5 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

14.35 Muthi Haura 2 Comments


Meski tak sepopuler kuliner Padang dan Palembang, masakan khas Lampung juga dikenal memiliki kelezatan yang sangat menggoda. Kenikmatannya tak hanya digemari oleh masyarakat lokal, tetapi juga oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, tak jarang mereka kembali mengunjungi kota di ujung selatan Pulau Sumatera ini hanya demi mencicipi kuliner lezatnya. 

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan lezatnya kuliner khas Lampung, berikut beberapa makanan yang wajib dicoba. Dijamin, rasanya akan menggoyang lidah Anda. Namun jangan lupa untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah promo untuk menuju destinasi wisata kuliner yang satu ini ya. 


1. Mi Khodon
 
mi khodom
source: jalan-jalan hemat





Bagi Anda para penggemar mi, makanan khas Lampung yang satu ini wajib dicicipi. Apalagi, Mi Khodon yang berlokasi di Jl. Ikan Bawal No. 23-24 Bandar Lampung ini terbilang sudah sangat melegenda karena telah ada sejak tahun 1965. 
Ciri khas utama dari makanan ini adalah teksturnya yang berukuran lebih besar dan kenyal dibandingkan olahan mi pada umumnya. Kemudian, mi akan disajikan dengan sayuran kol, taburan ebi, dan ayam kampung yang telah disuwir. Dengan cita rasanya yang khas, dijamin Anda akan merasakan sensasi menyantap mi yang berbeda dari yang lain. 

2. Locupan
locupan
source: pinterest


Selain Mi Khodon, Locupan juga merupakan olahan mi dengan citarasa khas Lampung yang sangat menggugah selera. Locupan ini berbahan dasar tepung beras yang dibentuk layaknya mi kwetiaw, yakni panjang dan agak lebar. 

Setelah dimasak, mi akan dicampur dan diaduk dengan minyak dan kecap asin hingga tercampur secara merata. Kemudian, di atasnya akan ditaburi daun bawang, toge, dan daging ayam yang telah dicincang. Tak berhenti di situ, mi akan disajikan dengan kuah yang bisa disiramkan langsung atau ditempatkan di mangkuk terpisah. 

Bagi Anda yang tertarik mencicipinya, kedai Mie Asang yang bertempat di Jl. Kartini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. 


3. Pindang Baung - Pondok Makan Dapur Tatu

pindang baung
source: lahaap


Sebagai kota pelabuhan, makanan pokok masyarakat Lampung tentu tak bisa dilepaskan dari beragam olahan ikan laut. Salah satu yang utama adalah pindang yang disajikan dengan kuah merah rasa pedas manis. Olahan ini dibuat dengan bumbu kaya rempah sehingga bau amis akan hilang dan ikan pun akan terasa gurih. Jadi, selain sangat menggugah selera, sajian ini juga dijamin tidak akan membuat Anda eneg
Salah satu tempat makan yang direkomendasikan adalah Pondok Maka Dapur Tatu yang bertempat di Jl. Putri Balau No.24 Bandar Lampung. Di sini, terdapat beragam olahan pindang lezat seperti pindang patin, pindang simba, dan pindang iga sapi. 


4. Jumbo Kakap Seafood Resto

jumbo seafood
source: tripadvisor


Bagi Anda para pencinta seafood, rumah makan yang berlokasi di Jl. Ikan Kakap No. 45 Teluk Betung ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini, Anda akan disuguhi beragam menu berbahan dasar ikan segar, baik ikan tawar maupun laut. 

Selain menyediakan makanan laut, Anda pun bisa memilih jenis hidangan lain seperti makanan tradisional dan makanan Chinese. Penataan tata ruang interiornya yang bersih dan cantik, juga akan membuat waktu bersantap Anda semakin nyaman.

5. Pie Pisang





pie-pisang
source: detik

Setelah wisata kuliner dengan menu makanan berat, kini saatnya Anda mencicipi kue khas Lampung yakni Pie Pisang. Kue ini terbilang sangat populer berkat rasanya yang khas dan bentuknya yang unik. Dibuat dengan bahan dasar pie yang kemudian diisi dengan potongan pisang, serta disiram dengan adonan egg tart. Terakhir, kue pie yang dibentuk layaknya pisang asli ini akan ditaburi dengan berbagai toping, seperti keju, cokelat, almond, dan lainnya. 

Kue unik ini bisa Anda dapatkan di tiga lokasi, yakni Bakery Yussy Akmal yang berada di Jl. Ikan Kakap, Enggal, dan Kedaton. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh, lo. Bagaimana? Sangat menggiurkan, bukan? 

Karenanya, yuk, segera atur perjalanan Anda ke Lampung dengan memanfaatkan layanan website Airy. Dengan layanan ini, dijamin Anda akan mendapatkan layanan cepat dan kemudahan pelayanan. Bahkan jika Anda jeli, tidak mustahil jika Anda bisa mendapatkan tiket pesawat Lion Air promo ke Lampung.


Baca Artikel Populer Lainnya

2 komentar:

  1. sayang banget pas ke lampung ga makan ini semua huhuhu kusedih :P

    BalasHapus
  2. Hmmm... Kapan ya bisa main ke Lampung buat wisata & incip2 makanan khasnya? Ngareeeep... Wkkwwk...
    Semoga kapan2 bisa main2 ke sana deh.

    BalasHapus