Hal Penambah Pahala di Bulan Ramadhan

19.00 Muthi Haura 2 Comments



Hal penambah pahala di bulan ramadhan- Nggak kerasa sebentar lagi ramadhan. Nggak kerasa sebentar lagi bakal bertemu bulan nan suci. Iya, nggak kerasa banget. Padahal rasanya baru kemaren ngelewati ramadhan di tahun 2017, sekarang udah mau ramadhan lagi.

Ramadhan tahun ini, aku benar-benar sudah tidak bergelar sebagai mahasiswi lagi. Kesibukan aku lebih banyak dirumah, entah itu nulis dan ngelakuin hal lainnya. Aku ngerasa dalam segi usia, aku sudah tua. Sudah dewasa. Bukan remaja ingusan lagi. Bukan pula remaja akhir yang hari-harinya disibukkan dengan percintaan tak jelas.


Usiaku 22 tahun. In syaa Allah tahun ini memasuki 23. Bukan usia muda bukan? Dan aku juga tidak ingin ngelewati ramadhan tahun ini dengan sia-sia. Aku ingin optimal. Aku ingin ngelakuin semaksimal yang aku bisa. Kita kan nggak tau kapan Allah manggil kita. Bisa jadi, ini ramadhan terakhir kita. Bisa jadi juga, sebelum ramadhan ini Allah manggil kita. Tidak ada yang tau bukan?



Nah, kali ini aku pengen sharing hal-hal penambah pahala yang bisa dilakuin agar ramadhan kita semakin bermakna. Aku dapat ‘rahasia’ ini dari buku yang aku baca, juga ada yang dikasih tau aba aku. Aku sharing disini bukan karna aku ngerasa hebat agama dan pahala aku banyak. Nggak sama sekali!
 
ramadhan
Source: Bimbinganislam

Aku Cuma pengen sekedar sharing, semoga bermanfaat dan bisa jadi amal jariyah buat aku kelak. Oke deh, langsung saja, hal penambah pahala di bulan ramadhan. Check this out:

Pertama, agar pahala kamu berlipat, ada baiknya saat belum memasuki bulan ramadhan, kamu nyumbangin sesuatu yang bermanfaat. Nggak harus mahal, tapi berguna gitu. Bisa sumbangin sandal ke masjid. Atau qur’an. Atau bisa juga mukenah. Misal nih kamu nyumbang empat sandal untuk wc masjid, trus tiap tarawih banyak yang makai  sandal kamu tersebut, coba hitung berapa pahalanya? Banyak!

sandal swallow
Kasih sandal. Source: bukalapak


Gitu juga kalau kamu nyumbang mukenah atau qur’an ke masjid. Subhanallah tabungan pahala yang luar biasa banget bukan? Atau mukena kamu yang tidak terpakai tapi masih layak digunakan, bisa juga disumbangkan. Aku juga lagi nyisihin uang kok. Nyumbang apa, Mut? Rahasia ;)

Yang kedua, sharing ilmu yang bermanfaat atau sesuatu yang dapat membantu orang banyak. Misal nih kamu suka nulis kaya aku, tulis hal-hal yang bermanfaat. kali-kali ada yang terbantu dan termotivasi lewat tulisan kamu, itu juga bisa jadi ladang pahala bagi kamu jika kamu ikhlas. Apalagi dibulan puasa, pasti pahalanya double-double.

Kalau kamu nggak suka nulis, kamu bisa manfaatkan apa yang kamu kuasai atau sukai agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Ketiga, baca qur’an. Ini jelas banget pasti pahalanya ya. Jangankan baca Qur’an, tidur dibulan ramadhanpun berpahala. Kalau aku bikin target gitu pengen khatam berapa kali.

Masalah terwujud atau nggak itu urusan belakangan, yang pasti kudu optimal dulu. Untuk hal-hal yang baik, Allah pasti kasih jalan. Keempat a.k.a terakhir, hal penambah pahala lainnya yaitu memberi bukaan bagi orang lain. Ini juga jelas ada dalilnya. Banyakkan itu kita temui dijalanan yang bagi-bagiin takjil gratis.

Pengen juga besok kaya gitu kalau Allah kasih rezeki. Semoga aja terwujud amin. Udah empat itu dulu. Sebenarnya banyak, kaya berbakti kepada orang tua, sholat tepat waktu dan lain sebagainya. Cuma cukup itu dulu deh. Ayo semangat untuk ramadhan tahun ini. Semoga bisa lebih baik daripada ramadhan-ramadhan sebelumnya.

Bismillah. Semoga Allah selalu kasih jalan. Oke mungkin sekian dulu. Salam sayang, @muthihaura1.
Senin, 7 Mei 2018. 19.09 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. Selamat menyambut Ramadhan, semoga puasa dan ibadah kita ditahun ini lebih baik di tahun sebelumnya

    BalasHapus
  2. Wah iya. Poin nomor satu bener juga ya. Baru kepikiran. Makasih udah sharing, Mbak :-)

    BalasHapus