zona nyaman dan aktif belajar hal baru.

    BalasHapus
  4. uda lama sekali ya ngeblognya, semoga kita bisa konsisten menulis ya agar lebih banyak kenangan yang bisa dibekukan.

    BalasHapus
  5. Wah, Mbak.. Bener-bener bisa jadi inspirasi buat aku nih yang kadang males ngisi entri.. :D

    BalasHapus