Pesan Tiket Kereta Lanjutan Menggunakan Fitur Kereta Api Lanjutan di Traveloka

21.23 Muthi Haura 5 Comments



Kereta Lanjutan atau Connecting Trains dari Traveloka adalah sebuah fitur baru yang akan mempermudah perjalanan Anda. Sudah mencobanya?
Ketika musim libur panjang sudah semakin dekat, mendapatkan tiket kereta api untuk mudik atau berlibur bisa dibilang menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Sebab, Anda tentu akan berebut tiket kereta dengan lebih banyak calon penumpang. Apalagi jika tempat tujuan Anda tidak memiliki rute kereta api langsung sehingga Anda akan harus transit lebih dulu dan menaiki kereta yang lain. 

kereta api
source: traveloka
 Baca juga: Travelling



Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru dari Traveloka tersebut. Kereta api lanjutan akan mengantar Anda ke tempat tujuan dari stasiun transit. Dan Anda juga bisa memanfaatkan opsi ini sebagai sebauh alternatif jika semua tiket kereta api langsung menuju destinasi Anda sudah terjual habis.



Cara Memesan Kereta Api Lanjutan Melalui Traveloka
Bagaimana cara melakukan pemesanan Kereta Lanjutan lewat situs Traveloka? Caranya mudah, kok. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau nanti kebingungan saat melakukan pemesanan. Berikut ini adalah langkah-langkah pemesanan tiket kereta lanjutan .

1. Cari kereta api yang akan Anda naiki.
Akses Traveloka baik melalui situs atau aplikasi smartphone resmi. Mulailah pencarian Anda dengan mengisi nama lokasi asal dan lokasi tujuan Anda, kapan Anda akan melakukan perjalanan, dan berapa jumlah penumpangnya.

2. Temukan kereta api lanjutan.
Di hasil pencarian yang Anda peroleh, carilah kereta api yang ditandai dengan label “Kereta Lanjutan” atau “Connecting Trains”. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai rangkuman rute kereta yang akan ditempuh. Informasi tersebut termasuk informasi mengenai stasiun transit, durasi transit, serta harga tiket kereta api.

3. Pesan kereta api lanjutan.
Jangan terburu-buru. Dari informasi transit yang Anda dapatkan, pilihlah mana yang paling cocok atau baik untuk Anda. Baru kemudian lanjutkan proses pemesanan ke formulir pemesanan atau booking. Isilah formulir tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan, lalu lakukan pembayaran untuk melengkapi proses pemesanan.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memesan Kereta Api Lanjutan?
Setelah pembayaran Anda telah dikonfirmasi, sebuah tiket elektronik (e-ticket) akan diterbitkan untuk pemesanan tiket kereta api lanjutan yang sudah dilunasi. Tiket elektronik tersebut dapat diakses melalui situs Traveloka maupun aplikasi resminya, di dalam menu “My Booking” atau “Pesanan”. Anda juga dapat mengecek tiket elektronik di dalam sebuah pesan yang dikirimkan ke alamat email Anda.

tiket elektronik
tiket elektronik. source: traveloka


Akan ada setidaknya 2 tiket elektronik yang akan Anda dapatkan setelah pemesanan dilunasi dan dikonfirmasi: 1 tiket untuk kereta pertama dari stasiun asal menuju stasiun transit, dan 1 tiket lagi dari stasiun transit menuju stasiun tujuan akhir. Jumlah tiket elektronik yang Anda dapatkan melalui email juga sama.

Catat bahwa 2 tiket elektronik adalah untuk 1 kali keberangkatan. Jadi, jika Anda memesan tiket untuk perjalanan pergi serta pulang, maka artinya Anda akan ada minimal 4 tiket elektronik yang Anda dapatkan.


Yang Harus Dilakukan Selama Perjalanan
Ketika hari keberangkatan tiba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda menggunakan kereta api lanjutan lancar dan nyaman. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Lakukan check-in untuk kereta api pertama di stasiun keberangkatan.
Gunakan tiket elektronik pertama untuk mendapatkan boarding pass kereta api pertama dari stasiun asal atau keberangkatan. Baru kemudian Anda bisa memulai perjalanan menggunakan kereta pertama yang nantinya akan mengantarkan Anda ke stasiun transit.


2. Tiba di stasiun transit.
Ketika Anda sudah tiba di stasiun transit, periksa barang bawaan Anda terlebih dahulu dan turun dari kereta pertama. Dari stasiun transit, Anda akan menaiki kereta lain dan kemudian melanjutkan perjalanan.

3. Lakukan check-in untuk kereta api lanjutan.
Anda masih harus melakukan check-in untuk kereta api lanjutan yang akan dinaiki. Jadi, carilah konter transit dan lakukan check-in terlebih dahulu agar Anda bisa mencetak boarding pass. Tentunya, gunakan tiket elektronik yang kedua untuk tujuan ini.

4. Berangkat ke stasiun tujuan akhir dengan kereta api lanjutan.
Traveloka telah menyediakan waktu transit yang cukup panjang untuk menghindari keterlambatan karena gangguan maupun faktor lainnya. Jadi, jangan sampai Anda terlambat menaiki kereta api lanjutan Anda. Sebaiknya Anda sudah berada di peron paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api lanjutan. Kemudian, silahkan lanjutkan perjalanan Anda menuju stasiun tujuan akhir menggunakan Kereta Lanjutan tersebut.

Baca Artikel Populer Lainnya

5 komentar:

  1. TFS..info penting nih untuk yg suka jalan2 dg KA

    BalasHapus
  2. keuntungan lain pake traveloka adalah promonya, pernah banget dapet promo tiket kereta. jadi lebih murah. :)

    BalasHapus
  3. Pengen nyobain juga. selama ini agak ribet pesan tiket kereta api yg ceoat banget habis

    BalasHapus
  4. Wah boleh tuh dicoba buat liburan ini!

    BalasHapus